Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
Adelisa Pratiwi
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5126
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Fransisca Sekar Ayu Prawisda
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S5401
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Anchika Ladeza Aulia
"Li Hitam dan Li Putih (黑白李: Hēibái Lǐ) merupakan salah satu cerita pendek karya Lao She yang ditulis pada tahun 1933. Cerita pendek ini diceritakan melalui sudut pandang tokoh ?aku? yang tidak diketahui namanya. Sudut pandang dalam cerpen karya Lao She ini menjadi menarik untuk dibahas karena meskipun keseluruhan cerita ini menceritakan tentang Li Hitam dan Li Putih sebagai tokoh utamanya, akan tetapi tokoh "aku" lah yang memegang peranan penting dalam cerita. Makalah ini membahas sudut pandang tokoh "aku" dalam cerpen Li Hitam dan Li Putih. Selain itu makalah ini juga mengkaji peran dan fungsi tokoh "aku" dalam pengembangan cerita tersebut.
Black Li and White Li (黑白李: Hēibái Lǐ) is a short story written by Lao She, a Chinese author, in 1933. This story is narrated from a first-person point of view which is anonymous and always referred to as "I". Lao She's use of point of view in this story becomes significant to discuss because even though the plot mainly revolves around the two main characters, Black Li and White Li, the first-person narrator is actually the most crucial character since everything is narrated from his perspective. This paper examines the point of view of the "I" character in "Black Li and White Li". This paper also discusses the significance of the first-person narrator in the development of the story."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Arini Sabila
"Phlebitis merupakan komplikasi paling umum akibat pemasangan infus. Perawat berperan penting dalam pencegahan phlebitis akibat pemasangan infus. Namun, belum semua primary nurse menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. Studi ini bertujuan untuk menganalisis peran dan fungsi primary nurse dalam pencegahan phlebitis di ruang rawat inap. Data didapatkan melalui wawancara, observasi dan telusur dokumen. Hasil wawancara menunjukkan bahwa primary nurse memiliki pengetahuan yang baik mengenai pencegahan phlebitis, tetapi data observasi menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara pendokumentasian VIP score dengan kondisi infus pasien. Hasil penelusuran regulasi ditemukan tidak adanya SPO monitoring iv line dengan menggunakan instrumen VIP score. Kurang optimalnya fungsi perencanaan pencegahan phlebitis menyebabkan kurang maksimalnya implementasi yang dilakukan dalam pencegahan infeksi. Peran informasional PN dalam monitoing risiko phlebitis berpengaruh terhadap kejadian infeksi pada area infus. Peningkatan peran dan fungsi PN sebagai manajer terdepat di ruang perawatan dalam pencegahan kejadian phlebitis pada pasien.
Phlebitis is the most common complication of IV insertion. Nurses play an important role in the prevention of phlebitis due to infusion. However, not all primary nurses carry out their roles and functions properly. This study aims to analyze the role and function of primary nurses in the prevention of phlebitis in the inpatient room. Data were obtained through interviews, observations and document searches. The interview results showed that the primary nurse had good knowledge about phlebitis prevention, but observation data showed that there was a mismatch between VIP score documentation and the condition of the patient's infusion. The results of regulatory searches found the absence of SPO monitoring iv line using the VIP score instrument. The less than optimal function of phlebitis prevention planning leads to less than optimal implementation in infection prevention. The informational role of the PN in monitoing the risk of phlebitis affects the incidence of infection in the infusion area. Improving the role and function of PN as the fastest manager in the treatment room in preventing phlebitis in patients."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
"Dibuatnya RUU Perpustakaan yang sekarang telah dotetapkan menjadi Undang-undang Perpustakaan menunjukkan betapa besar perhatian pemerintah saat ini terhadap keberadaan perpustakaan. Sejalan dengan itu , perpustakaan perguruan tinggi harus menunjukkan peran dan fungsinya dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa.Penggunaan teknologi informasi di perpustakaan akan sangat mendukung peran dan fungsi perpustakaan khususnya dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi . Namun penggunaan teknologi informasi harus diiringi dengan faktor lain seperti SDM perpustakaan yang berkompeten,fasilitas yang ada dan pendanaan yang memadai agar perpustakaan dapat berperan dan berfungsi dengan baik. "
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Irene Nataprawira
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi customer relations Panti Sosial Sasana Tresna Werdha V Jelambar Jakarta Barat melalui pendekatan model communicative competence. Keterbatasan lansia di periode usia lanjutnya menuntut penulis untuk menggunakan model communicative competence sebagai acuan dalam membuat strategi customer relations. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dengan strategi penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pekerja telah melaksanakan aspek-aspek dalam model communicative competence melalui kemampuannya membaca situasi, berperan dan menetapkan tujuan dalam melakukan pelayanan sebagai implementasi strategi customer relations pada PSTW Budi Mulia V Jelambar, Jakarta Barat.
The purpose of this research is to describe customer relations strategy of Panti Sosial Tresna Werdha V Jelambar, Jakarta Barat with a model of communicative competence approach. Limitations of elderly in the period of age, continued authors to use a model of communicative competence as a reference in making customer relations strategy. This study uses in-depth interviews with case study research. As results, this study indicates that workers have carried out aspects of model communicative competence through his ability to read situation, role and set a goal of doing service as a customer relations strategy implementation at that nursing institution."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Ade Herawati
"Handover atau serah terima pasien merupakan proses kegiatan penyerahan pasien dari satu perawat ke perawat selanjutnya yang dilakukan secara lisan dan tertulis di dalam memberikan informasi tentang keadaan umum kondisi pasien serta tindakan yang dilakukan dan rencana program pengobatan selanjutnya dikatakan handover efektif apabila informasi yang diterima mendukung dari kontinuitas dan pengobatan pasien. Kesalahan dalam pelayanan keperawatan khususnya dalam menjaga keselamatan pasien. dapat mengakibatkan hal yang sangat fatal yaitu kematian dan kecacatan pasien yang di rawat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kelelahan dan stress kerja dengan persepsi perawat terhadap pelaksanaan handover. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan tehnik pengambilan sampel simple random sampling dengan jumlah sampel 130 perawat di Rumah Sakit X di Jakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara karakteristik usia, jenis kelamin, pendidikan, masa kerja, jabatan, lama kerja di unit dengan persepsi perawat terhadap pelaksanaan handover. Hasil juga menunjukkan tidak ada hubungan bermakna antara stress kerja dengan persepsi perawat terhadap pelaksanaan handover, kelelahan kerja berhubungan bermakna dengan pelaksanaan handover (p = 0,036 ). Kesimpulan dari penelitian ini hanya kelelahan kerja yang mempengaruhi persepsi perawat pada pelaksanaan handover di rumah sakit. Rekomendasai diperlukan peran manajer untuk meminimalkan kelelahan perawat didalam melaksanakan peran dan tugas nya agar dapat melaksanakan handover dengan maksimal.
The handover or handover of the patient is a process carried out by the patient from one nurse to the next which is carried out verbally and in writing in providing information about the general condition of the patient's condition as well as the actions taken and the treatment program plan. patient. little in service, especially in maintaining patient safety. This can result in very fatal things, namely death and death of patients being treated.The purpose of this study was to determine whether there is a relationship between fatigue and job stress with nurses' perceptions of the implementation of handovers. The design of this study used a cross sectional approach. Sampling in this study used nonprobability sampling with a simple random sampling technique with a sample of 130 nurses at X Hospital in Jakarta.The results showed that there was no significant relationship between the characteristics of age, gender, education, years of service, length of service with nurses' perceptions of the implementation of handovers. The results also showed that there was no significant relationship between stress and nurses' perceptions of the handover implementation, work fatigue was related to the handover implementation (p = 0.036 ). The conclusion of this study is that only work fatigue affects nurses' perceptions of the implementation of handovers at the hospital. Recommendations are needed for the role of managers for work fatigue while carrying out roles and tasks in order to carry out the handover to the maximum."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rois Leonard Arios
"Tradisi pada suatu suku bangsa akan tetap eksis dan lestari jika masyarakat pendukungnya tetap menjalankan peran sesuai dengan fungsinya pada tradisi tersebut. Tulisan ini menjelaskan bagaimana tradisi bimbang bebalai pada suku bangsa Serawai yang pada masa pemerintahan tradisional bisa dilaksanakan tetapi saat ini tidak lagi dilaksanakan walaupun sudah difasilitasi oleh pemerintah. Dalam menganalisis masalah, pendekatan teori fungsional struktural A.R. Radcliffe-Brown digunakan dengan berfokus pada analisis fungsi peran setiap struktur. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan pengamatan sebagai alat pengumpul data utama dan didukung dengan studi pustaka. Dari hasil analisis ditemukan bahwa tradisi bimbang bebalai tidak bisa dilaksanakan pada saat ini karena peran lembaga adat dan struktur yang ada pada tradisi itu tidak berfungsi. Peran pemerintah yang terlalu luas justru menghilangkan peran masyarakat yang seharusnya difasilitasi sebagai pemilik dan pelaksana tradisi tersebut."
Kalimantan Barat : Balai Pelestarian Nilai Budaya, 2020
900 HAN 4:1 (2020)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4502
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library