Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 35 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Melriansyah
Abstrak :
Banyak perusahaan konstruksi besar yang melihat adanya hubungan antara pengembangan kemampuan dengan tujuan strategis. Dalam beberapa literatur dijelaskan kesusksesan manajer proyek dalam menjalankan proyeknya tidak terlepas dari kompentensinya. Maka untuk mengoptimalkan kinerja dan kesuksesan manajer proyek perlu diketahui kompetensi apa saja yang penting untuk dimiliki oleh manajer proyek. Solusinya adalah mengidentifikasikan dan membuat permodelan terhadap kompetensi apa saja yang diperlukan manajer proyek sehingga permodelan tersebut dapat digunakan sebagai acuan pengukuran kompetensi manajer proyek dalam rangka menjalankan tujuan dan strategi dari perusahaan untuk melakukan proyek yang sukses. Pada penelitian ini dijabarkan secara terperinci mengenai kompetensi apa saja yang dibutuhkan oleh manajer proyek agar dapat menjaga kinerja biaya proyek secara efektif. Berdasarkan pada hasil temuan didapat bahwa kompetensi behavioral paling berpengaruh pada permodelan hubungan antara kompetensi manajer proyek dengan kesuksesan kinerja biaya dari proyek yang dijalankannya dan dari hasil analisa faktor terbentuk 4 kelompok faktor kompetensi baru yaitu faktor Organizational Context, faktor Team Builder, faktor Communication, faktor Personal Self Behaviour yang mempengaruhi kesuksesan manajer proyek agar dapat menjaga kinerja biaya proyek secara efektif.
Many large construction companies which see a connection between the development capabilities with the strategic objectives. In some literatures explained that the project manager?s success in order to running the project can?t be separated from his/her competency. Then to optimize the performance and effectiveness of the project manager in an organization, there's needed to know what's important competence that project manager shall owned. The solution is to identify and create a model of competence which needed by a project manager, so that modeling can be used as a reference for measuring the competence of project managers in order to carry out the purpose and running the corporate strategy to conduct a successful project. This research described in detail about what competencies are needed by project managers in order to maintain the effective project cost performance. Based on the findings shows that behavioral competence is the most influential competence in the relationship modelling between the competence of project managers with the successful cost performance of the project engaged and from the results of factor analysis formed 4 new groups of competence, the factors are the Organizational Context factor, Team Builder factor, Communication factor, and personal self behaviour factor that influence the success of project manager to keep the project cost performance effectively.
Depok: Universitas Indonesia, 2011
T30517
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sara Christianti Setiadi
Abstrak :
ABSTRAK
Penulisan laporan ini adalah bagian dari penyelesaian Program Internasional Sarjana. Laporan ini didasarkan pada proyek pengembangan desain skematik yang menanggapi arahan klien yang diberikan oleh universitas terkait. Proyek ini berkaitan dengan mendefinisikan kembali konsep demokrasi, melambangkan makna dan menerjemahkan ke dalam karya arsitektur. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan fasilitas yang mengundang publik untuk merasa nyaman berada di tengah masyarakat yang demokratis. Pemberian proyek ini juga ditugaskan untuk merancang desain kaca yang memperkuat konsep transparansi, sebagaimana identitas demokrasi ideal. Tantangan proyek ini adalah menciptakan penggunaan kaca yang sangat dominan di area subtropis di Brisbane, Australia. Pertimbangan kontekstual lainnya juga melibatkan mengintegrasikan ke dalam pengembangan besar yang sedang berlangsung di situs. Metode dalam pengembangan adalah melalui studi situs dan konteks, analisis klien singkat, mendefinisikan kembali demokrasi yang ideal, dan studi sebelumnya diperoleh melalui jurnal, artikel, dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Hasilnya mewakili bagaimana arsitektur dapat digunakan untuk mewujudkan ambisi politik melalui pemahaman mendalam mengenai latar belakang sejarah, budaya dan sosial.
ABSTRACT
The writing of this report is a part of the completion of the Bachelor Degrees International Program. The report is based on a project of developing a schematic design responding a client brief given by the corresponding university. The project deals with redefining the concept of democracy, symbolising the meaning and translating into an architectural entity. This project dreams to create an inviting thoroughfare for the public to be comfortable in being within a democratic society. The brief also commissioned to design a glazing system that amplifies the very concept of transparency, an identity of ideal democracy. The challenge of the project is to create a very dominant use of glass into a subtropical area in Brisbane, Australia. Other contextual considerations also involve integrating into the ongoing mega development in the site. The method in the development was through site and context studies, client brief analysis, redefining the ideal democracy, and precedent studies obtained through journals, articles, and other credible sources. The result represents how architecture can be used to embody a political ambition through an extensive study of historical, cultural and social backgrounds.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Merrylin, supervisor
Abstrak :
The new paradigm study wants the learning process focus on students and it is began with student'sproblem in their daily activities. This case in order to the students can builld their knowledge by the real problems that the real problems that the face, with this way student,s will know the advantages and know why they study that they face, with this way, students will know the advantages and know why they study tah and their learning will be maningful...
Palembang: Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang, 2007
370 FORKE 27:1 (2007)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Kusumastuti
Abstrak :
ABSTRAK
Keunggulan bersaing suatu perusahaan dapat diciptakan melalui strategi penciptaan nilai. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penciptaan nilai dengan menggunakan konsep entrepreneurship, strategic management, strategic entrepreneurship dan ambidexterity (strategic dan contextual ambidexterity). Kajian ini menggunakan multimethodology (Rodriguez dan Mingers, 1997; Hardjosoekarto, 2012) karena mengaplikasikan lebih dari satu metodologi yaitu Peta Kognitif (Cognitive Map yang dikonversi menjadi System Dynamics) dan Soft Systems Methodology continuum dual imperatives (SSM based AR). Penggunaan aplikasi cognitive map dan SD adalah untuk memperkaya cultural stream of analysis dari SSM, khususnya pengungkapan situasi considered problematic di tahap ke-2 dan analisis debating di tahap ke-5. Disertasi ini mengambil rujukan Lippo Karawaci yang keberhasilannya tidak terlepas dari peran pendiri sekaligus pemimpinnya, yaitu Mochtar Riady (Riady). Cognitive map digunakan untuk menggambarkan peta pemahaman Riady di dalam merumuskan keunggulan bersaing perusahaannya. Sedangkan SSM diaplikasikan sebagai metode untuk membangun proses pembelajaran di Lippo Karawaci yang mengacu pada kaidah Checkland (1990). Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi proses pembelajaran yang berlangsung secara partisipatif dan berbasis budaya untuk mewujudkan keunggulan bersaing perusahaan yang berada dalam sistem terbuka yang rumit dan kompleks yang berbentuk serba sistem aktivitas manusia (human activity systems) dalam bentuk praktek ambidexterity. Implikasi CM di dalam pembelajaran memperlihatkan pentingnya 4 (empat) arah strategis pengelolaan sumber daya perusahaan yaitu sumber daya manusia (SDM), teknologi, keuangan perusahaan, dan aspek entrepreneur sebagai sumber keunggulan bersaing bagi perusahaan. Kajian ini menjadi penting karena merupakan best practice tentang bagaimana perusahaan yang besar dapat selalu menciptakan inovasi terhadap peluang baru dan sumber daya yang ada. Aktivitas exploratory innovation dan exploitative innovation terjadi dalam bentuk strategic dan contextual. Proses pembelajaran untuk mencapai keseimbangan ini merupakan pembelajaran menjadi ambidextrous organization.
ABSTRACT
Competitive advantage in a company can be created through value creation strategy. This research aims to analyze value creation strategy by using some concepts, such as entrepreneurship, strategic management, strategic entrepreneurship and ambidexterity (strategic dan contextual ambidexterity). This research uses multimethodology (Rodriguez dan Mingers, 1997; Hardjosoekarto, 2012) due to apply two systems of system methodology : Cognitive Map (subsequently converted to System Dynamics) and Soft Systems Methodology continuum dual imperatives (SSM). Application of cognitive map is to enrich cultural stream of analysis of SSM, especially debating analysis on the second and the fifth step. This research was conducted on Lippo Karawaci which is can not be seperated from the role of its leader and founder, Mocthar Riady (Riady). Cognitive map is used to describe Riady?s cognition in formulating his company group?s competitive advantage. Meanwhile, SSM is a method to build learning process in Lippo Karawaci which following to Checkland (1990). The result of this research shows that learning process occured and ongoing participatory based on culture to pursue the competitive advantage in an open of complicated and complex system that forming a human activity system in ambidexterity practice. Implication of CM shows the important of 4 (four) strategic direction in managing the company?s strategic resources?human resource, technology, financial, and entrepreneurial aspect are the source of competitive advantage. This research becomes important due to it?s best practice about how the big company is always create the new opportunities through innovation and learning process that occured simultaneous and becoming an ambidextrous organization.
2013
D1429
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luciana
Abstrak :
ABSTRACT
As of 31 December 2011, there were 2.2 billion people or 32.7% of total world population using the internet. Growth since year 2000 reached 528.1% or five folds the users twelve years earlier. Major factors that draw people to turn online are the interactivity and connected environment enabled by the Web 2.0 technology and the control over information access on the internet thanks to internet search tools, such as directories and search engines. With more people shift from physical place to internet space, ready or not, marketers also need to evolve in the way they communicate with customers.

Online advertising differs from traditional advertising in terms of interactivity, capability of one-to-one marketing, targeted marketing, and push and pull nature that are enabled by sophisticated software advances and extensive database. A major break-out in online advertising was introduced by Google with its keywordtargeted advertising programs called AdWords?Google's text-based system for advertising on search engine result pages, and AdSense?appears on Google's content network of millions of web sites. By this means, two categories for textbased web advertising are enabled: Search Engine Advertising?ads that are triggered by user?s search keyword and displayed on the result page of the search engine, and Contextual Advertising?ads that are placed on third-party Web pages based on its relevancies with the content of the currently viewed page.

The blog internationalsnack.com is a website about snack and snack-related piece from around the globe. It seeks opportunity to monetize the site by adopting contextual advertising business model. A number of objectives are set, including to reach critical mass and to break even within 2 years after the blog launch in July 2012. This marketing plan will mainly focus on the strategy to promote and build traffic to the site through Search Engine Optimization (SEO), Web Public Relation (Web PR) and Viral marketing tactics.
2012
T32231
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Edgina Christabel
Abstrak :
ABSTRAK
Due to globalization, the conduct of Multicultural teams MCteams within firms and organizations has been growing. Members from different cultural background are assembled to work together in order to reach certain performance levels. Accordingly, the execution of effective communication is vital. Practitioners seek to put cultural diversity in their teams to get diverse perspectives. However, the fact that cultural difference influences members rsquo communication style has often been left behind in the practice. This study aims to analyze one of the communication style aspects affected, which is the level of directness among different cultures. This research had 124 participants consisting of 49 Dutch low context and 75 Indonesians high context international students and young professionals. The result shows that the direct relationship was not significant, indicating that the level of directness does not directly influence the communication effectiveness in MCteams. Therefore, performance is not impacted. However, there were significant lone relationships within three indicators of effective communication found, which could prove to be useful for managers. This study has contributed to the gap of literature by providing empirical evidence that different level of directness does not impact the MCteams rsquo performance directly and three significant relationships that can be the groundwork for future research.
ABSTRAK
Oleh adanya globalisasi, pelaksanaan tim multikultural MC teams di dalam perusahaan dan organisasi terus berkembang. Para anggota yang berasal dari berbagai macam latar belakang budaya dipersatukan untuk bekerja bersama agar mencapai tingkat performa tertentu. Oleh sebab itu, pelaksanaan komunikasi yang efektif sangatlah penting. Para praktisi di bidang tersebut berusaha untuk mengikutsertakan berbagai macam budaya di dalam tim agar mendapatkan perspektif yang beragam. Namun, pada kenyataannya, adanya isu perbedaan cara berkomunikasi sering dilupakan dalam prakteknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa aspek-aspek berkomunikasi yaitu dalam hal tingkat keterusterangan directness antar kultur yang beragam. Di dalam penelitian ini, terdapat 124 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan profesional muda . Mereka terbagi menjadi 49 warga negara Belanda low-context culture dan 75 warga negara Indonesia high-context culture . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh langsung tidaklah signifikan. Ini berarti tingkat keterusterangan directness tidak secara langsung mempengaruhi efektifitas komunikasi dari tim multikultural., sehingga performa tidak terpengaruh. Namun, telah ditemukan pengaruh hubungan yang signifikan dari tiga indikator yang digunakan dalam penelitian ini yang akan berguna untuk manager dalam prakteknya. Penelitian ini telah berkontribusi dalam menyediakan bukti empiris bahwa tingkat keterusterangan directness tidak berpengaruh langsung terhadap performa tim multikultural dan juga ditemukannya tiga indicator signifikan yang dapat menjadi basis dan analisa untuk peneltian lebih lanjut.
2017
S68796
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isra Novita
Abstrak :
Artikel ini dijelaskan penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran pengetahuan sosial untuk siswa SD. Sebelum melakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa guru belum sepenuhnya melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, siswa memiliki motivasi rendah, belajar suasana tidak baik dan siswa pencapaian itu sangat rendah. Dengan melakukan penelitian tindakan, masalah yang berusaha untuk menjadi dipecahkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suasana belajar dengan motivasi yang baik, siswa meningkat, dan prestasi siswa menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11 : 2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Kusumastuti
Abstrak :
The word "ambidexterity" can be interpreted as the capability of an organization that simultaneously implement innovation activities both in exploratory and exploitative manner. The organization that implement these two types of innovation activity is called ambidextrous organization. In general, the studies on ambidextrous organization in the past mainly focused on structural ambidexterity whereas studies on contextual ambidexterity still got less attention. The contextual ambidexterity can be achieved through the provision of context that allow employees to implement both activities on exploration and exploitation. The Depok City in West Java was one of the municipalities that see a growing number of small and medium enterprises (SMEs). According to a data from the Depok Agency for Markets, Cooperatives and SMEs, the total number of SMEs was 2,400 units, consisting of 2,352 smaller merchants and 48 medium enterprises. The aim of this research paper was to elaborate on how far the SMEs in Depok could adopt the study of contextual ambidexterity. The research itself utilized qualitative approach with mixed methods research as its methodology by the use of questionnaires and in-depth interviews. The questionnaires were distributed to the owners of SMEs with purposive sampling technique whereas in-depth interviews were conducted on SME actors. The measurement on contextual ambidexterity was conducted with the instrument that was developed by Ghosbal and Bartlett (in Birkinshaw and Gibson, 2004). The research results indicated the capability of an organization to innovate was created through the context of organization in the form of performance management and social support. The designs of both performance management and social support from the organization could provide the context that would support the employees to perform innovative acts both in exploitative and exploratory sense.
Ambidexterity dapat diartikan sebagai kemampuan organisasi yang secara simultan melaksanakan aktivitas inovasi baik secara eksploratif maupun eksploitatif. Organisasi yang melakukan kedua jenis aktivitas inovasi ini disebut ambidextrous organization. Umumnya kajian ambidextrous organization lebih banyak berfokus pada structural ambidexterity sedangkan penelitian yang mengkaji contextual ambidexterity masih kurang mendapat perhatian. Contextual ambidexterity dapat dicapai melalui penyediaan konteks yang dapat memberikan ruang bagi karyawan untuk melaksanakan aktivitas eksplorasi dan eksploitasi. Kota Depok merupakan salah satu kota dengan jumlah UMKM yang semakin berkembang. Berdasarkan data Dinas Pasar, Koperasi dan UMKM Kota Depok, jumlah UMKM di Depok adalah 2.400 unit, yang terdiri dari 2.352 pedagang kecil dan 48 usaha menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi tentang sejauh mana Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di kota Depok dapat mengadopsi pembelajaran contextual ambidexterity. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian berupa mix methode dengan menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam. Kuesioner diberikan kepada pemilik UMKM dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sementara wawancara mendalam dilakukan terhadap pemilik UMKM. Pengukuran atas contextual ambidexterity menggunakan instrumen yang dikemukakan oleh Ghosbal dan Bartlett (dalam Birkinshaw dan Gibson, 2004). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas organisasi di dalam berinovasi tercipta melalui konteks organisasi berupa manajemen kinerja dan dukungan sosial. Disain manajemen kinerja dan dukungan sosial dari organisasi menyediakan konteks yang dapat mendukung karyawan untuk berperilaku inovatif baik secara eksploitatif maupun eksploratif.
Depok: Universitas indonesia, faculty of social and political sciences, 2015
J-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Viena Rachmania Priyono
Abstrak :
Fenomena perilaku compulsive buying di Indonesia menjadi latar belakang penelitian ini. Motivasi compulsive buyer pun beragam dalam berbelanja. Kehadiran daily deals website yang menawarkan diskon dengan tinggi dengan waktu yang terbatas, diyakini dapat meningkatkan perilaku compulsive buyer di konsumen Indonesia. Penelitian ini ingin melihat pengaruh compulsive buying terhadap shopping motivation dan meneliti pengaruh compulsive buying terhadap response to contextual element yang dimediasi oleh shopping motivation. Penelitian ini dilakukan pada konsumen daily deals website di Indonesia yakni Groupon Disdus yang pernah berbelanja dalam enam bulan terakhir. Metode pengelolahan data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara compulsive buying terhadap shopping motivations, dan terdapat pengaruh antara compulsive buying terhadap response to contextual elements yang dimediasi oleh shopping motivations
Fenomena perilaku compulsive buying di Indonesia menjadi latar belakang penelitian ini. Motivasi compulsive buyer pun beragam dalam berbelanja. Kehadiran daily deals website yang menawarkan diskon dengan tinggi dengan waktu yang terbatas, diyakini dapat meningkatkan perilaku compulsive buyer di konsumen Indonesia. Penelitian ini ingin melihat pengaruh compulsive buying terhadap shopping motivation dan meneliti pengaruh compulsive buying terhadap response to contextual element yang dimediasi oleh shopping motivation. Penelitian ini dilakukan pada konsumen daily deals website di Indonesia yakni Groupon Disdus yang pernah berbelanja dalam enam bulan terakhir. Metode pengelolahan data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara compulsive buying terhadap shopping motivations, dan terdapat pengaruh antara compulsive buying terhadap response to contextual elements yang dimediasi oleh shopping motivations.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63818
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tamara Auriana Permadi
Abstrak :
Pembangunan jalan layang hampir dapat dipastikan selalu menghasilkan ruang sisa dibawahnya. Pada umumnya, seiring berjalannya waktu, ruang-ruang tersebut akan digunakan, mengingart permasalahan kurangnya ruang terbuka di kota menjadikan ruang kosong apapun berpotensi dan berharga. Karena secara logika, karakteristik ruang dibawah jalan layang dapat dikatakan sangat berpotensi untuk mengundang orang untuk datang dan menggunakannya, bila dibandingkan dengan berbagai jenis ruang urban terbuka lainnya, mengingat keadaannya yang ldquo;terlindungi rdquo; dari hujan dan panas. Namun, pada kenyataannya, masih ada ruang-ruang dibawah jalan layang yang tidak terpakai dan tetap kosong. Hal ini memunculkan dugaan adanya faktor lain yang mempengaruhi persepsi orang terhadap penggunaan ruang ini. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi penggunaan ruang sisa dibawah jalan layang berdasarkan konsep persepsi manusia terhadap ruang dan konsep ruang urban temporer sebagai pertimbangan untuk variabel yang digunakan dalam studi kasus.
The construction of flyover leave empty spaces underneath, which in this research goes by the term residual space. Most of the time, as time goes by, these space would be occupied, as the scarcity of open space in the city makes any urban empty spaces, or urban voids precious and potential. With the uniqueness and characteristics it possesses, logically residual space under flyover would provoke people to come and use it. Compared to other forms of urban open space, space under flyover has qualitative value added because it is ldquo sheltered rdquo from the weather. But I reality, there are still residual spaces under flyover that remain empty or underused. This arises a presumption that there are contextual factors that affect the occupancy of these spaces. This thesis seeks to acknowledge those factors, which would be explored through the concept of human perception towards space and the concept of temporary urban space, as a consideration while deciding what variables to use in the case studies.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>