Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diyah Hardiyanty
"Karya ilmiah akhir ini bertujuan untuk memberikan gambaran asuhan keperawatan pada anak dengan malforasi anorektal pre dan postoperasi PSARP, dengan bermain terapeutik menggunakan boneka jari untuk mengurangi nyeri. Tindakan dan perawatan PSARP menimbulkan nyeri pada anak. Salah satu teknik nonfarmakologis untuk meminimalkan nyeri tersebut dengan menggunkan bermain terapeutik. Hasil dari penerapan intervensi bermain terapeutik yang telah dilakukan pada anak malforasi anorektal selama 5 hari untuk mengurangi nyeri terbukti efektif menurunakn skala nyeri klien dari skala 8 menjadi 2 dengan menggunakan

This final scientific work aims to provide an overview of nursing care for children with pre and postoperative anorectal malfunction of PSARP, by playing therapeutically using finger puppets to reduce pain. Medical treatment and PSARP treatment cause pain in children. One nonph acological technique to minimize the pain is by using therapeutic play. The results of the application of therapeutic play interventions that have been carried out on children anorectal malforation for 5 days to reduce pain proved effective in reducing the client's pain scale from scale 8 to 2 using FLACC postoperative pain scale."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Verawati Dewi Susanti
"Cleft lip and palate (CLP) merupakan malformasi orofasial kongenital yang paling umum terjadi pada anak. Anak-anak yang terlahir dengan celah bibir (cleft lip) dan/atau celah langit-langit mulut (cleft palate) memerlukan prosedur operasi untuk merekonstruksi area yang terkena untuk perbaikan makan, bicara dan fungsi saluran napas. Prosedur operasi merupakan salah satu penanganan penyakit yang membutuhkan hospitalisasi dan sering menimbulkan ketidaknyamanan bagi anak-anak juga orang tua atau pengasuhnya. Masalah yang sering timbul pada anak yang menjalani hospitalisasi dan prosedur bedah adalah kecemasan dan nyeri. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis asuhan keperawatan pada pasien anak dengan ansietas dan nyeri pascaoperasi palatoplasti dengan penerapan intervensi bermain terapeutik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan dan nyeri pascaoperasi menurun namun intervensi baru berhasil dilakukan pada hari keempat perawatan. Hal tersebut dikarenakan bina hubungan saling percaya yang baru terbentuk serta tingkat nyeri yang masih tinggi sehingga masih berada di bawah penanganan utama manajemen nyeri farmakologis. Penerapan intervensi bermain terapeutik ini akan  lebih optimal jika diterapkan dalam waktu, durasi dan jenis permainan yang tepat.

Management of anxiety and pain in pediatric after palatoplasty procedure with therapeutic play intervention. Cleft lip and palate (CLP) are the most common congenital orofacial malformation in children. Children who were born with cleft lip and / or cleft palate are requiring surgical procedures to reconstruct the affected area for improving the ability of eat, speech and airway function. Surgical procedure is one of the curing of the diseases and it is requiring hospitalization and often causing discomfort for children as well as parents or caregivers. The problems that might be arise in children who are undergoing hospitalization and surgical procedures are anxiety and pain. This paper aims to analyze nursing care in pediatric patients who have anxiety and postoperative palatoplasty pain by applying therapeutic play interventions. The result of this paper shows that the level of postoperative anxiety and pain have decreased but the result of the interventions have successed on the fourth day of treatment. That is because the establish trusting relitionship has new formed and the level of pain is still at high, so that it is still under the main intervention of pharmacological pain management. Implementing therapeutic play interventions will be more optimal if it is applied at the proper of time, duration, and type of play. 
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Olivia Bawaeda
"Hospitalisasi mengharuskan anak tinggal di rumah sakit dan menerima prosedur medis seperti terapi inhalasi yang dapat memicu kecemasan anak. Salah satu intervensi keperawatan non farmakologi yang dapat diberikan kepada anak untuk menurunkan bahkan menghilangkan kecemasan adalah bermain terapeutik pop-it. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bermain terapeutik pop-it terhadap tingkat kecemasan anak yang mendapat terapi inhalasi di ruang rawat inap anak. Penelitian ini menggunakan design randomized control trial yang melibatkan 66 anak (dibagi dalam kelompok intervensi dan kontrol) berusia 1-12 tahun yang mendapat terapi inhalasi dan dirawat di ruang rawat inap anak RSUD Talaud, RSUD Manembo-nembo Bitung dan RSUP Prof Dr. R.D. Kandou Malalayang Manado. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Tingkat kecemasan diukur menggunakan instrumen visual facial anxiety scale (VFAS). Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain terapeutik popit efektif menurunkan tingkat kecemasan anak yang mendapat terapi inhalasi dengan nilai p 0,000 (α < 0,05). Dengan demikian bermain terapeutik pop-it tepat diberikan kepada anak yang mendapat terapi inhalasi dan direkomendasikan untuk disediakan di rumah sakit sebagai alternatif permainan. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi perawat di rumah sakit saat melakukan asuhan keperawatan pada anak yang mendapat terapi inhalasi.

Hospitalization requires the child to stay in the hospital and receive medical procedures such as inhalation therapy that can trigger a child's anxiety. One of the nonpharmacological nursing interventions that can be given to children to reduce and even eliminate anxiety is pop-it therapeutic play. The purpose of this study was to determine the effectiveness of pop-it therapeutic play on the anxiety level of children receiving inhalation therapy in the pediatric inpatient room. This study used a randomized control trial design involving 66 children (divided into intervention and control groups) aged 1-12 years who received inhalation therapy and were treated in the pediatric inpatient room at Talaud Hospital, Manembo-nembo Hospital Bitung and Prof Dr. R.D. Kandou Malalayang Manado. Samples were taken using simple random sampling technique. Anxiety levels were measured using a visual facial anxiety scale (VFAS). The results showed that pop-it therapeutic play was effective in reducing the anxiety level of children receiving inhalation therapy with a p value of 0.000 (α < 0.05). Thus, pop-it therapeutic play is appropriate for children receiving inhalation therapy and is recommended to be provided in the hospital as an alternative game. The results of this study can be used as a reference for nurses in hospitals when providing nursing care to children receiving inhalation therapy"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Kurniah
"ABSTRAK
Bermain terapeutik sangat penting dilakukan untuk mengurangi efek hospitalisasi
dan kelangsungan tumbuh kembang anak yang dirawat di rumah sakit. Fenomena
yang ditemukan adalah bermain terapeutik belum berjalan optimal. Pengetahuan
perawat tentang bermain terapeutik akan mempengaruhi perilaku perawat dalam
pelaksanaan bermain terapeutik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran
tingkat pengetahuan perawat tentang bermain terapeutik di ruang rawat inap anak
RSAB Harapan Kita Jakarta. Desain penelitian deskriptif dengan teknik cluster
random sampling. Jumlah sampel 74 perawat ruang rawat inap anak. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner, dan analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil
penelitian menemukan bahwa sebagian besar 73% perawat memiliki tingkat
pengetahuan yang cukup tentang bermain terapeutik. Disarankan untuk rumah sakit
agar membuat kebijakan-kebijakan yang mendukung peningkatan pengetahuan
perawat tentang bermain terapeutik.

Abstract
Therapeutic play is very important to reduce the effects of hospitalization and the
continuity of growth and development of children whom cared at hospital.
Unfortunately, therapeutic play has not been implemented optimally. Nurses?
knowledge about therapeutic play will affect their behavior in the implementation of
therapeutic play. The research objective was to determine nurses? knowledge level
about therapeutic play in the children ward RSAB Harapan Kita. This research used
descriptive design with cluster random sampling techniques. The respondents were
74 nurses who work in inpatient ward. Data was collected using questionnaires, and
was analysis using univariate analysis. The results obtained as much as 73% of nurses
had sufficient levels of knowledge about therapeutic play. It is recommended that
hospital establishes policies that support the improvement of nursing knowledge
about therapeutic play.
;"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43477
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Nurhayati
"ABSTRAK
Kasus pembedahan pada anak cenderung mengalami peningkatan tiap tahunnya. Nyeri paska bedah merupakan pengalaman traumatik yang memerlukan penatalaksanaan farmakologis dan nonfarmakologis. Karya Ilmiah Akhir ini bertujuan untuk memberikan gambaran manajemen nyeri secara nonfarmakologis dalam bentuk bermain terapeutik, sebagai tata laksana nyeri paska bedah dengan pendekatan model Konservasi Levine. Asuhan keperawatan pada lima kasus terpilih yang diuraikan dalam karya ilmiah ini mengalami masalah nyeri paska bedah. Trophicognosis nyeri ditegakkan berdasarkan pengkajian yang meliputi: konservasi energi, integritas struktur, integritas personal dan integritas sosial. Anak yang mendapatkan permainan terapeutik mampu mencapai penurunan nyeri dan proses adaptasi lebih cepat. Tatalaksana bermain terapeutik memerlukan kerjasama antar tim pemberi layanan kesehatan.

ABSTRACT
Surgery still remains in a great number among children each year. Post operative pain is a traumatic experience that become general problem among children with surgery. Pain treatment, including farmakologic and nonfarmakologic management is needed. The aim of this study is to provide an overview of therapeutic play as a nonfarmakologic management of post operative pain with Levine?s Conservation Model approach. There were five managed cases that discussed in this study, and all of those experiencing post operative pain problems. The trophicognosis of pain, based on assessment incuding: energy conservation, structural, personal and social integrity. Children with therapeutic play showed decreased of pain and adaptation faster. Therapeutic play as therapy need a good cooperation among health care providers."
2016
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lita Heni Kusumawardani
"ABSTRAK
Anak usia sekolah merupakan kelompok yang berisiko terkena masalah kesehatan seperti penyakit diare. Namun demikian, periode anak usia sekolah merupakan titik awal pembentukan perilaku sehat sehingga menjadi sasaran strategis pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bermain terapeutik sosiodrama terhadap perubahan perilaku pencegahan diare pada anak usia sekolah 6-12 tahun . Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan pendekatan pre-post with control group yang terdiri dari dua kelompok; 38 anak sebagai kelompok intervensi dan 38 kelompok kontrol. Teknik sampling menggunakan multistage random sampling untuk menentukan wilayah penelitian sedangkan target sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bermain terapeutik sosiodrama berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan p value=0,000 , sikap p value=0,000 , dan keterampilan p value=0,001 pencegahan diare anak usia sekolah. Analisis lebih lanjut menunjukkan bermain terapeutik sosiodrama dipengaruhi oleh pengetahuan orang tua p value=0,001 . Bermain terapeutik sosiodrama dapat diterapkan sebagai upaya peningkatan perilaku pencegahan diare pada anak usia sekolah yang diintegrasikan dalam pelayanan keperawatan di sekolah.Kata kunci: Anak usia sekolah, bermain terapeutik sosiodrama, perilaku pencegahan diare

ABSTRACT
School age children are population at risk for health problems such as diarrhea. However, the school age children period is the starting point for developing healthy behaviors so that becomes a strategic target of health education. The study aimed to determine the effect of therapeutic sociodrama toward diarrhea preventive behavior changes on school age children 6 12 years . The study method used quasi experiment pre post with control group that consisted of two groups 38 subjects were as intervention groups and 38 subjects were as control groups. The sampling technique used multistage random sampling to determine research area while the research target sample used simple random sampling. The results showed that therapeutic sociodrama significantly effected on knowledge p value 0,000 , attitude p value 0,000 , and diarrhea prevention skills p value 0,001 . Further analysis showed therapeutic sociodrama was influenced by parental knowledge pvalue 0.001 . The therapeutic sociodrama could be applied as an effort to enhance the diarrhea preventive behavior of school age children that could be integrated in the school nursing service.Keywords Diarrhea prevention behavior, school age children, therapeutic sociodrama"
2017
T48162
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library