Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eka Ardian
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26655
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Indiraya Adisandiya
Abstrak :
Berkas rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan yang telah diberikan kepada pasien. Adapun fungsi dari berkas rekam medis melibatkan beberapa aspek berupa aspek administrasi, aspek medis, aspek hukum, aspek keuangan, aspek penelitian dan pendidikan, aspek dokumentasi. Mengingat pentingnya fungsi dari berkas rekam medis, maka ditentukan standar kelengkapan pengisian berkas rekam medis sebesar 100% berdasarkan indikator mutu rekam medis nasional. Masih rendahnya pencapaian mutu kelengkapan isi berkas rekam medis pasien rawat inap di RS “XYZ” Tangerang Selatan menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di RS “XYZ” Tangerang Selatan pada berkas rekam medis pasien rawat inap periode bulan Juli-September 2018, masih rendahnya angka pencapaian kelengkapan dan legalitas isi berkas rekam medis pasien rawat inap disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk menganalisis kendala-kendala yang ditemukan, peneliti menggunakan teori sarana manajemen 5M (Men, Materials, Methods, Machine, Money) dan teori sistem (unsur input, unsur proses, unsur output). Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan instrument berupa pedoman wawancara mendalam, pedoman telaah dokumen dan pedoman observasi. Hasil penelitian menggambarkan rendahnya angka kelengkapan dan legalitas isi berkas rekam medis pasien rawat inap disebabkan oleh unsur input (sumber daya manusia dan desain formulir berkas rekam medis), unsur proses (sistem penyimpanan berkas rekam medis dalam menjamin kerahasiaan pasien). Pada output didapatkan angka kelengkapan dan legalitas isi berkas rekam medis pasien rawat inap di RS “XYZ” Tangerang Selatan belum mencapai standar yang ditetapkan. Hal ini menggambarkan belum sesuainya alur pelayanan yang diberikan dengan prosedur tetap yang berlaku, sehingga menurunkan mutu pelayanan RS dan tidak adanya pemenuhan aspek pengaturan hukum. ......The medical record is a file containing notes and documents about the patient's identity, examination, treatment, actions and services that have been given to the patient. The function of the medical record involves several aspects such as administrative aspects, medical aspects, legal aspects, financial aspects, research and education aspects, documentation aspects. Considering the importance of the medical record functions, the filling standard in the medical record file is determined by 100% based on the national medical record quality indicator. The low achievement of the completeness quality in the contents of the inpatients medical record files at RS “XYZ” Tangerang Selatan become the reason of this research. Based on the results of research conducted at RS “XYZ” Tangerang Selatan in the inpatients medical record file in the period July-September 2018, the low number of achievement was caused by several factors. To analyze the barriers, researcher used the theory of management tools 5M (Men, Materials, Methods, Machine, Money) and system theory (elements of input, process elements, elements of output).This design of research uses qualitative research, with instruments of in-depth interview guidelines, document review guidelines and observation guidelines. The results describe the low number of completeness and legality of the inpatient medical record file contents caused by input elements (human resources and medical record designs), process elements (medical record file storage system to ensure patient confidentiality). In the output, the completeness number and legality of the inpatients medical record file at RS “XYZ” Tangerang Selatan have not reached the standard. This illustrates the incompatibility of services provided by the prevailing fixed procedures, thereby reducing the quality of hospital services and the absence of compliance with aspects of legal regulation.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ikhsan Kusumah Rachmaniawan
Abstrak :
Indikator persentase keterlambatan pengiriman berkas rekam medis pasien rawat jalan tahun 2018 di RS Hermina Ciputat masih belum mencapai target. Hal ini ditunjukkan dengan output yang dihasilkan selama 4 triwulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisis keterlambatan pengiriman berkas rekam medis pasien rawat jalan di Instalasi Rekam Medis RS Hermina Ciputat tahun 2018 dengan pendekatan sistem. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor penyebab terjadinya keterlambatan pengiriman berkas rekam medis rawat jalan yaitu pengembalian berkas rekam medis tidak tepat waktu, berkas rekam medis terletak tidak sesuai dengan nomor rekam medis, dan perangkat elektronik serta sistem yang mengalami eror. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang diberikan berupa meningkatkan pengawasan pada kinerja pekerja pelaksana, meningkatkan komunikasi efektif dalam bekerja, dan melakukan perencanaan penggunaan EMR.
Indicator of delivery delayed percentage of outpatients medical record files in 2018 have not yet reached the target. This is indicated by the result of output in 4 quarters. The aims of this research is to get the analysis results of the outpatients medical record files delivery delayed in Medical Record Installation at Hermina Ciputat Hospital in 2018 with an approach to the system. The type of this research is descriptive with qualitative research design. The results showed several factors causing the delayed in sending outpatient medical record files, including the return of medical record files not on time, the medical record file was located not based on the medical record number, and electronic devices and systems were errored. Thus, it was necessary to increase the supervision on the performance of workers, improving the effective communication at work, and planning the use of EMR.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grace Stefanus
Abstrak :
Waktu tunggu pelayanan rawat jalan merupakan salah satu indikator kualitaspelayanan yang ditawarkan oleh Rumah Sakit Sumber Waras Jakarta. Denganmenggunakan metode kualitatif, penelitian ini melakukan analisis sistempenyediaan berkas rekam medis RM terhitung ketika pasien registrasi awalsampai berkas tersedia di poliklinik rawat jalan yang dituju. Hasil penelitianmenunjukkan waktu penyediaan berkas RM belum sesuai dengan standarpelayanan minimal SPM yang ditetapkan oleh Rumah Sakit. Beberapa kendalayang ditemui antara lain pemberkasan tidak lengkap, nomor antrian tidakberurutan sesuai loket, sistem error, jarak antar rak penyimpanan tidak sesuaistandar, jarak antara instalasi rekam medis ke rawat jalan jauh, berkas RM belumdikembalikan ke rak, SPO penyediaan berkas rekam medis belum ada. ......Outpatient clinic waiting time is one of the important indicators of quality ofservices offered by Sumber Waras Hospital. Using qualitative approach, thisresearch aims to analyze the time needed to provide outpatient medical record MR starting at patient initial registration at the front desk to medical record rsquo savailable at the hospital outpatient clinic. The result of the research indicates thatMR provision time has not fulfilled the minimum serviced standard as suggestedby the hospital. Obstacles include incomplete files, queue numbering sequence,system error, distance between shelves, distance between medical record storageand outpatient clinic, MR files have not been returned to the shelf, and absence ofprocedures for provision of MR files.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
T47814
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Okta Wijayanti
Abstrak :
Salah satu parameter untuk menentukan mutu pelayanan kesehatan dirumah sakit adalah mutu pelayanan rekam medis yaitu tentang kelengkapanpencatatan rekam medis. Indikator mutu rekam medis yang baik adalahkelengkapan isinya, akurat, tepat waktu, dan pemenuhan aspek hukum. Rekammedis yang pengisiannya lengkap akan memberikan kemudahan bagi penyediaaninformasi di rumah sakit.Pelayanan rekam medis di Rumah Sakit Umum Kasih Ibu Denpasar dalampelaksanaanya masih terdapat beberapa permasalahan, yaitu pengembalian berkasrekam medis yang lebih dari batas waktu yang ditetapkan dan kelengkapan berkasrekam medis. Hasil evaluasi laporan triwulan ke III tahun 2017 menunjukkanbahwa rata-rata lama pengembalian berkas rekam medis dari bulan Juli hinggaSeptember 2017 yang lebih dari 1x24 jam adalah 22 sedangan yang kurang dari1x24 jam adalah 78 . Rata-rata ketidaklengkapan pengisian berkas rekam medisrawat inap di Rumah Sakit Umum Kasih Ibu Denpasar pada bulan Juli hinggaSeptember tahun 2017 adalah 73 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiperbedaan kelengkapan review dokumen berdasarkan retrospective review danconcurrent review terhadap kelengkapan berkas rekam medis pasien SectioCaesaria tindakan inpasif dan Pneumonia tindakan konvensional di RumahSakit Kasih Ibu DenpasarJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakanmetode pendekatan kuantitatif dengan membandingkan dua 2 populasi yaituRetrospektive Review dan Concurrent Review. Penelitian ini dilakukan padaberkas rekam medis pasien Sectio Caesaria dan pada berkas rekam medis pasienPneumonia. Penentuan populasi dilakukan berdasarkan clinical pathways yang adadi Rumah Sakit Kasih Ibu Denpasar.Terdapat perbedaan terhadap kelengkapan berkas rekam medis antararetrospektif review dan concurrent review. Data yang diperoleh menunjukkanbahwa angka kelengkapan rekam medis dengan metode concurrent review lebihtinggi dari pada dengan metode retrospektif review. Hal tersebut karena petugasrekam medis melakukan pengecekan terhadap kelengkapan berkas saat pasienmasih rawat inap dan memberikan tanda atau note pada berkas yang belumlengkap sehingga saat dokter melakukan visite maka lebih mudah untukmelengkapi berkas rekam medis.
One of the parameters to determine the quality of health services in thehospital is the quality of medical record services that is about the completeness ofrecording medical records. A good medical record quality indicator is thecompleteness of its content, accurate, punctual, and legal aspects fulfillment. Acomplete medical record will provide convenience for the provision ofinformation in the hospital.The medical record services at Kasih Ibu General Hospital Denpasar in theimplementation are still facing some problems, to wit the return of medicalrecord file that is more than the deadline specified and the completeness of themedical record file. The evaluation results for the third quarter report in 2017showed that the average length of medical record file returns from July toSeptember 2017 which is more than 1x24 hours is 22 while less than 1x24hours was 78 . On average incompleteness charging inpatient medical recordfile at the General Hospital Kasih Ibu Denpasar in July to September 2017 was73 . The purpose of this study was to determine differences in the completenessof the document review is based on a retrospective review and concurrent reviewof the patient 39 s complete medical record file Sectio Caesaria inpasif action andpneumonia by conventional measures Kasih Ibu Hospital in Denpasar.The type of research used in this research is using quantitative approachmethod by comparing two 2 population that is Retrospecttive Review andConcurrent Review. The study was conducted on the medical records of SectioCaesaria patients and on the medical records of patients with Pneumonia.Determination of population is done based on clinical pathways in Kasih IbuHospital Denpasar.There is a difference to the completeness of the medical record filebetween the retrospective review and the concurrent review. The data obtainedshows that the number of medical record completeness with concurrent reviewmethod is higher than in the retrospective review method. This is because themedical recorder to check the completeness of the file when the patient is stillinpatient and provide a sign or note on the file that is not complete so that whenthe doctor visits it is easier to complete the medical records file.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T51369
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library