Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Ratu Haura Salsabila
"This study aims to explore the appeal of absurdism in B-rated movies among Indonesian filmmakers and audiences by analyzing the motifs and significance of these movies. B-rated movies are low-budget commercial motion pictures which are usually intended to lure viewers with sensational or exploitative content but may also have artistic merits or cult followings. Drawing on the theory of absurdism, this study examines the reasons behind the increasing popularity of B-rated movies in Indonesia, particularly among the younger generation which focuses on the case of Azzam Fi Rullah, filmmaker who is known for his devoted style in making B-rated movies with absurd themes and elements. The study uses qualitative methods such as interviews and textual analysis to collect data from various sources such as filmmakers, critics, audiences, and online platforms. The study expects to find that absurdism in B-rated movies appeals to Indonesian audiences because it offers a form of escapism, entertainment, expression, and critique of social realities. The study also hopes to find the significance of B towards Indonesian filmmakers.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi daya tarik absurdisme dalam film kelas B di kalangan filmmaker dan penonton Indonesia dengan menganalisis motif dan signifikansi dari film-film tersebut. Film Kelas B adalah film komersial berbiaya rendah yang biasanya dimaksudkan untuk menarik penonton dengan konten sensasional atau eksploitatif, tetapi juga dapat memiliki keunggulan artistik atau pengikut kultus. Dengan mengacu pada teori absurdisme, penelitian ini mengkaji alasan di balik meningkatnya popularitas film kelas B di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda yang berfokus pada Azzam Fi Rullah, seorang pembuat film yang dikenal dengan elemen dan tema absurd yang menjadi gaya “khas”-nya dalam membuat film. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif seperti wawancara dan analisis teks untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti pembuat film, kritikus, penonton, dan platform online. Penelitian ini berharap menemukan bahwa absurdisme dalam film kelas B menarik bagi penonton Indonesia karena menawarkan bentuk pelarian, hiburan, ekspresi, dan kritik terhadap realitas sosial. Penelitian ini juga berharap dapat menemukan signifikansi film kelas B terhadap filmmaker Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Tasya Paramitha
"Skripsi ini bertujuan untuk memaparkan konsep kebebasan dari tiga tokoh utama dalam masing-masing cerpen/Ninocka/Ninochka, /Spat? Xocetsja/Mengantuk, dan /Pari/Taruhan karya Anton Pavlovich Chekhov dengan tokoh utamanya Pavel Sergeyevich Vikhlyenev, Varka dan Sang Pengacara. Ketiga tokoh ini memaknai konsep kebebasan dan melakukan pencapaian kebebasan sebagai bentuk dari pemberontakan atas kondisi hidup yang absurd. Penulis menggunakan teori absurdisme yang dikemukakan Albert Camus terkait dengan analisis konsep kebebasan dalam cerpen /Ninocka/Ninochka, /Spat? Xocetsja/Mengantuk, dan /Pari/Taruhan.
This mini thesis aims to explain the freedom concept in the short stories /Ninocka/Ninochka, /Spat? Xocetsja/Sleepy, and /Pari/The Bet by Anton Pavlovich Chekhov with main characters Pavel Sergeyevich Vikhlyenev, Varka and The Lawyer. These three main characters define the freedom concept and achieve freedom as a rebellion of an absurd life condition. The author uses the absurdism theory by Albert Camus associated with the analysis of freedom concept on the main characters in the short story /Ninocka/Ninochka, /Spat? Xocetsja/Mengantuk, and /Pari/Taruhan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43464
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Samosir, Jane Hillary
"L`Etranger karya Albert Camus adalah salah satu roman Prancis paling berpengaruh di dunia. Seperti dalam karya-karyanya yang lain, tokoh utama yang ditampilkan adalah sosok laki-laki yang berhadapan dengan absurditas kehidupan dan masalah eksistensialisme. Artikel ini membahas tokoh-tokoh perempuan yang tampaknya secara sengaja kurang dikembangkan dalam L`Etranger. Metode yang digunakan adalah kajian struktural dengan berfokus pada aspek penokohan, dengan diperdalam menggunakan konsep-konsep Albert Camus tentang absurditas dan pemberontakan. Hasil analisis menunjukkan adanya ambiguitas, di satu sisi tokoh-tokoh perempuan memiliki peran penting dalam alur cerita, namun di sisi lain digambarkan melalui sudut pandang tokoh Mersault sebagai sosok-sosok yang tidak bermakna bagi dirinya. Hal ini menegaskan tokoh Mersault sebagai sosok manusia absurd.
L`Etranger is one of Albert Camus` most influential french fiction in literature. As well as his other works, in this text, the main character is presented as a male who struggled with absurdity and existential crisis. This article discusses the women in L`Etranger whose character is intentionally simplified and reduced. Structuralism is used as an approach to focus on character and characterization along with Camus` absurdism and anarchism. The analysis shows the ambiguity in Camus work, on one side, the women hold important roles to ensure the flow of the plot but on the other side these characters is presented as meaningless through Meursault`s narrative. This stresses the point on Meursault as an absurd being."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library