Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Alief Fano
"Reformasi administasi perpajakan mendorong pemerintah untuk melakukan digitalisasi sistem perpajakan. Pemerintah harus mengoptimalkan pelayanan sehingga wajib pajak dapat menyelesaikan kewajiban pajaknya dengan mudah sehingga meningkatkan kepuasan masyarakat. Sebagai bentuk reformasi administrasi perpajakan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak maka diluncurkan aplikasi M-Pajak agar masyarakat mendapatkan pelayanan pajak yang lebih personal dan cepat. Aplikasi tersebut dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk melakukan pencatatan, menghitung pajak, serta membayar pajaknya. Dalam penelitian skripsi ini bertujuan untuk menganalisis faktorfaktor yang mempenaruhi penerimaan dan penggunaan teknologi pada aplikasi M-Pajak berdasarkan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) oleh Venkatesh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah kuantitatif; metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahannya menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa empat hipotesis diterima dan satu hipotesis ditolak. Hipotesis yang diterima adalah Perfromance Expectancy berpengaruh terhadap Behvaioral Intention, Social Influence berpengaruh terhadap Behvaioral Intention, Facilitating Conditions berpengaruh terhadap Behvaioral Intention, dan Behavioral Intention berpegnaruh terhadap Use Behavior.

Tax administration reform encourages the government to digitize the tax system. The government must optimize services so that taxpayers can complete their tax obligations easily, thereby increasing public satisfaction. As a form of tax administration reform carried out by the Directorate General of Taxes, the M-Pajak application was launched so that people get more personalized and faster tax services. This application can be used by MSMEs to record, calculate taxes and pay taxes. In this thesis research, the aim is to analyze the factors that influence the acceptance and use of technology in the M-Pajak application based on the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) by Venkatesh. The approach used in this research is quantitative; The data collection method uses a questionnaire and processing uses SmartPLS. The research results showed that four hypotheses were accepted and one hypothesis was rejected. The accepted hypothesis is that Performance Expectancy influences Behavioral Intention, Social Influence influences Behavioral Intention, Facilitating Conditions influences Behavioral Intention, and Behavioral Intention influences Use Behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cahya Farhan Muhammad
"Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah membuat beberapa aplikasi pajak online yang telah mengurangi penundaan administrasi dan meningkatkan efisiensi baik dari segi waktu maupun biaya. Namun manfaat digitalisasi pajak tidaklah sama untuk semua pihak. Usaha besar dan menengah umumnya dapat memperoleh manfaat lebih dari UKM. Menyikapi hal tersebut DJP meluncurkan DJP Online versi mobile (M-PAJAK) yang mengutamakan aksesibilitas, kemudahan, dan kepuasan pengguna bagi wajib pajak. Namun masih terdapat permasalahan user experience yang dihadapi oleh M-Pajak. User experience merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan sebuah aplikasi. Penelitian ini membahas mengenai evaluasi user experience dan perancangan antarmuka M-Pajak. Terdapat tiga dimensi UX yang diteliti, yaitu efficiency, effectiveness, dan satisfaction. Usability testing digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini, yang meliputi performance metric, System Usability Scale (SUS), Single Ease Question (SEQ), dan Retrospective-Think Aloud (RTA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi user experience menggunakan aplikasi pajak online mobile M-Pajak dan mendapatkan pengalaman pengguna dan karakteristik dan desain parameter antarmuka pengguna yang dapat membantu meningkatkan kepuasan pengguna dalam penggunaan M-Pajak, serta sebagai memberikan saran tentang desain antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

Directorate General of Taxes (DGT) has created several online tax applications which have reduced administrative delays and increased efficiency in terms of both time and cost. However, the benefits of tax digitization are not all the same for all equal. Large and medium enterprises can generally benefit more than SMEs. Responding to this, the DGT launch the mobile version of the DJP Online (M-Pajak) which prioritizes accessibility, easability, and user satisfaction for taxpayers. However, there are still user experience problems faced by M-Pajak. User experience is one of the main factors that affect the success of an application. This study discusses the evaluation of user experience and the design of the M-Pajak interface. There are three UX dimensions studied, namely efficiency, effectiveness, and satisfaction. This research was conducted using the usability testing method using data collection methods, namely: performance metrics, System Usability Scale (SUS) questionnaire, Single ease question (SEQ), and Retrospective-Think Aloud (RTA). The objective of this research is to evaluate the user experience of using the M-Pajak mobile online tax application and obtain user experience and characteristics and the design of user interface parameters that can help increase user satisfaction in the use of M-Pajak, as well as provide suggestions on interface design in accordance with user needs and wants."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library