Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 120 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arief Hendarto
Abstrak :
ABSTRAK
Keperayaan dan inovasi diidentifikasi sebagai predictor pada kinerja dalam hubungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Trust dan Innovativeness terhadap Kinerja Supply Chain khususnya perusahaan manufaktur yang berada di sepanjangJalan Raya Bogor. Responden dalam penelitian ini adalah 49 perusahaan manufaktur yang berada di sepanjang Jalan Raya Bogor. Analisa yang digunakan adalah uji regresi berganda dengan menggunakan SPSS 19.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa trust memiliki pengaruh terhadap kinerja supply chain dan innovativeness jua memiliki pengaruh terhadap kinerja supply chain.
ABSTRACT
Trust and innovativeness is identified as a significant predictor of positive performance in business relationships This study aims to determine the impact of the Trust and Trust and innovativeness is identified as a significant predictor of positive performance in business relationships.This study aims to determine the impact of the Trust and Innovativeness on Performance of Supply Chain particularly manufacturing companies located along Jalan Raya Bogor. Respondents in this study were 49 manufacturing companies located along Jalan Raya Bogor. The study states that the trust has no effect on the performance of the supply chain but innovativeness has an influence on supply chain performance.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53170
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Obrien, Rita Cruise
New York: John Wiley & Sons, 2001
650.01 OBR t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Rahayuningsih
Abstrak :
Budaya merupakan salah satu sumberdaya yang menjadi modal dasar dalam pengembangan ekowisata, selain sumberdaya alam. Kesenian angklung gubrak (angklung leluhur) merupakan salah satu budaya yang mampu menjadi aspek yang menggerakkan masyarakat di Desa Argapura (Kabupaten Bogor) untuk turut berperan aktif dalam pengembangan ekowisata. Hal ini terlihat pada kondisi meskipun Desa Argapura memiliki sumberdaya yang unik dan khas yaitu berupa gua karst sebagai daya tarik wisata, namun masyarakat kurang aktif ikut berperan serta dalam pengembangan ekowisatanya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode in depth interview, observasi lapang, observasi partisipasi, studi pustaka, penelusuran dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini akan memberikan gambaran tingkat kepercayaan masyarakat Desa Argapuran terhadap penelitian ini akan memberikan gambaran tingkat kepercayaan Desa Argapura terhadap budaya angklung gubrak sebagai salah satu bentuk modal sosial untuk meningkatkan ekowisata daerahnya.
Institut Pertanian Bogor. Fakultas Kehutanan, 2016
790 JTDA 4:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Riri Carissa
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah perceived web reputation, perceived web quality dan, e-wom mempengaruhi trust, attitude dan repurchase intention konsumen pada online marketpace di Indonesia. Data yang didapatkan berasal dari 250 responden. Model penelitian dengan tujuh hipotesis ini diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived web reputation, perceived web quality memiliki pengaruh positif terhadap trust in the website. Pada variabel e-wom credibility tidak memiliki pengaruh positif terhadap trust in the vendor, sedangkan e-wom quality memiliki pengaruh yang positif terhadap trust in the vendor. Variabl trust in the website dan trust in the vendor memiliki pengaruh yang positif terhadap attitude. Attitude memiliki pengaruh yang positif terhadap repurchase intention konsumen.
This research aim to test the influence of perceived web reputation, perceived web quality and e-wom toward trust, attitude and repurchase intention of online marketplace's consumers in Indonesia. The data was collected from 250 respondent and research model was analyzed by Structural Equation Modeling (SEM). The result found that perceived web reputation, perceived web quality positively influence trust in the website. However, e-wom credibility has a negative impact towards trust in the vendor. Furthermore, trust in the vendoris positively influenced by e-wom quality. Trust in the website and trust in the vendor have a positive effect toward attitude. At last, Attitude positively influence repurchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T52503
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Napitupulu, Arie Martin Parulian
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi perubahan dan kepercayaan organisasi terhadap kesipaan perubahan. Serangkaian kuesioner terstruktur yang dilakukan kepada anggota organisasi internal Sekolah XYZ di Jakarta terdiri dari manajemen puncak, dosen dan staf akademik. Hasil dari kuesioner terstruktur dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah XYZ memiliki kemampuan kesiapan untuk berubah yang dipengaruhi oleh komunikasi efektif di tempat kerja dan kejujuran dalam berinteraksi. Perubahan internal yang terjadi di Sekolah Tinggi XYZ dikomunikasikan dengan efektif sehingga membuat komunikasi perubahan dilakukan dengan baik. Perubahan yang dianggap menyegarkan dapat menjaga komitmen anggota organisasi di dalam Sekolah Tinggi XYZ sehingga kepercayaan organisasi dapat terjaga. Penelitian ini dilakukan di Indonesia dan hanya terfokus pada satu tempat. Terlepas dari keterbatasan ini, temuan penelitian ini cukup untuk memberikan gambaran kesiapan organisasi untuk berubah dalam organisasi milik swasta. Penelitian ini menambah literatur tentang kesiapan perubahan dalam organisasi milik swasta. Penelitian ini juga berkontribusi untuk memperkaya pengetahuan dalam kesiapan organisasi untuk berubah, terutama bagi organisasi yang sedang menjalankan perubahan.
The purpose of this paper is to identify the effect communication to change and trust to the organization of School XYZ to the readiness for change in the academic activity. A series of structured questionnaires conducted to the internal organization members of School XYZ in Jakarta consists of top management, lecturers and academic staffs. The results from the structured questionnaires are analyzed using quantitative analysis. The findings show that School XYZ has a developed sense of readiness to change which affected by effective communication in workplace and honesty in interaction. Internal changes in School XYZ are communicated effectively which made communication to change well implemented. Changes that are considered refreshing can keep the organizational commitment so that the organizational trust can be maintained. This study was conducted in Indonesia and focused only in one place. Despite this limitation, the finding of this study is sufficient to give an overview of organization readiness to change in a private-owned organization. The paper adds to the literature on readiness to change within a private-owned organization. It contributes also to enriched knowledge in organization readiness to change, especially for those who are undergo change in the organization.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanira
Abstrak :
ABSTRAK
Hubungan akrab dengan orang lain merupakan kebutuhan mutlak untuk hampir setiap individu. Hubungan akrab merupakan sarana individu untuk berbagi rasa, mengenal diri lebih mendalam dan juga sebagai tempat meminta bantuan di kala membutuhkannya. Tidak dimilikinya hubungan yang akrab tersebut merupakan pencetus timbulnya perasaan kesepian dengan sejumlah akibat buruknya.

Tuntutan untuk memiliki hubungan akrab dengan orang lain ternyata merupakan salah satu tugas penting bagi mereka yang berada di masa dewasa awal. Keadaan di masa tersebut menyebabkan dibutuhkannya hubungan khusus dengan orang lain terutama dengan pasangan atau lawan jenis sebagai tempat berbagi dan juga sebagai persiapan mereka untuk tuntutan selanjutnya yaitu membentuk keluarga. Namun tidak semua dewasa awal memiliki hubungan seperti itu. Mereka tidak ?memiliki' orang lain yang akrab dengan dirinya, yang dapat diajak berbincang dan berbagi dalam banyak hal. Keadaan ini merupakan keadaan yang tidak menyenangkan dan seperti telah dijelaskan sebelumnya, merupakan penyebab timbulnya perasaan kesepian.

Namun, untuk mendapatkan suatu hubungan yang berkualitas seperti itu, diperlukan proses dan usaha tertentu. Individu perlu saling mengungkapkan dirinya masing-masing secara jujur. Memberikan informasi yang sifatnya pribadi dan mengungkapkan diri kepada orang lain merupakan perilaku yang memiliki konsekuensi negatif. Akibat negatif yang mungkin timbul antara lain tidak ditanggapinya pengungkapan diri yang telah dilakukan maupun penyalahgunaan informasi yang telah diberikan melalui pengungkapan diri tersebut untuk tetap dapat melakukan hal itu walaupun terdapat kemungkinan adanya konsekuensi yang merugikan, individu harus memiliki rasa percaya terhadap orang lain. Rasa percaya membuat individu berkeyakinan bahwa orang lain merupakan orang yang baik dan pengungkapan diri yang ia lakukan tidak akan berefek negatif. Perkembangan menuju suatu hubungan yang akrab terjadi melalui proses keterbukaan diri yang dilandaskan rasa percaya tersebut. Dengan berkembangnya hubungan tersebut, diharapkan individu tidak mudah terserang kesepian.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka timbul pertanyaan apakah perasaan kesepian memiliki kaitan dengan rasa percaya terhadap orang lain. Penelitian yang dilakukan untuk menjawab permasalahan ini menggunakan sampel dewasa awal yang tidak memiliki pasangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara perasaan kesepian dengan rasa percaya pada orang lain. Semakin tinggi perasaan kesepian yang dialami, semakin rendahlah rasa percayanya pada orang lain. Sebaliknya bila perasaan kesepiannya rendah maka ia memiliki rasa percaya yang tinggi pada orang lain.

Dari hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan untuk mereka yang mengalami kesepian adalah agar mereka memperluas lingkup pergaulannya dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan. Cara lainnya adalah melalui pelatihan tentang bagaimana meningkatkan rasa percaya dan mengungkapkan diri kepada orang lain dengan tingkatan yang sesuai sehingga timbul peluang untuk mengembangkan hubungan ke arah yang lebih akrab. Namun, untuk dapat mengetahui secara lebih tepat kaitan kedua hal tersebut maupun manfaat saran di atas, sebaiknya diadakan penelitian lain yang lebih baik.
1997
S2295
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Kaniawati
Abstrak :
Saat ini pemerintah Indonesia mulai memberlakukan larangan ekspor bahan tambang mentah. Sehingga banyak perusahaan tambang yang berhenti berproduksi dan banyak karyawan yang merasa khawatir dengan keberlangsungan karir mereka di perusahaan. PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia yang juga terkena dampak dari peraturan tersebut. Penelitian ini menganalisis mengenai pengaruh job security terhadap motivasi kerja karyawan di kantor pusat PT Freeport Indonesia dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari kuesioner dan wawancara tidak terstruktur. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang karyawan tetap kantor pusat PT Freeport Indonesia di Jakarta. Teknik pengambilan sampelnya adalah non probabilitas dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Job Security memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi kerja kerja karyawan. Namun, job security bukanlah faktor terbesar yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan di PT Freeport Indonesia.
Currently, the Indonesian government is imposing a ban to export raw mining materials. There are many mining companies stopped their production and a lot of employees worried with the sustainability of their careers in the company. PT Freeport Indonesia is one of the largest mining companies in Indonesia, which means that they are also affected by the regulation. This study analyzed the influence of job security on employee motivation at the headquarters of PT Freeport Indonesia using quantitative approach. Data is obtained from questionnaires and unstructured interviews. The number of samples in this study is 100 permanent employees at the headquarters of PT Freeport Indonesia in Jakarta. The technique of sampling is non-probability with purposive sampling technique. The method of analysis in this study is descriptive analysis and simple linear regression analysis. The results of this study indicate that Job Security has a significant influence on employees' work motivation. However, job security is not the biggest factor influencing employee motivation in PT Freeport Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S57102
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Favilia Franziska
Abstrak :
ABSTRAK

Komitmen perubahan menurut Herscovitch dan Meyer (2002) adalah kekuatan atau pola pikir yang mengikat seorang individu dengan serangkaian tindakan yang penting untuk kesuksesan pelaksanaan dari perubahan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi antara jarak kekuasaan dan kepercayaan organisasi dengan komitmen perubahan. Desain dari penelitian ini adalah non-eksperimental dengan memberikan kuesioner kepada responden. Kuesioner yang digunakan adalah Commitment to Change Inventory dari Herscovitch dan Meyer yang telah dimodifikasi oleh Mangundjaya (2014b), alat ukur GLOBE yang dimodifikasi dari House, Hanges, Dorfman, dan Gupta (2004), serta Organizational Trust Inventory dari Cummings dan Bromiley yang dimodifikasi oleh Mangundjaya (2014a). Penelitian ini menggunakan metode korelasi dan regresi berganda. Dari 176 responden, didapati hasil bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara jarak kekuasaan dan komitmen perubahan (r=-0,137; p>0,05, two-tail), terdapat korelasi yang signifikan antara kepercayaan organisasi dan komitmen perubahan (r=0,232; p<0,01, two-tail), serta terdapat korelasi signifikan antara jarak kekuasaan dan kepercayaan organisasi dengan komitmen perubahan (F=5,073; p<0,01, two-tail). Dengan demikian, kepercayaan organisasi memiliki peran yang penting sebagai faktor suksesnya komitmen perubahan.


ABSTRACT

Based on Herscovitch and Meyer (2002), commitment to change is a force (mindset) that binds an individual to a course of action deemed necessary for the successful implementation of a change initiative. This study was conducted to determine the correlation between power distance and organization trust with commitments to change. The design of this study is non-experimental study. Researcher used questionnaire to collect the information from respondents. Questionnaires were contained with Commitment to Change Inventory by Herscovitch and Meyer which was modified by Mangundjaya (2014b), GLOBE instrument which was modified by House, Hanges, Dorfman, dan Gupta (2004), and Organizational Trust Inventory by Cummings and Bromiley which was modified by Mangundjaya (2014a). This study was processed with correlation and multiple regression methods. The result from 176 respondents showed that there is no significant correlation between power distance and commitment to change (r=-0.137; p>0.05,two tail), and there is significant correlation between organization trust and commitment to change (r=0.0232; p<0.01, two tail), and there is significant correlation between power distance and organization trust with commitment to change (F=5.073; p<0.01, two tail). Thus, it can be said organizational trust has essential role in achieving commitmen to change.<.p>

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57101
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ritonga, Raisa Chairisina Putri
Abstrak :
[ABSTRAK
Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengamati faktor-faktor yang secara positif mempengaruhi niat pembelian kembali jasa Go-Jek, dengan menganalisis faktorfaktor seperti citra merek, harga, kepercayaan serta nilai. Dalam riset ini, data diperoleh dengan menggunakan teknik sample convenience sampling dengan pengguna Go-Jek yang berdomisili di area Jabodetabek sebagai sampelnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap niat pembelian kembali, harga berpengaruh positif terhadap nilai, harga berpengaruh positif terhadap niat pembelian kembali dimediasi oleh nilai, kepercayaan berpengaruh positif terhadap nilai, kepercayaan berpengaruh positif terhadap niat pembelian kembali dimediasi oleh nilai, dan nilai berpengaruh positif terhadap niat pembelian kembali. Sementara itu, citra merek tidak berpengaruh terhadap harga, kepercayaan, nilai dan niat pembelian kembali terhadap Go-Jek. Temuan di dalam penelitian ini diharapkan akan bermanfaat untuk penelitian-penelitian berikutnya yang membahas topik ini dan juga menguntungkan bagi perusahaan Go-Jek untuk menilai faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi niat pembelian kembali terhadap layanan Go-Jek. ABSTRACT
This focus of this research is to observe the factors that positively influences repurchase intention on Go-Jek by examining several factors namely brand image, price, trust, and value. Convenience sampling was used and the samples are Go- Jek users that reside in Jabodetabek area. This research shows that price positively influences repurchase intention, price positively influences value, price positively influences repurchase intention mediated by value, trust positively influences value, trust positively influences repurchase intention mediated by value, and value positively influences repurchase intention. Meanwhile brand image does not have any influence toward price, trust, value, and repurchase intention of Go-Jek. The findings in this research are beneficial for further research regarding this topic and also benefit for Go-Jek company to assess factors that might influence consumers? repurchase intention toward their services., This focus of this research is to observe the factors that positively influences repurchase intention on Go-Jek by examining several factors namely brand image, price, trust, and value. Convenience sampling was used and the samples are Go- Jek users that reside in Jabodetabek area. This research shows that price positively influences repurchase intention, price positively influences value, price positively influences repurchase intention mediated by value, trust positively influences value, trust positively influences repurchase intention mediated by value, and value positively influences repurchase intention. Meanwhile brand image does not have any influence toward price, trust, value, and repurchase intention of Go-Jek. The findings in this research are beneficial for further research regarding this topic and also benefit for Go-Jek company to assess factors that might influence consumers’ repurchase intention toward their services.]
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S62270
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Rasyidah
Abstrak :
Konsep job engagement merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Untuk meningkatkan job engagement, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah membuat pekerja merasa percaya dengan atasannya (trust in supervisor). Trust in supervisor dianggap belum cukup untuk memperkuat job engagement sehingga penelitian sebelumnya menggunakan psychological safety dan felt obligation sebagai mediasi sekuensial. Penelitian sebelumnya telah membuktikan adanya peran mediasi sekuensial pada trust in supervisor terhadap job engagement. Meskipun peran mediasi sekuensial tersebut terbukti, penelitian sebelumnya memiliki limitasi yaitu responden yang homogen dan telah terikat dengan tempat kerjanya. Oleh karena itu, penelitian ini menjawab limitasi tersebut dengan menggunakan Generasi Milenial berusia 21 sampai 36 tahun yang memiliki atasan langsung. Untuk mengumpulkan data yang beragam, penelitian ini menggunakan kuesioner online melalui media sosial dengan total 332 orang pekerja di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, Indonesia. Hasil dari data analisis ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan mediasi sekuensial dari trust in supervisor terhadap job engagement. Implikasi manajerial dibahas mengenai hasil penemuan ini.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>