Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Ariningrum Rusmiarti
"[ABSTRAK
Upaya pemerintah memperbaiki kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai
diterapkan pada program Reformasi Birokrasi. Merujuk pada Peraturan Presiden
(Perpres) No. 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010–
2025 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi (Permenpan&RB) No. 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi
Birokrasi 2010-2014, salah satunya Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur
melalui budaya kerja.
Proses adopsi budaya kerja oleh PNS menggunakan teori Proses Difusi Inovasi
Everett M. Rogers. Evaluasi dari implementasi proses difusi inovasi dengan
model konsep struktur Howard Greenbaum.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan strategi penelitian studi
kasus.
Hasil penelitian mengungkapkan penggunaan saluran komunikasi, dimensi jangka
waktu serta perilaku dan komitmen pimpinan merupakan hal penting bagi PNS
dalam mengadopsi, merubah pola pikir dan perilaku sesuai dengan budaya kerja
yang berlaku.
Evaluasi saluran komunikasi proses difusi inovasi mempengaruhi tercapainya
tujuan organisasi. Evaluasi bertujuan agar proses difusi inovasi berjalan
berkesinambungan hingga tercapainya perubahan perilaku PNS.

ABSTRACT
Government effort towards upgrading the work performance of Civil Servants
has been implemented in the Bureaucratic Reformation program. Referring to the
Presidential Regulation number 81, 2010 about the Grand Design of the 2010–
2025 Bureaucratic Reformation and the Minister for the Empowerment of State
Apparaturs Regulation and Bureaucratic Reformation number 20, 2010 about the
Road Map of the 2010-2014 bureaucratic Reformation, which covers the
Arrangement of the Apparaturs Human Resources Management System through
work culture.
The adoption process of work culture by the Civil Servants applies the Diffusion
Innovation Process theory of Everett M. Rogers. The evaluation of the process
implementation applies the structural concept model of Howard Greenbaum.
The research uses qualitative approach, along with the case study research
strategy.
The result of this research reveals the uses of communication channels, time
frame dimension, and the importance of the leaders' behaviour and commitment
for Civil Servants (PNS) in order to adopt and change their behaviour and way of
thinking which are more appropriate to the standard work culture that holds true.
The evaluation of communication channels of the diffusion innovation process
influences the organization goals. The evaluation aims at the continuous diffusion
innovation process to change the Civil Servants' behaviour, Government effort towards upgrading the work performance of Civil Servants
has been implemented in the Bureaucratic Reformation program. Referring to the
Presidential Regulation number 81, 2010 about the Grand Design of the 2010–
2025 Bureaucratic Reformation and the Minister for the Empowerment of State
Apparaturs Regulation and Bureaucratic Reformation number 20, 2010 about the
Road Map of the 2010-2014 bureaucratic Reformation, which covers the
Arrangement of the Apparaturs Human Resources Management System through
work culture.
The adoption process of work culture by the Civil Servants applies the Diffusion
Innovation Process theory of Everett M. Rogers. The evaluation of the process
implementation applies the structural concept model of Howard Greenbaum.
The research uses qualitative approach, along with the case study research
strategy.
The result of this research reveals the uses of communication channels, time
frame dimension, and the importance of the leaders' behaviour and commitment
for Civil Servants (PNS) in order to adopt and change their behaviour and way of
thinking which are more appropriate to the standard work culture that holds true.
The evaluation of communication channels of the diffusion innovation process
influences the organization goals. The evaluation aims at the continuous diffusion
innovation process to change the Civil Servants' behaviour]"
2015
T43760
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zaenab
"ABSTRAK
Karakteristik dari sebuah Inovasi merupakan salah satu faktor suatu Inovasi dapat dengan mudah diterima dan diadopsi oleh seorang individu atau kelompok masyarakat. Namun apa yang terjadi ketika karakteristik dari sebuah inovasi tersebut berlawanan dengan karakteristik dan kondisi dari masyarakat namun nyatanya dapat berhasil diadopsi oleh masyarakat seperti yang terjadi pada inovasi program penuntasan buta aksara di Kabupaten Jember. Tesis ini menganalisis tentang peran saluran komunikasi dalam inovasi program pemerintah yakni program penuntasan buta aksara Gropyokan di Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program Gropyokan tersebut tidak lain adalah karena peran dari masing-masing saluran komunikasi baik media massa, antarpribadi dan media baru. Namun dalam penelitian ini saluran komunikasi antarpribadi yakni tokoh agama dinilai berperan vital dalam keberhasilan program penuntasan buta aksara. Keberhasilan proses adopsi inovasi tidak berhenti pada tahap pengetahuan melainkan keputusan, oleh karena itu persuasi merupakan elemen yang penting dalam proses adopsi inovasi. Dalam konteks inovasi pemerintah di Kabupaten Jember, hanyalah saluran antarpribadi yakni tokoh agama yang mampu mempersuasi masyarakat buta aksara di Kabupaten Jember untuk mengadopsi program keaksaraan. Penelitian ini juga menambahkan bahwa saluran komunikasi tidak semata mata hanya dapat didefiniskan sebagai medium penyampaian pesan, namun dibalik saluran komunikasi terdapat nilai, norma, dan budaya yang berlaku di masyarakat.

ABSTRACT
The characteristics of an innovation are one of the key factors of an Innovation can be easily accepted and adopted by an individual or community group. However, what happens when the characteristics of an innovation are contrary to the characteristics and the conditions of the society and in fact it still can be adopted. Furthermore, the innovation can be claimed to be successful as happened in the innovation of the illiteracy accomplishment program in Jember regency. This thesis analyzes the role of communication channels on the innovation of the government illiteracy program in Jember regency. The research method used in this research is qualitative method with descriptive design. The results show that the success of the Gropyokan program is because none other but the role of communication channels including mass media, interpersonal and new media. In addition, the adoption of an innovation does not stop at the stage of knowledge, but rather decisions, therefore persuasion is an important element in the process of adoption of innovation. In the context of government innovation in Jember Regency, only interpersonal communication channel which is religious figures that capable of persuading illiterate people to adopt the illiteracy accomplishment program. This Research also found that communication channels cannot only be defined as a medium to deliver a message, but beyond that communication channels include a value, norm and culture applied and believed in the society. "
2018
T51205
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Astasia Utari
"ABSTRAK
Penelitian ini mengangkat kasus Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 12 Pandeglang sebagai inovasi di bidang pendidikan. Ironis, meskipun Kabupaten Pandeglang merupakan daerah yang dekat dengan ibu kota negara, namun kondisi infrastruktur dan psikologis peserta didik di sana belum memadai sehingga menyulitkan satuan pendidikan untuk mengadopsi program tersebut. Namun, menariknya adalah pada tahun 2017 satuan pendidikan di Kabupaten Pandeglang walau karakter inovasi dianggap rumit dan tidak sesuai kondisi, tapi jumlah yang mengadopsi justru bertambah. Terdapat satuan pendidikan yang mengubah keputusan setelah melakukan komunikasi dan interaksi dengan sesama satuan pendidikan lainnya yang akhirnya membentuk jaringan satuan pendidikan yang dinamakan kelompok kerja kepala sekolah SMA Pandeglang. Artinya terdapat hal lain selain karakteristik inovasi itu sendiri yang turut menentukan pembuatan keputusan satuan pendidikan yaitu peran jaringan sesama satuan pendidikan.Penelitian ini bukan studi jaringan komunikasi yang meneliti tentang struktur komunikasi dan hubungan antar aktor, namun jaringan yang dimaksud adalah jaringan satuan pendidikan yang terbentuk secara alamiah karena berada pada wilayah yang sama. Dalam kasus ini, peneliti melihat bahwa komunikasi yang terjadi antara SMAN 12 Pandeglang dengan satuan pendidikan lainnya dalam jaringan tersebut ternyata telah berkontribusi dalam membentuk dan mengubah pandangan dalam proses pembuatan keputusan adopsi inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post positivist, dan studi kasus sebagai metodenya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peran jaringan satuan pendidikan yang dapat berkontribusi dalam setiap tahapan pada proses pembuatan keputusan adopsi inovasi, yaitu peran suportif, informasional, dan rujukan.

ABSTRACT
Pandeglang as an innovation. Ironically, although regional Pandeglang is a close enough to the national capital, but the infrastructure and psychological student condition are inadequate. Those obstacles only make educational unit become more difficult to adopt the innovation program. However, the interesting point in this year is even though the character of innovation is considered complicated and not compatible to their conditions, but the number of education unit in Pandeglang regency that adopted is actually increasing. There is an educational unit that changes its decision after did some communication and interaction with other education unit that formed a network of educational unit called the headmaster group of SMA Pandeglang naturally. This means that there are other things besides the characteristics of innovation that contribute to create a decision.This study is not about communication network studies that analyze the structure of communication and relationships between actors. Term ldquo the network rdquo in this paper is used to help researcher to describe a network of educational units that are formed naturally because they are in the same region. In this case, the researcher sees that the communication between SMAN 12 Pandeglang and other educational units in the network has contributed to shaping and changing the outlook in decision making process. This research used qualitative approach with post positivist paradigm, and case study as its method. The result shows that there is a role of educational unit network that has contributed in every stage of decision making process of innovation adoption, that is supportive, informational, and referral role."
2017
T47842
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alien Chairina Husni
"Sistem sosial sangat berperan dalam perubahan yang terjadi pada sebuah komunitas, seperti proses difusi suatu inovasi. Sistem sosial membedakan satu kelompok dengan kelompok lain dalam proses difusi inovasi, seperti yang terjadidi salah satu kelompok disabilitas, Komunitas Kartunet. Penelitian ini mengkaji tentang sistem sosial Komunitas Kartunet dan perannya dalam difusi inovasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara mendalam terhadap dua orang informan yang dipilih secara purposive.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketua Komunitas adalah opinion leader sekaligus innovators. Sebagai sebuah kelompok penyandang disabilitas, Komunitas Kartunet sangat terbuka. Inovasi pemanfaatan TIK sangat menarik bagi penyandang disabilitas, terutama untuk mengatasi hambatan, memenuhi kebutuhan, serta mendorong kemandirian. Mereka cenderung lebih mudah menerima dan ingin mengadopsi inovasi karena adanya pengaruh opinion leader dan peer. Selain itu, salah satu indikator yang berperan dalam mendorong difusi inovasi pemanfaatan TIK di Komunitas Kartunet adalah inovasi yang dibuat sebagai kebijakan bagi anggotanya, namun terdapat kebebasan bagi anggota untuk menentukan sendiri keputusan adopsi inovasinya.

The social system is instrumental in the changes that occur in acommunity, such as the diffusion process of an innovation. The social system distinguishes one group from another in the process of diffusion of innovation, as happened in one of the disability groups, Kartunet Community. This study examines the social system of the theKartunet Community and it is role in the diffusion of innovation in the utilization of Information and Communication Technology ICT. Thisresearch is conducted by in depth interview method to two informants chosen purposively.
The results showed that the Chairman of the Community is the opinion leader as well as innovators. As a group of persons with disabilities, the Kartunet Community is very open. Innovation of ICT utilization is very interesting for PwDs, especially to overcome obstacles, meet the needs, and encourage self reliance. They tend to be more receptive and eager to adopt innovation because of the influence of opinion leaders and peers. In addition, one of the indicators that play a role in encouraging the diffusion of ICT utilization innovations in the Kartunet Community is the innovation created as a policy for their members, but there is freedom formembers to decide for them selves innovation adoption decisions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T49119
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisha Yusuf Prawiradiredja
"Banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya berinovasi pada masa kini. Hal ini menyebabkan munculnya produk baru di pasar, sehingga penting bagi perusahaan untuk memahami adopsi inovasi oleh konsumen. Salah satu karakteristik konsumen, yaitu keterlibatan pada produk, merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengadopsi inovasi. Keterbukaan konsumen terhadap pengalaman, yang mungkin disebabkan oleh perasaan kagum, dapat mendorong niat konsumen untuk mengadopsi inovasi. Berkaitan dengan ini, penelitian ini berfokus pada keterlibatan pada produk dan hubungannya terhadap adopsi inovasi, menunjukkan bahwa semakin tinggi keterlibatan pada produk, semakin tinggi pula adopsi inovasinya. Selain itu, efek moderasi dari perasaan kagum terhadap hubungan tersebut juga dipelajari. Data dari seratus enam belas mahasiswa di Indonesia dan Belanda menunjukkan bahwa keterlibatan pada produk memiliki hubungan yang positif dengan adopsi inovasi. Namun, perasaan kagum ternyata tidak mempengaruhi hubungan antara keterlibatan produk dan adopsi inovasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bagaimana konsumen bersedia mengadopsi inovasi jika inovasi tersebut sesuai dengan kebutuhan, minat, dan nilai yang dipercaya konsumen; menunjukkan pentingnya peran manajer untuk mengembangkan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Many firms are aware of the need to innovate in today's environment. This led to the rise of new product launches in the market, making it necessary for firms to understand consumer adoption of innovation. The adopter characteristics, namely product involvement, is an essential factor that affects consumer adoption decision. Consumers openness to experience, which may be the result of the emotion of awe, promote consumers 39 intention to adopt an innovation. By these, this paper focuses on product involvement and its relationship with the adoption of innovation, arguing that the higher the product involvement, the higher the adoption of innovation. In addition, the moderating effect of the emotion of awe toward the relationship was studied. Data from one hundred and sixteen university students in Indonesia and The Netherlands showed that product involvement was positively related to the adoption of innovation. However, the emotion of awe does not influence the relationship between product involvement and adoption of innovation. The result of this study indicates how consumers are willing to adopt the innovation if it is aligned with their inherent needs, interests, and values suggesting the importance of managers 39 role to develop a new product that can cater to those needs.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library