Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Checkland, Peter
Chichester: John Wiley & Sons, 2009
003 CHE s;003 CHE s (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Stroh, David Peter, 1950-
White River Junction, Vermont: Chelsea Green Publishing, 2015
303.4 STR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Robertson, Margaret
London: Routledge, 2017
338.927 ROB s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Gloria Natalina
Abstrak :
MP merupakan sebuah organisasi yang menjual jasa pendidikan yang didirikan pada tahun 1982. Perusahaan ini memiliki akreditasi dengan predikat Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Program-progam yang ditawarkan adalah program-program yang bergelar dan nir-gelar. Sampai dengan Juni 2005, jumlah karyawan MP mencapai 106 orang, yang terbagi atas pengajar yang disebut dengan Faculty Member (FM) dan pendukung yang disebut dengan Supporting Member (SM). Jumlah FM 34 orang, dan SM 72 orang. FM bergelar akademis mulai dari S2 sampai Doktor dan 4 orang di antaranya memperoleh gelar Profesor dari Pemerintah (Dirjen Pendidikan Tinggi DIKTI), dan SM bergelar akademis mulai dari SMA sampai S2. MP belum melakukan pengelolaan sumber daya manusia dengan baik, seperti perencanaan sumber daya manusia, proses rekrutmen, seleksi, penempatan yang terstruktur, pelatihan yang terencana, dan belum memiliki sistem evaluasi kinerja. Meskipun menyadari pentingnya pengelolaan sumber daya manusia, namun waktu dan perhatian manajemen masih terpusat pada usaha untuk meningkatkan pendapatan dan memajukan perusahaan. Saat ini terjadi beberapa pelanggaran di MP, antara lain problem absensi, lembur dan pemakaian kendaraan kantor untuk keperluan pribadi, hilangnya bebe¬rapa barang milik perusahaan, dan lain-lain. Di antara problem-problem tersebut, absensi adalah problem yang terjadi berulang kali yang melibatkan baik FM maupun SM. Yang dimaksud dengan problem absensi (ketidakhadiran) di MP adalah datang terlambat atau pulang lebih awal dari jam kerja yang ditetapkan oleh perusahaan, jam 8 pagi sampai 5 sore. Jika karyawan datang jam 8.30 dan pulang jam 17.30, tetap dianggap melanggar jam presensi (kehadiran) oleh Bagian Administrasi SDM (Personalia). Problem absensi mulai diperhatikan pads tahun 1990. Manajemen melakukan berbagai upaya untuk memecahkan problem tersebut, yaitu dengan pemberian reward dan punishment, namun hingga kini pelanggaran absensi tersebut masih terus berlangsung. Setelah menganalisis situasi dan kondisi perusahaan maupun karyawan MP serta membandingkan beberapa alternatif yang mungkin dilakukan, Penulis mengusulkan agar MP menerapkan systems thinking dalam problem solving absensi. Systems thinking adalah usaha untuk memahami suatu perilaku dengan memeriksa secara holistik sebab-sebab dad perilaku tersebut serta kaitan di antara sebab-sebab tersebut. Jadi bukan sekadar menganalisis perilaku tersebut sepotong demi sepotong. Yang sangat berperan dalam proses ini adalah Manajemen MP dan Bagian SDM. Proses ini melibatkan komunikasi yang berkesinambungan antara pimpinan dan karyawan, baik secara formal maupun informal. Dalam komunikasi tersebut perlu brainstorming yang tidak untuk mencari-cari kesalahan karyawan. Keterbukaan dalam komunikasi akan sangat menunjang keberhasilan brainstorming tersebut. Semua upaya yang dilakukan dalam proses systems thinking dalam problem solving absensi tersebut pada pokoknya adalah untuk mencapai peningkatan efektivitas dan kualitas kinerja karyawan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18820
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulauf, Carol Ann
Abstrak :
Systems thinking can help you identify and respond to business and organizational changes before those changes lead to serious problems or disaster. This issue of Infoline explains the value of applying systems thinking when solving problems or in times of organizational change. It offers you an eight-step process for finding a problem and identifying it, visualizing the problem, and determining the most effective intervention.
Alexandria, VA: [American Society for Training and Development Press, American Society for Training and Development Press], 2000
e20435608
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Wilfridus B. Elu
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian. Pertama, bagaimana tingkat penerapan elemen-elemen learning organization (LQ) pada Divisi SDM Bank BNI Jakarta, berupa personal mastery, systems thinking, mental models, visi bersama, struktur yang mendukung, kepemimpinan yang melayani, dan pembelajaran team? Kedua, apakah terdapat hubungan yang signifikan antara elemen pembelajaran team dan elemen-elemen LO lainnya? Penelitian ini menggunakan paradigrna kuantitatif (hipotetiko-deduktif) dan pendekatan survei dengan instrumennya berupa kuesioner. Pengujian reliabilitas dan validitas instrumen dilakukan dengan pendekatan uji-coba terpakai. Untuk meningkatkan validitas instrumen, beberapa pihak yang kompeten di bidang organisasi dan unsur pimpinan Divisi SDM Bank BNI Jakarta telah dimintai pendapatnya mengenai item-item kuesioner sebelum uji-coba terpakai atas masing-masing variabel penelitian. Jumlah populasi penelitian adalah 100 orang, yaitu seluruh karyawan dan pimpinan Divisi SDM Bank BM Jakarta. Pada tingkat kepercayaan 90%, secara teoretis dibutuhkan 51 responden. Kuesioner dibagikan kepada 56 orang responden yang dipilih secara acak dan 55 di antaranya lengkap untuk pengolahan data analisis. Pengujian reliabilitas dan validitas instrumen penelitian serta pengolahan data dilakukan dengan paket komputer SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, penerapan elemen-elemen learning organization (LO) pada Divisi SDM Bank BNI Jakarta rata-rata berkisar pada tingkat "sedang" mengarah pada tingkat "tinggi," berada pada tingkat yang relatif seimbang satu sama lain. Hal ini berarti bahwa pengembangan elemen-elemen LQ merupakan satu kesatuan yang saling terkait dan terpadu, antara hard-side dan soft-side LO, antara elemen-elemen mikro maupun makro organisasi. Meskipun begitu, System Thinking telah diterapkan pada tingkat "tinggi," yakni mencapai mean 4.00 (dalam skala Likert 1 - 5). Sementara itu, sebagian karyawan masih menerapkan atau mengalami penerapan elemen-elemen pembelajaran team, kepemimpinan yang melayani, visi bersama, dan struktur yang mendukung pada tingkat yang "rendah" atau "sedang." Hasil penelitian menunjukkan juga adanya hubungan yang positif antara elemen pembelajaran team dengan setiap elemen LO lainnya, secara berturut-turut dengan budaya pembelajaran, visi bersama, struktur yang mendukung, kepemimpinan yang melayani, systems thinking, mental models, dan personal mastery. Divisi SDM perlu mengembangkan kedelapan elemen LO lebih jauh secara integratif, holistik, dan seimbang menuju tingkat tertinggi sebagai suatu learning unit penting dalam memajukan kapabilitas transformatif Bank BNI secara keseluruhan. Secara khusus, penekanan perlu diberikan kepada elemen-elemen struktur organisasi, visi bersama, kepemimpinan yang melayani, dan pembelajaran team, yang merupakan ketrampilan kolektif organisasi, baik pada sisi lunak maupun pada sisi keras organisasi.
2000
T1637
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raras Yulia
Abstrak :
Pelemahan ekonomi dunia yang disebabkan krisis tahun 2008 menyebabkan harga komoditas terus menurun. Salah satu komoditas yang terkena dampaknya adalah karet. Harga karet pada tahun 2011 berada di kisaran ¥280/kg lalu jatuh ke ¥67/kg di tahun 2016. Volatilitas harga karet alam memberikan resiko yang besar bagi produser, trader, consumer, pemerintah, dan pihak lain yang terlibat dalam industry hulu dan hilir karet alam. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan harga karet alam dari Januari 2003 sampai dengan Desember 2017, serta menguji efektivitas determinan Agreed Export Tonnage Scheme policy dalam pengendalian harga karet. Model dinamis dianggap tepat digunakan untuk memodelkan harga karet alam yang selalu berubah. Peneliti menggunakan dynamics thinking tools yang terdiri dari BOT graphic, Causal Loop Diagram, dan Stock Flow Diagram untuk membuat model dinamis dari harga karet alam. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari badan pemerintah terkait, berita, dan penelitian terdahulu. Pemodelan harga karet alam diharapkan dapat meminimalkan dampak volatilitas harga karet alam bagi para stakeholder. Hasil yang didapatkan adalah efek dari peniadaan AETS adalah penurunan harga karet alam sebesar 23% sampai dengan tahun 2020, perpanjangan AETS dapat meningkatkan harga hingga 9% sampai dengan tahun 2020.
The weakening of the world economy caused by the crisis in 2008 caused commodity prices to continue to decline. One of the commodities affected is rubber. Rubber prices in 2011 were in the range of 280 yen/kg and then fell to 67 yen/kg in 2016. Natural rubber price volatility poses a big risk for producers, traders, consumers, governments and other parties involved in the production of natural rubber. This study aims to make a dynamic model of natural rubber prices from January 2003 to December 2017, and to test the effectiveness of the Agreed Export Tonnage Scheme in controlling rubber prices. Dynamic models are considered appropriate for modeling the ever-changing price of natural rubber. The researcher used dynamics thinking tools consisting of Behavior Over Time graphics, Causal Loop Diagrams, and Stock Flow Diagrams to create dynamic models of natural rubber prices. The data used are secondary data from related government agencies, news, and previous research. The results obtained are each increase of 1% in supply demand ratio will decrease price by 2%, Agreed Export Tonnage Scheme elimination will lowering natural rubber prices by 23% up to 2020, and the extension of Agreed Export Tonnage Scheme can increase prices by 9% up to 2020.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54645
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosinta Suwastika
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan terkait sistem informasi dalam penyelesaian permohonan pengembalian dan pembebasan PPN oleh Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional serta memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Direktorat Jenderal Pajak tengah menggencarkan digitalisasi administrasi perpajakan sebagai bagian dari Reformasi Perpajakan. Namun demikian, hasil observasi di KPP Badan dan Orang Asing menunjukkan bahwa proses pengembalian dan pembebasan PPN untuk Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional belum didukung oleh sistem informasi yang memadai. Analisis permasalahan dan analisis sistem informasi dilakukan menggunakan teori pemangku kepentingan dan kemudian dianalisis dengan metodologi Framework for the Application of Systems Thinking (FAST). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di KPP Badan dan Orang Asing. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya sistem informasi yang terintegrasi menyebabkan proses pengembalian dan pembebasan PPN untuk Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional berjalan tidak efektif dan efisien. Selain itu, analisis sistem informasi dalam penelitian ini menghasilkan desain logis (logical design) dan prototipe sistem informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perancangan sistem informasi pengembalian dan pembebasan PPN untuk Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional. ......This research aims to examine further the problems arise due to the current system implemented by the DGT in the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations as well as to analyze information system which accommodates stakeholders’ needs. The DGT is intensifying digitization of tax administrations as part of Tax Reform. However, the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations is not equipped with integrated information system. The problems in the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations were analyzed using stakeholder theory while solutions for the problems were analyzed using Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) methodology. This research uses qualitative method with case study approach. The data collection is held through observation in Foreign Corporate and Individual Tax Office, document analysis, and interviews with parties involved in the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations in the DGT. This research finds that the absence of integrated information system in the process of VAT restitution and exemption for Diplomatic Representatives and International Organizations in the DGT leads to ineffectiveness and inefficiencies. This research resulted logical design and a web-based information system prototype as material considerations in the development of VAT restitution and exemption information system for Diplomatic Representatives and International Organizations.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This book describes a systematic approach to risk assessment for complex socio-technical systems like industrial processes, especially innovative ones. It provides an overview of applications of system dynamics theory and methodologies on industrial systems in order to demonstrate the relevance of such an approach in helping to assess risks in such complex systems. An important feature of this approach is that it takes into account the dynamic of the interactions of the components (technical, human and organizational ones) in order to study and simulate the behavior of the system. This methodology helps to define the failures and/or accident scenarios and to implement and test the prevention and protection barriers.
Switzerland: Springer Nature, 2019
e20509844
eBooks  Universitas Indonesia Library