Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Almaz Scarletta Tjakrashafanti
"Era digitalisasi ikut mempengaruhi dunia sastra dengan hadirnya sastra siber ke dalam ranah sastra populer. Fan fiksi adalah karya penggemar atas karya yang sebelumnya sudah ada dan menjadi salah satu karya yang meramaikan dunia sastra siber. Penelitian ini membahas dinamika relasi antara Indonesia dan Belanda yang tercermin dalam karya-karya fan fiksi di fandom Hetalia: Axis Powers melalui tema yang muncul dan ekspresi tema tersebut dalam karya fan fiksi. Data penelitian ini adalah 37 karya fan fiksi dalam fandom Hetalia: Axis Powers yang ada di situs Archive of Our Own (AO3). Metode yang digunakan adalah studi dokumen atau kajian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah dinamika relasi Indonesia dan Belanda dapat dilihat dari tiga tema yang muncul dalam korpus, yaitu sejarah, romansa, dan isu psikologis. Dalam karya-karya tersebut, sejarah penjajahan Belanda menjadi hal yang mendasari relasi Indonesia dan Belanda. Dalam tema romansa, hubungan Indonesia dan Belanda menjadi sepasang kekasih yang saling mencintai. Dalam tema dengan isu psikologis, Indonesia dan Belanda memiliki trauma yang disebabkan perang penjajahan Belanda terhadap Indonesia.
Digitalization era has influenced literature world with the existence of cyber literature within the popular literature realm. Fanfiction is a work by a fan based on a particular media like novel, comic, TV series, etc. and is one of cyber literature’s works. This study discusses the relationship dynamic between Indonesia and the Netherlands which is reflected in the works of fanfictions from Hetalia: Axis Powers fandom through the emerging and the expression of the themes in fanfictions. The data for this study are 37 fanfictions from Hetalia: Axis Powers fandom on Archive of Our Own (AO3) website. The method used in this study is literature review. The result of this research is the relationship dynamic between Indonesia and the Netherlands could be seen through three majoring theme in Hetalia’s fanfictions such as history, romance, and psychological issue. Based on those fanfictions, the history of the Netherlands’ colonialism towards Indonesia is the basis of their relationship. In romance theme, Indonesia and the Netherlands becomes a couple in romantic relationship. In fanfictions with psychological issue, the Netherlands’ colonialism and their past war makes Indonesia and the Netherlands suffer from a war trauma. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Salsabila Mumtaz Abdi
"Skripsi ini membahas proses penciptaan ruang pertunjukan yang melibatkan pembuat, latar, dan penonton sebagai elemen utama dalam proses pembuatan sebuah pertunjukan. Ruang pertunjukan membantu para aktor untuk mendalami peran dan juga memberikan konteks yang tepat agar penonton dapat memahami cerita dengan lebih baik. Dalam proses pembuatan pertunjukan, terdapat dua pandangan, yakni pendekatan tunggal dan pendekatan kolaboratif. Perbedaan dari kedua pendekatan tersebut terletak pada posisi penonton di dalam dan di luar proses pembuatan. Oleh karenanya dalam proses penciptaan ruang pertunjukan, terdapat dinamika relasi dan batasan yang terbentuk berdasarkan posisi penonton dalam proses pembuatan pertunjukan tersebut.
Pembahasan dalam skripsi ini dilakukan dengan menggunakan studi kasus pertunjukan teater musikal dan immersive theater yang diadaptasi dari novel berjudul The Great Gatsby, karya F. Scott Fitzgerald. Analisis studi kasus dilakukan dengan melihat dinamika relasi dan boundaries pada ruang pertunjukan berdasarkan posisi penonton di dalam dan di luar proses pembuatan untuk beberapa adegan (scene) utama. Selain itu pada tulisan ini juga dibahas penciptaan pengalaman ruang (spatial experience) yang dirasakan penonton pada suatu pertunjukan, serta hubungan antara pembuat pertunjukan dengan penonton melalui intention dan desire. Dalam penataan suatu panggung pertunjukan perlu adanya keselarasan intention creator dengan desire penonton, sehingga suasana ruang (atmosphere) yang tercipta dari pertunjukan bukan hanya sesuatu yang imajinatif dan bersifat subjektif, tetapi juga merupakan suatu realitas bersama yang dirasakan oleh semua penonton.
This thesis discusses the process of creating a performance space involving the creator, setting and viewer as the main elements in the process of making a performance. The performance space helps actors to explore their roles and also provides the right context so that the audience can understand the story better. In the process of making a performance, there are two views, namely single approach and collaborative approach. The difference between the two approaches lies in the position of the audience inside and outside the making process. Therefore, in the process of creating a performance space, there are dynamic relations and boundaries that are formed based on the position of the audience in the process of making. The discussion in this thesis is carried out using a case study of a musical theater performance and immersive theater adapted from the novel The Great Gatsby, by F. Scott Fitzgerald. The case study analysis was conducted by looking at the dynamic relations and boundaries in the performance space based on the position of the audience inside and outside the making process for several main scenes. In addition, the creation of spatial experience felt by the audience in a performance will also be discussed, as well as the relationship between the creator of the performance and the audience through intention and desire. In setting up a performance stage, there needs to be harmony between the creator's intentions and the audience's desires, so that the atmosphere created by the performance is not only something imaginative and subjective, but also a shared reality felt by the whole audience."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library