Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Christian Susanto
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai pengembangan model distribusi produk akhir dari perusahaan fast-moving consumer goods dengan menggunakan metode pemodelan Discrete Event. Tujuan dari studi ini adalah untuk mensimulasikan strategi titik distribusi dari Supply Chain Manager dari perusahaan FMCG sebagai akibat dari pertumbuhan permintaan. Konseptualisasi dari model dibangun berbasis pada proses bisnis distribusi rantai pasok hilir dari perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil simulasi, model mampu memberikan saran mengenai pilihan strategi dengan biaya logistik terendah. ......This research discuss about the development of the distribution model of a fast-moving consumer goods company by using Discrete Event Simulation. This study aims to simulate the distribution point strategy of the Supply Chain Manager of FMCG company caused by the predicted demand growth. The model conceptualization is developed with the downstream supply chain distribution business process of the company. The simulation results could give suggestion about which strategy should be chosen to obtain the lowest cost of logistics.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47105
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldi Rahmansyah Kurnia
Abstrak :

Seiring dengan meningkatnya taraf hidup dan konsumsi masyarakat di Indonesia, permintaan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pun mengalami peningkatan khususnya produk FMCG pada kategori Nutrisi. Hal ini tentunya menjadi potensi keuntungan bagi perusahaan jika bisa memanfaatkan kondisi dengan baik. Untuk mengoptimalkan potensi yang ada, perusahaan perlu memastikan bahwa produknya bisa menjangkau masyarakat luas dengan tepat waktu, hal ini perlu didukung oleh rencana produksi yang baik. Hal utama yang menjadi acuan perusahaan memproduksi sebuah produk adalah peramalan permintaan di waktu yang akan datang. Peramalan akan menjadi acuan perusahaan untuk menentukan seberapa banyak produk yang harus diproduksi dalam kurun waktu tertentu. Peramalan yang baik akan membantu perusahaan untuk meningkatkan keuntungan dan meminimalisasi kerugian yang timbul akibat kesalahan dalam perhitungan produksi. Selain peramalan, perusahaan pun perlu menentukan jumlah safety stock dan reorder point untuk membantu perusahaan dalam memastikan bahwa stok yang dimiliki bisa terus memenuhi permintaan pasar. ......Along with the increasing standard of living and public consumption in Indonesia, the demand for Fast Moving Consumer Goods (FMCG) products has also increased, especially for FMCG products in the Nutrition category. This is a great potential profit for the company if it can take the advantages of the conditions properly. To optimize the potential that exists, companies need to ensure that their products can reach the wider community at the right time, this needs to be supported by a good production plan. The main thing that becomes a reference for producing a product is forecasting demand in the future. Forecasting will be a reference for the company to determine how many products must be produced within a certain time. Good forecasting will help companies to increase profits and minimize losses arising from errors in production calculations. In addition to forecasting, companies also need to determine the amount of safety stock and reorder points to help companies ensure that their stock can continue to meet market demand.

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nikmah Fajriyah Azzahrah
Abstrak :
Peningkatan sampah plastik yang berasal dari produk Fast Moving Consumer Goods berkaitan erat dengan perilaku konsumsi masyarakat. Salah satu upaya untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan menggunakan bahan ramah lingkungan yang ditandai dengan pemberian label ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh jenis label ramah lingkungan berupa logo dan teks pada kemasan air mineral terhadap persepsi konsumen mengenai kualitas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen within subject dengan menggunakan vignette gambar sebagai stimulus. Persepsi konsumen mengenai kualitas. diukur menggunakan alat ukur yang dikembangkan oleh Erdem dan Swait (1998). Diperoleh sebanyak 135 partisipan yang berusia 18-25 tahun di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran logo (F(1,134) = 157.446, p< 0.001, η²p = 0.540) dan teks (F(1,134) = 127.229, p< 0.001, η²p = 0.487) ramah lingkungan pada kemasan air mineral berkontribusi secara signifikan terhadap persepsi konsumen mengenai kualitas. dengan large effect size yang berarti kehadiran logo dan teks memiliki pengaruh yang besar terhadap persepsi konsumen mengenai kualitas. Selain itu, ditemukan bahwa produk dengan kombinasi penggunaan logo dan teks ramah lingkungan membuat konsumen mempersepsikan kualitas produk ramah lingkungan tersebut paling baik (F(1,134) = 19.269, p< 0.001, η²p = 0.126) dengan medium effect size yang berarti memiliki pengaruh yang sedang terhadap persepsi konsumen mengenai kualitas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan logo dan teks ramah lingkungan dapat memengaruhi bagaimana konsumen mempersepsikan kualitas dari suatu produk. Hasil dari penelitian ini menyarankan perusahaan agar mempertimbangkan untuk menghadirkan label ramah lingkungan berupa logo dan teks ramah lingkungan untuk meningkatkan perceived quality konsumen. ......The rise of plastic waste caused by Fast Moving Consumer Goods is strongly related to consumer behavior. An effort to overcome this problem lies within the usage of eco-friendly materials that are identified by giving them eco-labels. This study examines how types of eco-labels in the form of logos and text on mineral water’s packaging affect consumer’s perceived quality. The method used for this study is the within-subject experiment by using image vignettes as a stimulus. Perceived quality is measured using the measurement developed by Erdem and Swait (1998). This study samples 135 participants aged 18-25 in Indonesia. Results show that the presence of an eco-friendly logo (F(1,134) = 157.446, p< 0.001, η²p = 0.540) and text (F(1,134) = 127.229, p< 0.001, η²p = 0.487) on mineral water packaging significantly contribute to consumer perceived quality with a large effect size, indicating that the presence of an eco-friendly logo and text have a large effect towards consumer perceived quality. This study also finds products with a combination of the use of eco-friendly logo and text made consumers perceived quality of these eco-friendly products is the best (F(1,134) = 19.269, p< 0.001, η²p = 0.126) with a medium effect size, indicating that it has a moderate effect towards consumer perceived quality. It can be conclude that the usage of an eco-friendly logo and text may affect how consumers perceive the quality of a product. The results of this study suggests that company should consider the usage od eco-labels in the form of an eco-friendly logo and text to increase the consumers perceived quality.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novie
Abstrak :
ABSTRAK
Emotional brand attachment adalah sebuah ikatan emosional antara konsumen dengan brand dan merupakan tujuan utama kesuksesan brand. Salah satu komponen untuk membentuk brand attachment relationship adalah dengan menonjolkan sentimental and emotional memories, yang mengandalkan pengalaman nostalgia konsumen,orang atau memori. Strategi inilah yang digunakan oleh Indomie. Dalam rangka merayakan anniversary ke-45 tahun, Indomie meluncurkan tayangan iklan yang menceritakan perjalanan brand di Indonesia. Tak hanya itu, kemasan retro diproduksi kembali dan menuai antusiasme yang tinggi di media sosial.Penelitian ini ditujukan untuk melihat unsur apa, dalam kasus ini IndomieSeleraku 45 tahun, yang menjadi daya tarik oleh generasi millenial. Dari unsur yang menarik tersebut, peneliti ingin melihat bagaimana proses Emotional Brand Attachment bercorak nostalgia pada generasi millenial. Hal ini didasari ketertarikan peneliti yang ingin melihat konten nostalgia mampu menarik perhatian generasi millenial, walaupun mereka belum pernah merasakan momen tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan studi kasus pada tayangan IndomieSeleraku 45 tahun. Pengumpulan data primer dilakukan bdengan wawancara mendalam dengan jumlah tiga informan yang termasuk generasi millenial, aktif di media sosial dan memiliki pengaruh terhadap tayangan iklan tersebut.Penelitian ini menemukan bahwa visual storytelling yang berisi konten yang sesuai dengan interest, relevant dan valueable memiliki daya tarik kosnumen. Dari konten yang efektif tersebut, informan akan mengaitkannya dengan memori yang positif, kemudian mengaitkan dengan pengalaman saat mengonsumsi brand dan keseuaian dengan personality brand tersebut. Di samping itu, adanya kelangkaan produk meningkatkan rasa penasaran akan produk tersebut. Hal menarik lainnya adalah media sosial mampu menyajikan keterlibatan dan interaktivas antara konsumen dan brand dapat meningkatkan unsur kedekatan konsumen-brand.
ABSTRACT
Emotional brand attachment is a bond between consumer and a brand. It is a brand rsquo s main objective to success. One of the components to form a brand attachment relationship is emphasizing on sentimental and emotional memories, which relies on nostalgic event or past memories. To celebrate its 45th birthday, Indomie used this strategy and launch an ad which tells a history about the brand in Indonesia. Indomie also relaunch its retro packaging back from olden days and rechieve a lot of intention on social media.This research was meant to see the point of interest in indomieseleraku 45 years cases, which picked as an interest by millenial generation. From that point of view, researcher wants to see the process for Emotional Brand Attachment filled with nostalgia on millenial generation. This is based on the interest of researchers who want to see if the content of nostalgia is able to attract the attention of millenial generation, although they have never felt the moment. This research was conducted with qualitative method and case study on impressions of IndomieSeleraku 45 years. The primary data collection was conducted with in depth interviews with three informants from millennials who is active in social media and having an influence on the advertisement 39 s impressions.This study found that visual storytelling that is corresponds to interest, relevant and valueable has the cosnumer rsquo s appeal. From the effective content, the informant will associate it with a positive memory, and then associate it with the experience of consuming the brand and the personality of the brand. In addition, the scarcity of products increases the curiosity of the product. Another interesting thing is social media is able to present the involvement and interactivity between consumers and brand can increase the proximity of consumer brand.
2018
T49433
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reggia Aldiana Wayasti
Abstrak :
Untuk mencapai kesuksesan bisnis, elemen paling penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah karyawan. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu mempersiapkan dan mengelola karyawannya dengan baik agar dapat berkontribusi secara optimal sehingga produktivitas perusahaan meningkat. Salah satu strategi yang dapat dibuat yaitu untuk mempertahankan karyawan agar tetap bekerja di perusahaan, atau lebih dikenal dengan retensi karyawan. Banyaknya karyawan yang mengundurkan diri menyebabkan turnover meningkat dan dapat merugikan perusahaan. Dalam penyusunan strategi yang berkaitan dengan hal tersebut, salah satu cara untuk menggali informasi dan mendapatkan pemahaman tambahan yaitu dengan menggunakan workforce analytics yang menggunakan data yang berhubungan dengan karyawan seperti profil, dan menggunakan pendekatan data mining dalam pengolahannya. Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan fast-moving consumer goods FMCG di Indonesia yang memiliki turnover tinggi karena banyaknya karyawan yang mengundurkan diri. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi atribut profil yang berpengaruh terhadap masa kerja karyawan di perusahaan. Penelitian ini menggunakan data profil karyawan yang menjabat sebagai asisten manajer pada divisi penjualan. Data tersebut bersumber dari divisi human resources perusahaan dan jejaring sosial LinkedIn. Untuk mencapai tujuan, digunakan pendekatan data mining, khususnya metode klasifikasi dengan teknik decision tree dan algoritme C4.5. Hasil dari penelitian ini berupa atribut profil yang berhubungan dengan masa kerja karyawan, yang dapat digunakan untuk membantu memberikan pertimbangan pada perusahaan dalam penyusunan strategi seleksi dan retensi karyawan.
To achieve business success, the most important element that must be considered by the company is its employees. Therefore, the company must be able to prepare and manage its employees well so that they can contribute optimally and increase company 39 s productivity. One strategy that can be made is to keep employees to stay and work in the company, or also known as employee retention. The number of employees who are resigned can cause increasing turnover and harm the company. In the development of such strategy, one way to explore information and gain additional understanding is using workforce analytics that uses employee related data such as profiles, and data mining approach in its processing. This research was conducted on one of the fast moving consumer goods FMCG company in Indonesia which had high turnover due to many resigned employees. The purpose of this study is to identify the profile attributes that affect the working period of employees in the company. This study used employee profile data who had become assistant manager in the sales division at the company on the period of 2009 to 2016. The data was obtained from the company 39 s human resources division and LinkedIn social networking site. To achieve the goal, data mining approach is used, namely classification method with decision tree technique and C4.5 algorithm. The results of this study were profile attributes that relate to the employment period of employees, which could be used to help giving consideration to the company in the development of employee selection and retention strategies.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67079
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Athaya Fatharani Lasminingrat
Abstrak :
Penyediaan produk yang berkualitas merupakan hal penting yang perlu menjadi fokus dan tujuan perusahaan di industri mana pun, termasuk industri produk Fast-Moving Consumer Goods (FMCG). Terlebih lagi, industri FMCG sedang mengalami kenaikan volume penjualan secara global. Namun, sebuah perusahaan FMCG di wilayah Tangerang sedang mengalami masalah mengenai penyediaan produk berkualitas yang memenuhi kepuasan pelanggan. Salah satu produknya, yaitu sabun cuci piring, mengalami peningkatan biaya rework produk cacat secara drastis dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Oleh karena itu, identifikasi akar permasalahan cacat produk diperlukan agar tingkat kecacatan pada proses produksi dapat dikurangi. Penelitian ini menerapkan konsep six sigma dengan mengikuti alur metode Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control (DMAIC) untuk membantu mencari akar masalah dan merancang perbaikan proses produksi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akar dari masalah yang ada yaitu kurang telitinya operator saat mengoperasikan panel HMI untuk melakukan aktivitas pencampuran bahan baku cairan sabun, kelalaian operator dalam mengikuti alur kerja, dan mesin penunjang aktivitas yang tidak beroperasi dengan benar. Berdasarkan hal tersebut, diberikan rekomendasi berupa modifikasi tampilan panel Human-Machine Interface (HMI), pelatihan operator, serta pengecekan mesin secara berkala. Melalui rekomendasi yang diberikan, diharapkan tingkat produksi barang cacat dapat berkurang. ......Delivery of quality products is an important matter that needs to be the focus and goal of companies in any industry, including the Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) industry. Especially, FMCG industry is experiencing an increase in sales volume globally. However, an FMCG company in the Tangerang area is experiencing problems regarding providing quality products that meet customer satisfaction. One of its products, namely dishwashing liquid, experienced a drastic increase in the cost of reworking defective products compared to previous months. Therefore, identification of the root causes of product defects is necessary so that the level of defects in the production process can be reduced. This study applies the six sigma concept by following the Define, Measure, Analyze, Improve, and Control (DMAIC) method to help identify root causes and design relevant production process improvements. The results showed that the root of the problem was the operator's uncarefulness when operating the HMI panel to carry out the activity of mixing the raw materials for dishwashing liquid, the operator's negligence in following the workflow, and the supporting machines that did not operate properly. Based on this, recommendations are given in the form of modifying the appearance of the Human-Machine Interface (HMI) panel, operator training, and periodic machine checks. Through the recommendations given, it is expected that the level of production of defective goods can be reduced.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novalia Mediarki Manusiwa
Abstrak :
Penelitian berfokus untuk mengeksplorasi bagaimana persepsi konsumen terhadap komunikasi pemasaran suatu merek dapat meningkatkan pembentukan autentitas merek. Selama wabah Covid-19, sebagian besar industri mengalami konsekuensi negatif dari pandemi. Namun, pasar FMCG di dalam negeri terus tumbuh dan tidak terpengaruh secara negatif oleh pandemi. Salah satunya contohnya adalah peningkatan pembelian susu yang dapat terlihat dari fenomena panic buying produk Bear Brand di tahun 2021. Orang-orang gencar membeli Bear Brand karena percaya bahwa produk tersebut dapat menyembuhkan Covid-19. Dengan pertimbangan tersebut, penulis memilih Bear Brand sebagai objek penelitian. Penlitian akan mengkaji bagaimana komunikasi pemasaran Bear Brand dapat membangun autentitas merek melalui dua metode, yaitu pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dengan penetapan clarity of positioning sebagai variabel mediasi. Selain itu, penulis juga melakukan analisis dengan mengontrol variabel marketing mix. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan total 326 responden di seluruh Indonesia. Analisis kuantitatif akan dianalisis dengan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menyiratkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif maupun pengaruh tidak langsung melalui clarity of positinioning yang mampu mempengaruhi brand authenticity. Lalu, dari jenis variabel marketing mix lainnya, hanya kepuasan merek, penawaran harga, dan citra harga yang menunjukkan pengaruh terhadap brand authenticity. ......The research focuses on exploring how consumer perceptions of a brand marketing communications can form brand authenticity. During the Covid-19 outbreak, most industries experienced the negative consequences of the pandemic. However, the FMCG market in Indonesia continues to grow and is not negatively affected by the pandemic. One example is the increase in milk purchases which can be seen from the panic buying phenomenon of Bear Brand products in 2021. People aggressively buying Bear Brand because they believe that the product can cure Covid-19. Hence, the authors chose Bear Brand as the object of research. This research will examine how Bear Brand marketing communication can build brand authenticity through two methods, namely direct influence and indirect influence through the role of clarity of positioning as a mediator. In addition, the author conducts an analysis by controlling the marketing mix variable. This research is quantitative with a total of 326 respondents throughout Indonesia. Quantitative analysis will be analyzed using Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results of this study imply that there is a direct positive influence as well as an indirect influence through the clarity of positioning that can affect brand authenticity. Then, from all marketing mix variables, only brand satisfaction, price deals, and price images show the effect on brand authenticity.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aliya Fitri
Abstrak :
Konsumen di Indonesia mulai pindah berbelanja berbagai produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) melalui e-commerce karena praktis. Agar dapat tetap menjadi top of mind brand, perusahaan FMCG sebaiknya memanfaatkan kemasan produk sebagai media persuasi dan memperhatikan karakteristik konsumen. Penelitian ini menguji pengaruh jenis short brand story (SBS) pada kemasan produk FMCG dan jenis Implicit Mindset yang dimiliki konsumen terhadap sikap terhadap merek dan intensi membeli. Penelitian merupakan penelitian eksperimental dengan desain between-subject factorial design. Sebanyak 213 partisipan berusia 18-23 tahun (71,36% perempuan) di Indonesia ditempatkan secara acak ke satu dari empat kelompok perlakuan. Partisipan diberikan artikel yang merepresentasikan salah satu jenis Implicit Mindset dan diberikan salah satu jenis SBS. Sikap terhadap merek dan intensi membeli partisipan diukur terhadap merek fiktif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan Two-Factor ANOVA. Terdapat main effect yang signifikan dari pengaruh jenis SBS dan pengaruh jenis Implicit Mindset terhadap sikap terhadap merek. Terdapat main effect yang signifikan dari pengaruh jenis Implicit Mindset terhadap intensi membeli. Perusahaan FMCG dianjurkan menggunakan SBS dengan tema bermakna untuk mentargetkan segmen konsumen yang berusia 19-22 tahun, pengguna e-commerce, dan berdomisili di pulau Jawa untuk memasarkan produk makanan ringan. ......Consumers in Indonesia have started shopping for various Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) products through e-commerce because of it's practicality. To remain a top-of-mind brand, FMCG companies should use the product packaging as a medium for persuasion and pay attention to consumer characteristics. This study examines the effect of the type of short brand story (SBS) on FMCG products packaging and consumer's Implicit Mindset type on brand attitude and purchase intention. This is an experimental study with a between-subject factorial design. Total of 213 participants aged 18-23 years (71.36% women) in Indonesia were randomly assigned to one of four treatment groups. Participants were given an article that represented one type of Implicit Mindset and given one type of SBS. Brand attitude and purchase intention were measured against a fictitious brand. Data were analyzed using descriptive analysis and Two-Factor ANOVA. There is a significant main effect of SBS type and Implicit Mindset type on attitudes towards brands. There is a significant main effect of Implicit Mindset type on purchase intention. FMCG companies are recommended to use SBS with a meaningful theme to target the consumer segment aged 19-22 years, e-commerce users, and domiciled on Java Island to market snack products.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anandita Nurasti
Abstrak :
Dapat meningkatkan minat melamar para pencari kerja berkualitas yang sesuai dengan tuntutan perusahaan merupakan hal yang penting. Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada di perusahaan dianggap dapat meningkatkan minat melamar pencari kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap application intention dengan mediasi value congruence pada Generasi Z dengan studi pada sektor industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 375 responden Generasi Z yang telah berpendidikan tinggi dan sedang mecari pekerjaan menggunakan teknik penarikan data purposive sampling dan snowball. Data dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh CSR terhadap application intention pada Generasi Z dengan sektor industri FMCG. Pada uji mediasi menunjukkan bahwa value congruence memiliki pengaruh mediasi parsial pada hubungan CSR terhadap application intention pada Generasi Z dalam sektor industri FMCG. ......It is important to increase qualified job seekers’ application intention in accordance with the company’s demands. Corporate Social Responsibility (CSR) is considered to increase job seekers’ application intention. The purpose of this study is to determine the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on application intention with value congruence as mediating variable towards Generation Z with a study on Fast Moving Consumer Goods (FMCG) industrial sector. This study method uses a quantitative approach through questionnaires distributed online to 375 Generation Z respondents who are highly educated and looking for a job with purposive sampling and snowball data collection techniques. Data analyzed using path analysis. The results showed that there is an influence of CSR on application intention towards Generation Z in the FMCG industrial sector. The mediation test showed that value congruence has a partial mediating effect on the relationship between CSR and application intention towards Generation Z in the FMCG industrial sector.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clarinta Pramudya Afiefah
Abstrak :
Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi terhadap proses pengembangan tiga sistem baru yang digunakan sebagai automasi dan efisiensi beberapa alur kerja Accounting Operations Division pada PT White, yang bergerak dalam industri fast moving consumer goods (FMCG) dengan fokus produksi makanan dan minuman di Indonesia. Evaluasi dilakukan dengan melihat kesesuaian antara praktik pengembangan sistem dalam PT White dengan salah satu teori selaku kerangka evaluasi mengenai pengembangan sistem, yakni systems development life cycle (SDLC). Cakupan pembahasan dalam laporan ini termasuk evaluasi terhadap tahapan proses pengembangan sistem yang dijalankan PT White, mulai dari perencanaan hingga implementasi, serta rekomendasi yang dapat dijalankan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengembangan sistem. Berdasarkan evaluasi, meskipun PT White telah menjalankan mayoritas dari aktivitas yang ada pada teori SDLC, terdapat dua aspek yang masih dapat ditingkatkan PT White guna menjalankan proses pengembangan sistem yang efektif dan efisien. Kedua aspek tersebut yaitu dokumentasi pekerjaan dan kegiatan selama proyek berjalan, serta perihal waktu yang dibutuhkan dalam mengembangkan sistem. Terdapat tiga rekomendasi yang dapat dilaksanakan PT White untuk kedua aspek tersebut, yaitu implementasi Gantt Chart, pembuatan dokumentasi pengerjaan proyek, serta dokumentasi operasi. ...... This internship report discusses about the evaluation of the development of three new systems that will be used for automating and increase the number of workflows’ efficiency in the Accounting Operations Division at PT White, which operates in the fast moving consumer goods (FMCG) industry in Indonesia, with the production focus on food and beverages. The evaluation was done by comparing the actual practice of systems development in PT White with one of the systems development theories, namely the systems development life cycle (SDLC). The scope of the discussion in this report includes the evaluation of the systems development process carried out by PT White, starting from the planning to the implementation, as well as recommendations that can be implemented by the company to increase efficiency and effectiveness of the systems development process. Based on the evaluation, although PT White has done most of the relevant activities listed in the SDLC theory, there are two aspects that can still be improved by PT White to carry out an even more effective systems development process. The two aspects are as follows: work and activities documentation while the project is worked upon, as well as the time needed in developing a system. There are three recommendations that can be implemented by PT White to improve the mentioned two aspects, namely Gantt Chart implementation, creation of project documentation, and creation of operational documentation
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>