Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 31 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Denny Kurniadi
"Tesis ini membahas suatu model fasilitas perkakas kognitif yang dapat dikembangkan dalam suatu sistem Pengajaran Berbantuan komputer. Domain yang dipilih dalam model ini yaitu Strategi Belajar sebagai salah satu bidang kajian dalam psikologi.
Secara keseluruhan, model dibagi atas beberapa modul sebagai fasilitas belajar yang diharapkan dapat mengembangkan proses berpikir kreatif dan kritis melalui eksplorasi bahan ajar dalam menentukan dan mengidentifikasi suatu strategi belajar. Cara yang ditempuh dalam menentukan suatu strategi belajar tersebut dapat dengan melakukan tanya-jawab dengan sistem melalui pencarian atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu strategi belajar dan dapat juga dengan mengevaluasi suatu think-a-loud dan mengidentifikasi strategi belajar yang dikandungnya.
Untuk memperoleh hasil belajar yang lebih mengembangkan proses berpikir kreatifkritis, sistem menyediakan fasilitas akuisisi data yang dapat digunakan oleh pemakai untuk menambahkan dan mengembangkan atribut-atribut (atau bahkan mengganti) beserta jenis strategi belajar yang lain. Melalui fasilitas akuisisi data, pemakai dapat mengisi slot form yang disediakan.
Selain itu, mekanisma eksplanasi yang dapat dimanfaatkan sepanjang pemakaian sistem diharapkan juga membantu pemakai dalam mengembangkan pemahaman akan bahan ajar tersebut.
Uji coba yang dilakukan untuk melihat akurasi dalam menentukan dan mengidentifikasi strategi belajar terutama modul evaluasi think-a-loud menunjukkan tingkat akurasi sekitar 84% dibandingkan terhadap hasil identifikasi yang dilakukan seorang pakar."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000
T40402
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhyiddin
"ABSTRAK
Studi ini mencoba mengelaborasi model kelembagaan think tank pemerintah yang sesuai dengan Indonesia. Pendekatan studi ini kualitatif dengan melakukan studi best practices di Korea Selatan dan India yang mempunyai lembaga think tank yang berasal dari institusi perencanaan, yaitu KDI dan NITI Aayog. Adaptasi model KDI dan NITI Aayog diperlukan untuk merevitalisasi fungsi think tank yang sudah ada pada Bappenas. Kelembagaan think tank ini akan menjadi jembatan antara penelitian dan kebijakan (bridging research to policy) dan jembatan ilmu pengetahuan kepada kekuasaan (bridging knowledge to power). Kompleksitas permasalahan pembangunan menjadi tantangan pemerintah untuk dikelola dan diatasi berdasarkan ilmu pengetahuan yang bersumber dari penelitian akademis. Lembaga think tank harus dapat merumuskan bagaimana ilmu pengetahuan tersebut ditransformasikan menjadi riset kebijakan sehingga dihasilkan solusi kebijakan yang teruji."
Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas, 2019
330 BAP 2:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Holiday, Ryan
New York: Penguin, 2014
158 HOL o
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Williams, Emma, 1984 May 14-
"The Way We Think is concerned with the issue of developing thinking in education. It seeks to move beyond current predominant approaches, which take their cue from a limited conception of both the experience of thinking and die human being who thinks. This approach is referred to throughout the text as 'rationalistic,' designating both its abstracted, disengaged conception of the human being and its representational, intellectualised image of the ways we think --
In order to offer a more adequate conception of thinking, the author investigates the philosophical accounts of Ryle, Martin Heidegger, John Austin, and Jacques Derrick. She argues that these thinkers provide accounts that strive to open up the 'possibilities' of human thought, in the sense of revealing both what makes thought happen and what happens when we think. The conclusion explores how thinking education might thereby he reconceived, in ways that are richer than rationalism, and indicates how this alternative conception of thought might he translated into the classroom. The result is a method that provides new possibilities and new avenues for an education that takes its cue from the ways we think, in all their variety. --Book Jacket."
Chichester, West Sussex Malden, MA : Wiley Balckwell, 2016
370.152 WIL w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Erma Suryani
"Biology is one of the science subjects learnt by the senior high school students .The research was done to aplly class discussion model by using think-pair-discussion in learning biology at the first class (X) of SMAN 2 Padangpanjang"
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11 : 2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Cahyaningrum
"Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis argumentasi dan keterampilan menulis argumentasi melalui penerapan model Think Pair Share dengan media audiovisual siswa kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Sumber data berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dengan teknik triangulasi metode, triangulasi sumber data dan review informan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Model Think Pair Share dengan audiovisual mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis argumentasi dengan indikator kinerja guru dan siswa. Pada prasiklus, nilai kinerja guru dan siswa masih berada di bawah indikator pencapaian. Siklus I, nilai kinerja guru meningkat menjadi 69,29% dan kinerja siswa sebesar 47,22% sedangkan pada siklus II nilai kinerja guru menjadi 80,71% dan kinerja siswa menjadi 78,95%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, siswa yang tuntas hanya 21 siswa yang artinya dianggap belum memenuhi indikator pencapaian. Penerapan Think Pair Share dengan media audiovisual pada siklus II, menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis argumentasi, yaitu skor 31 siswa melampaui KKM. Disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dengan audiovisual mampu meningkatkan kualitas proses dan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat.
"
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2018
370 JPK 3:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gratia Kristines Ekklesia Rotti
"Tesis ini membahas mengenai dampak pendekatan Experiential Marketing yang
terdiri dari Sense, Feel, Think, Act, dan Relate yang diterapkan Blitz Megaplex
Grand Indonesia terhadap Customer Satisfaction, dan juga pengaruh kepuasan
tersebut terhadap Attitudinal Loyalty dan Behavioral Loyalty. Penelitian ini
merupakan penelitian eksploratorif dan deskriptif.
Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa Customer Satisfaction dapat ditingkatkan dengan memberikan pengalaman berbasis Feel dengan cara mempengaruhi suasana hati, perasaan, dan emosi, dan Relate dengan menciptakan identitas sosial bagi pelanggan dalam menggunakan sebuah produk. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa Customer Satisfaction berpengaruh secara signifikan terhadap Attitudinal Loyalty, namun tidak secara signifikan terhadap Behavioral Loyalty.

This thesis discusses the effect of Experiential Marketing which is consisted of Sense, Feel, Think, Act, and Relate that has been applied by Blitz Megaplex Grand Indonesia toward Customer Satisfaction, and its impact on Attitudinal Loyalty and Behavioral Loyalty. This research is exploratory and descriptive research.
The results of this research show that Customer Satisfaction can be driven by Feel with its mood and emotion impact; and Relate with its social identity for those who use the product. The results also suggest that Customer Satisfaction significantly influence Attitudinal Loyalty, and did not significantly influence Behavioral Loyalty.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2012
T29954
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
David Sanjaya
"ABSTRAK
Artikel yang berjudul Persepsi Publik terhadap Akun Twitter @PKSEJATHERA menganalisis bagaimana persepsi yang ada pada publik terhadap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga aktif berpolitik pada sosial mediaTwitter. Dengan respon yang cepat dan bersifat real time dari audiens dalam media Twitter, muncul permasalahan terhadap bagaimana PKS sebagai partai kader dipersepsikan oleh audiens. Dengan menganalisis opini yang beredar, dapat dikategorikan bahwa opini yang muncul melalui berbagai pertimbangan dan pemikiran terhadap informasi yang memadai (informed public opinion) atau melalui respon sesaat tanpa didasari banyak informasi yang mendukung (pseudo public opinion). Serta dari opini yang bersifat positif dan bersifat negatif dapat dilihat bahwa kedua pihak yang melontarkan opini memiliki gejala yang disebut sebagai group think, dimana solidaritas grup atau kumpulan orang yang memiliki ketertarikan yang sama dalam beropini cenderung mengutamakan kepentingan grup. Dengan alasan tersebut, PKS kedepannya diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi media dari kader dan simpatisannya agar opini yang bersifat negatif mulai berkurang.

ABSTRACT
Journal article titled Public Perception towards Twitter Account @PKSEJAHTERA analyzed about how perception towards political party Twitter account @PKSejahtera. With a real time feature that could make the audience response immediately in Twitter, found that PKS is being talked with so many form of opinion. After being analyzed, opinion towards PKS in Twitter could be categorized into well thought opinion called as informed public opinion and less thought sudden opinion called as pseudo public opinion. From the positive and negative opinion, there is some symptoms that public opinion is separated based on its interest that we called as group think. Hopefully PKS could increase its cadre and supporters media literacy, so that the negative opinion towards PKS could be decreased afterwards.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Heriani Yulia Putri
"Skripsi ini membahas tentang penerjemahan kata think dalam novel Harry Potter and The Philosopher’s Stone karya J.K. Rowling ke dalam bahasa Jepang yaitu 「ハリーポ ッターと賢者の石. Menurut kamus pada umumnya, kata think dalam bahasa Jepang secara garis besar dapat diartikan menjadi 「考える」kangaeru dan 「思う」 omou. Namun dalam pelaksanaannya, muncul kata lain selain kangaeru dan omou yang digunakan dalam menerjemahkan kata think. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa selain penerjemahan dengan morfem bebas secara leksikal, penerjemahan dengan morfem bebas, morfem terikat, serta gabungan keduanya secara situasional juga dilakukan oleh penerjemah dalam menerjemahkan kata think. Morfem bebas yang digunakan dalam penerjemahan antara lain morfem yang termasuk dalam kelas kata verba 「動詞」dan adverbia「副詞」. Sedangkan morfem terikat yang digunakan antara lain adalah morfem dari kelas kata verba bantu 「助動詞」 dan partikel akhir 「終助詞」. Selain itu terdapat pula beberapa penerjemahan yang termasuk ke dalam kategori penerjemahan nol atau pelesapan. Dengan penelitian ini diharapkan pembelajar bahasa Jepang dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan ketika menerjemahkan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Jepang.

This study focused on the translation of the word think in Harry Potter and The Philosopher’s Stone by J.K Rowling into Japanese version 「ハリーポッターと賢者 の石」. According to dictionaries in general, think is equivalent to the word「考える」 kangaeru and 「思う」 omou. However, in the process of translation, other words are also used to express the word think in Japanese. The result of this study is, not only the lexically equivalent independent morphemes are used in translation, but also the attached morphemes (adjunct) or combination of both can be used to translate the word think as long as they are circumstantially equivalent. The usable independent morphemes are categorized as verbs 「動詞」and adverbs 「副詞」, while the adjunct that can be used includes auxiliary verbs 「助動詞」and final particles 「終助詞」. Last but not least, there are some translations that are categorized as "zero translations" as they were called omissions. From these results, those who are studying Japanese are expected to use this works as a consideration for translating from English to Japanese."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Astuti
"The study aims to usability analysis the National Library of Indonesia home page based the results of Paramjeet and Gupta research. The method used was think-aloud. In this method, one user was observed when doing the assignment and asked to express choices, feelings, or thoughts when testing the website. There are seven phases in this method, i.e 1) literature study of usability, usability testing and think- aloud, 2) self-evaluation of the home page of National Library of Indonesia website, conducted by comparing the results of Paramjeet and Gupta study, 3) determination of assessment parameters, 4) determination of the number and criteria of the respondents, 5) analysis of home page usability by the respondents, 6) analysis of the results, conducted based on the respondent transcripts, and 7) recommendations. There were ten respondents, with medium internet literacy skill. They expressed their thoughts and feelings when testing the home page. There were criteria used in the assessment :1) the main features consist of logo and name of organization, about us, contact us, and archive and archiving; 2)URL (Uniform Resources Locator); 3) window title; 4) date and time; 5) writing content; 6) navigation; 7) search; 8) graphic and animation.Based on the analysis, it shows that home page of the National Library of Indonesia website needs to be improved. The improvements needed are: the addition of about us feature on the main menu; contact us becomes part of about us in the main menu; the results of the archive and archiving is in the form of title, in order to facilitate the information retrieval; the moving boxes in the navigation are replaced with fixed boxes using different colors with the color news; the search is equipped with advanced search, and graphics and animation should also be improved not only as a home page ornament."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2016
020 JPI 15:1-2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>