Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sutarno NS
Jakarta: Jala Permata, 2006
158.1 SUT c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nadine Herdwita Putri Soerojo
"Latar Belakang: Sebanyak 9 juta orang di Indonesia mengalami gangguan depresi. Jawa Barat, salah satu provinsi di Indonesia, merupakan provinsi yang memliki masyarakat dengan gangguan mental emosional terbanyak kedua setelah Sulawesi Tengah. Dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa self-esteem yang rendah merupakan salah satu faktor risiko dari depresi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya hubungan antara citra diri dengan depresi pada remaja SMA di Depok.
Metode: Metode yang digunakan adalah rancangan studi cross-sectional untuk mengidentifikasi hubungan citra diri dan depresi pada remaja SMA. Aspek depresi dinilai menggunakan kuesioner Center of Epidemiologic Studies Depression Scale-Revised (CESD-R), sedangkan aspek citra diri dinilai dengan menggunakan kuesioner Citra Diri Rosenberg. Sampel penelitian dari penelitian ini adalah remaja SMA Dian Didaktika dan dipilih menggunakan teknik random sampling yang menghasilkan 96 remaja. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Uji Chi-Square.
Hasil: Hasil yang didapatkan adalah terdapat hubungan yang signfikan antara self-consciousness dan the perceived self dengan depresi (p=0,000, p=0,000), sedangkan tidak ada hubungan yang signfikan antara tingkat dan kestabilan self-esteem dengan depresi (p=0,3660, p=1,000).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara self-consciousness dan the perceived self dengan depresi.

Introduction: Approximately 9 million people in Indonesia have developed depression disorder. West Java, a province in Indonesia, has the second most citizens with emotional mental disorders after Central Sulawesi. From various studies, it was found that depression development was related to low self-esteem as its risk factor.
Aim: This study aims to identify the presence or absence of a relationship between self-esteem and depression in high school adolescents in Depok.
Method: The method used in this study was a cross-sectional study design to identify the relationship between self-esteem and depression in high school adolescents. The depression aspect was assessed using the Center of Epidemiologic Studies Depression Scale-Revised (CESD-R) questionnaire, while the self-esteem aspect was assessed using the Rosenberg Self-Esteem Scale questionnaire.  The research sample of this study was 96 students of SMA Dian Didaktika, a high school in Depok, West Java. The respondents was selected using random sampling technique. The data was analyzed using the Chi-Square Test.
Results: The results obtained are that there is a significant relationship between self-consciousness and the perceived self with depression (p = 0.000, p = 0.000), while there is no significant relationship between the level and stability of self-esteem with depression (p = 0.660, p =  1.000). 
Conclusion: There is a relationship between self-consciousness and the perceived self with depression in adolescents.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrina Shakuntala
"ABSTRAK
Personal trainer adalah suatu profesi dimana penampilan dan pencitraan diri terbentuk menjadi jati diri mereka. Penelitian ini mengkaji tentang makna penampilan dan citra diri bagi personal trainer, pihak ? pihak yang bertanggung jawab, serta upaya ? upaya mereka untuk mendapatkan penampilan dan pencitraan diri tersebut. Penelitian untuk kasus ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengamatan terlibat dan wawancara untuk memberikan gambaran mengenai kondisi kehidupan personal trainer yang dilakukan secara holistik.
Hasil penelitian menunjukkan jika penampilan dan pencitraan diri yang ditunjukan oleh personal trainer tidak hanya berasal dari kewajibannya terhadap pekerjaan yang dimilikinya akan tetapi juga terbentuk oleh keinginannya untuk tampil sempurna yang mana mendorong mereka untuk melakukan beberapa hal seperti diet, latihan, dan konsumsi produk ? produk yang bersangkutan.

ABSTRACT
Personal trainer is a profession where looks/appearance and self ? image are becoming their personalities. This research studies about the meaning of looks/appearance and self ? image to personal trainer, parts which responsible for this to happen, also personal trainer?s effort to get those looks/appearance and self ? image. The research used qualitative methods with participant ? observation and personal interview to describe the condition of personal trainer life between their job.
The result came with a conclusion that looks/appearance which personal trainer shows is not only belong to their responsibilities on their profession but also to their own personal desire to look perfect that drove them to do diets, physical training, and consuming relevant products."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
S1660
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Riska Oktaviany
"Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan intervensi untuk mengatasi permasalahan mengenai citra diri (salah satu dimensi dari motivasi ekstrinsik) karyawan HR Center Of Expertise (COE) PT.XYZ. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan observasi dan penyebaran kuesioner dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebagian besar karyawan memiliki citra diri rendah yang berpengaruh dalam kesiapannya menjalankan peran baru di Direktorat HR PT.XYZ. Berdasarkan hal tersebut, maka dirancang program intervensi untuk meningkatkan citra diri karyawan yang rendah untuk mendukung kesiapan mereka menjalankan peran HR yang baru dalam agenda transformasi HR PT.XYZ. Program intervensi yang akan dilakukan yaitu dengan sosialisasi terhadap perubahan yang terbagi dalam dua tahap yakni sosialisasi terhadap VP dan sosialisasi terhadap seluruh karyawan HR Center Of Expertise (COE).

The purpose of this study was to develop an intervention program to solve the problem of employees HR Center of Expertise (COE) self image (a dimension of extrinsic motivation) at XYZ Company. This study used a quantitative method by using observation and questionnaire in data collection. The results showed that most employees have low self image affecting the readiness of new roles in the HR Directorate at XYZ Company. Based on this, the intervention program was designed to enhance employees self image (extrinsic motivation) to support their readiness to work a new roles in HR transformation at XYZ Company. This intervention program is the socialization of change in two phase: socialization for VP and socialization for all employees of HR Center of Expertise (COE)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30496
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Media massa sebagai media informasi publik menjadi media promosi bagi artis untuk mendapatkan
popularitas dan keuntungan secara finansial. Seringkali artis menuntut dirinya sendiri untuk kooperatif
dengan wartawan, awak media yang akan menampilkan realitas simbol-simbol yang diterimanya pada saat
melakukan wawancara. Bagaimana artis memahami citra dirinya yang ditampilkan di media massa, bagaimana
artis mempersiapkan penampilan citra dirinya di hadapan wartawan (back stage region), bagaimana artis
menampilkan citra dirinya di hadapan wartawan (front stage region), dan bagaimana artis memahami
popularitasnya di publik sebagai dampak dari pemberitaan yang dibingkai wartawan di media massa (out
stage region) menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Untuk mengungkapkan pengelolaan kesan
artis dalam media massa, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori dramaturgi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang paling mempengaruhi citra diri artis adalah orang-orang sekitar
yang berinteraksi dengan dirinya, karena interaksi tersebutlah yang akan menjadi realita. Realita tersebut
harus mampu dibingkai artis menjadi bagian dari citra dirinya. Sebelum berhadapan dengan wartawan untuk
diwawancara, artis melakukan beberapa persiapan untuk menampilkan citra diri yang positif di hadapan
wartawan. Artis memahami sepenuhnya makna popularitas bagi dirinya. Citra diri yang ditampilkan oleh
artis, jika dibingkai secara positif oleh wartawan dalam berita di media massa, maka akan memberi kesan
positif juga oleh publik. Jika sebaliknya, maka publik juga yang akan menolaknya. Berita di media massa
membawa dampak popularitas yang besar bagi artis. Artis membutuhkan popularitas untuk dapat bertahan
dalam menjalankan profesinya. Selain itu, artis juga mendapatkan berbagai keuntungan baik secara materi
maupun immateriil sebagai dampak dari popularitas yang diperolehnya. Artis selalu berupaya memelihara
hubungan baik dengan wartawan sebagai mitra kerjanya."
384 JKKOM 3:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Randy Tanaya Raditya
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S5340
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Prasetyo
"Skripsi ini membahas tentang citra diri perempuan dalam novel “Love In The Kingdom of Oil” karya Nawal el Sadaawi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan citra diri perempuan dalam novel dari aspek fisik, psikis, dan sosial masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural untuk menganalisis unsur intrinsik dalam novel. Unsur intrinsik ini menjadi dasar dalam analisis citra diri perempuan. Kesimpulan dari analisis tersebut adalah terdapat korelasi antara unsur intrinsik tema, tokoh dan penokohan, latar, dan amanat dengan penggambaran citra perempuan dalam novel tersebut.

This thesis discusses about women self image in the novel “Love In The Kingdom of Oil” by Nawal el Sadaawi. The purpose of this study to describe about women self image in the novel from the physical aspect, psychological aspect, and social aspect. This research use a structural approach to analyze the intrinsic unsure of the novel. The intrinsic elements of the basis for the analyze of the woman self image. The conclusion of this analysis is that there is a correlation between theme, character and characterization, setting, and moral with describtion of women self image in that novel."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45920
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfina Fadliya Surjaatmadja
"ABSTRAK
Ruangan yang sangat menarik yang dilihat melalui sebuah foto atau istilah yang biasa
disebut sebagai Photogenic Space ini muncul dan menjadi marak akibat penggunaan
media sosial yang sudah melekat pada keseharian masyarakat. Media sosial ini sendiri
sebagai konsumsi dari masyarakat sehari-hari memiliki dampak yang signifikan pada
cara pandang, pola pikir, dan bahkan citra diri. Kasus yang akan diangkat pada
penulisan skripsi ini adalah penggunaan media sosial Instagram yang berbasis foto.
Melalui hasil analisis saya didapatkan bahwa indikator-indikator arsitektural yang
membentuk Photogenic Space memiliki peranan pada pembangunan citra diri melalui
media sosial Instagram.

ABSTRACT
Photogenic space or a space that looks appealing from a photo has become popular
because of the high usage of social media. Social media itself has become a part of
society?s daily life, which affected the society?s perspective, mindset, and also selfimage.
The case is analyzed further is one of the most popular picture based social
media, Instagram. Indicators of photogenic space from architectural perspective were
found throughout the analysis and have a part in the self-image development as a
result of the Instagram usage."
2016
S62826
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Aisha Darby
"Media adalah sumber informasi penting untuk standar dan norma kecantikan yang dianut masyarakat dan salah satunya standar yang paling banyak ditemui di masyarakat adalah ide mengenai warna kulit yang ideal. Data dari Mills (2017) menemukan bahwa standar kecantikan yang ditransmisikan oleh media terutama sangat berdampak pada perempuan. Salah satu cara media mengimplementasikan standar kecantikan tersebut adalah melalui iklan. Iklan produk kecantikan seringkali menggambarkan warna kulit yang gelap sebagai sesuatu yang buruk sedangkan warna kulit terang selalu digambarkan sebagai pertanda kecantikan. Hal ini mengungkap cara kerja colorism di Indonesia. Colorism, adalah proses diskriminasi yang memberikan hak istimewa bagi mereka yang memiliki warna kulit lebih terang dibandingkan mereka yang kulitnya gelap. Colorism memiliki implikasi internal (konsep diri), dan juga implikasi eksternal (diskriminasi). Tulisan ini berusaha untuk mengetahui implikasi internal colorism, yakni konsep diri, sebagai akibat dari iklan kecantikan. Setelah melakukan wawancara dengan dua orang informan, penulis dapat menyimpulkan bahwa iklan kecantikan memang memainkan peran yang penting dalam melestarikan colorism di kalangan perempuan yang pada akhirnya membentuk self-esteem, ideal self, self image (konsep diri) perempuan tersebut.

Media is an important source of beauty norms and standards that a society adheres to and a beauty standard that we come across a lot in society are skin color ideals. Data from Mills (2017) shows that beauty standards that are transmitted by the media have an especially profound impact on women. One of the ways in which beauty standards are implemented by the media is through advertisements. Beauty advertisements often portray dark skin as something that is bad and shows lighter skin tones as a sign of beauty. This shows how colorism works in Indonesia. Colorism is the process of discrimination that gives priviledges to those with lighter skin tones compared to those with darker skin tones. Colorism has internal (self concept) and external (discrimination) implications. This writing attempts to discover the internal implications of colorism, namely self concept, as a consequence of beauty advertisements. After conducting interviews with two informants, it can be concluded that beauty advertisements do play an important role in strengthening colorism in women, which in turn impacts their self-esteem, ideal self, and self image (self concept)."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Reihan Fadillah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan self-discipline (regulasi diri dalam membentuk identitas secara online) yang dilakukan oleh pencari kerja melalui pembentukan citra diri profesional lewat profil LinkedIn. Sejumlah studi terdahulu telah menunjukan soal proses pembentukan citra diri di LinkedIn. Namun, masih sedikit kajian yang menghubungkan pembentukan citra diri para pencari kerja dengan mengikuti prinsip-prinsip profesionalitas. Dengan meminjam konsep Foucault penelitian ini menunjukan bahwa pencari kerja menerapkan self-discipline dalam membentuk citra diri sebagai seorang profesional melalui profil LinkedIn mereka. Penerapan self-discipline tersebut dilakukan oleh pencari kerja dalam mengelola perilaku pribadi mereka guna mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini disebabkan oleh adanya perasaan terawasi oleh pengguna lain di platform tersebut karena menyadari bahwa profil LinkedIn mereka dapat dilihat oleh orang lain, sehingga cenderung melakukan penyesuaian dan pemeliharaan terhadap informasi yang ingin ditampilkan. Pengawasan tersebut merupakan konsekuensi dari kekuasaan yang bekerja melalui fitur pada LinkedIn, sehingga memberikan berbagai efek bagi pencari kerja. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi digital, yang mengkombinasikan wawancara mendalam dan observasi digital terhadap aktivitas pencari kerja (usia 25-34 tahun) yang secara aktif memanfaatkan platform LinkedIn.

This research aims to examine the application of self-discipline (self-regulation in shaping one's identity online) conducted by job seekers through the creation of a professional self-image on LinkedIn profiles. Several previous studies have demonstrated the process of self-image formation on LinkedIn. However, there are still few studies that link job seekers' self-image formation with adhering to principles of professionalism. By borrowing Foucault's concept, this research shows that job seekers apply self-discipline in creating a professional self-image through their LinkedIn profiles. This self-discipline is applied by job seekers in managing their personal behaviour to achieve their desired goals. This is due to the feeling of being monitored by other users on the platform, as they are aware that their LinkedIn profiles can be viewed by others, thus tending to adjust and maintain the information they wish to display. This surveillance is a consequence of the power that operates through LinkedIn's features, affecting job seekers. The methodology used in this research is digital ethnography, which combines in-depth interviews and digital observation of the activities of job seekers (aged 25-34) who actively utilize the LinkedIn platform."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>