Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mangunsong, Erickson
Abstrak :
ABSTRAK
Dengan disetujui Regulatory Principles yang searah dengan AFAS 2003 dan WTO 2020 yang dimana prinsip ini memberikan keleluasaan yang penuh bagi beroperasinya perusahaan-perusahaan asuransi dunia untuk memasuki pasar dalam negeri maka tidak bisa dihindari meningkatnya persaingan bisnis asuransi di Indonesia. Sejalan dengan itu, PT. Asuransi Astra Buana, yang selanjutnya disebut sebagai Asuransi Astra, perlu mengkaji faktor eksternal, lingkungan industri serta daya saing internal, untuk mengetahui kondisi persaingan yang ada serta menyusun dan merencanakan strategi bersaíngnya. Hal tersebut diatas merupakan menjadi tatar belakang penulisan tesis ini.

Penelitian tesis dilakukan dengan melakukan pengisian kuesioner terhadap 58 pertanyaan kunci oleh 10 orang responden. Diagram Porter?s Five Forces digunakan dalam melakukan analisis eksternal serta analisis Iingkungan industri, sedangkan faktor kunci kapabilitas, sumber daya, dan kompetensi inti digunakan datang melakukan analisis internal. Hasil analisis tersebut diatas menjadi basis untuk menjawab pertanyaan penelitian mengenai bagairna kondisi yang dihadapi oleh Asuransi Astra dalam persaingan bisnis asuransi umum di Indonesia dalarn hal ¡ni yang merupakan pertanyaan pertama datam penelitian.

Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan kedua dan penelitian yaitu mengenai strategi yang tepat yang dapat diambil oleh Asuransi Astra untuk menjadi unggul dalam persaingan dilakukan analisis SWOT untuk melakukan identifikasi terhadap sumber daya serta kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan. Dari hasil analisis SWOT dibuat table IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary) untuk mendapatkan arahan-arahan strategis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan dalam bisnis asuransi umum sedang mengalami perubhan, kondisi yang dirasakan oleh Asuransi Astra adalah tumbuhnya sektor bisnis penunjang seperti pembiayaan, terbuka pasar captive di luar Astra, serta kesempatan untuk membangun saluran distribusi pemasaran yang luas. Persaingan terbuka dengan perusahaan asing atau global menjadi Asuransi Astra bersiap untuk memasuki dimensi persaingan yang baru, yaitu persaingan akan kualitas layanan (Service Quality) yang memberikan kesempatan bagi perusahaan local untuk membangun kompetensi institusi secara spesifik.
2003
T4485
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library