Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
Buku ini berisi kumpulan studi mengenai komunikasi nonverbal.
New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, 2005
302.222 APP
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, 2005
302.22 SOU
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Noth, Winfried
Surabaya : Airlangga University Press, 2006
302.2 NOT s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ellgring, Heiner
UK: Cambridge University Press, 2008
616.852 7 ELL n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Harfiansa Bimatara
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah persuasi visual, dalam penelitian ini berupa penggunaan warna dan kedalaman gambar (image depth), berpengaruh terhadap penilaian cepat (snap judgment) pemilih kepada kandidat. Pengaruh tersebut dilihat setelah subyek penelitian mendapatkan selebaran politik yang berisi gambar kandidat dengan warna pakaian dan kedalaman gambar tertentu, dengan satu selebaran politik berisi gambar wajah kandidat sebagai kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah eksperimen laboratorium. Penelitian menggunakan desain post experiment dengan empat kelompok perlakuan dan satu kelompok kontrol. Masing-masing kelompok mendapatkan paparan stimulus atau perlakuan yang berbeda. Setelah itu, perbedaaan rerata dari variabel yang diukur dari masing-masing kelompok akan diamati. Penelitian ini menguji teori-teori yang mempertimbangkan perilaku memilih kandidat pada jalur peripheral alias irrasional. Dalam teori-teori tersebut, individu dapat membuat penilaian secara cepat, bahkan memutuskan ciri personalitas seseorang. Berbekal penilaian cepat itu pemilih dapat membuat keputusan dalam memilih kandidat. Lewat serangkaian uji beda untuk membedakan respon masing-masing kelompok maupun hubungan antara konsep ditemukan bahwa persuasi visual berupa warna dan kedalaman gambar dapat memunculkan respon yang berbeda. ...... This study aimed to see wether visual persuasion, in this case in particular color and image depth, can give immidiate effect to voter?s snap judgment. The effect will be observe after a political ad pamphlets with candidate image with particular color clothes dan image depth being given to this study?s subject, and one phamplet with candidate face image to control. The method used in this study was a laboratory experiment. This study used post experiment design with four treatment groups and one control group. Each group get exposure to different stimulus or treatment. Then, the differences between the mean of the measured variable of each group being observed. This study examined the theories that consider voter behaviour through peripheral path or irrational. In these theories, an individual can make snap judgment, even decide the personality traits of a person. With it, voters can make a decision in voting the candidate. Trough a sequence of different test to compare the response of each group and each related concept, it was found that visual persuasion with color and image depth can bring different responses.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45546
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Indira Permanasari
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah isyarat pintas visual, dalam penelitian ini ialah gaya berpakaian dan seting ruang berpengaruh terhadap evaluasi kandidat yakni kemenarikan sosial (likeability), ciri kepribadian pemimpin (personality traits), dan kecenderungan untuk memilih kandidat. Pengaruh dilihat setelah subyek penelitian mendapatkan sebuah selebaran politik yang berisi gambar kandidat dengan gaya berpakaian dan ruang tertentu. Metode yang digunakan ialah eksperimen laboratorium. Penelitian menggunakan desain post experiment dengan empat kelompok perlakuan dan satu kelompok kontrol. Masing-masing kelompok mendapatkan paparan stimulus atau perlakuan berbeda. Setelah itu, perbedaan rerata dari variabel yang diukur dari masing-masing kelompok akan diamati. Lewat rangkaian uji beda untuk membandingkan respon masing-masing kelompok ditemukan bahwa isyarat visual berupa paduan gaya berpakaian dan seting/ruang dapat memunculkan respon berbeda. Isyarat pintas gaya pakaian dan ruang mampu memunculkan respon yang berbeda signifikan antar kelompok yakni persepsi terhadap kemenarikan kandidat (likeability). Temuan lain ialah isyarat pintas visual dapat memunculkan respon berbeda pada kecenderungan responden untuk ingin memilih kandidat atau tidak ......This study aimed to see whether visual cues, in this case are clothes in a particular style and settings, affect the evaluation of the candidate (likeability, personality traits, and tendency to vote). The effects are observed after the study subjects get a political leaflets containing pictures of candidate with certain clothing style and setting. The method used in this study was a laboratory experiment. Researcher used post design experiment with four treatment groups and one control group. Each group get exposure to a stimulus or a different treatment. Then, the researchers observed differences between the mean of the measured variable of each group. Through a series of different tests to compare the responses of each group, the researcher found that different clothing style and setting can bring different responses.Visual cues able to raise the perception of the attractiveness and likeability of candidate. Another thing that is not less interesting is the visual cues can also give a different response to the desire to choose a candidate or not.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retna Puji Lestari
Abstrak :
[Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara keterampilan komunikasi nonverbal dan jenis kelamin pada remaja pengguna internet. Pengukuran keterampilan komunikasi nonverbal yang digunakan adalah skala Social Skills Inventory milik Riggio yang telah diadaptasi oleh peneliti. Partisipan berjumlah 222 orang remaja, yang terdiri dari 104 laki-laki (46,8 %) dan 118 perempuan (53,2%) berusia 12 – 24 tahun. Melalui perhitungan statistik dengan perbandingan rata-rata (Independent Sample T-Test) diperoleh hasil, yaitu tidak terdapat perbedaan antara keterampilan komunikasi nonverbal dan jenis kelamin pada remaja pengguna internet. Selain itu, dilakukan penelitian lanjutan tentang hubungan setiap Domain Keterampilan Komunikasi Nonverbal dan Jenis Kelamin. Melalui perhitungan statistik ditemukan terdapat perbedaan antara domain Emotional Expresiveness dengan jenis kelamin. Sedangkan, untuk domain Emotional Sensitivity dan domain Emotional Control tidak menunjukkan perbedaan dengan jenis kelamin. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa jenis kelamin hanya berbeda dengan domain Emotional Expresiveness, yaitu keterampilan dalam mengirimkan (encoding) pesan nonverbal. ......This study was conducted to determine the difference between non-verbal communication skills and sexes in teenager internet users. Measurement of nonverbal communication skills used are scale-owned Riggio Social Skills Inventory that has been adapted by researchers. The number of participants 222 teenagers, consisting of 104 men (46.8%) and 118 women (53.2%) aged 12-24 years. Through a statistical calculation of the ratio of the average (Independent Sample T-Test) obtain resulted that there is no difference between non-verbal communication skills and gender in teenager Internet users. In addition, further research on the relationship of each Domain Nonverbal Communication Skills and Sex. Through a statistical calculation is found there is a difference between the domain Emotional Expresiveness with sex whereas, for the domain Emotional Sensitivity and the domain Emotional Control showed no difference in sexes. Based on these results, it can be concluded that the sexes differ only with the domain Expresiveness Emotional, ie skills in sending (encoding) nonverbal messages. , This study was conducted to determine the difference between non-verbal communication skills and sexes in teenager internet users. Measurement of nonverbal communication skills used are scale-owned Riggio Social Skills Inventory that has been adapted by researchers. The number of participants 222 teenagers, consisting of 104 men (46.8%) and 118 women (53.2%) aged 12-24 years. Through a statistical calculation of the ratio of the average (Independent Sample T-Test) obtain resulted that there is no difference between non-verbal communication skills and gender in teenager Internet users. In addition, further research on the relationship of each Domain Nonverbal Communication Skills and Sex. Through a statistical calculation is found there is a difference between the domain Emotional Expresiveness with sex whereas, for the domain Emotional Sensitivity and the domain Emotional Control showed no difference in sexes. Based on these results, it can be concluded that the sexes differ only with the domain Expresiveness Emotional, ie skills in sending (encoding) nonverbal messages ]
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S61914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Yulia Ananda
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang analisis Komunikasi Nonverbal Kinesik Dalam Vlog YouTube Channel: Kimono Mom. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan jenis-jenis serta makna dalam vlog Kimono Mom. Penelitian ini menggunakan teori nonverbal kinesik Harumi Aqui untuk mengkaji makna gestur atau kinesik dalam Vlog YouTube channel: Kimono Mom. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari YouTube channel Kimono Mom yang diunggah pada tahun 2019-2022 dan dapat diakses melalui aplikasi YouTube. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kinesik atau gestur dapat ditemukan dalam vlog YouTube: Kimono Mom yang terdiri dari Moe, Moto dan Sutan menggunakan kinesik anak dan juga kinesik umum. Data yang dimiliki dalam jurnal ini ada 18, empat di antaranya termasuk jenis kinesik atau gestur khusus anak-anak dan 15 data jenis kinesik yang bersifat umum. Selain itu, adanya fungsi komunikasi nonverbal sebagai pengganti verbal dan memperkuat makna ketika berkomunikasi antara lain; fungsi repeating (Repetisi), fungsi complementing (Komplemen), dan fungsi substituting (Substitusi). ......This study discusses the analysis of Kinesics Nonverbal Communication YouTube Channels in Vlogs: Kimono Mom. This study aims to identify and explain the types and meanings in Kimono Mom vlogs. This study uses Harumi Aqui's kinesics nonverbal to examine the meaning of gestures or kinesics in the Vlog YouTube channel: Kimono Mom. The research method used is a qualitative descriptive method. The data source used in this study was taken from the Kimono Mom YouTube channel which was uploaded in 2019-2022 and can be accessed through the YouTube application. From the results of the analysis, it can be said that kinesics or gestures can be found in the YouTube vlog: Kimono Mom which consists of Moe, Moto, and Sutan using children's kinesics and general kinesics. There are 18 data held in this journal, four of which include types of kinesics or special gestures for children and 15 types of kinesic data that are general. In addition, the existence of nonverbal communication functions as a substitute for verbal and strengthens meaning when communicating, among others; repeating function, complementing function , and substituting function.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library