Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hamida Mutia Maharani
Abstrak :
ABSTRACT
Indonesia sebagai negara dengan cultural resources tertinggi di ASEAN memiliki kesempatan untuk memanfaatkan cultural resources yang dimilikinya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan salah satunya adalah dengan menyelenggarakan event. Event merupakan penggerak wisatawan untuk meninggalkan tempat tinggalnya, mengeluarkan uang yang dimilikinya untuk memperoleh pelayanan di destinasi wisata. Penelitian ini fokus pada pengaruh cultural events dan elemen lain dalam destinasi wisata terhadap pembentukan destination image yang dapat menghasilkan positive behavioral intention. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM untuk menganalisis pengaruh cultural events, event brand, place brand, dan structural element terhadap affective dan cognitive image destinasi wisata. Responden dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah mengunjungi Dieng Culture Festival 6,7, atau 8. Penelitian ini menemukan bahwa place brand dan structural element berpengaruh signifikan terhadap pembentukan cognitive dan affective image. Variabel lain, yakni cultural events dan cultural event brand hanya berpengaruh signifikan terhadap affective image. Selanjutnya, kedua dimensi destination image, yaitu affective image dan cognitive image berpengaruh signifikan terhadap overall image destination image. Dalam kasus Dieng dan Dieng Culture Festival, affective image berpengaruh lebih besar terhadap pembentukan overall image. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa overall image berpengaruh signifikan terhadap intention to revisit dan intention to recommend wisatawan terhadap destinasi wisata.
ABSTRACT
Indonesia as the richest cultural resources country in ASEAN has opportunities to maintain its cultural resources to increase tourist visits. Conducting event is one of the way to increase tourist visit. Events can make someone leave their place, move to the other place conducting events, spent their money to get the services on the event site. The focus of this study is the contribution of cultural events and the other elements of tourist destination to the formation of destination image that lead to positive behavioral intention. This research used PLS SEM to analyze the effect of cultural events, event brand, place brand, and structural element to the affective and cognitive image. Respondents of this research is anyone who had been visited Dieng Culture Festival 6, 7, or 8. This research has found that place brand and structural element significantly affect both cognitive and affective image. The other variable, cultural events and cultural event brand only significantly affect the affective image of tourist destination. In the case of Dieng and Dieng Culture Festival, affective image has bigger affect to the formation of overall image than cognitive image. In this study, researcher also found that overall image of tourist destination significantly affects positive behavioral intention intention to revisit dan intention to recommend of the tourist to tourist destination.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carina Putri Paramitha
Abstrak :
Industri pariwisata adalah salah satu sektor industri yang memberikan kontribusi banyak terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu jenis pariwisata yang berkembang dengan pesat adalah ecotourism. Destinasi Desa Ecotourism Penglipuran Bali menjadi destinasi ecotourism unggulan di Bali yang mana hal ini dibuktikan melalui peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahunnya dan menjadi hasil pencarian teratas di TripAdvisor. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh e-WOM terhadap visit intention pada Desa Ecotourism Penglipuran Bali dengan destination image sebagai variabel penghubungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 wisatawan domestik menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi dan Sobel Test untuk melihat pengaryg antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-WOM memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap visit intention melalui destination image. Namun, pengaruh e- WOM terhadap visit intention melalui destination image memiliki nilai pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh e-WOM terhadap visit intention secara langsun ......Tourism has become the industrial sector that contributes a lot to the Indonesian economy. Ecotourism is one of tourism sector that has grown rapidly. Penglipuran Bali Ecotourism Village is a leading ecotourism destination in Bali which is proven by increasing tourist visit every year and become the top search result for “Ecotourism village in Bali” on TripAdvisor. This study was conducted to analyze the effect of e-WOM on visit intention in Penglipuran Bali Ecotourism Village with destination image as the mediator. This research used a quantitative approach by distributing questionnaires to 100 domestic tourists using non-probability sampling techniques. The data analysis technique used is the regression analysis and Sobel Test to see the influence between variables both directly and indirectly. The results showed that e-WOM had direct and indirect effects on visit intention through destination image. However, the effect of e-WOM on visit intention through destination image has a greater influence value than the value of e-WOM influence on visit intention directly.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Wayan Dewi Prasatya
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh dari destination image negara Thailand terhadap persepsi konsumen Indonesia terhadap produk domestik Thailand, yaitu buah durian Thailand. Dengan menggunakan metode analisis statistik structural equation model menginvestigasi pengaruh destination image terhadap persepsi dan preferensi konsumen mengenai destination?s domestic product, dimana terdapat pengaruh destination familiarity pada hubungan antara destination image dan persepsi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destiantion image negara Thailand mempengaruhi persepsi konsumen mengenai destination's domestic product secara signifikan dan positif, dimana destination familiarity tidak dapat memoderasi hubungan antara destination image dan persepsi konsumen. Pada akhirnya hubungan antara destination image dan preferensi konsumen akan dimediasi secara penuh oleh persepsi konsumen mengenai destination?s domestic product. Penelitian ini akan berguna bagi pembuat kebijakan (pemerintah) untuk memanfaatkan destination image dalam membantu meningkatkan ekspor negara. ...... This undergraduate thesis discusses the influence of destination image of Thailand to the Indonesian consumer perception for domestic products of Thailand, Thailand?s king of fruit. Using methods of statistical analysis of structural equation modeling to investigate the influence of destination image on destination?s domestic product perception and preference, where there is a influence of destination familiarity on the relationship between destination image and destination?s domestic product perception. The results indicate that the destination image of Thailand significantly and positively influence destination's domestic product perception, where destination familiarity can not moderate the relationship between destination image and product perception. In the end the relationship between destination image and product preference will be fully mediated by destination's domestic product perception. This study will be useful for policy makers (government) to take advantage of the destination image to increase country's exports.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46774
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dani Dagustani
Abstrak :
ABSTRACT
The eco-tourism area of the southern coast of West Java is the focus of research since the area is less well known as a tourist destination. Also, there is a reluctance of tourists to visit again, and tourists find ordinary. The purpose of this study is to examine the influence model of travel motivation and impressive tourism experience towards the destination image. The method used is verification analysis by using Structural Equation Model (SEM). The survey conducted on 302 respondents, i.e., tourists who visited the eco-tourism area of the southern coast of West Java. The results showed the motivation of travel and tourism experience significantly influence the image of tourism destinations. Tourism area managers need to design strategies to improve the image of the region by providing tourist stimulation in the form of exciting information and offers eco-tourism products-themed for tourist with a memorable approach to traveling experiences.
Jakarta: Faculty of Economics and Business State Islamic University (UIN) Syarif Hidayatullah, 2018
330 JETIK 17:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Alveriansyah Hazham Mulya
Abstrak :
Pariwisata adalah salah satu industri yang menjanjikan di Indonesia selama beberapa tahun ini. Namun, beberapa jurnal penelitian mengenai pariwisata jarang sekali menggunakan Indonesia sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian saat ini adalah untuk melihat bagaimana destination image berdampak kepada turis domestik dan mancanegara yang telah mengunjungi Yogyakarta. Metode penelitian kuantitatif saat ini menggunakan survei online dan akan menganalisis data dengan menerapkan PLS-SEM. Hasil analisis data dari 254 wisatawan menggambarkan bahwa seluruh dimensi destination image memiliki dampak positif pada kepuasan wisatawan dan memprediksi perilaku masa depan mereka. Dimensi yang paling berpengaruh adalah affective image sedangkan cognitive image menjadi yang paling kecil pengaruhnya terhadap overall image dari Yogyakarta. ......Tourism has been one of the promising industries in Indonesia for several years. However, the study of tourism in Indonesia as an object of the research is still lacking. This study shows the most important dimension of destination image among domestic and international tourists in Yogyakarta. The data was collected between February-May 2020 through an online survey and was analyzed by applying partial least structural equation modeling (PLS-SEM). The analyses of data collected from 254 tourists depicted that all destination image's dimensions positively affect tourist's satisfaction and their future behaviors. The most influential dimension was affective image while cognitive image became the least effective. Managerial implications are discussed with limitations and future recommendations in the last section of this paper.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvira Sheena Arifin
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang pengaruh electronic word-of-mouth terhadap minat berkunjung melalui destination image sebagai perantara pada boutique hostel Cara Cara Inn. Penelitian ini difokuskan terhadap akun social media Instagram dari Cara Cara ini dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 260 followers aktif dari akun tersebut sebagai responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis multivariate dengan menggunakan analisis jalur untuk menguji pengaruh variabel perantara dan membandingkan besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel-variabel penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara electronic word-of-mouth terhadap minat berkunjung melalui destination image sebagai variabel perantara, dan dengan adanya variabel perantara tersebut pengaruh antara electronic word-of-mouth terhadap minat berkunjung terbukti menjadi lebih kuat.
This thesis discusses about the effect of electronic word of mouth towards visit intention through destination image as a mediator on boutique hostel Cara Cara Inn. This research focuses on social media Instagram account of Cara Cara Inn and uses quantitative approach with conducting an online questionnaire to 260 active followers of that account as the respondent of this research. Analysis technique used for the data is multivariate analysis, with path analysis to test the effect of mediating variable and compare how big is the direct and indirect effect of the variables in this research. The result showed that electronic word of mouth has a significant effect towards visit intention through destination image as a mediating variable, and with that variable as a mediator, the effect of electronic word of mouth towards visit intention is proved to be stronger.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51209
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natia Humairah
Abstrak :
Studi ini meneliti hubungan antara halal tourism (pariwisata halal), tourist experience (pengalaman wisata), dan constraint (kendala) untuk mengidentifikasi peran khusus dari atribut-atribut dalam membentuk destination image (citra daerah tujuan) dan revisit intention (intensi mengunjungi kembali) ke Lombok. Populasi penelitian terdiri dari 330 tanggapan survei dari wisatawan domestik Lombok. Untuk mencapai tujuan ini, pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menganalisis data menggunakan PLS untuk menguji dampak dimensi dan variabel yang mempengaruhi destination image dan revisit intention. Lima dimensi halal tourism attributes (lingkungan sosial, fasilitas, makanan dan minuman, layanan, dan staf), empat dimensi tourist experience (escapism, entertainment, esthetics, dan education), tiga dimensi constraint (avaibility, structural, dan interpersonal), tiga dimensi destination image (scenery, infrastructure, affective dan water sports), dan tiga atribut revisit intention diidentifikasi. Analisis regresi kuadrat terkecil parsial menunjukkan bahwa tourist experience menentukan peran terbesar dalam destination image. Hasil penelitian menentukan apakah keberadaan faktor pariwisata halal dapat mempengaruhi citra tujuan dan membuat wisatawan untuk mengunjungi kembali Lombok di masa depan, oleh karena itu pemasar dapat menciptakan nilai tambah untuk daerah tujuan wisata yang dikelola dengan mempertimbangkan faktor-faktor pariwisata halal. ......This study examines the relationship between halal tourism, travel experience, and constraint to identify the particular role of the attributes in forming destination image and revisit intention to Lombok. The study population comprises of 330 survey responses from domestic tourists of Lombok. In order to achieve this objective, structural equation modelling was used to analyze the data using PLS to examine the impact of dimensions and variable that influence destination image and revisit intention. Five dimensions of halal tourism (social environment, facilities, food and beverages, service, and staff), four dimensions of travel experience (escapism, entertainment, esthetics, and education), three dimensions of constraints (avaibility, structural, and interpersonal), three dimension of destination image (scenery, infrastructure, affective, and water sports), and three attributes of revisit intention were identified. Partial least squares regression analysis shows that tourism experience defining biggest roles in the destination image. The results determine whether the existence of halal tourism factors can affect the destination image and make a tourist to revisit Lombok in the future, therefore marketers can create added value for managed tourist destination areas by taking into the factors of halal tourism.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Si Agung Candra Arum Sari Dewi
Abstrak :
Pasca pandemi COVID-19 pariwisata Bali mulai bangkit namun belum sepenuhnya pulih. Pada masa transisi pandemi COVID-19  menuju endemi, Bali menjadi sorotan di media sosial terkait dengan perbedaan pelayanan yang diterima oleh wisatawan domestik. Selain itu, penyebaran informasi oleh wisatawan terkait dengan perubahan kondisi wisata di Bali saat memasuki masa endemi akan berdampak bagi citra destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eWOM, persepsi risiko, dan citra destinasi terhadap niat berkunjung. Penelitian ini juga menggunakan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung eWOM dan persepsi risiko terhadap niat berkunjung melalui citra destinasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probabilitas dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 246 wisatawan domestik. Penelitian ini menemukan bahwa eWOM dan citra destinasi memiliki pengaruh yang positif terhadap niat berkunjung. Persepsi risiko memiliki pengaruh yang negatif terhadap niat berkunjung. Pengaruh negatif mengartikan bahwa semakin meningkatnya persepsi risko maka nilai pada niat berkunjung akan menurun.  Melalui analisis jalur diketahui bahwa eWOM dan persepsi risiko terhadap niat berkunjung melalui citra destinasi berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa wisatawan domestik mengandalkan eWOM untuk mencari tahu mengenai destinasi wisata yang ingin mereka kunjungi. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah, pemangku kepentingan, dan destination marketing organization memanfaatkan eWOM dalam membangun citra destinasi dan membangkitkan kembali niat berkunjung wisatawan pasca pandemi COVID-19. ......After the COVID-19 pandemic, Bali tourism began to revive but has not fully recovered. During the transition from the COVID-19 pandemic to the endemic, Bali was in the spotlight on social media due to the differences in services received by domestic tourists. In addition, the dissemination of information by tourists related to changes in tourism conditions in Bali when entering an endemic period can impact the image of a Bali destination. This study aims to determine the effect of eWOM, risk perception, and destination image on visiting intentions. This study also uses path analysis to determine the indirect effect of eWOM and perceived risk on visiting intentions through destination image. This study uses a quantitative method with a non-probability sampling technique with a purposive sampling approach. The samples collected were 246 domestic tourists. This study found that eWOM and destination image positively influence visiting intentions. Perceived risk has a negative influence on the visit intention. The negative effect means that the higher the risk perception, the value of the intention to visit will decrease. Path analysis shows that eWOM and perceived risk of visiting intentions through destination image have a significant effect. The results of this study indicate that domestic tourists rely on eWOM to find out about the tourist destinations they want to visit. Therefore, the government, stakeholders, and destination marketing organizations must utilize eWOM to build the destination image and revive the intention to visit tourists after the COVID-19 pandemic.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sophian Fikri
Abstrak :
Film-induced tourism telah menjadi fenomena yang berkembang dalam industri pariwisata dalam beberapa dekade terakhir, di mana para wisatawan cenderung mengunjungi suatu destinasi yang ditampilkan dalam sebuah film. Ada banyak penelitian yang telah dikembangkan untuk meneliti fenomena ini, namun, hingga saat ini belum ada penelitian akademis yang menyelidiki mengenai pengaruh film-pull motives, yang terdiri dari place, personality dan performance, terhadap behavioural intention dari generasi Millennials. Karena generasi Millennials cenderung berperilaku berbeda dibandingkan dengan kelompok lainnya karena karakteristik khas mereka, maka, konseptual analisis mengenai film-pull motives diperkenalkan untuk menyelidiki faktor – faktor dari film yang memotivasi behavioural intention dari generasi Millennial. Selain itu, efek moderasi dari film-pull motives juga diteliti terhadap hubungan antara destination image, perceived value dan behavioural intention dari generasi Millennials. Penelitian ini kemudian menggunakan film 'Ada Apa Dengan Cinta 2' karena keberhasilannya di box office Indonesia pada tahun 2016. Sampel sebanyak 234 responden diperoleh melalui kuesioner online. Hipotesis kemudian diuji dengan menggunakan analisis regresi dan uji t. Analisis bootstrap kemudian diterapkan untuk menyelidiki efek mediasi dari variabel perantara, yakni perceived value. Hasil empiris mengungkapkan bahwa place memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap behavioural intention dari generasi Millennials. Selain itu, juga ditemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif dari destination image terhadap behavioural intention dari generasi Millennials. Selain itu, perceived value dapat memediasi sebagian hubungan antara destination image dengan Millennials’ behavioural intention. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa bagi orang – orang yang memiliki film-pull motives yang kuat, terdapat efek mediasi dari perceived value, namun untuk orang – orang yang memiliki film-pull motives rendah, tidak terdapat efek mediasi dari perceived value. Implikasi teoritis dan manajerial juga disajikan berdasarkan temuan. ...... Film-induced tourism has been a growing phenomenon in the tourism industry in recent decades, where the tourists tend to visit the particular destination as featured in a film. There have been extensive studies being developed to address this phenomenon, however there is a lack of academic investigation on the film’s pull motivational factor, which is consisted of place, personality, and performance, towards Millennials’ intention to travel. As Millennials tend to behave differently compared to the other cohorts due to their distinctive characteristics, thus, a conceptual analysis of film-pull motives was employed to understanding the role of film attributes in motivating Millennials’ behavioural intention. Also, the moderating effect of film-pull motives was also assessed towards the relationship between destination image, perceived value, and Millennials’ behavioural intention. This study used ‘Ada Apa Dengan Cinta 2’ movie due to its success at Indonesia box office in 2016 to understand its effect on film tourism in Yogyakarta. A sample of 234 respondents was obtained through online questionnaires. The hypothesis was tested with the use of regression analysis and Welch t-Test. Bootstrapping analysis then employed to investigate the mediation effect of the mediation variable. The empirical result indicated that place attributes of Yogyakarta as depicted in the movie played major role in motivating Millennials’ behavioural intention. Also, it was found that a positive influence from destination image towards the Millennials’ behavioural intention while perceived value mediated partially the relationship between destination image and Millennials’ behavioural intention. While being compared between the strong motivated Millennials and weak motivated Millennials, it was found that perceived value mediated partially the relationship between destination image and behavioural intention; and for the weak motivated Millennials, the mediating effect of perceived value was not established. The theoretical and managerial implications are also drawn subsequently from the findings.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rarasati Prameswari Manoto
Abstrak :
Masih sedikit penelitian yang mendiskusikan bagaimana film dapat mempengaruhi keinginan seseorang untuk berkunjung ke lokasi yang digunakan di dalam film ketika film tersebut ditonton melalui jenis media yang berbeda. Perbedaan pengalaman yang dimiliki konsumen dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan mereka untuk mengkonsumsi produk. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan pengaruh destination image yang terbentuk dari film terhadap visit intention penontonnya dengan engagement yang mereka miliki terhadap film tersebut ketika film ditonton melalui layar lebar dengan layar kaca. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan survey ke 432 responden yang pernah menonton film yang terpilih, baik dari layar lebar maupun layar kaca. Hasil penelitian akan dianalisis dengan PLS-SEM menggunakan Multigroup Analysis untuk membandingkan hubungan yang terjadi untuk kedua kelompok responden yang menggunakan jenis media yang berbeda. Penulis mendapatkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara viewers’ engagement dengan destination image dan visit intention serta destination image dengan visit intention. Akan tetapi, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mereka yang menonton melalui layar lebar dan layar kaca. Penelitian ini dapat membantu marketers dan akademisi dalam proses pengambilan keputusan mereka ketika menggunakan film dari layar lebar maupun layar kaca sebagai media untuk mempromosikan destinasi mereka. ......here are still a limited number of studies that discuss how a film can impact someone’s visit intention to the location used in the film if it is watched by different kinds of media. The difference in the experience that a consumer gets can affect their decision-making process to consume a product. Hence, this study aims to see the difference in impact of destination image created from the film on the audiences’ visit intention with their engagement towards the movie itself when the movie is watched from big screen and small screen. The study is held by doing a survey to 432 respondents who have watched the chosen film. The result will be analyzed with PLS-SEM by using Multigroup Analysis to compare the effect between the two kinds of media used. The author(s) found that there’s a positive correlation between viewers’ engagement with destination image and visit intention and between destination image and visit intention. However, there is no significant difference between respondents who watched the movie on big or small screen. This study will be able to help marketers and academicians’ decision-making process when they’re using film from big and small screen as a tool to promote their destination.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>