Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arifin Djauhari
"ABSTRAK
Dewasa ini peran telekomunikasi di dalam era bisnis sudah merupakan hal yang utama Kecepatan pengiriman informasi akan sangat menentukan laju dan perkembangan dunia bisnis. Salah satu fasilitas telekomunikasi adalah Indosat Business Service (IBS) yang merupakan sirkit sewa dijital point to point berkecepatan tinggi dengan cakupan layanan komunikasi data, suara dan video conference. Penggunaan jasa IBS memudahkan kalangan bisnis di Indonesia untuk berkomunikasi dengan rekan keijanya di luar negeri tanpa dipengaruhi oleh kepadatan trafik nasional dan internasional."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Setiawan
"Menjelang diberlakukannya pasar bebas tahun 2003 di Indonesia dalam lingkup Asean Free Trade Asociation (AFTA), pemerintah Indonesia salah satunya sudah mengeluarkan Undang Undang Nomor. 36 tentang Deregulasi Bisnis Telekomunikasi di Indonesia. Setelah diberlakukan pasar bebas perusahaan asing akan segera masuk ke Indonesia dan berkompetisi dengan perusahaan lokal Indonesia sendiri. Kalau perusahaan-perusahaan lokal Indonesia masih lemah dan tidak beraliansi dengan perusahaan kuat, jelas tidak akan mampu bertahan di era globalisasi.
Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk membahas beberapa hal yaitu : Bagaimana posisi Indosat dalam persaingan bisnis telekomunikasi di Indonesia; Strategi bisnis telekomunikasi yang bagaimana yang cocok, apakah sebagai penyelenggara jasa saja, sebagai penyelenggara janngan saja atau kombinasi keduanya; Bagaimana usaha usaha yang harus dilakukan PT. Indosat dalam menciptakan terobosan usaha untuk mendukung usaha inti perusahaan.
Metode penulisan tesis yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat deskriptif eksplanatif dan pendekatan kualitatif, yaitu bertujuan mendapatkan gambaran yang lengkap dari subjek yang diteliti dengan cara melakukan pengamatan langsung.
Sedangkan pengumpulan data, melalui data perusahaan, dan artikel yang terkait, selanjutnya dikaji menggunakan teori yang mendukung dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan strateginya berdasarkan pendekatan analisis matrik SWOT. Setelah dilakukan evaluasi penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa produk jasanya yang sudah dalam tahap kedewasaan menjelang masuk ketahap penurunan, namun demikian sudah ada produk penggantinya yang sudah ada pada tahap pertumbuhan. Dengan akan diberlakukannya pasar bebas AFTA pada tahun 2003 Indosat harus memperkuat bisnisnya melalui strategi korporasinya menguasai perusahaan hilir dan perusahaan hulu dengan Cara masuk ke bisnis penyelenggaraan jaringan telekomunikasi domestik dan penyelenggaraan jasa telekomunikasi domestik yang berbasis pelanggan. Untuk mempermudah dalam pemanfaatan dana investasi dan memperkuat jaringan bisnis dapat dilakukan dengan cara melakukan aliansi dengan strategi partner.
Sedangkan strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh Indosat sesuai dengan kondisi lingkungan yang dihadapinya dan sesuai dengan karakter bisnis telekomunikasi, Indosat harus selalu mempunyai produk terkini yang siap menggantikan produk sebelumnya agar dapat selalu meningkat pendapatannya. Melihat pelanggan potensial Indosat kebanyakan berada di kawasan/gedung yang dikuasai oleh pengelolanya maka Indosat lebih baik melakukan strategi ditribusi selektif. Karena tarif ditentukan oleh pemerintah, maka strategi tarif yang harus digunakan Indosat adalah dapat memberikan value yang lebih baik dari kompetitornya."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T8642
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hinne
"ABSTRAK
Sebagai perluasan usaha dari Toko Dewi Motor yang menjual berbagai jenis
suku cadang, aksesori dan reparasi mobil, Bengkel Bubut DM menyediakan berbagai
jasa pembubutan mesin (terutama mobil) dan pembuatan produk-produk yang
membutuhkan proses pembubutan mesin. Pemilik perusahaan perorangan ini adalah
Amansyah Gunoyadi yang memiliki experience dan expertise di bidang otomotif
selama ± 35 tahun, akan mendampingi Hinne anak kandungnya sebagai penasihat,
dalam mengelola dan memimpin Bengkel Bubut DM. Brand name, brand awareness
dan customer loyalty yang tinggi, serta experience dan expertise di bidang otomotif
yang dimiliki oleh Toko Dewi Motor selama 15 tahun akan berdampak pada
timbulnya customer preference terhadap Bengkel Bubut DM. Bengkel Bubut DM
alcan berada di lokasi yang sama dengan Toko Dewi Motor, yaitu di JI. Jend.
Sudirrnan No. 14 Bekasi.
Agar dapat mendesain rencana pemasaran yang efisien dan efektif, Hinne
melakukan riset pasar yang terdiri dari analisa industri (untuk mengetahui seberapa
besar market opportunity) dan analisa segmenting-targeting-positioning (agar dapat
menentukan bagaimana cara menjangkau konsumennya, mengetahui produk apa yang
dibutuhkan, berapa harga yang Iayak dibebankan, serta bagaimana mempertahankan
pasar tersebut dari serangan para pesaing dengan menggunakan kuesioner sebagai
tools, pada 50 orang responden berdomisili di ibukota Kabupaten Bekasi yang pernah
menggunakan jasa bengkel bubut di wilayah ibukota Kabupaten Bekasi. Strategi
niche pada satu wilayah geografi yaitu ibukota Kabupaten Bekasi akan membidik
seluruh pelanggan Toko Dewi Motor terutama PN dan PS dengan mobil pribadi
maupun dinas, wirausahawan/wati, dan para teknisi mobil di berbagai bengkel mobil;
yang diperkirakan akan memberi kontribusi sebesar 75% dan total revenue.
Saat ini terdapat 4 buah bengkel bubut di ibukota Kabupaten Bekasì yang
menyediakan jasa dan produk seperti Bengkel Bubut DM. Tiga diantaranya berskala
besar (Bengkel Bubut: Bambu Kuning, Bekasi Jaya dan Mari) lebih berorientasi pada
industri sebagai target market-nya, sehingga jasa pembubutan mesin (mobil) hanya
sebagai pelengkap saja. Dengan demikian Bengkel Bubut DM hanya menghadapi
pesaing utama, yaitu Bengkel Bubut Karya Baru.
Hal-hal yang membedakan Bengkel Bubut DM dan para pesaingnya yang
merupakan strategi bersaing dan Bengkel Bubut DM yaitu:
1. Nilai Iebih (value added). Selain dapat melakukan oné stop shopping, melalui
konsultasi di hidang otomotif Bengkel Bubut DM dapat membantu konsumen
menemukan solusi terbaik bagi permasalahan yang dihadapi path kendaraan
bermotor (mobd) yang mereka miliki.
2. Pemberitahuan waktu penyelesaìan ?pesanan? kepada pelanggan via telepon atau
pun fax bahwa ?pesanan? mereka sudah selesai lebjh awal, mengalami
keteriambatan, dan waktu penyelesaiannya.
3. Lokasi strategis yang dirnilikj dimana Bengkel Bubut DM terletak di jalan utama
sehingga mudah dicapai dan tidak rawan kemacetan.
4, Waktu penyelesaian ?pesanan? konsumen dapat relatif Iebih cepat dan bengkel
bubut lain karena apabila ada suku cadang yang perlu diganti dalam penyelesaian
?pesanan? konsumen tersebut, maka suku cadang tersebut dapat Iangsung
diperoleh dan Toko Dewi Motor
TYPE OF BUSINESS
Bengkel Bubut DM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa
pembubutan mesin (mesin) dan pembuatan produk-produk yang membutuhkan proses
pembubutan mesin.
COMPANY/BUSINESS SUMMARY
Bengkel Bubut DM yang merupakan perusahaan perorangan akan didinikan,
dikelola dan dipimpin oleh Hinne. Bengkel Bubut DM akan menyediakan berbagai
jasa pembubutan mesin (terutama mobil) dan pembuatan produk yang membutuhkan
proses pembubutan mesin.
FINANCIAL OBJECTIVES
Financial plan dan analysis dan business plan ini menjabarkan proyeksi dari
hasi operasi perusahaan, posisi finansial, cash budgets, penilaian investasi dan break
even point.
MANAGEMENT OVERVIEW
Lulus dari Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Tarumanagara tahun
1998 dengan predikat ?sangat memuaskan?, Hinne melanjutkan studinya pada
program Magister Manajemen Universitas Indonesia dengan konsentrasi Manajemen
internasional sebagai bekal untuk mengelola bisnis keluarganya.
SERVICE OFFERING
Bengkel Bubut DM memberikan berbagai jasa pembubutan mesin (mobil)
yang disesuaikan dengan spesifikasi yang diinginkan oleh para pelanggannya.
FUNDS REQUESTED
Dana yang dibutuhkan untuk start-up capital adalah sebesar Rp.
760.000.000,- yang berasal dari Amansyah Gunoyadi, pemilik Toko Dewi Motor
dan Bengkel Bubut DM.
USE OF PROCEEDS
Start-up capital tersebut sebagian besar digunakan untuk pembelian mesin
mesiri (59.21%) dan one-time costs Iainnya. Selain itu dapat menutup monthly
expenses selama 3 buÍan pertama beroperasinya Bengkel Bubut DM.
"
2001
S-Pdf (sedang dalam proses digitalisasi)
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Saputri Agustina
"Perubahan gaya hidup yang sangat dinamis disertai dengan perkembangan teknologi
telekomunikasi mendorong munculnya berbagai layanan baru untuk bisa memenuhi
kebutuhan yang terus berkembang dalam berbagai format. Hal ini mendorong peningkatan
kebutuhan bandwith, storage sebagai tempat peyimpanan aplikasi layanan dan penyediaan
multi-format untuk multi perangkat bagi para operator layanan multimedia termasuk operator
telekomunikasi. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi dan perubahan teknologi yang
digunakan dalam bisnis telekomunikasi yang awalnya menggunakan teknologi IPTV
kemudian berevolusi menggunakan teknologi OTT (over the top). OTT adalah teknologi
yang memungkinkan layanan/konten yang dihantarkan memberikan kualitas tinggi dan bisa
di nikmati melalui berbagai jenis perangkat telekomunikasi dan disampaikan melalui jaringan
operator, tetapi secara langsung tanpa melibatkan operator. Beberapa contoh layanan OTT
yang banyak kita tahu adalah Google, Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube dan iTune.[1]
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka dilakukan analisis dan pembuktian bahwa
implementasi Teknologi OTT pada jaringan FTTH untuk peningkatan business services
sebagai solusi bisnis telekomunikasi pada saat ini, dengan metode kompetitive analysis yaitu
membandingkan Teknologi OTT untuk menggantikan teknologi sebelumnya yang dianggap
sudah tidak sesuai lagi dengan tren pelanggan. Serta membandingkan layanan yang di
berikan oleh PT.Moratelindo menggunakan Teknologi OTT dengan para pesaing dalam
bisnis yang sama di Indonesia. Dalam pelaksanaan analisis menggunakan CPM (Competitive
Profile Matrix) yaitu dengan cara membandingkan key success factor PT.Moratelindo dalam
memberikan layanan ke pelanggan dengan satu-satunya pesaing di Indonesia pada saat ini
yaitu PT.Telkom serta pesaing dari Negara tetangga Singapura, dan terbukti bahwa
PT.Moratelindo memberikan layanan dengan melakukan implementasi Teknologi OTT pada
jaringan FTTH menjadi yang terbaik pada saat ini di Indonesia.
Dari analisa yang dilakukan menghasilkan perbaikan dari roadmap sebelumnya, bukan hanya
dari sisi teknologi saja akan tetapi dari produk yang akan di berikan ke pelanggan. Dari
roadmap yang telah di buat menunjukan bahwa dalam minimal dua tahun kedepan teknologi
OTT masih bisa di manfaatkan dan di explore lebih luas lagi sehingga PT.Moratelindo
optimis dalam menetapkan target pencapaian dalam business service dengan menggunakan
teknologi OTT tersebut dalam peningkatan keuntungan dan jumlah pelanggan.

Lifestyle changes are accompanied by a very dynamic development of telecommunications
technology to a wide variety of new services to meet the evolving needs in a variety of
formats. This prompted an increased need for bandwidth, storage as a service applications
with storage and provision for multi-format, multi-device multimedia services for operators
including telecom operators. Therefore, the need for innovation and change in the technology
used in the telecommunications business initially using IPTV technology then evolved using
technology OTT (over the top). OTT is a technology that allows the service / content
delivered providing high quality and can be enjoyed through various types of
telecommunications devices and delivered over the network operator, but directly without
involving the operator. Some examples of OTT services which we know is a lot of Google,
Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube and iTunes. [1]
Based on the above background, the analysis and proof that the implementation of OTT
Technology on FTTH network to increase business telecommunication services as a business
solution at this time, the method of analysis that compares competative OTT technology to
replace the previous technology is considered to be no longer compatible with the trend
customers. And compare the service that is given by PT.Moratelindo using OTT technology
with competitors in the same business in Indonesia. In the implementation of the analysis
using CPM (Competitive Profile Matrix) is by way of comparing PT.Moratelindo key success
factor in delivering services to customers with the only competitor in Indonesia at this time,
namely PT Telkom as well as competitors from neighboring countries Singapore, and proved
that PT . Moratelindo provide services to implement OTT Technology on FTTH network to be
the best at this time in Indonesia.
An analysis of the yield improvement roadmap before, not only in terms of technology alone
but of the products that will be provided to the customer. Of the roadmap that has been made
to show that in at least the next two years is still OTT technology can be utilized and explore
more broadly so PT.Moratelindo optimistic in achieving targets set in business service using
the OTT technology to increase corporate profits.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34985
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Apriani
"Fenomena e-Business telah menjadi tren yang mewarnai aktivitas bisnis di negara-negara maju maupun di negara-negara berkembang. Hal ini terjadi karena dengan adanya e-Business, proses dan sistem bisnis (pertukaran barang atau jasa) menjadi jauh lebih baik jika dibandingkan dengan cara-cara terdahulu (konvensional). Terutama dilihat dari keuntungan maupun manfaat yang diperoleh bagi semua pihak yang memiliki kepentingan, dalam hal ini stakeholder.
PT PQR Indonesia, sebagai perusahaan penyedia solusi teknologi, perlu mengimplementasikan e-Business untuk meningkatkan kualitas layanan, dalam hal ini penyediaan produk maupun jasa yang diberikan kepada customer, dalam rangka meningkatkan daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin lama semakin kompetitif, sehingga PT PQR Indonesia dapat terus bertahan dalam menjalankan bisnisnya, bahkan diharapkan dapat meningkatkan kesuksesan bisnisnya. Panjangnya rantai channel yang ada membuat PT PQR Indonesia tidak dapat dengan cepat mengatasi permasalahan yang terjadi pada pelanggan korporat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu strategi, model dan desain e-Business yang dapat mengatasi permasalahan yang selama ini terjadi pada Divisi Supplies PT PQR Indonesia, serta menganalisa teknologi informasi yang diperlukan untuk mendukung penerapan e- Business tersebut.
Dalam studi kasus ini, strategi, model dan desain e-business yang dibuat dapat meningkatkan kepuasan pelanggan korporat PT PQR Indonesia. Model e-business tersebut menghasilkan kondisi dimana PT PQR Indonesia dapat berhubungan langsung dengan pelanggan korporat dan resellernya, yaitu dengan melakukan strategi e-Channels, melalui Inovasi Jalur Transaksi dan Memperkaya Jalur Transaksi.

E-Business phenomenon has been a major trend in business activity in developed countries as well as in developing countries. With e-Business, system and business process (the exchange of goods and services) become much better compared to conventional method. Especially profit and benefits that stakeholder can get.
As a technology solution company, PT PQR Indonesia, need to implement e-Business in order to raise service quality to customer, by fulfilling new product or services, in order to increase company?s competitiveness. Implementation of e-Business can increase the competitiveness of PT PQR Indonesia in high pace environment, so PT PQR Indonesia can keep surviving in the industry and will achieve company?s goals & profit successfully. Problems that happen when dealt with corporate customer are the length of channel chain. In order to solve the problems which mostly happen in Supplies Division PT PQR Indonesia, strategy, model and design of e-Business, also information technology to support them, were needed.
In this case study, strategy, model and design e-Business that built could increase the corporate customer satisfaction, if PT PQR has direct relation to corporat customer and reseller, through e-Channels strategies, i.e e-Channel Innovation and Transaction Enchancement.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40232
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inghilleri, Leonardo
"In a tight market, your most powerful growth engine?and your best protection from competitive inroads?is this: put everything you can into cultivating true customer loyalty. Loyal customers are less sensitive to price competition, more forgiving of small glitches, and, ultimately, become ?walking billboards? who will happily promote your brand."
New York: [American Management Association, ], 2010
e20440390
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Claudio A. Ardagna, editor
"This book is an outcome of the International Workshop on Business System Management and Engineering (BSME 2010), held in Malaga, Spain, in June/July 2010, in conjunction with the TOOLS 2010 federated conferences and under the aegis of the EU Network of Excellence on Service Software and Systems (S-Cube). The goal of the workshop was to bring together experts in the fields of business process management, service-oriented architectures, and service security to discuss the current state of research and identify new issues, challenges, and research directions."
Berlin: [, Springer-Verlag], 2012
e20410083
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Yumna Puspita
"Tesis ini membahas mengenai Analisis dan Implementasi Sistem Integrasi Bisnis Proses Pada Perusahaan Jasa Konsultan. Penelitian ini mengambil kasus pada perusahaan jasa konsultan di Indonesia dengan penelitian kualitatif dan proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan uji coba. Perusahaan konsultan membagi pekerjaan dalam bentuk proyek-proyek sesuai dengan jumlah klien. Proses bisnis yang terintegrasi ke setiap proyek sangat penting untuk mendukung kegiatan pelaksanaan proyek dan pengambilan keputusan yang cepat, tepat, dan akurat. Dampak dari sistem yang tidak terintegrasi akan mengurangi efektifitas dan efisiensi dalam proses pengambilan keputusan dalam bisnis Selain itu, manajemen harus mengetahui informasi perkembangan kegiatan proyek secara realtime, terperinci dan tepat waktu agar manajemen dapat mengambil keputusan dengan cepat, tepat dan akurat. Maka dari itu, optimalisai proses bisnis sistem perusahaan perlu diperhatikan agar proses bisnis perusahaan menjadi efektif dan efisien. Dalam penelitian ini penulis akan mengoptimalisasikan prosedur sistem sebelum memperoleh proyek, implementasi proyek dan proyek selesai dan memberikan rekomendasi mengenai penyusunan sistem yang berkaitan dengan proses bisnis tersebut. 

This thesis discusses the Analysis and Implementation of Business Process Integration System at Consulting Services Company. This study took the case of a consulting services company in Indonesia with qualitative research and data collection process through observation, interviews and data collection. The consulting firm divides the work in the form of projects according to the number of clients. Integrated business processes for each project are essential to support project implementation and prompt, precise and accurate decision-making. The impact of an unintegrated system will reduce the effectiveness and efficiency in the business decision-making process. In addition, management must be aware of real-time, detailed and timely development of project activities so that management can make decisions readily, properly and accurately. Therefore, optimization business process system of the company needs to be considered for the process bisnus company to be effective and efficient. In this study the authors will optimize the system procedures before obtaining the project, project implementation and the project is completed and provide recommendations on the preparation of systems related to the business process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library