Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Henry Faisal Noor
Jakarta: Rajawali, 2010
338.4 HEN e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Felix Jebarus
Abstrak :
Industri pertelevisian di Indonesia berkembang semakin marak. Selain televisi swasta nasional maupun televisi publik, kini begitu banyak muncul televisi lokal. Meningkatnyajumlahstasiun televisi ini, tidakterlepas dari kebijakan pemerintah terutama UU Penyiaran yang turut mendukung perkembangan bisnis pertelevisian itu. Televisi tidak saja dilihat sebagai komunikator institusional dalam konteks Ilmu komunikasi tap! juga sebuah institusi bisnis yang turut mendapatkan keutungan yang besar. Sebagai institusi bisnis, televisi mampu meraup keuntungan yang sebesar- besarnya. Dengan demikian, kajian-kajian menyangkut ekonomi media peretelevisian menarik untuk disimak. Suatu hal yang tidak bisa disangkal, dalam rangka mendongkrak keuntungan yang besar, televisi mengobral berbagai acarayang mengandung kontroversi di mata khalayak.
2006
MUIN-XXXV-8-Agust2006-13
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Wahyu Widyantoro
Abstrak :
Dewasa ini, jurnalisme sebagai sebuah industri dan profesi menghadapi tantangan terberatnya yakni turbulensi dan perubahan yang terus meningkat seperti menurunnya jumlah pendapatan dan pembaca, serta perubahan perilaku pembaca seiring meningkatnya penggunaan telepon pintar untuk mengakses dan mendistribusikan berita yang merusak model bisnis tradisional. Tesis ini menyoroti model bisnis yang diterapkan di digital news startup yang kini menjadi fenomena global dan bagaimana digital news startup menjadi model bisnis baru di industri media. Penelitian ini termasuk dalam paradigma post-positivistik dengan pendekatan kualitatif dan metode/strategi penelitian menggunakan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan digital news startup tidak mengubah seluruh logika model bisnis, tapi berkonsentrasi dan beradaptasi pada elemen-elemen tertentu. Sebagai sebuah digital news startup, dalam dalam aspek pendanaan, kumparan termasuk dalam kategori venture-backed for-profit, sementara pada aspek bentuk dan penyajiannya, kumparan menciptakan bentuk baru yakni perpaduan antara original-content generators dan platforms. Selanjutnya berdasarkan tipologi model bisnis media, kumparan merupakan perpaduan antara content oriented, context oriented, dan connection oriented. ......Today, journalism as an industry and profession faces its toughest challenges, turbulence and ever-changing changes such as decreasing amounts of funds and readers, and changing readers behavior who use smartphones to access, consume, and shared the news that changes traditional business models. This thesis focus on a business model that is applied to digital news startups which are now a global phenomenon and how digital news startups are becoming new business models in the media industry. This research is included in the post-positivistic paradigm with qualitative methods and research methods using case studies. The results show that digital news startups do not change the entire business model, but rather organize and decide to strengthen on certain elements. As a digital news startup, in the aspect of funding, kumparan is included in the venture-backed for-profit category, while in the form and presentation aspects, kumparan creates a new form of integration between original-content generators and platforms. Furthermore, based on the typology of the media business model, kumparan is a combination of content oriented, context oriented, and connection oriented.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mazaya Rizy Safira
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana eksistensi televisi lokal di Indonesia dalam hal ini JTV Surabaya melalui Model Organisasi Industri pada media. Model Organisasi Industri digunakan untuk memahami hubungan antara struktur pasar, perilaku, dan performa sebuah industri. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pekerja media dan studi dokumen dari lembaga rating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk dapat bertahan di tengah struktur pasar televisi yang oligopoli dan persaingan antar pemilik media, diperlukan strategi, seperti diferensiasi produk, riset program dan penentuan target khalayak. ...... This study aims to analyze the existence of local television in Indonesia, in this case JTV Surabaya with The Industrial Organization Model. The Industrial Organization Model was used to understand the relation, specifically on market conduct, and performance, specifically in media industry. This study used post-positivism through descriptive qualitative approach with case study research design. Data were collected through interviews with media workers and study documents from the rating agencies. The results showed that in order to survive in the middle of the television market structure of oligopoly and competition among media owners and concentration, a strategy was needed to be done, such as product differentiation, research programs and determining the target audience.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62938
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kesya Putri Diandra Hakim
Abstrak :
Setelah menyatakan operasi militer terbuka sejak 24 Februari 2022 sampai dengan bulan November 2022, atau sembilan bulan konflik, Rusia telah menerima dampak sanksi dari komunitas internasional. Salah satu dampaknya adalah bidang ekonomi dan investasi yang ditandai dengan banyak perusahaan asing yang menghentikan operasinya di wilayah Rusia. Berbagai berita mengenai perusahaan asing yang memutuskan untuk menghentikan bisnisnya dan hengkang dari Rusia banyak diserukan melalui media daring, salah satunya portal berita Rusia, Gazeta.ru. Sebagai portal berita, Gazeta.ru mempunyai pengaruh yang besar untuk menentukan preferensi opini dan persepsi pembaca. Pada penelitian ini, digunakan metode analisis konten dan model analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk yang di dalamnya meneliti dimensi teks, konteks sosial, dan kognisi sosial. Terdapat 5 artikel berita yang dianalisis dari hasil publikasi portal Gazeta.ru selama periode Maret-Agustus 2022 yang memiliki topik sanksi ekonomi terhadap Rusia. Simpulan dari penelitian ini adalah secara dimensi teks yang di dalamnya terdapat struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro, Gazeta.ru memiliki kecenderungan tindakan yang mendukung Rusia dan memfokuskan kerugian pada negara yang memberlakukan sanksi atas Rusia. Selain itu, melalui teori konstruksi sosial Berger dan Luckman menggunakan momen simultan eksternalisasi, objektivisasi, dan internalisasi dapat terlihat Gazeta.ru menekankan subjektivitasnya melalui narasi berita agar terbentuk suatu objektivitas baru yang dapat persepsi pembaca. ......After declaring an open military operation from 24 February 2022 to November 2022, or nine months of conflict, Russia has received the impact of sanctions from the international community. One of the impacts is the economic and investment sector which is marked by many foreign companies stopping their operations in Russian territory. Various news about foreign companies that decide to stop their business and leave Russia are widely called for through online media, one of which is the Russian news portal, Gazeta.ru. As a news portal, Gazeta.ru has a great influence on the opinion preferences and perceptions of readers. In this research, the content analysis method and Teun A. Van Dijk's critical discourse analysis model are used which examine the dimensions of text, social context, and social cognition. There are 5 news articles analyzed from the publication results of the Gazeta.ru portal during the period March-August 2022 which have the topic of economic sanctions against Russia. The conclusion of this study is that in terms of the text dimension in which there is a macro structure, super structure and microstructure, Gazeta.ru has a tendency to act in favor of Russia and focuses losses on countries that impose sanctions on Russia. In addition, through the social construction theory of Berger and Luckman using simultaneous moments of externalization, objectivization and internalization it can be seen that Gazeta.ru emphasizes its subjectivity through news narratives in order to form a new objectivity that can be perceived by readers.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Aprilia Sulistyowati
Abstrak :
Media alternatif yang banyak bermunculan dipandang sebagai pilihan bagi publik untuk mengakses informasi tepercaya serta memberikan ruang bagi isu-isu penting yang kurang mendapat perhatian di media arus utama. Namun, dalam perjalanannya, media alternatif tak jarang menghadapi tantangan dalam aspek bisnis media, yang apabila tidak segera diantisipasi dapat berpengaruh pada kestabilan operasional media dalam jangka panjang. Penelitian ini berfokus pada dinamika media dalam menghadapi tantangan bisnis media dan menjaga keberlanjutan ekonominya, dengan mengambil studi kasus pada The Conversation Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan pada struktur organisasi dan budaya kerja di The Conversation Indonesia untuk mengkaji dinamika dan strategi keberlanjutan ekonomi media pada salah satu media alternatif di Indonesia. Merujuk pada penelitian Batsell (2017) yang menekankan pentingnya diversifikasi sumber pendapatan untuk menjaga kestabilan dan keberlanjutan suatu media, hasil penelitian juga menunjukkan keragaman sumber pendanaan merupakan faktor penting untuk menjaga operasional media dan mengurangi ketergantungan pada hibah lembaga donor. Meskipun, media alternatif harus menjunjung tinggi nilai perjuangan dan misi sosial, pada titik tertentu media alternatif harus berkompromi dengan kebutuhan ekonomi agar dapat terus bertahan dan berdampak ke publik. Diperlukan jalan tengah untuk mengakomodasi bagaimana model bisnis media alternatif harus adaptif dan inovatif terhadap kebutuhan pasar dan khalayak, namun di sisi lain juga tetap harus menjaga independensi dan kualitas informasi yang disajikan. ......The alternative media allows the public to access reliable information and provides space for important issues that receive less attention in the mainstream media. However, it often faces challenges in the media business aspect, which, if not immediately anticipated, could affect the stability of media operations in the long term. This research focuses on media dynamics in facing media business challenges and maintaining economic sustainability by taking a case study from The Conversation Indonesia. This research uses an approach to the organizational structure and work culture at The Conversation Indonesia to examine the dynamics and sustainability strategies of the media economy in one of the alternative media in Indonesia. Referring to Batsell's research (2017), which emphasizes the importance of diversifying sources of income to maintain the stability and sustainability of media, the research results also show that the diversity of funding sources is an important factor for keeping media operations and reducing dependence on grants from donor agencies. Although alternative media must uphold the values of struggle and social missions, at a certain point, alternative media must compromise with economic needs to continue to survive and have an impact on the public. A middle way is needed to accommodate how alternative media business models must be adaptive and innovative to market and audience needs, but on the other hand, they must also maintain the independence and quality of the information presented.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Khairina Masta
Abstrak :
ABSTRACT
Tesis ini membahas hubungan ekonomi politik media yang ada di media lokal sumatera barat,bagaimana perkembangan televisi lokal di Sumatera Barat dari sisi spasialisasi, bagai mana bentuk lembaga medianya, regulasinya, modus apa yang menyebabkan televisi lokal independen akhirnya memilih untuk menjadi anggota jaringan televisi di pulau Jawa, bentuk intergrasi apa yang terjadi horizontal atau vertikal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan paradigma kritis. Data yang di peroleh dengan cara depth interview, analisa dokumen dan observasi lapangan. Metode analisa menekankan pada dua sifat: holistik dan kontekstual. Holistik artinya memberikan gambaran secara utuh dan menyeluruh tentang kasus yang diteliti sementara kontekstual berusaha untuk mengaitkan dengan konstek sosial, ekonomi, dan politik yang ada saat kasus itu terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari regulasi media Penyiaran di Sumatera Barat mengalami ketimpangan, televisi televisi lokal yang ada tidak mampu untuk bersaing dan pada akhirnya harus rela di akuisisi oleh televisi Swasta Jakarta. UU Penyiaran no.32 tahun 2002 yang memiliki prinsip diversity of ownership itu sendiri tidak mampu mencegah praktik konsentrasi tersebut karena adanya celah penafsiran terutama pada pasal 18 ayat (1) tentang pembatasan pemusatan kepemilikan dan pasal 34 ayat (4) tentang larangan pemindahtanganan izin penyiaran. Motif ekonomi yang menjadi faktor utama lembaga penyiaran di Sumatera Barat kemudian melakukan afiliasi berintegrasi dengan televisi lain.
ABSTRACT
This thesis explores the political economy of media relations that exist in the western Sumatran local media, describing the development of local television in West Sumatra .accoriding to spatialization theory, as where the form of media institutions, regulations, what causes the mode of independent local television eventually choose to become members of a television network in Java, what kind of integration that occurs horizontally or vertically. This study is a descriptive qualitative research with a critical paradigm. The data obtained by means of depth interviews, document analysis and field observations. Methods of analysis focus on two properties: the holistic and contextual. Holistic means to provide a complete and comprehensive overview of the cases studied while contextual trying to associate with the social, economic, and political case when it happened. The results showed that the regulation of broadcasting media in West Sumatra suffered inequality, the local television television that there are not able to compete and ultimately be willing in the acquisition by a private television Jakarta. Broadcasting Act no.32 of 2002 which has the principle of diversity of ownership itself is not able to prevent the practice of concentration because of the gap, especially in the interpretation of Article 18 paragraph (1) of the concentration of ownership restrictions and Article 34 paragraph (4) on the prohibition of transfer of broadcasting licenses. Economic motives were a major factor in West Sumatra broadcasters then do integrate with other television affiliate.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41809
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Suryatama
Abstrak :
Kebutuhan availabilitas jaringan pelanggan yang meningkat hingga 99,999% menuntut penyedia layanan komunikasi data untuk terus siap dalam memberikan layanannya sesuai dengan SLA yang ditentukan dengan tetap mempertimbangkan nilai ekonomi agar margin dapat tetap terjaga. Maka, pada penelitian ini dilakukan sebuah analisis tekno ekonomi untuk menjawab permasalahan tersebut. Analisis teknis dilakukan dengan menganalisis peningkatan availabilitas jaringan pelanggan berdasarkan pada reliabilitas media aksesnya. Selain itu juga dilakukan proses uji coba teknologi M2M berbasis seluler menggunakan tunneling Bridge EoIP over SSTP pada jaringan MPLS provider komunikasi data sehingga dapat berfungsi menjadi media akses baru. Hasil yang diperoleh bahwa untuk mencapai availabilitas 99,999 diperlukan 4 buah media akses yang saling diversitas. Kemudian hasil pengujian kinerja media akses M2M menunjukkan rata-rata waktu ping 160 miliseconds, rata-rata throughput 1Mbps, dan rata-rata jitter 21 miliseconds. Hasil ini dinilai mampu untuk menjadikan M2M sebagai salah satu opsi penggunaan media akses untuk pemenuhan kebutuhan SLA pelanggan tersebut. Sementara untuk menilai kelayakan secara ekonomi, analisis dilakukan dengan membandingkan nilai ekonomi dari investasi penggunaan media akses M2M dengan media akses yang lain melalui beberapa skenario penyelenggaraan. Dari semua skenario yang di buat, maka skenario gabungan dengan menggunakan M2M sebagai salah satu media akses dapat memberikan nilai NPV yang tertinggi hingga 42 miliar dalam kurun waktu 5 tahun dan pengembalian modal investasi yang paling cepat hanya 1,3 tahun saja. Dibandingkan dengan skenario penyelenggaraan tanpa menggunakan media akses M2M, penggunaan media akses M2M ini memberikan peningkatan nilai ekonomi yang signifikan.
Requirements of increasing customer network availability up to 99.999% needs data communication service providers to provide services in accordance with the specified SLA while considering economic value so that margins can be maintained. So, this study conducts a techno economic analysis in order to answer this problem. Technical analysis is conducted by analyzing the increasing network availability based on the access media reliability. In addition, the trial process of cellular-based M2M technology is also carried out using tunneling Bridge EoIP over SSTP on th MPLS provider data communication network so that it can be used as a new access media. The results obtained to achieve 99.999 availability requires 4 media access with mutual diversity. Then the M2M access media testing results showed an average ping time of 160 milliseconds, an average throughput of 1Mbps, and an average jitter of 21 milliseconds. These results considered capable to make the M2M as one of the access media options to meet the customers SLA needs. While to assess economic feasibility, the analysis was carried out by comparing the economic value of investments using M2M access media with other access media through several implementation scenario. Of all the scenarios made, the combination scenario using M2M as one of the access media can provide the highest NPV value of up to 42 billion in 5 years and the fastest capital investment is only 1.3 years. Compared to the implementation scenario without using M2M access media, the use of M2M access media provides a significant increase in economic value.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T54261
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyani
Abstrak :
Tesis ini membahas penerbilan suratkabar dua edisi dalam sehari oleh harian Sepurar Indonesia duri perspektif ekonomi media. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Temuan dianalisis dengan Model Organisasi IndusLri yang membahas stmktur pasar (marker srructure), strategilperilaku (conduc0 dan kinerja Gzerformcmce). Hasil temuan menunjukkan bahwa kondisi struktur pasar suratkabar yang oligopoli mcmpengaruhi stmtegi/perilaku harian Sepurar Indonesia dalam menerbitkan suratkabar dua cdisi dalam schari. Se}anjutnya, strategi/perilaku ini berpengaruh pada kinerja perusahaan, yakni meningkatnya tingkat kepembacaan dan oplah halian ini. Namun dalam perjalanannya, penerbitan edisi sore terpaksa dihentikan semenrara, karena meningkamya harga kertas koran sehingga biaya produksi menjadi tidak rasional. Selain itu, pcmasaran produk juga agak terkcndala di tingkal agen karena agen- agen lama kebanyakan sudah dikendalikan oleh koran-koran besar. Sementara pcmasukan iklan untuk edisi sore masih sedikit. ......This thesis discusses the publication of Seputar Indonesia daily nom the perspective of media economics. This study is a qualitative research with a descriptive design. The finding is analysed by Industrial Organization Model discussing market structure, conduct and perfomiance. The finding shows that the market structure, condition of an oligopolic newspaper influences the newspapcr’s conduct in publishing the newspaper twice a day, moming and aliemoon edition. This conduct influences thc corporate perfonnance, namely the increase of readerships and circulation. But in the process, the publication of attemoon editions had to be temporarily stopped, since the price of paper for newspaper riscd then the production cost became irrational. Morever, the product marketing found obstacles in agency levels because most existing agencies had been controlled by major newspaper. Meanwhile advertisement income for the aftemoon edition was still low.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33839
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library