Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achir Yani S. Hamid
1995
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Jalan Permata, 2008
920 KUA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Achir Yani S. Hamid
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 1995
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jakarta: Depkes RI, 1995
610.73 ASU
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Merry Maeta Sari
Abstrak :
ABSTRAK
Nama : Merry Maeta SariProgram Studi : Ilmu Kesehatan MasyarakatJudul Tesis : Efektivitas Intervensi Psikoedukasi Kesehatan ReproduksiRemaja Tunagrahita Terhadap Pengetahuan Dan PraktikOrangtua Siswa Tunagrahita Di SLB C Tri Asih Jakartaxvi 83 halaman, 9 tabel, 3 gambar, 7 lampiranPendahuluan : Beberapa data statistik menunjukkan bahwa 80 wanita dan 50 pria tunagrahita mengalami pelecehan seksual sebelum usia 18 tahun. Orang tuayang merupakan pendidik seks utama, seringkali takut berbicara tentang kesehatanreproduksi karena kurang pengetahuan.Tujuan : Untuk mengetahui efektivitas intervensi psikoedukasi kesehatan reproduksiremaja tunagrahita terhadap pengetahuan dan praktik orangtua siswa tunagrahita diSLB C Tri Asih Jakarta.Metode : Kuasi eksperimen dengan pre-post test without control yang ditujukankepada 36 orangtua siswa tunagrahita di SLB C Tri Asih Jakarta.Hasil : Rata-rata pengetahuan orangtua siswa tunagrahita sebelum diberikanintervensi adalah 10,28, setelah diberikan intervensi, pada post test 1 menjadi 11,61dan pada post test 2 menjadi 11,94. Rata-rata praktik orangtua siswa tunagrahitasebelum intervensi adalah 1,08 dan setelah intervensi menjadi 1,11.Kesimpulan : Terjadi peningkatan pengetahuan dan praktik orangtua siswatunagrahita di SLB Tri Asih Jakarta setelah diberikan intervensi psikoedukasikesehatan reproduksi remaja tunagrahita, namun, peningkatan ini belum bisadikatakan efektif.Kata kunci : psikoedukasi, kesehatan reproduksi, remaja tunagrahita
ABSTRACT
ABSTRACTName Merry Maeta SariStudy Program Public HealthTitle Effectiveness of psychoeducational Interventions Healthof Reproductive Intellectual Disability Teenager forKnowledge and Practice Intellectual Disability Student rsquo sParents In SLB C Tri Asih Jakartaxvi 83 pages, 9 tables, 3 pictures, 7 attachmentsBackground Some of statistical data shows that 80 of women and 50 of menwith intellectual disability have sexually abused before 18 years old. Parents, who isthe primary sex educators, often afraid to talk about health of reproductive becausethe lack of knowledge.Objective Knowing the effectiveness of psychoeducational interventions health ofreproductive intellectual disability teenager for knowledge and practice intellectualdisability students parents.Methods Type of research are quasi experimental and pre post test without controlfor 36 parents in SLB C Tri Asih Jakarta.Results The average of knowledge from student rsquo s parents of intellectual disabilitybefore the intervention is10.28, after the intervention, in the first post test become11.61 and the second post test is 11.94. The average of intellectual disabilitystudent rsquo s parents practice before the intervention is 1.08, and after the interventionbecome 1.11.Conclusion There is an increasing knowledge and practice of intellectual disabilitystudent rsquo s parents in the SLB C Tri Asih Jakarta after being given apsychoeducational interventions health of reproductive intellectual disabilityteenager, however the increases can not be said to be effective yet.Keywords psycho education, reproductive health, intellectual disability
2017
T46977
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Wulan
Abstrak :
Nama : Widya Ratna WulanProgram Studi : Ilmu Kesehatan MasyarakatJudul : Determinan Perilaku Seksual Berisiko Pada Remaja Tunagrahitadi Sekolah Luar Biasa Kabupaten Semarang Tahun 2018Pembimbing : Dr. Dian Ayubi S.KM, M.QIHKehamilan tidak diinginkan dan pelecehan seksual pada remaja tunagrahita akibatperilaku seksual berisiko dilaporkan masih terjadi di Kabupaten Semarang sebesar55,6 . Sekitar 25 penduduk Kabupaten Semarang adalah remaja usia 10-24 tahundengan jenis ketunaan terbesar adalah tunagrahita sehingga mempengaruhi risikotingginya perilaku seksual berisiko pada remaja tunagrahita.Tujuan penelitian ini adalahmengetahui determinan perilaku seksual berisiko pada remaja tunagrahita di SekolahLuar Biasa Kabupaten Semarang Tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan desain cross sectiona lyang dilakukan di Kabupaten Semarang. Datadikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner pada 82 siswa-siswiremaja tunagrahita di 5 sekolah luar biasa tunagrahita. Data dianalisis menggunakan ujiregresi logistik sederhana dan regresi logistik ganda. Hasil penelitian menemukan43,9 siswa-siswi memiliki perilaku seksual berisiko tinggi dengan nilai median 80,0 skala 100 . Variabel pengetahuan p=0,001 , peran guru p=0,001 , dan self-efficacy p=0,017 dengan p-value ...... ABSTRACTName Widya Ratna WulanStudy Program Public Health ScienceTitle Determinant of Sexual Behavior Among Intellectual DisabilityAdolescents in Special School, Semarang Regency, 2018Counsellor Dr. Dian Ayubi S.KM, M.QIHThe sexual behavior that leads to unwanted pregnancy and sexual abuse amongintellectual disability adolescents occured in Semarang Regency of 55.6 due to lack ofsexual health knowledge and information. Approximately 25 of Semarang Regencypopulation is adolescents aged 10 24 years with the largest intellectual disability so thataffect the high risk sexual behavior among intellectual disability adolescents. This studyaimed to determine the determinant of sexual behavior among intellectual disabilityadolescents in Special School Semarang Regency 2018. This study was a quantitativestudy with cross sectional design conducted in Semarang regency. Data were collectedby interview using questionnaires on 82 intellectual disability adolescent students in 5special schools. Data were analyzed using simple logistic regression and multiplelogistic regression test. The results found 43.9 of students who had high risk sexualbehavior with a median value of 80.0 scale 100 . The analysis result proved thatknowledge p 0,001 , teacher role p 0,001 , and self efficacy p 0,017 yieldingp value.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T49952
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhefi Ratnawati
Abstrak :
ABSTRAK
Nama : Dhefi RatnawatiProgram Studi : Ilmu Kesehatan MasyarakatJudul : Kebijakan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada RemajaTunagrahita di IndonesiaPembimbing : Dr. dra. Evi Martha, M.KesRemaja disabilitas merupakan salah satu sumber daya manusia Indonesia yang harusditingkatkan kualitasnya agar dapat berperan sebagai subyek dalam pembangunankesehatan.Hasil Susenas tahun 2012 menunjukan bahwa terdapat 2,45 pendudukIndonesia menyandang disabilitas dan menurut Program Perlindungan dan LayananSosial PPLS tahun 2012 jumlah penyandang disabilitas secara nasional adalahsebanyak 3.838.985 jiwa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desainstudi kasus yang dilakukan selama bulan Juni ndash; Juli 2018. Informan total berjumlah 27orang berasal dari berbahai pemangku kepentingan terkait pendidikan kesehatanreproduksi remaja tunagrahita. Hasil dari penelitian ini adalah belum semua pemangkukepentingan terkait menyusun kebijakan mengenai Pendidikan kesehatan reproduksiremaja tunagrahita. Hanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telahmenyusun kebijakan yang spesifik berupa pedoman kesehatan reproduksi untuk remajatunagrahita. Pelaksanaan kebijakan tersebut belum optimal karena belum dilakukan diseluruh wilayah di Indonesia dan diharapkan dapat masuk dalam kurikulum pendidikankhusus.Kata Kunci: Pendidikan, Kesehatan Reproduksi, Remaja, Tunagrahita
ABSTRACT
Name Dhefi RatnawatiStudy Program Public Health ScienceTitle The Policy of Reproductive Health Education for theAdolescence with Intellectual Disability in IndonesiaCounsellor Dr. dra. Evi Martha, M.KesAdolescence with disabilities are one of Indonesia 39 s human resources whose qualitymust be improved to make them play the role as the subjects in health development. Theresult of the National Socio Economic Survey in 2012 shows that there are 2.45 ofIndonesian people are disabilities. According to the Social Protection Program PPLS in 2012, the number of people with disabilities is 3,838,985. This research was aqualitative research with case study design carried out in June July 2018. The totalinformants were 27 people coming from different stakeholders related to thereproductive health education for adolescence with intellectual disability. The results ofthis study show that not all of the relevant stakeholders formulate the policies regardingthe reproductive health education for young people with mental retardation. It is onlythe Ministry of Education and Culture that has formulated a specific policy in the formof reproductive health guidelines for adolescence with intellectual disability. Theimplementation of these policies is not optimal and is expected to be included in thespecial education curriculum.Keywords Education, Intellectual Disability, Reproductive Health, Adolescence
2018
T49938
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riftania Raihana Wiyuna
Abstrak :
Anak tunagrahita memiliki kendala dari berbagai aspek yang dapat menimbulkan stres bagi keluarga khususnya orang tua. Stres yang terus-menerus dapat menyebabkan kecemasan karena kekhawatiran akan kondisi dan perkembangan anak. Salah satu aspek yang menjadi perhatian orang tua dengan anak tunagrahita adalah kemampuan bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan sosialisasi anak tunagrahita dengan tingkat kecemasan orang tua. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini memiliki total 157 orang tua penyandang anak tunagrahita di SLB Kota Depok dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari tiga bagian yaitu kuesioner data demografi, kuesioner kemampuan sosialisasi, dan Beck Anxiety Inventory. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji chi square dan menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan sosialisasi anak tunagrahita dengan tingkat kecemasan orang tua (p = 0,01 dan α = 0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka diperlukan pelatihan untuk menurunkan tingkat kecemasan agar orang tua dapat diberikan pemahaman dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan sosialisasi anak tunagrahita. Peran perawat sangat dibutuhkan dalam memberikan asuhan keperawatan, berbagi pengetahuan dan memberikan pelatihan baik bagi anak retardasi mental maupun orang tua. ...... Mentally retarded children have obstacles from various aspects that can cause stress for families, especially parents. Constant stress can cause anxiety because of concerns about the child's condition and development. One aspect of concern for parents with mentally retarded children is the ability to socialize. This study aims to determine the relationship between the socialization ability of mentally retarded children with the level of parental anxiety. The research design used was a quantitative research design with a cross sectional approach. This study had a total of 157 parents with mentally retarded children in Depok City Special School with a total sampling technique. Data collection was carried out using a questionnaire consisting of three parts, namely a demographic data questionnaire, a socialization ability questionnaire, and the Beck Anxiety Inventory. The research results were analyzed using the chi square test and showed a relationship between the socialization ability of mentally retarded children with the level of parental anxiety (p = 0.01 and α = 0.05). Based on these results, training is needed to reduce the level of anxiety so that parents can be given understanding and training to improve the socialization skills of mentally retarded children. The role of nurses is very much needed in providing nursing care, sharing knowledge and providing training for both mentally retarded children and parents.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dotulong, Natasya
Abstrak :
Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan apakah program Direct Instruction dapat meningkatkan kemampuan menggunakan uang pada anak penyandang tunagrahita ringan. Peningkatan kemampuan menggunakan uang mencakup pengenalan uang, penjumlahan uang dan pengurangan uang sampai Rp10.000. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain subyek tunggal pada siswa tunagrahita ringan. Program diberikan selama tiga minggu dengan menggunakan metode Direct Instruction yang mencakup tahap pendahuluan, tahap presentasi materi dan tahap latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menggunakan uang pada subyek setelah program diberikan. Setelah sepuluh hari program dihentikan, subyek juga masih mampu mempertahankan kemampuan menggunakan uang tersebut. ...... The objective of this research to see whether the Direct Instruction program can enhance the ability to use money in mild intellectual disability children. Improving the ability to use money include the ability to know value of money, addition of money and subtraction of money to Rp10.000,-. This research is single subject design for a student with mild intellectual disability. The research consist of three weeks program using Direct Instruction, including the introduction stage, the material presentation stage, and the practice stage. The result of this study showed that the subject?s ability to use money increase after the program. Ten days after the program, the subject still able to maintain the ability to use money.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T35372
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>