Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sardiman A.M.
Jakarta: Rajawali, 2012
371.3 SAR i (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Boy Subirosa Sabarguna
Jakarta: UI Publishing, 2019
371.3 BOY d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
I Nyoman Surna
Abstrak :
ABSTRAK
Pengajuan masalah ini bersumber dari pengamatan, ungkapan kalangan pemakai jasa pendidikan, pengamat pendidikan di mana kemampuan mengajar guru khususnya guru MIPA tamatan FPMIPA program S1 IKIP Manado yang sudah mengajar pada SLTA di Kotamadya Manado dan Kabupaten Minahasa, belum menampakkan kemampuan mengajar yang diharapkan. Mereka siap untuk ditatar dan bukan siap untuk mengajar. Isu yang dilekatkan juga adalah menurunnya prestasi belajar siswa SMTA dalam bidang studi matematika dan ilmu pengetahuan alam. Terbukti dari hasil ujian tulis sipenmaru tahun 1988/1889, di mana hasilnya menempati urutan yang kurang menguntungkan jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa SMTA dari daerah lainnya di Indonesia.

Setelah ditelusuri lebih jauh diambil kesimpulan sementara bahwa ruang hidup (life space) guru dianggap mempunyai hubungan tertentu dengan kemampuan mengajarnya. Life space adalah inti teori Lewin. Life space adalah hasil interaksi antara pribadi dan lingkungan psikologisnya yang dihadapi sekarang ini (prinsip kekinian Lewin).

Ada dua variabel yang diamati dalam ruang hidup psikoiogis yaitu: penghayatan terhadap pekerjaan guru dan kebutuhan hidup guru dan kedua variabel tersebut dilihat kontribusinya terhadap kemampuan, mengajar guru. Tujuan penelitian ini adalah mencari keterkaitan antara ketiga variabel tersebut.

Sebagai instrumen pengumpul data digunakan angket yang telah teruji kesahihan dan keandalannya. Subjek penelitiannya adalah guru-guru lulusan FPMIFA program S1 IKIP Manado yang sudah mengajar mulai tahun 1985/1986 pada SMA Negeri di Kotamadya Manado dan Kabupaten Minahasa. Jumlah anggota populasi adalah 92 orang (teknik sensus). Untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan mengajar guru yang dipandang.lebih objektif diambillah 10 orang siswa secara acak untuk menilai 1 orang guru. Analisa data yang digunakan adalah analisa regresi sederhana dan jamak dan korelasi sederhana dan jamak. Analisa tersebut digunakan setelah terlebih dahulu diuji asumsi statistiknya.

Setelah data hasil penelitian dianalisis, ternyata penghayatan terhadap pekerjaan guru dan kebutuhan hidup guru mempunyai hubungan yang bermakna terhadap kemampuan, mengajar guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Dan ternyata variabel kebutuhan hidup guru mempunyai pengaruh yang lebih menonjol terhadap kemampuan mengajar guru jika dibandingkan dengan pengaruh penghayatan terhadap pekerjaan guru terhadap kemampuan mengajar guru. Salah satu konsekuensi hasil penelitian ini yakni: jika ingin meningkatkan kemampuan mengajar guru haruslah dibarengi dengan upaya peningkatan kesejahteraan hidup guru dan upaya penumbuhan penghayatan terhadap pekerjaan guru.

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ollerton, Mike
Abstrak :
Guru memiliki pengaruh besar pada seberapa jauh siswa akan menyukai dan memutuskan mempelajari suatu mata pelajaran dengan sungguh-sungguh, termasuk matematika. Buku ini berfokus pada bagaimana guru mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), atau secara umum mengembangkan kurikulum sesuai situasi setempat, sedemikian rupa sehingga siswa dapat berpretasi dalam matematika, dan pada gilirannya menyenangi matematika. Buku ini memakai pendektanan pemecahan masalah (problem solving) dan pengenalan masalah (problem-posing).
Jakarta : Erlangga , 2012
510.71 OLL p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Putriana Kristanti
Abstrak :
Pendidikan memegang peranan penting dalam proses pembangunan suatu bangsa. Pendidikan dalam perguruan tinggi diberikan kepada mahasiswa melalui sistem belajar-mengajar. Dalam jangka waktu tertentu sistem belajar-mengajar yang diselenggarakan perlu dievaluasi untuk mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan internal maupun eksternal. Evaluasi akan meningkatkan efektifitas dan efisiensinya. Faktor terpenting dalam sistem belajar-mengajar yang akan mempengaruhi efektifitas dan efisiensi adalah pengajaran dosen. Pernbahasan dan penulisan karya akhir ini difokuskan pada evaluasi terhadap pengajaran dosen. Tujuan dan kegunaan penelitian ini mengevaluasi pengajaran dosen, mencari upaya perbaikan, serta melakukan manajeinen audit terhadap salah satu program fakultas. Penelitian dilakukan dengan inenggunakan metode penelitian yaitu studi kasus, studi pustaka dan penerapan teknik manajemen audit dalaìu mengumpulkan fakta. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Duta Wacana (FE UKDW) berkedudukan di Yogyakarta menjadi obyek penelitian ini. Secara menyeluruh dapat disimpulkan bahwa kualitas pengaj aran dosen FE UKDW cukup bagus. Tujuan pendidikan cukup jelas, sehingga tidak sulit untuk mencapainya. Juntlah dosen yang dimiliki sudah iuencukupi, hanya khususnya untuk bidang Akuntansi masih perlu ditarnbah sebagai persiapan pernbukaan Jurusan Akuntansi yang segera akan dilakukan. Persyaratan dalam penerimaan dosen, evaluasi rutin, program pendidikan dan pelatihan mengajar, serta program studi lanjut yang diselenggarakan senantiasa akan meningkatkan kualitas dosen. Saran terpenting yang perlu diberikan kepada FE UKDW adalah meningkatkan penghargaan kepada dosen yang berprestasi, serta berupaya meningkatkan status f akultas. Penghargaan yang tinggi terhadap dosen akan memudahkan fakultas dalam mencari dan memiliki dosen yang berkualitas tinggi. Peningkatkan status fakultas akan meriingkatkan keunggulan FE UKDW dibandingkan dengan FE perguruan tinggi lain. Hal ini akan memudahkan dalam Inencari dan merniliki kualitas mahasiswa yang bagus pula. Kualitas dosen dan mahasiswa yang bagus akan memperinudah peningkatan efektifitas dan efisiensi sistern belajar inenciaiar FE UKDW.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susanti Basuki
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh proses belajar mengajar (independent variable) terhadap kualitas pendidikan jarak jauh (dependent variable) program studi Ilmu Komputer periode tahun 2006 sampai tahun 2010. Penelitian dilakukan di Lembaga X dari bulan Mei 2011 sampai dengan November 2011. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah gabungan kuantitatif dan kualitatif dengan melibatkan 99 responden. Kuesioner yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup dengan menggunakan skala Likert. Kuesioner telah diuji validitas dan relibilitasnya dengan teknik Pearson Product Moment dan teknik Cronbach Alpha. Sebelum dilakukan pengolahan data, data kuesioner merupakan data ordinal diubah terlebih dahulu menjadi data interval. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik komputasi SPSS 17 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses belajar mengajar secara signifikan berpengaruh pada kualitas pendidikan jarak jauh. ...... The focus of this study was to investigate the influence of teaching and learning process towards long distance education quality in computer science program from the year 2006 to 2010. The research was conducted at Institution X from May 2011 to November 2011 using mix method and involving 99 respondents. The data was collected through a closed questionnaire with Likert scale. The reliability and validity of the instruments had been tested by using Pearson Product Moment and Cronbach Alpha technics. Before analyzing, data gained from questionnaire was converted from ordinal to interval. Hypothesis was tested by using computing technic of SPSS 17 for windows. The result of this study showed that learning and teaching process had a significant impact to long distance education quality.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30986
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Made Pidarta
Jakarta: Bumi Aksara , 1990
378.007 MAD c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ratmi Agustina
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang peran perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah SMP Sumbangsih 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, menyimpulkan bahwa perpustakaan sekolah SMP Sumbangsih 1 sebaiknya dikelola dengan tujuan dan fungsinya; menambah sumber daya perpustakaan; memberikan pembinaan dan pelatihan kepada tenaga pengelola: kerjasama dan perhatian dari berbagai pihak; menyediakan fasilitas penunjang seperti layanan internet; menyediakan dana yang cukup untuk mengelola perpustakaan sehingga dapat mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah
ABSTRACT
This thesis discusses the role of the school library in supporting teaching and learning activities at Sumbangsih 1Junior High school. this research uses qualitative approach to the the case study method. Based on the results of research, concluded that the Sumbangsih 1 junior school library with the aim and should be managed functions; add resource library; provide coaching and training to the librarian; cooperation and attention of various parties; providing ancillary facilities such as internet services; provide sufficient funds to manage the library so that it can support teaching and learning activities at school.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43837
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Pencatuman media pembelajaran pada kurikulum setidak-tidaknyamemberikan dampak kepada guru dalam pelaksanaan tugar mengajarnya sehari-hari.....
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Farida
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian mengenai fungi dan peran perpustakaan sekolah dalam menunjang poses belajar mengajar yang berlokasi di perpustakaan SMP/SMU Islam Al Azhar 1 Jakarta Selatan, bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa manfaat keberadaan perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajarnya, apakah perpustakaan telah menjalankan fungsi dan perannya sesuai dengan kebutuhan siswa, serta hambatan yang dihadapi dalam pemenuhan tugas perpustakaan tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode survei yang bersifat deskriptif, dengan responden siswa/i SMP/SMU Islam Al Azhar 1 anggota perpustakaan. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 40 responden. Pengumpulan data utama dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara acak kebetulan dan data penunjang dengan wawancara kepada kepala sekolah, kepala perpustakaan dan staf perpustakaan.

Hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk tabel persentase, yang kemudian dianalisa dalam bentuk penafsiran dalam bentuk kalimat yang mengandung kesinmpulan penelitian.

Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini, bahwa pengetahuan responden mengenai manfaat perpustakaan belum dibarengi dengan pemanfatannya secara optimal dalam menunjang pelajaran sekolah, sebagian besar masih tertokus pada fungsi perpustakaan sebagai media rekreasi, dengan frekwensi kunjungan yang rendah. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh sikap kurang proaktif dari perpustakaan dalam promosi dan nienciptakan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan dengan fasilitas yang memadai dan menarik.
1999
S14891
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>