Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 160 dokumen yang sesuai dengan query
cover
JJJ 23 (1-3) 2006
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Muhammad Idris
"ABSTRAK
Sering sekali dijumpai di lapangan struktur balok lantai jembatan maupun gedung berupa struktur grid. Akan tetapi struktur-struktur tersebut tidak dianalisa sebagal struktur grid, melainkan dianalisa sebagai balok sederhana (simple beam) dengan cara menganalisanya satu-persatu. Balok melintang dianalisa terlebih dahulu baru kemudian balok memanjangnya, atau sebaliknya. Karena itu akan dicoba dibandingkan antara analisa struktur grid dengan analisa struktur balok sederhana (simple beam).
Analisa struktur grid dilakukan dengan metode kekakuan dengan menggunakan bantuan program aplikasi komputer SAP 2000. Beban yang bekerja mengacu kepada Pedoman Perencanaan Pembebanan Jembatan Jalan Raya tahun 1987 (PPPJJR 1987).
Dari hasil perbandingan menunjukkan bahwa gaya-gaya dalam berupa momen lentur dan gaya lintang yang ter adi pada analisa struktur grid lebih kecil dibandingkan dengan analisa struktur simple beam.

"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S35651
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
F.X. Supartono
"Dalam makalah ini disampaikan perkembangan jembatan modern berbenlang panjang, terutama jembatan beton, yang berkembang pesat berkat kemajuan teknologi beton dan keberhasilan sistem beton pralekan. Selanjutnya disampaikan keuntungan jembatan berbentang paniang dengan sistem cable stay dan perbandingannya dengan sislem kantilever, yang mana keduanya merupakan sistem tekologl modern untuk jembatan berbentang panjang, terutama untuk lokasi pelaksanaan yang relati sulir. Seiring dengan meningkatnya teknologi beton, jembatan dengan sistem cable slay dapat merupakan suatu pilihan ekonomis untuk jembalan dengan bentang sampai 1000 meter, terutama bila dikombinasikan dengan baja. Sebagai studi kasus, disampaikan jembatan cable stay Normandie, yang saa! ini mcrupakan jembatan cable stay terpanjang dnnia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
F.X. Supartono
"Dalam makalah ini disampaikan perkembangan jembatan modern berbenlang panjang, terutama jembatan beton, yang berkembang pesat berkat kemajuan teknologi beton dan keberhasilan sistem beton pralekan. Selanjutnya disampaikan keuntungan jembatan berbentang panjang dengan sistem cable stay dan perbandingannya dengan sislem kantilever, yang mana keduanya merupakan sistem tekologl modern untuk jembatan berbentang panjang, terutama untuk lokasi pelaksanaan yang relatif sulit. Seiring dengan meningkatnya teknologi beton, jembatan dengan sistem cable slay dapat merupakan suatu pilihan ekonomis untuk jembalan dengan bentang sampai 1000 meter, terutama bila dikombinasikan dengan baja. Sebagai studi kasus, disampaikan jembatan cable stay Normandie, yang saa! ini mcrupakan jembatan cable stay terpanjang dnnia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Brinckerhoff, Parsons
New York: John Wiley & Sons, 1992
R 624.28 BRI b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Billington, David P.
Cambridge, UK: MIT Press, 1990
721.044 BIL r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Chung, Han-sook
Seoul: Dong-suh-Munhak-sa, 1990
895.74 CHU b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nardon, J. David
New York: McGraw-Hill, 1996
624.202 99 NAR b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Marganda, Simon
"Di beberapa tempat tertentu terdapat fenomena dimana sebuah jembatan penyeberangan bagi pejalan kaki mendapatkan tambahan fungsi sebagai tempat berjual beli. Dengan adanya kebutuhan tersebut didukung serta dengan bersarnya kuanlitas orang yang berjualan, maka tempat-tempat tersebut direncanahakan sedemikian rupa sehingga terlindungi dari kondisi alam yang tidak diinginkaan. Dengan demikian terbentuklah suatu bangunan yang memberikan suatu pengaruhh fisik maupun tingkah laku terhadap lingkungan sekitar. Bangunan itu disebut jembatan niaga.
Apakah kondisi (kriteria Iokasi) yang memungkinkan terbentuknya bangunan jembatan niaga tersebut. Bagaimana pengaruh kberadaan bangunan tersebut terhadap tingkah Iaku orang yang berada disekitarnya seperti orang yang melalui jalan yang berada di bawah jembatan toko tersebut. Dalam karya ilmiah ini, penulis mencoba untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan manusia di sekitar jembatan tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S48346
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Turnip, Augusman
"Pada umumnya, penyelesaian suatu proyek konstruksi, khususnya konstruksi jembatan, tidak bisa tepat dengan waktu dan anggaran yang direncanakan. Hal ini disebabkan, proses konstruksi merupakan sesuatu yang sangat kompleks dan memiliki banyak ketidakpastian. Oleh karena itu, selama pelaksanaan konstruksi, setiap proyek memerlukan beberapa perubahan lingkup pekerjaan, yang mungkin diusulkan oleh pemilik proyek, diusulkan oleh kontraktor, atau disebabkan oleh faktor-faktor lain. Perubahan lingkup kerja tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja biaya dan kinerja waktu proyek konstruksi. Karena itu, untuk mengurangi dampak negatifnya, perlu dilakukan pengendalian terhadap perubahan lingkup kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh pengendalian perubahan lingkup kerja pada pelaksanaan proyek konstruksi jembatan (jembatan air, jembatan fly over, serta gabungan jembatan air & flyover) terhadap kinerja kontraktor. Data yang akan diolah merupakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan mengadakan wawancara dengan personil yang mengisi F' kuesioner (project manager, site manager, atau site engineer). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 6 kontraktor, terdiri dari 3 kontraktor BUMN dan 3 kontraktor swasta nasional. Data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS Base 7.5 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dan pengaruh antara perubahan lingkup kerja dengan kinerja biaya serta kinerja waktu kontraktor untuk melaksanakan proyek konstruksi jembatan. Pada umumnya, hubungan dan pengaruh perubahan lingkup kerja tersebut signifikan, terhadap kinerja biaya dan kinerja waktu pada proyek konstruksi jembatan. Tapi ada juga pengaruh perubahan lingkup kerja yang tidak signifikan, yaitu terhadap kinerja biaya pada gabungan proyek konstruksi jembatan air & jembatan fly over."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
T40613
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>