Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Azizah Salsabila Ande
Abstrak :
There is no way to talk about cultural products without mentioning their fans, with the development of the Internet into Web 2.0 this has changed the dynamic of fan’s consumption culture to participatory culture, making fans able to contribute to their idol’s success; a contribution further strengthened by social media because it allows an immediate and instantaneous connection between fans and their idols, specifically Harry Styles, a celebrity who has had unassailable success in his solo career as a musician, with the title of Variety’s Hitmaker of the Year in 2020. Using content and comparative analysis, this study explains how participatory culture works within a fandom and how social media has provided a realm that allows fans to express, contribute, and share in an artist’s success. This study ascertained that in line with participatory culture, fans has found new ways in creating and sharing content, one of which is fanfiction and with the presence of social something definitive to fan culture has broken through the general public because social media has allowed fans to connect and made room for things that might not have been possible if not for social media. Findings from this study were backed with theoretical findings from several scholars which provided empirical understanding on the topic. ......Tidak ada cara untuk membicarakan produk budaya tanpa menyebut penggemarnya, dengan berkembangnya Internet menjadi Web 2.0 ini telah mengubah dinamika budaya konsumsi penggemar menjadi budaya partisipatif, membuat penggemar dapat berkontribusi untuk kesuksesan idola mereka; Kontribusi yang semakin diperkuat oleh media sosial karena memungkinkan hubungan langsung dan instan antara penggemar dan idola mereka, khususnya Harry Styles, seorang selebriti yang telah sukses dalam karir solonya sebagai musisi, dengan gelar dari Variety's Hitmaker of the Year in 2020. Dengan menggunakan analisis konten dan komparatif, penelitian ini menjelaskan bagaimana budaya partisipatif bekerja dalam sebuah fandom dan bagaimana media sosial telah menyediakan ranah yang memungkinkan penggemar untuk berekspresi, berkontribusi, dan berbagi dalam kesuksesan artis. Kajian ini memastikan bahwa sejalan dengan budaya partisipatif, penggemar telah menemukan cara baru dalam membuat dan berbagi konten, salah satunya adalah fanfiction dan dengan adanya sosial sesuatu yang definitif untuk budaya penggemar telah menembus masyarakat umum karena media sosial telah memungkinkan penggemar untuk terhubung dan memberi ruang untuk hal-hal yang mungkin tidak mungkin terjadi jika bukan karena media sosial. Temuan dari penelitian ini didukung dengan temuan teoritis dari beberapa sarjana yang memberikan pemahaman empiris tentang topik tersebut.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Alivia Shahihan Mayora
Abstrak :
Kpop merupakan suatu ekosistem dengan budaya yang kuat, salah satunya adalah budaya menggemari idola Kpop melalui kelompok penggemar/fandom. Remaja yang memiliki social identity sebagai anggota fandom Kpop cenderung menunjukkan berbagai perilaku untuk mendapatkan informasi tentang idolanya. Ketika remaja terobsesi dengan idolanya hingga menunjukkan perilaku yang berlebihan, maka terdapat indikasi bahwa hal ini mengarahkan pada celebrity worship yang dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi remaja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-experimental korelasional untuk mengetahui apakah social identity memiliki hubungan yang positif dengan celebrity worship. Social Identity Scale (SIS) dan Celebrity Attitude Scale (CAS) diuji kepada 148 remaja berusia 12-18 tahun (M = 16,57, SD = 1,462) yang tergabung dalam fandom Kpop. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa social identity memiliki hubungan positif yang kuat dan signifikan dengan celebrity worship pada remaja dalam fandom Kpop (r(148) = 0,633, p < 0,001, r² = 0,400689). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja dengan tingkat social identity yang tinggi cenderung memiliki tingkat celebrity worship yang tinggi, dan sebaliknya. Maka, semakin remaja memiliki identifikasi yang kuat dengan fandom Kpop-nya, maka semakin tinggi risiko munculnya perilaku celebrity worship. ......Kpop, through its sprawling fandoms (fan kingdoms) that idolize Kpop idols, is undeniably an ecosystem with a strong culture. Adolescents who obtain social identity as members of Kpop fandom tend to show various behaviors to seek information concerning their idols. If adolescents become obsessed with their idols to the point of excessive behavior, it could indicate a symptom of celebrity worship, which can have both positive and negative effects on adolescents. This study, utilizing a non-experimental correlational research design, tries to determine whether social identity positively correlates with celebrity worship. The Social Identity Scale (SIS) and the Celebrity Attitude Scale (CAS) were administered to 148 adolescents between the ages of 12 and 18 (M = 16.57, SD = 1.462), each a member of Kpop fandoms. The Pearson correlation showed a strong positive and significant correlation between social identity and celebrity worship among adolescents in the Kpop fandom with a result of (r(148) = 0.633, p < 0.001, r² = 0.400689). This result suggests that adolescents with higher levels of social identity tend to have higher celebrity worship levels, and vice versa. Thus, the stronger adolescents identify with their Kpop fandom, the higher their risk of engaging in celebrity worship behaviors.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library