Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Hadi Cahyono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S49928
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bagus Nurul Alam
"ABSTRAK
kegiatan pengadaannya, seperti bentuk lingkungan pemerintahan, peraturan yang
ketat dan memiliki hubungan bisnis pengadaan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan sistem pengadaan yang dapat mendukung kegiatan pengadaan di institusi perguruan tinggi negeri Universitas Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode business process re-engineering (BPR) untuk mendapatkan rancangan sistem perbaikan yang besar. Hasil penelitian menunjukkan sistem enterprise resource planning (ERP) yang digunakan bersamaan dengan metode BPR mampu mempercepat waktu pelaksanaan kegiatan pengadaan. Berdasarkan hasil simulasi proses perbaikan, waktu pelaksanaan jenis pengadaan melalui E-Katalog menurun sebesar 41%, jenis
pengadaan melalui pelelangan umum menurun sebesar 50%, dan jenis pengadaan
melalui penunjukkan langsung menurun sebesar 44%.

ABSTRACT
activities, such as legislative environment, strict regulations and has complex
business relationships. This study aims to design a procurement system to support procurement process in higher education institution Universitas Indonesia. This study use business process re-engineering (BPR) method to dramaticly improve the procurement process. Simulation with new design process that combination of enterprise resource planning (ERP) system and BPR does improve working time of procurement activities. Based on new process simulations, working time for
procurement via E-Katalog decreased by 41%, procurement through public auctions decreased by 50%, and procurement by direct appointment decreased by 44%.
"
2016
T45736
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutauruk, Gabriella Septiani Miranda
"Pada saat ini telah banyak perusahaan yang melakukan outsource logistik ke penyedia layanan logistik dalam menjalankan sistem distribusi yang efisien, di mana salah satu ukuran kinerja logistik perusahaan adalah pengiriman yang tepat waktu. Perancangan ulang proses bisnis perlu dilakukan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses-proses yang terlibat dalam logistik dan distribusi, sehingga dapat menjamin produk sampai ke tangan konsumen tepat waktu dengan biaya minimal.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang perbaikan proses distribusi di salah satu penyedia jasa logistik di Indonesia dalam meningkatkan kinerja perusahaan dengan mengefisiensikan waktu pengiriman barang ke distributor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Business Process Re-engineering, dengan melakukan observasi dan wawancara ke perusahaan susu dan perusahaan penyedia jasa logistik, lalu proses distribusi saat ini dimodelkan dan disimulasikan menggunakan software Igrafx BPMN.
Perbaikan proses distribusi dirancang dan didapatkan bahwa strategi yang paling efisien adalah model simulasi dengan strategi pengaturan ulang order pada Warehouse Management System (WMS) dan penerapan Radio Frequency Identification (RFID), menggunakan lebih dari satu vendor pelayaran, serta menggunakan sistem informasi dan pelacakan untuk distributor yang mencapai efisiensi waktu sebesar 49,6%.

At this time many companies have outsourced logistics to logistics service providers in running efficient distribution systems, where one measure of the companys logistics performance is the on-time delivery. Redesign of business processes is necessary to improve the efficiency and effectiveness of the processes involved in logistics and distribution, in order to guarantee the product is delivered to consumers on time with minimal costs.
This study aims to design improvement of the distribution process in one of logistics service providers in Indonesia to increase the logistics performance of the company by streamlining the distribution process time of goods. Business Process Re-engineering method is used in this study, by conducting observations and interviews with dairy companies and logistics service companies, then the current distribution process is modeled and simulated using Igrafx BPMN software.
Improvement of the distribution process is designed and it produces the most effective strategy which is a simulation model with a strategy of rearranging orders on Warehouse Management System (WMS) and the application of Radio Frequency Identification (RFID), using more than one shipping vendor, and using information and tracking systems for distributors that achieve time efficiency by 49,6%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Frisly Karenina
"ABSTRAK
Sistem pengadaan publik secara elektronik (SPSE) memliki peran penting untuk menunjang ketersediaan barang/jasa dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan. Penggunaan SPSE pada belanja negara masih berada di bawah target prioritas nasional dengan efisiensi di bawah 10%. Praktik korupsi di sektor pengadaan menjadi tantangan tersendiri di tengah upaya pemerintah melakukan efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi saat ini, merancang perbaikan proses bisnis, dan perbaikan sistem informasi SPSE yang dapat meminimalkan korupsi dan meningkatkan efisiensi pada proses pengadaan. Metode Business Process Re-engineering (BPR) dan Structured System Development (SSD) digunakan dalam penelitian ini. BPR dilakukan melalui pemodelan dan simulasi proses saat ini (As-Is) dan proses perbaikan (To-Be) menggunakan perangkat lunak iGrafx. SSD dilakukan dalam empat tahap, yaitu pembuatan entity relationship diagram (ERD), tabel relasional, use case diagram, dan data flow diagram (DFD). Penelitian ini menghasilkan tiga pilihan skenario perbaikan SPSE yang mampu memenuhi variabel voice of customer (VOC) yang berbeda, karena perbedaan solusi untuk meminimalkan korupsi. Simulasi model ketiga skenario juga menghasilkan waktu layanan yang berbeda untuk setiap skenario. Kombinasi skenario BPR best practice dan sistem informasi merupakan skenario terbaik dengan tingkat penurunan waktu sebesar 40% dari 17 hari menjadi 10 hari dan memenuhi keseluruhan variabel VOC, yaitu efisiensi dan efektivitas proses, kelengkapan, akurasi, dan timeliness data, integrasi, transparansi dan akuntabillitas dalam proses pengadaan publik. Model sistem informasi dengan metode SSD dirancang untuk mendukung proses bisnis perbaikan dengan mengadopsi model To-Be skenario ketiga yang merupakan skenario terbaik dari hasil penelitian.

ABSTRACT
Electronic government procurement system (E-GP) has an important role to support the availability of goods and services in government activities. The use of E-GP is still below the national target with efficiency less than 10%. Corruption practices in procurement sector has become a challenge in the midst of government efforts to improve the procurement process efficiency. This study aims to analyze the E-GP current conditions, design business process improvements, and E-GP information systems improvements that is able to minimize corruption and improve efficiency in the procurement process. Business Process Re-engineering (BPR) and Structured System Development (SSD) methods are used in this study. BPR is performed by modeling and simulating current and proposed processes using iGrafx software. SSD in this study consists of four stages; the creation of entity relationship diagram (ERD), relational tables, use case diagram, and data flow diagram (DFD). This study provides three choices of E-GP improvement scenarios that are able to fulfill different VOC variables, due to different solutions to minimize corruption. The simulation of the three scenario models also produce different cycle times for each scenario. The combination of BPR best practice and information system is the best scenario with cycle time reduction of 40% from 17 days to 10 days and fulfills the VOC variables of process efficiency, effectiveness, data completeness, accuracy, and data timeliness, integration, transparency and accountability in the public procurement process. The information system model using SSD method is designed to support business process improvement by adopting the third scenario model which is the best scenario from the research results."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bintang Praharani
"Proses pengadaan atau procure-to-pay merupakan proses yang penting bagi perusahaan perkapalan karena berfungsi menyediakan kebutuhan pemeliharaan kapal. Untuk terus dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan tetap kompetitif, perusahaan perkapalan harus melakukan peningkatan kinerja pada proses pengadaannya. Oleh karena itu, penelitian ini dikembangkan dengan metode business process re-engineering untuk mencapai perbaikan proses secara signifikan. Unified Modeling Language (UML) digunakan untuk memetakan dan menganalisis proses pengadaan saat ini dan merancang proses pengadaan usulan. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan proses baru dan strategi bisnis yang didapatkan dari analisis permasalahan yang terjadi dengan melibatkan empat orang ekspert. Untuk menguji efektivitas proses perbaikan yang diusulkan, dibangun subuah model simulasi menggunakan Igrafx. Dengan menggunakan parameter waktu, hasil simulasi penelitian menunjukkan penurunan waktu mencapai 60%.

Procurement process or procure-to-pay is an important process for shipping company because it supplies parts and services for vessel maintenance. In order to fulfil the increasing demand and keep competitive, the shipping company should improve its procurement process. Therefore, this study was developed using business process re-engineering method to improve the procurement process dramatically. Unified Modeling Language (UML) is used to map and analyze current business process and design the future process. The outcomes of this study are a new process design and business strategies those was obtained from company problem analysis by involving four experts. To verify the re-engineering design effectiveness, a simulation model is built using Igrafx. By using time as a parameter, the simulation output shows an efficiency up to 60% in the procurement process time."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59884
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bagus Nurul Alam
"Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan sistem manajemen pengetahuan yang digunakan untuk menangkap dan menyebarkan pengetahuan pada kegiatan penelitian di Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode business process re-engineering (BPR) untuk mendapatkan rancangan sistem perbaikan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan pengetahuan meningkatkan penyebaran pengetahuan dan penangkapan pengetahuan di Universitas Indonesia. Proses perbaikan diuji dengan melakukan simulasi menggunakan Igrafx. Simulasi menunjukkan jumlah pengetahuan yang berhasil ditangkap dan disimpan sistem pengelolaan pengetahuan.

This study aims to design a knowledge management system to capture and distribute knowledge related to research activities in Universitas Indonesia. This study uses the businerss process reengineering (BPR) method to significantly improve the system design. The results show that the knowledge management system does increase the capture and distribution of knowledge in Universitas Indonesia. The improvement process was tested through simulations conducted in Igrafx. The simulations then show the amount of knowledge captured and retained in the knowledge management system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60062
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emaria Sugiarto
"[ABSTRAK
Perkembangan bisnis ritel di Indonesia telah mendorong makin maraknya ritel outlet
modern. Persaingan di bisnis ini makin ketat sehingga mendorong tiap-tiap retailer
untuk semakin memperbaiki sistem dan teknologi yang diterapkan dalam
menjalankan usaha bisnis untuk meningkatkan value chain. Salah satunya dengan
menerapkan model bisnis proses yang jelas sebagai acuan dalam menjalankan
kegiatan bisnis sehari-hari. Berbagai teknik permodelan bisnis proses telah diterapkan
di beberapa usaha. Salah satu teknik permodelan yang dapat diterapkan untuk bisnis
ritel adalah Metode IDEF0. Metode mampu mengidentifikasi alur dan sequence
proses pada bisnis ritel. Setelah memperoleh model bisnis yang jelas, selanjutnya
membuat suatu pengembangan (to be model) dari model bisnis yang ada (as is model)
untuk dapat lebih meningkatkan kinerja bisnis. Dalam penelitian ini telah dapat
diidentifikasi model bisnis proses supermarket yang sudah diterapkan, model bisnis
dikembangkan menjadi model baru untuk kemudian dianalisa perbandingan antara as
is model dan to be model. Tujuannya untuk mengukur peningkatan kinerja (value
chain) dari pengembangan yang dilakukan. Penelitian menghasilkan kinerja dari
persediaan barang (stock on hand - SOH) meningkat dan tingkat ketiadaan barang
(out of stock – OOS) menurun pada supermarket.

ABSTRACT
The development of retail business in Indonesia has encouraged the increasingly
widespread modern retail outlets. Competition in this business more stringent so as to
encourage every retailer to further improveof the systems and technologies are
applied in running the business to improve the value chain. By applying a clear
business model as a reference process in the course of daily business. Various
business process modeling techniques have been applied in some effort. One of the
modeling techniques that can be applied to the retail business is IDEF0 method. The
method is able to identify the flow and sequence in the retail business processes.
After obtaining a clear business model, then make a development (to be models) of
the existing business model (as is model) to be able to further improve business
performance. This study has identified the supermarket business model that has been
implemented, the business model is developed into a new model to be analyzed the
comparison between the as is model and to be model. The goal is to measure the
performance improvement of development (as a value chain) being done. Research
produced a performance of inventory (stock on hand - SOH) increases and the level
of unavailable goods (out of stock - OOS) decreased at the supermarket, The development of retail business in Indonesia has encouraged the increasingly
widespread modern retail outlets. Competition in this business more stringent so as to
encourage every retailer to further improveof the systems and technologies are
applied in running the business to improve the value chain. By applying a clear
business model as a reference process in the course of daily business. Various
business process modeling techniques have been applied in some effort. One of the
modeling techniques that can be applied to the retail business is IDEF0 method. The
method is able to identify the flow and sequence in the retail business processes.
After obtaining a clear business model, then make a development (to be models) of
the existing business model (as is model) to be able to further improve business
performance. This study has identified the supermarket business model that has been
implemented, the business model is developed into a new model to be analyzed the
comparison between the as is model and to be model. The goal is to measure the
performance improvement of development (as a value chain) being done. Research
produced a performance of inventory (stock on hand - SOH) increases and the level
of unavailable goods (out of stock - OOS) decreased at the supermarket]
"
2015
T44579
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Prasetyo
"ABSTRAK
Semakin ketatnya persaingan industri transportasi logistik di Indonesia memerlukan para penyedia jasa logistik perlu mengefisienkan prosesnya sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dan bertahan dalam kompetisi di industri logistik. Riset ini bertujuan untuk memperbaiki rancangan proses penyediaan jasa transportasi logistik yang lebih efisien, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan. Business Process Re-engineering (BPR) digunakan untuk mempersingkat waktu pelayanan transportasi logistik. Hasilnya saran perbaikan yang diusulkan dapat menurunkan waktu proses respon order sebesar 78% dari 35.79 menit menjadi 7.90 menit dan waktu rata-rata siklus kerja turun sebesar 54% dari 668.22 menit menjadi 309.19 menit.

ABSTRACT
The tight competition of logistics transportation industry in Indonesia requires the local logistic service providers need to streamline their processes so they can fulfill their customer needs and survive in the competition. This research aims to improve design of process for providing logistics transportation services to become more efficiently. Business Process Reengineering (BPR) is used to shorten the logistics transportation service time. The result suggested proposed improvement could decrease order response time process by 78% from 35.79 minutes to 7.90 minutes and average cycle time decreased by 54% from 668.22 minutes to 309.19 minutes."
2017
T48395
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juan Siva
"ABSTRAK
Perbedaan pola pembelian pelanggan pada e-commerce menuntut UKM fashion di Indonesia yang ingin mengadopsi e-commerce untuk dapat menyesuaikan dan memperbaiki bisnis prosesnya agar dapat beroperasi secara lebih efisien. Maka dari itu dibutuhkan usulan rancangan perbaikan proses bisnis UKM dengan metode Business Process Reengineering BPR agar dapat mengadopsi e-commerce secara efisien. Penelitian ini dimulai dengan memodelkan proses bisnis UKM pada kondisi awal sehingga masalah yang ada dapat diidentifikasi. Selanjutnya proses bisnis UKM akan melewati dua tahap perbaikan, tahap pertama adalah pengadopsian e-commerce pada proses bisnis awal dan tahap perbaikan selanjutnya adalah penerapan praktik terbaik BPR dalam e-commerce. Semua tahapan tersebut dimodelkan menggunakan alat Business Process Management Notation BPMN melalui perangkat lunak iGrafx. Tahap adopsi e-commerce mempersingkat waktu proses bisnis UKM sebesar 24,28 dan pada tahap penerapan praktik terbaik BPR dapat mempersingkat waktu sebesar 67,63

ABSTRACT
Differences in customer purchasing patterns on e commerce forced fashion SMEs in Indonesia who wanted to adopt e commerce to be able to adjust and improve their business processes to operate more efficiently. Therefore it is necessary to propose the design of business process improvement of SMEs with Business Process Reengineering BPR method to be able to adopt e commerce efficiently. This research began by modeling SME s current business processes to identified its problems. The SME s business process would be improved within two steps, the first step was the adoption of e commerce to the initial business process and the next step of improvement was the application of best practice of BPR in e commerce. All the steps were modeled through Business Process Management Notation BPMN tool using iGrafx software. The adoption e commerce phase shortened the business process time by 24,28 and the application of best practice BPR phase shortened the time by 67,63."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library