Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
Rafenska Vania
"
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara academic self-efficacy dengan agentic engagement pada mahasiswa semester 1 Universitas Indonesia (UI) angkatan 2013 yang mengikuti kelas MPKT A. Penelitian ini dianggap penting karena mahasiswa angkatan 2013 baru masuk ke dunia perkuliahan yang memiliki metode berbeda dengan metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Dengan adanya pemahaman terkait keadaan mahasiswa baru, diharapkan tenaga profesional dapat memahami lebih mendalam tentang situasi yang ada agar proses belajar-mengajar ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S54359
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Noviyanti Tri Wahyuni
"
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran mindfulness dan academic self-efficacy terhadap resiliensi pada mahasiswa S1 Universitas Indonesia. Responden dalam penelitian ini sebanyak 213 orang dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Indonesia. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain Mindfulness Attention Awareness Scale MAAS, College Academic Self-Efficacy Scale CASES, dan Connor Davidson Richardson Resilience Scale CD-RISC. Melalui simple regression, diperoleh hasil bahwa mindfulness dan academic self-efficacy berperan terhadap resiliensi pada mahasiswa S1 Universitas Indonesia R= 0.153, ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nanda Tiara
"
Performa akademik siswa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Penelitian eksperimen dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara jenis pemberian umpan balik sebagai faktor eksternal dan academic self-efficacy sebagai faktor internal terhadap performa akademik siswa. Penelitian eksperimen terhadap 101 siswa SMA kelas X dalam setting alamiah di kelas. Siswa diminta untuk mengerjakan soal ulangan harian pelajaran Kewarganegaraan. Selanjutnya, hasil ulangan harian akan dikoreksi dan diberikan umpan balik.
Siswa dibagi menjadi dua kelompok secara acak yaitu ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S65585
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Raihan Ahmad Dany Alzubyan
"
Praktikum menjadi mata kuliah wajib yang tidak dapat dihindari dan rentan memicu burnout, karena proses Praktikum memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang lebih kompleks, koordinasi dengan berbagai pihak, serta dibarengi kegiatan perkuliahan lainnya. Mahasiswa Praktikum Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia yang diharuskan praktik di HSO (Human Services Organization) menjadi lebih rentan mengalami burnout. Burnout bagi mahasiswa dapat mengakibatkan masalah serius seperti kegagalan akademik, masalah kesehatan mental, serta penurunan kesejahteraan sehingga penelitian ini penting untuk dilakukan. Penelitian ...
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Wildan Syah
"
Pandemi COVID-19 menyebabkan universitas mulai menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk meneruskan aktivitas pembelajaran dari rumah, namun penerapan PJJ kerap terkendala masalah. Hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan akademik seorang mahasiswa, terutama penilaian kemampuan diri sendiri dalam aktivitas akademis, atau academic self-efficacy (ASE). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kualitas online learning berperan dalam memprediksi ASE pada mahasiswa angkatan 2018-2020. Hipotesis penelitian ini adalah kualitas online learning memprediksi naik dan turunnya ASE pada mahasiswa. Alat ukur ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Puti Annisa Utari
"
Tujuan utama dari tesis ini adalah untuk mencari tahu apakah faktor yang bersifat akademis memiliki kontribusi terhadap kepuasan hidup siswa SMA. Variabel-variabel dari faktor akademis yang diteliti adalah academic self-efficacy dan iklim sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 221 responden dari SMAN 5, SMAN 6, dan SMAN 7 Depok. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi bermakna dari academic self-efficacy dan iklim sekolah ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T33163
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ghea Saraswati Kusuma
"
Universitas menjadi wadah untuk dapat mengembangkan diri agar mahasiswa dapat menghasilkan performa akademik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran antara mindfulness dan academic self-efficacy terhadap performa akademik mahasiswa. Mindfulness diukur menggunakan alat ukur Mindfulness Awareness and Attention Scale MAAS dari Brown dan Ryan 2003 . Academic Self-Efficacy diukur menggunakan alat ukur College Academic Self-Efficacy Scale CASES dari Owen dan Froman 1988. Performa akademik diukur menggunakan skor Indeks Prestasi Kumulatif IPK pada mahasiswa. Partisipan ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
David P.
"
Salah satu proses evaluasi yang dilakukan untuk menentukan kelulusan siswa SMA di Indonesia adalah melalui ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berbasis nasional (USBN). UN maupun USBN tidak terlepas dari berbagai kecurangan akademik. Dari berbagai penelitian terdahulu, sebagian besar siswa pernah melakukan kecurangan akademik dalam berbagai bentuk. Terdapat banyak faktor yang memengaruhi perilaku kecurangan akademik diantaranya adalah academic self-efficacy dan takut akan kegagalan. Academic self-efficacy merupakan salah satu prediktor dan memiliki hubungan negatif dengan kecurangan ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Anindita Chairina
"
Dalam menghadapi tantangan selama proses Belajar dari Rumah (BdR), siswa perlu mengembangkan academic buoyancy, yaitu kemampuan untuk mengatasi kemunduran dan tantangan akademik sehari-hari. Peran orang tua selama pandemi menjadi penting karena siswa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strength-based parenting (SBP), sebuah pendekatan pengasuhan yang menekankan pada identifikasi dan pengembangan kekuatan anak, memprediksi academic buoyancy melalui academic self-efficacy, social self-efficacy, dan emotional self-efficacy. Penelitian dilakukan terhadap 238 siswa SMA ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Eka Mitra Rachmawati
"
Di masa pandemi COVID-19, para peserta didik di Akademi Kepolisian, yang disebut taruna, menjalani program pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selama PJJ, taruna memiliki tuntutan akademis yang tinggi dengan rutinitas yang padat. Kondisi ini berpotensi menyebabkan munculnya academic burnout yang berdampak negatif pada individu maupun lembaga pendidikan. Berdasarkan penelitian terdahulu, ditemukan bahwa academic burnout memiliki hubungan negatif dengan beberapa faktor, diantaranya adalah academic self-efficacy dan peran dari pengajar untuk memberikan dukungan dalam proses belajar peserta didik. ...
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library