Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Firdhan Achmadan
"Big Five Inventory – 2 (BFI-2) adalah pemutakhiran dari Big Five Inventory generasi pertama (BFI-1). Inventori tersebut dirancang dengan struktur hierarkis untuk mengukur domain big five (yakni extraversion, agreeableness, concientiousness, negative emotinality dan open-mindeness) beserta 15 faset (bagian spesifik domain seperti sociability) yang dimiliki oleh kelima domain tersebut. Hingga sekarang, pengujian properti psikometri dengan melibatkan partisipan Indonesia baru dilakukan terhadap BFI-1. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk mengevaluasi properti psikometri inventori BFI-2. Peneliti melakukan korespondensi dengan pihak pengembang untuk mendapatkan BFI-2 yang telah diterjemahkan secara resmi oleh pihak International Situations Project (ISP). Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner daring melalui berbagai media sosial. Peneliti menetapkan kriteria warga negara Indonesia dan usia 17 tahun ke atas yang dapat terlibat dalam penelitian ini. Setelah dilakukan proses pembersihan dan penyaringan data, total akhir partisipan yang dilibatkan dalam analisis utama sebanyak 1061 partisipan. Partisipan tersebut didominasi oleh wanita (n=894, 84,3%) dan sebagian besar berada pada kelompok usia 21-30 tahun (n=775, 73,04%) dengan rata-rata usia 25 tahun (SD=5,25). Perhitungan konsistensi internal menghasilkan nilai yang telah memenuhi kriteria penggunaan riset untuk tingkatan domain (>0,7), namun belum memadai untuk faset. Hasil korelasi antara BFI-2 dengan International Personality Item Pool Big Five Factor Marker (IPIP-BFM) versi 50 item dan Ten Item Personality Inventory (TIPI) menunjukkan validitas konvergen dan diskriminan yang baik. Analisis faktor konfirmatoris terhadap empat model berbeda menunjukkan bahwa three facets plus acquiescence merupakan model yang memiliki indeks fit paling baik, namun indeks fit untuk domain extraversion, agreeableness, dan conscientiousness masih belum memenuhi kriteria evaluasi. Pemeriksaan lebih lanjut menggunakan analisis faktor eksploratoris menemukan bahwa terdapat tujuh item yang bermasalah, yakni 1 item untuk domain extraversion, 2 item untuk agreeableness dan open-mindedness, dan 1 item untuk conscientiousness dan negative emotionality. Setelah menghapus ketujuh item tersebut, analisis faktor konfirmatoris kembali dilakukan dan menunjukkan bahwa model telah fit dengan data. Sebagai kesimpulan, alat ukur BFI-2 versi 53 item dapat digunakan untuk mengukur big five di Indonesia dengan catatan menghapus tujuh item yang ditemukan tidak valid dalam analisis konfirmatoris dan berhati-hati untuk menginterpretasi skor pada tingkatan faset mengingat perhitungan konsistensi internalnya belum memadai.

Big Five Inventory - 2 (BFI-2) is an upgrade to the first generation of Big Five Inventory (BFI-1). The inventory was designed with a hierarchical structure to measure big five domains (namely extraversion, agreeableness, concientiousness, negative emotionality and open-mindeness) along with the 15 facets of the domains. Psychometric property testing involving Indonesian participants has only been carried out on BFI-1. Therefore, the purpose of this study was to evaluate the psychometric properties of the BFI-2. The researcher corresponds with the developer to obtain BFI-2 which has been officially translated by the International Situations Project (ISP). Data was collected by distributing online questionnaire through various social media platforms. The researcher determined the criteria for Indonesian citizens and over 17 years of age who could be involved in this study. After the data cleaning was carried out, the final total of participants involved in the main analysis was 1061 participants. The participants were dominated by women (n = 894, 84.3%) and most of them were in the 21-30 year age group (n = 775, 73.04%) with an average age of 25 years (SD = 5.25). The calculation of internal consistency yields a value that meets the research use for the domain level (> 0.7), but is not sufficient for facets. The results of the correlation between BFI-2 and the International Personality Item Pool Big Five Factor Marker (IPIP-BFM) 50 items and the Ten Item Personality Inventory (TIPI) show good convergent and discriminant validity. Confirmatory factor analysis conducted on four different models shows that the three facets plus acquiescence has the best fit, but the extraversion, agreeableness, and conscientiousness does not meet the evaluation criteria. Further examination using exploratory factor analysis found that there were seven problematic items, namely 1 item for extraversion domain, 2 items for agreeableness and open-mindedness, and 1 item for conscientiousness and negative emotionality. After deleting the seven items, a confirmatory factor analysis was carried out again and showed that the model was fit to the data. In conclusion, the 53-item version of the BFI-2 can be used to measure big five in Indonesia provided the problematic items found to be invalid are deleted and be careful to interpret the scores at the facet level considering the inadequate internal consistency. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Wardhi Fachri
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ciri kepribadian Big Five Factor yang terdiri dari lima domain dan faktor demografis yang meliputi usia, masa kerja, tingkat pendidikan serta jenis kelamin dengan tiap dimensi dan total keseluruhan kesiapan untuk berubah. Penelitian dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian ex post facto (field study) dan metode penelitian within subject design dengan menggunakan instrumen alat ukur berupa kuesioner RFCQ-II dan IPIP-NEO yang diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini melibatkan 62 orang responden yang berasal dari suatu perusahaan yang akan menghadapi rencana perubahan struktur perusahaan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hanya salah satu dimensi dari kesiapan untuk berubah yang dapat diprediksi secara bersama-sama oleh kepribadian Big Five Factor dan faktor demografis. Dimensi tersebut ialah personal valence, dimana personal valence berhubungan dengan faktor demografis masa kerja dan ciri kepribadian neuroticism dari Big Five Factor.

ABSTRACT
The objective of this research is to investigate the relationships between Big Five Factor personality trait that consist of five domains and demographic factors that comprise of age, tenure, education level, and gender with total readiness for change and each dimensions. The research be held with the quantitative method through ex post facto (field study) of research type and within subject design of research method and utilize the instruments both of RFCQ-II and IPIP-NEO which have modified in to Indonesian. The research involved 62 respondents that come from a company, which has taken a change in their structure. The result has shown that only one dimension of readiness for change that could predict simultaneously by both of Big Five Factor personality trait and demographic factor. The dimension is personal valence, which have relationship with tenure and neuroticism of Big Five Factor personality trait."
2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Handaru Sandy
"Studi tentang dampak keragaman sosial terhadap perekonomian telah banyak dilakukan dengan data antar negara sejak tahun 1990-an. Sementara itu, jumlah studi dengan data dalam suatu negara relatif sedikit dan mayoritas dilakukan di negara maju. Sejauh ini, studi-studi dalam suatu negara menemukan bahwa keragaman sosial berdampak positif terhadap gaji atau pendapatan. Penelitian ini mencoba melihat dampak keragaman sosial terhadap pendapatan khususnya melalui aspek kepribadian individu dengan menggunakan Indonesia sebagai studi kasus. Analisis mempergunakan teknik regresi cross-sectional dan sibling regression dengan menggunakan data dalam sebuah negara. Hasil estimasi menunjukkan bahwa keragaman etnis dan agama terindikasi berpengaruh negatif terhadap pendapatan melalui faktor kepribadian. Keragaman etnis terindikasi berpengaruh negatif terhadap extraversion dan opennesss. Keragaman agama juga terindikasi berpengaruh negatif terhadap extraversion. Selain itu extraversion, conscientiousness dan openness berhubungan positif dengan pendapatan; sementara neuroticism berhubungan negatif dengan pendapatan.

Research about the impact of social diversity on economic growth have been done using between-countries data since 1990s. Meanwhile, studies using within-countries data are relatively scant and majority are done in developed countries. So far, studies using within-countries data found that social diversity has positive effect on wage or income. This study tries to look at the impact of social diversity on income, especially through individual personality using Indonesia as a case study. The analysis uses cross-sectional regression and sibling regression using within country data. Estimation result shows that ethnic and religion diversity have negative impact on income. Ethnic diversity has negative impact on extraversion and openness. Religion diversity also has negative effect on extraversion. Furthermore extraversion, conscientiousness, and openness have positive effect on income; while neuroticism has negative effect on income. After many robustness check, the impact of social diversity on personality should be interpreted as partially causal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shaskia Yasmin Susthira
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada ada atau tidaknya peranan trait kepribadian dalam preferensi tujuan wisata pada wisatawan. Penelitian ini menggunakan Big Five Model (McCrae & Costa, 1962) untuk melihat trait kepribadian wisatawan yang kemudian dihubungkan dengan preferensi tujuan wisata mereka yang terbagi menjadi tujuan wisata alam dan tujuan wisata budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain non-eksperimental. Analisis data menggunakan statistika deskriptif, korelasi chi-square, t-test dan logistic regression. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 147 wisatawan yang berada pada usia dewasa muda, yaitu 20-40 tahun (Papalia, 2007) Dari analisis data, disimpulkan bahwa terdapat peranan dari trait kepribadian, terutama pada faktor agreableness. Selain itu juga terdapat hasil penemuan lain yang menunjukan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan preferensi tujuan wisata, peranan usia dalam preferensi tujuan wisata dan skor rata-rata wisatawan yang memilih ke wisata alam lebih tinggi dibanding yang memilih wisata budaya pada faktor agreableness.

ABSTRACT
The focus of this study is to find the role of personality traits in tourist destination preference. This study is using the Big Five Model (McCrae & Costa, 1962) for tourist personality to correlate with tourist destination wich divided into two types, nature tourist destination and culture tourist destination. This study is using quantitative approach with non-experimental design. Descriptive statistics, chisquare, t-test and logiztic regression will be used to analyze the information gathered. The sample of this study involved of 147 young adulthood tourists, between 20-40 years old (Papalia, 2007). The results of this study is there is a role from personality trait in tourist destination preference, especially for agrableness factor. Beside, the result of this study also found there is a correlation between education and tourist destination preference, the role of age in tourist destination preference and there is a different mean score in agreableness factor between tourist who chosed nature destination and culture destination."
2009
S3608
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lawinasarita
"Perkembangan ilmu pengetahuan menuntut mahasiswa untuk mencari proses pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan spesifik mereka. Dalam konteks ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki pendekatan belajar yang lebih individual agar dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terbaru. Kehadiran ChatGPT berperan sebagai sarana alat pembelajaran personal yang memberikan dampak besar bagi kehidupan mahasiswa. Penelitian ini ingin melihat peran dari trait kepribadian terhadap fleksibilitas kognitif mahasiswa pengguna ChatGPT. Partisipan penelitian adalah 209 mahasiswa sarjana (S1) yang aktif menggunakan ChatGPT dengan rentang usia 17 hingga 24 tahun. Alat ukur dalam penelitian ini merupakan Cognitive Flexibility Inventory (CFI) dan Mini IPIP. Metode yang digunakan merupakan regresi linear berganda untuk melihat peran trait kepribadian (extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness to experience) terhadap fleksibilitas kognitif. Hasil menunjukkan bahwa agreeableness dan openness to experience berperan secara positif dan neuroticism berperan secara negatif dalam memprediksi fleksibilitas kognitif. Ini membuktikan bahwa trait kepribadian tertentu memiliki peran dalam memprediksi fleksibilitas kognitif pengguna ChatGPT. Oleh karena itu, saran dari penelitian ini mendorong mahasiswa untuk memaksimalkan potensi diri dengan menggunakan ChatGPT, terutama untuk mengasah kemampuan berpikir secara fleksibel dan adaptif.

The advancement of knowledge requires students to seek learning processes that can meet their specific needs. In this context, students are required to have a more individualized learning approach to keep up with the latest developments in knowledge. The presence of ChatGPT serves as a personal learning tool that has a significant impact on students' lives. This study aims to examine the role of personality traits on the cognitive flexibility of ChatGPT users among students. The participants in this study were 209 undergraduate students (S1) who actively use ChatGPT, ranging in age from 17 to 24 years old. The measurement tools used in this study were the Cognitive Flexibility Inventory (CFI) and Mini IPIP. The method used was multiple linear regression to examine the role of personality traits (extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, and openness to experience) on cognitive flexibility. The results showed that agreeableness and openness to experience positively predicted cognitive flexibility, while neuroticism negatively predicted cognitive flexibility. This proves that certain personality traits play a role in predicting the cognitive flexibility of ChatGPT users. Therefore, this study suggests that students maximize their potential by using ChatGPT, especially to hone their flexible and adaptive thinking skills."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindya Asri Hastungkara
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh kepribadian berdasarkan Big Five Theory dan motivasi dalam bermain game online terhadap tingkat adiksi pada gamer MMORPG. Alat ukur Indonesian Online Game Addiction Questionnaire digunakan untuk mengukur tingkat adiksi responden (Jap, Tiatri, Jaya, & Suteja, 2013), sedangkan pengukuran kepribadian dilakukan menggunakan Big Five Inventory (John & Srivastava, 1999) yang telah diadaptasi. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 82 orang dengan karakteristik berada pada tahap perkembangan late adolescence dan bermain game online MMORPG selama 6 bulan terakhir.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak adanya pengaruh yang signifikan dari kepribadian maupun motivasi dalam bermain game terhadap adiksi yang dimiliki individu. Walaupun ditemukan korelasi yang signfikan antara adiksi terhadap game online dengan tingkat extraversion individu dan durasi bermain selama seminggu.

This research was conducted to see the effect of personality and gamers’ motivation of playing on MMORPG addiction. Indonesian Online Game Addiction Questionnaire was used to measure online game addiction (Jap, Tiatri, Jaya, & Suteja, 2013), while personality was measured using an adaptation of Big Five Inventory (John & Srivastava, 1999). Total respondents used in this research are 82 people from online games forums and communities. Respondents are late adolescents and plays MMORPG for the past 6 months.
The results from this research show that neither personality nor motivation of playing have any significant effect on MMORPG addiction. Yet there is negative significant correlation between extraversion and their duration of playing in a week with their addiction.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47127
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zakiah Husni Ramadani
"Perubahan-perubahan pada aspek perkembangan di masa remaja berpengaruh pada kemampuan remaja dalam meregulasi diri. Ketidakmampuan remaja dalam meregulasi diri dapat menyebabkan kegagalan akademik. Oleh karena itu, remaja harus memiliki kemampuan dalam meregulasi diri terutama dalam aspek pembelajaran atau yang biasa disebut dengan self regulated learning. Beberapa penelitian menemukan bahwa kemampuan siswa dalam meregulasi diri. Selain itu, keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler juga teridikasi mempengaruhi hubungan antara kepribadian Big Five dan Self regulated learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan remaja dalam ekstrakurikuler sebagai moderator hubungan antara kepribadian Big Five dengan self regulated learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 161 siswa kelas XI SMA.
Hasilnya menunjukan bahwa keterlibatan remaja dalam ekstrakurikuler tidak memoderasi hubungan antara kepribadian Big Five dengan self regulated learning. Sementara itu, hasil juga menunjukan bahwa trait kepribadian Openness, Conscientiouseness, dan Agreeableness berkorelasi positif dengan self regulated learning. Keterlibatan dalam ekstrakurikuler juga berkorelasi dengan self regulated learning.

The changes of development aspect of adolescent affect on they ability of self regulation. The inability on self regulation could be a reason of student rsquo s academic failure. So, students have to have a skill of self regulation especially in learning process called self regulated learning. The researchs found that self regulated learning determined by personality. Student involvement in extracurricular activity also indicated have an effect to student rsquo s ability of self regulated learning.
The aim of this study is to investigate the role of involvement in extracurricular activities as a moderator of relationship between Big Five Personality and self regulated learning. This research is quantitative study with 161 high school student as a samples.
The results show that Agreeableness and Conscientiousness related to self regulated learning. Involvement in extracurricular activities also related to self regulated learning, but not moderate the relationship between Big Five Personlaity and self regulated learning.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46980
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seta Wicaksana
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tipe kepribadian Generasi Y jika dilihat dari dimensi Big Five Personality. Responden pada penelitian ini adalah 1286 orang yang meliputi karyawan dan mahasiswa Indonesia dengan rentang usia 18-37 tahun (generasi Y). Alat pengumpul data yang digunakan adalah NEO-PI-R Costa & McCrae (1992) yang dikembangkan olleh Humanika Consulting (2004). Nilai koefisien reliabilitas alat ukur NEO-PI-R Costa yang dikembangkan Humanika Consulting adalah sebesar 0,5 sampai 0,6. Analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tipe kepribadian Generasi Y berada pada kategori rendah jika dilihat dari extraversion, openness to new exprience, agreeableness dan conscientiousness. Sedangkan jika dilihat dari tipe kepribadian neuroticism berada pada kategori rata-rata"
Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, 2017
150 MS 8:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sibarani, Jules R.M.
"Perkembangan asuransi jiwa di Indonesia masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara-negara lain, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti adanya anggapan di kalangan masyarakat Indonesia bahwa jika berpartisipasi dalam agen asuransi jiwa berarti turut menggadaikan jiwa, tidak tahunya konsep berasuransi jiwa pada masyarakat Indonesia, rendahnya pendapatan masyarakat Indonesia dan sebagainya. Konsep menggunakan agen asuransi jiwa dirasakan sangat panting bagi kalangan industri asuransi jiwa, selain itu dalam pemasaran langsung produk asuransi jiwa peranan agen dirasa penting sekali karena masyarakat Indonesia yang belum memiliki semangat berasuransi (Insurance Minded).
Pentingnya peranan agen asuransi jiwa dalam memasarkan produk asuransi jiwa sayangnya masih belum diiringi dengan kualitas agen asuransi jiwa yang memadai khususnya di Indonesia. Kualitas agen asuransi jiwa ini berdampak pada rendahnya unjuk kerja agen asuransi jiwa di Indonesia sehingga menimbulkan angka turn over yang cukup tinggi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi unjuk kerja. Faktor yang mempengaruhi unjuk kerja khususnya pada tenaga penjualan adalah faktor kepribadian dan motivasi
Pada penelitian ini ingin diketahui apakah faktor kepribadian model lima faktor (Big Five) dan motivasi kebutuhan McClelland berperan terhadap unjuk kerja penjualan, khususnya pada unjuk kerja agen asuransi jiwa. Adapun teori yang digunakan di sini yaitu teori kepribadian Model Lima Faktor (Big Five) yang dikemukakan oleh Lewis R. Goldberg dan teori motivasi kebutuhan yang dikemukakan oleh McClelland serta teori unjuk kerja yang dikemukakan oleh Borman dan Motowidlo yang kemudian diaplikasikan pada unjuk kerja agen asuransi jiwa oleh McManus dan Kelly
Sudah banyak penelitian yang mengkaji hubungan antara kepribadian Big Five dengan unjuk kerja maupun motivasi kebutuhan McClelland terhadap unjuk kerja namun dari sekian banyak penelitian tersebut masih ditemukan kesamaan maupun perbedaan. Selain itu, penelitian mengenai hubungan kepribadian Big Five dan motivasi kebutuhan McClelland secara bersamaan terhadap unjuk kerja khususnya unjuk kerja agen asuransi jiwa menurut peneliti belum pemah dilakukan. Hal ini menimbulkan ketertarikan peneliti untuk menggunakan kedua teori yang cukup terkenal ini dan kemudian dikaitkan dengan unjuk kerja agen asuransi jiwa. Dari literatur yang ada dikatakan bahwa hubungan kepribadian dengan motivasi masih jarang sekali dilakukan khususnya dalam disiplin Psikologi Industri dan Organisasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan hanya kepribadian Extraversion saja yang berperan terhadap unjuk kerja agen asuransi jiwa, sedangkan kepribadian Agreeableness, Conscientiousness, Emotional Stability, dan Openness to Experience Intellect tidak berperan terhadap unjuk kerja agen asuransi jiwa. Ketiga kebutuhan McClelland juga ditemukan tidak berperan terhadap unjuk kerja agen asuransi jiwa. Pada penelitian ini juga dikaji mengenai kelima model kepribadian Big Five dan ketiga kebutuhan McClelland terhadap unjuk kerja task dan unjuk kerja contextual agen asuransi jiwa dan hubungan antara kepribadian Big Five dengan ketiga kebutuhan McClelland. Selain itu ditemukan pula korelasi yang signifikan antara kepribadian Extraversion, kepribadian Agreeableness dan kepribadian Openness to Experience I Intellect dengan kebutuhan berprestasi I Need for Achievement, kebutuhan berafiliasi I Need for Affiliation dan kebutuhan berkuasa I Need for Power.
Selain itu dalam penelitian ini juga ditemukan skor kebutuhan berkuasa I Need for Power agen asuransi jiwa pria ternyata lebih tinggi daripada agen asuransi jiwa wanita sedangkan kebutuhan berprestasi I Need for Achievement dan kebutuhan berafiliasi I Need for Power tidak terdapat perbedaan skor antara agen pria dan wanita. Demikian pula halnya dengan agen yang menikah dan belum menikah tidak ditemukan adanya perbedaan skor pada ketiga kebutuhan motivasi McClelland tersebut."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18610
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanti Juliana
"Tesis ini bertujuan untuk meneliti seberapa besar pengaruh variabel trait kepribadian big fivey dimensi nilai budaya senjang kekuasaan dan kolektivisme, serta iklim organisasi terhadap profesionalisme serta bagaimana hubungan antara variabel-variabel tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain konfirmatif (uji hipotesis). Penelitian dilakukan terhadap 158 responden pegawai unit pusat Ditjen Perbendaharaan Departemen Keuangan RI melalui pengumpulan, pengolahan dan analisis data kuesioner dengan metode statitistik analisis jalur dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan iklim organisasi memiliki dampak terbesar dalam pembentukan sikap profesional pegawai dan menjadi variabel perantara trait kepribadian bigfive, dimensi nilai budaya senjang kekuasaan dan kolektivisme dalam mempengaruhi profesionalisme."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
T37948
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>