Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadhillah Fairuzzahira
Abstrak :
ABSTRAK
Pemasok (supplier) adalah aset yang sangat berharga, tidak hanya di mana perusahaan mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan tetapi juga sumber informasi yang dapat membantu perusahaan. Loyalitas dari pemasok (supplier loyalty) adalah kunci penting dalam produktivitas perusahaan. Fokus pada bagaimana pemasok dapat loyal pada manufaktur dengan hubungan pembeli-pemasok (buyer-supplier relationship) sebagai mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan faktor-faktor penting dalam buyer-supplier relationship untuk mencapai loyalitas pemasok, yaitu komunikasi, pembayaran, logistik dan kepercayaan.

Sampel diambil dari pemasok bahan baku yang melakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengukuran dalam bentuk beberapa pertanyaan yang didistribusikan kepada 112 responden yang mewakili masing-masing perusahaan. Penelitian ini menggunakan pemodelan persamaan struktural berbasis komponen atau varians dimana dalam mengolah data menggunakan partial least square (Smart-PLS) yang merupakan metode Variance Based SEM.

Analisis data telah dilakukan dari tahap konseptualisasi model untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis dapat menunjukkan bagaimana peran mediasi dilakukan oleh hubungan pembeli-pemasok dalam komunikasi, pembayaran, logistik, kepercayaan, dan hubungan loyalitas pemasok. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari tiga belas hipotesis yang diuji, tujuh hipotesis diterima dan enam hipotesis ditolak.
ABSTRACT
Supplier is a very valuable asset, not only where the company gets the raw materials needed but also sources of information that can help the company. Loyalty from suppliers is an important key in company productivity. Focus on how supplier can be loyal to a manufacture with buyer-supplier relationship as mediation. This study aims to model the important factors in buyer-supplier relationship (BSR) to achieve the supplier loyalty, there are communication, payments, logistics and trust.

Sampling are taken from supplier of raw material conducting by using questionnaires as an measurement instrument in the form of several questions distributed to 112 respondents representing each company. This research uses component or variance based structural equation modeling where in processing data using partial least square (Smart-PLS) version 3.0 PLS (Partial Least Square) is a method of Variance Based SEM.

Data analysis has been carried out from the conceptualization stage of the model to testing the research hypothesis. The results of the analysis can show how the mediating role carried out by buyer-supplier relationships in communications, payments, logistics, trust and supplier loyalty relationships. From the results of testing the hypothesis shows that of the thirteen hypotheses tested, seven hypotheses were accepted and six hypotheses were rejected.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hugo Priladi
Abstrak :
Seluruh perusahaan membutuhkan faktor produksi, termasuk tenaga kerja danbahan baku untuk menyediakan produk dan jasa kepada pelanggan mereka. Bahan baku pada umumnya diperoleh dari supplier, sedangkan tenaga kerja dan jasa lainnya dapat diperoleh dari internal perusahaan atau aktivitas outsourcing. Secara khusus, tujuan penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian yang telah ada dengan mengkaji pengaruh supplier selection terhadap partnership quality kemitraan dan supplier selection pada success of buyer-supplier relationship SBSR dan firm performance pada UKM restoran di Jakarta, Bogor dan Depok. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei denganmen distribusikan kuesioner kepada 96 responden yang merupakan pemilik/manajer restoran UKM di ketiga daerah tersebut, dan analisis hasil survei dilakukan dengan menggunakan partial least square structural equation model PLS SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supplier selection berpengaruh terhadap partnership quality dan SBSR, sedangkan partnership quality tidak berpengaruh terhadap SBSR serta SBSR berpengaruh terhadap firm performance. ......All companies require all factors of production, including labor and raw materials, to provide goods and services to their customers. The raw materials are usually obtained from the suppliers, while labor and other services can be managed in house or obtained through outsourcing activities. Specifically, the objective of this research is to explore an existing model by assessing the influence of supplier selection on partnership quality, partnership quality and supplier selection on the success of buyer supplier relationship SBSR and firm performance of small medium restaurants in Jakarta, Bogor and Depok. A questionnaire is developed and distributed through a field survey to 96 respondents who are restaurant sowner manager in the aforementioned areas. Partial least square structural equation model PLS SEM is used to analize survey result. The research result shows that supplier selection has effect on partnership quality and SBSR, while partnership quality does not affect on SBSR, and SBSR has effect on firm performance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T51409
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haikal Ananda Roellyan Siregar
Abstrak :
Fungsi pengadaan telah membantu bisnis modern untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Tidak hanya menguntungkan perusahaan besar, studi juga menunjukkan bagaimana UKM menyadari pentingnya proses pengadaan dalam membantu bisnis mereka menjadi lebih kompetitif. Sayangnya, terjadinya Pandemi Covid-19 telah menimbulkan guncangan yang masif terhadap aktivitas sehari-hari, yang sangat berdampak pada bisnis dan kegiatan ekonomi. Karena sebagian besar fungsi bisnis terkena dampak negatif, penelitian telah menunjukkan minat di bidang pengadaan untuk mengeksplorasi seberapa signifikan dampak Covid-19 terhadap proses pengadaan bisnis. Namun, perhatian minimal telah diberikan pada proses pengadaan UKM dan bagaimana dampak Pandemi terhadapnya. Untuk mengatasi kesenjangan penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memperluas wawasan mengenai dampak Pandemi Covid-19 terhadap proses pengadaan UKM. Untuk mencapai hal tersebut, penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian induktif, mengumpulkan informasi dari 6 wawancara mendalam dengan peserta yang bertanggung jawab atas proses pengadaan di masing-masing UKM di Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa Pandemi sangat berdampak pada proses pengadaan UKM, dijelaskan dalam tiga dimensi agregat: Masalah Akibat Pandemi Covid-19, Tanggapan terhadap Pandemi Covid-19, dan Keunggulan Kompetitif dari Penyesuaian Proses Pengadaan. Studi ini memberikan kontribusi penting pada literatur yang ada dengan berfokus pada konteks spesifik proses pengadaan di usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memperluas pemahaman kita tentang dampak Pandemi terhadap proses pengadaan UKM untuk mendapatkan daya saing. keuntungan. Rekomendasi diberikan dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang untuk membantu mempersiapkan UKM menghadapi gangguan yang mengganggu proses pengadaan dan tetap tangguh dan kompetitif. ......The procurement function has helped modern businesses to gain a competitive advantage. Not only does it benefit large firms, but studies have also shown how SMEs are aware of the importance of the procurement process in helping their businesses to be more competitive. Unfortunately, the occurrence of the Covid-19 Pandemic has caused a massive shock to day- to-day activities, which highly impact businesses and economic activities. As most of the business functions are adversely impacted, studies have shown interest in the area of procurement to explore how significantly Covid-19 impacts the procurement process of businesses. However, minimum attention has been paid to SMEs' procurement process and how the Pandemic impacts it. To address this research gap, this study aims to extend the insight into the impact of the Covid-19 Pandemic towards the procurement process of SMEs. To achieve this, this study adopted an inductive research approach, gathering information from 6 in-depth interviews with participants responsible for the procurement process in the respective SMEs in Indonesia. The findings indicate that the Pandemic has severely impacted the procurement process of SMEs, explained in three aggregate dimensions: Problems Caused by the Covid-19 Pandemic, Response towards the Covid-19 Pandemic, and Competitive Advantage from the Adjustments in the Procurement Process. This study provides an essential contribution to the existing literature by focusing on the specific context of the procurement process in small and medium-sized enterprises (SMEs) to expand our comprehension of the impact of the Pandemic on the procurement process of SMEs to obtain a competitive advantage. Recommendations are provided in the short-term, mid-term and long-term to help prepare the SMEs to face disruptions that interrupt the procurement process and stay resilient and competitive.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library