Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Muhamad Ryan Dwi Pramono
Abstrak :
Kapal berperan penting dalam perkembangan perekonomian sebagai media transportasi barang dari berbagai belahan dunia. Pesatnya perkembangan perekonomian mengharuskan adanya peningkatan efisiensi biaya operasi kapal dan kapasitas muatan kapal. Kapal Multihull mampu menjadi salah satu solusi dan skripsi ini membahas kapal model pentamaran dengan variasi jarak lambung dan lambung asimetrik. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan konfigurasi dengan hambatan dan Faktor Interferensi terendah sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen berupa uji Tarik pada kapal model pentamaran di kolam uji dengan kondisi air tenang pada Fr = 0.55 ndash; 1. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada konfigurasi dengan hambatan terendah pada seluruh kecepatan.
......Ship has major important things for developing economy as logistic transportation media for over the world. The significance of developing economy must be increasing the cost rsquo s efficiency for ship operational and ship capacity. Multihull ship can be one of solution and this thesis will discuss about pentamaran ship rsquo s model with the variation hull separation and asymmetric hull. This thesis aim to get the configuration on the lower resistance and Interference Factor so it can increase the fuel rsquo s efficiency. The thesis performed with the experimental method to test pentamaran ship rsquo s model in experiment pool with calm water condition on Fr 0.55 ndash 1. The results show there are no configuration on the lower resistance for all speed.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68546
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Faiz Muhammad Hanif
Abstrak :
Indonesia merupakan negara kepulauan membutuhkan kapal sebagai sarana transportasi laut yang menjadi penggerak roda perekonomian. Pengembangan dan penelitian kapal di dunia umumnya bertujuan untuk menghasilkan kapal dengan payload yang besar dan biaya operasi yang minim. Hal ini dapat terwujud dengan dek yang luas dan hambatan kapal yang rendah, inilah yang menjadi keunggulan kapal multihull. Maka dari itu skripsi ini menganalisis eksperimental karakteristik hambatan model kapal pentamaran dengan variasi hull separation dengan rentang froude Number 0.39-0.6 untuk mencari konfigurasi dengan hambatan yang paling menguntungkan. Penelitian ini akan memperlihatkan grafik nilai koefisien hambatan total dan faktor interferensi terhadap Froude Number.
Indonesia is an archipelagic country requiring ships as sea transportation to support the economy. The research of ships in the world generally aims to produce ships with large payload and minimal operating costs. It can be realized with a large deck and low ship resistance, this is the advantage of multihull ships. Therefore, this thesis analyzes the experimental characteristics of the resistance of pentamaran model with the variation of hull separation with Froude Number range 0.39 0.6 to find the most advantageous configuration. This study will show the graph of total resistance coefficient and interference faktor due to Froude Number.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68209
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rositayanti Hadisoebroto
Abstrak :
Telah dilaporkan bahwa kinerja pengolahan di kolam fakultatif di Instalasi Pengolahan Air Kotor (IPAK) Bojongsoang adalah tidak stabil. Salah satu penyebabnya adalah karakteristik hidrodinamika yang tidak sesuai dengan criteria. Yang termasuk dalam karakteristik hidrodinamika yang tidak tepat antara lain kehadiran daerah mati, aliran pendek, dan turbulensi oleh arus eddy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh variasi debit influen terhadap karakteristik hidrodinamika menggunakan model matematis. Model hidrodinamika dua dimensi dibangun dari dua persamaan hidrodinamika, yaitu persamaan kontinuitas dan persamaan momentum. Kedua persamaan diselesaikan dengan metoda numerik beda hingga semi implisit (Crank-Nicolson). Dari hasil simulasi, dianalisa nilai bilangan Froude aliran serta waktu tinggal efektif dan luas efektif kolam fakultatif untuk melihat kehadiran daerah mati.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa daerah mati terdapat di tengah kolam. Apabila debit influen semakin besar, waktu tinggal efektif dan luas efektif semakin besar. Selain itu, distribusi nilai bilangan Froude menunjukkan bahwa nilai 10-10 semakin berkurang bila debit influen semakin besar. Dapat dikatakan bahwa daerah mati akan berkurang pada debit influen yang lebih besar. Dengan demikian debit influen yang semakin besar akan memperbaiki karakteristik hidrodinamika di kolam fakultatif.
The Effects of Influent Debit on Hydrodynamic Characteristic of Bojongsoang Facultative Pond: Without Wind Effects. The performance of facultative pond in Bojongsoang WWTP have reported to be unstable. One of the cause of the unstable performance is the hydrodynamic characteristics that not met the criterion. The improper hydrodynamic characteristics are included the existence of dead-zone, the short-circuiting, and the turbulence due to eddy current. The study was to analyze the effect of the influent debit variation on the hydrodynamic characteristics of the pond using mathematical model. The two-dimensional hydrodynamic model was built from two hydrodynamic equations which are continuity and momentum equations. The equations were solved by finite-difference numerical method of semi-implicit (Crank-Nicolson).
From the simulation results, the Froude number of the water flow was analyzed. Beside that, the effective residence time and the effective area were calculated. All of them were done to analyzed the existence of the dead-zone in the pond. The simulation results show that the dead-zone was exist in the center of the pond. when the influent debit was larger, the effective residence time and the effective area become larger. The distribution of the Froude number value shows that the area with the value of 10-10 become reduced in the larger influent debit. The existence of the dead-zone was reduced since the influent debit become larger. It can be said that the larger influent debit can improve the hydrodynamic characteristics of the pond.
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2004
AJ-Pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Febrina Astarinadya
Abstrak :
ABSTRAK
Pesatnya pertumbuhan transportasi massal berbasis rel di kota metropolitan diikuti juga dengan fasilitas pendukungnya seperti terowongan bawah tanah. Minimnya paparan terhadap udara bebas di terowongan bawah tanah mendorong diadakannya penelitian lebih jauh mengenai perilaku asap hasil kebakaran yang mempengaruhi perubahan visibilitas. Pada kondisi yang ada, sistem pembuangan asap didukung oleh ventilasi paksa yang secara kualitatif telah diketahui mampu membuang asap ketika proses evakuasi berlangsung. Penelitian mengenai pengaruh ventilasi natural terhadap visibilitas pada simulasi terowongan bawah tanah berskala laboraturium menjadi menarik untuk dilakukan mengingat adanya kemungkinan kegagalan pada sistem pembuangan asap ketika proses evakuasi berlangsung. Simulasi kebakaran berskala laboraturium dilakukan pada terowongan model berskala 1:16,25 dan simulasi numerik dengan skala 1:16,25 menggunakan software Fire Dynamics Simulation versi 6. Froude Number dijaga konstan pada kedua metode untuk memastikan rasio antara gaya inersia fluida dan gaya beratnya sama dengan keadaan yang sebenarnya sihingga perilaku asap pada skala penuh secara umum dapat diprediksi melalui hasil simulasi berskala laboraturium. Perbedaan kecenderungan penurunan visibilitas antara kedua metode sebagai hasil dari simulasi mengindikasikan adanya kekurangan akurasi dari metode simulasi numerik dalam memprediksi karakteristik penurunan visibilitas terhadap waktu. Metode simulasi numerik secara umum hanya mampu memprediksi nilai akhir dari visibilitas dan apakah visibilitas menurun atau konstan terhadap waktu. Kesimpulan kondisional akhir yang dapat disoroti dari penelitian ini adalah ventilasi natural terbukti mampu mengurangi penurunan visibilitas ketika kebarakan terjadi.
ABSTRACT
The rapid growth of railway based public transportation in metropolitan city is followed by its supporting facilities such as underground tunnel. The minimum exposure towards ambient air in underground tunnel encourages the further studies about the conflagration smoke behavior which effects visibility change. In the existing situation, the smoke extraction system is supported by forced ventilation which has been qualitatively known to be able in extracting smoke during the evacuation time. The studies about the effect of natural ventilation on visibility in a laboratory scale underground tunnel simulation become interesting to be done due to the possibility of smoke extraction system failure while evacuation is being held. The laboratory scaled conflagration simulation is held at a 1:16,25 scaled tunnel model and numerical simulation using Fire Dynamics Simulation version 6 with 1:16,25 scale. The Froude Number is kept to be constant for both of the methods to ensure the ratio between fluid inertia force and its gravitational weight are similar so the full scaled smoke behavior can be generally predicted by the laboratory scaled result. The different trend in visibility declination among the methods as the result indicates an inaccuracy of the simulation method to predict the visibility declination characteristic by the time. It is only generally able to predict the final value of visibility and whether it is decline or is constant by the time. The final conditional conclusion can be highlighted from this research is natural ventilation is proven to be able to reduce the visibility declination when the conflagration occurs.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kamaludin
Abstrak :
Dalam berbagai penelitian uji tarik kapal ditemukan rentang Froude number tertentu yang memiliki kenaikan koefisien hambatan yang tidak terlalu ekstrim. Hal ini menyebabkan kenaikan hambatan dan daya kapal pada rentang ini tidak terlalu jauh sehingga nilai Froude number yang masuk ke dalam rentang tersebut dianggap sebagai Froude number ideal. Nilai konsumsi bahan bakar pada Froude number ideal tersebut nantinya merupakan nilai konsumsi bahan bakar optimal. Analisa lain dalam optimalisasi konsumsi bahan bakar juga dilakukan dengan meninjau konsumsi bahan bakar kapal terhadap DWT serta ditinjau dari kecepatan dinas kapal yang digunakan oleh kapal penelitian ini pada skala penuh.
......In many research of ship model pulling tests it was found that in certain intervals of Froude numbers have not an extreme escalation of ship's resistance coefficient. This cause the escalation of ship's resistance and power for each Froude number's interval are small, and these Froude number's are determined as ideal Froude number. The fuel consumption in this ideal Froude number will be determined as the optimum fuel consumption of the ship. The optimum fuel consumption also will be analyzed based on ship's deadweight tonnage and the service speed that will be used on the full scale ship.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1022
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library