Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rasiadi Budiman
Abstrak :
ABSTRAK
Secara urnum pertumbuhan pasar PC yang tinggi di lndonesia disebabkan oleh dua hal, pertama adalah semakin tingginya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai teknologi komputer terutama dengan berkembangnya industri multimedia dan internet. Kedua, semakin rendahnya harga komputer yang dipicu oleh liberalisasi perdagangan antar negara dan kemajuan teknologi.

Faktor keberhasilan utama agar unggul di persaingan menuntut perusahaan PC di Indonesia untuk mampu menyediakan sistem penjualan yang tersebar dan mudah ditemukan oleh konsumen. Untuk menyalurkan produk PC kepada konsumen diperlukan jaringan distribusi yang baik dan meliputi semua segmen pembeli yang ada. Jalur distribusi menjadi bagian yang kritis dalam operasi pemasaran PC. Strategi pemilihan, pengelolaan, dan evaluasi jalur distribusi yang tepat perlu diformulasikan dan diimplementasikan dengan baik.

Karya akhir ini bertujuan untuk melakukan penelitian kepada perusahaan penanaman modal asing PT XYZ dalam memasarkan produk PC bermerek ABC di Indonesia. Secara spesifik, hal-hal yang diteliti adalah identifikasi kekuatan dan kelemahan XYZ dalam bidang pemasaran, analisa strategi bersaing xyz saat ini, analisa lingkungan usaha PC dan analisa konsumen analisa pemilihan strategi jalur distribusi, dan strategi implementasi yang perlu dilakukan.

Metodologi yang digunakan dalam penulisan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama adalah penelitian internal XYZ, yaitu pengumpulan data internal perusahaan dan wawancara dengan profesional XYZ dalam ¡ndustri PC. Kedua adalah dengan melakukan penelitian kepustakaan dan berbagai sumber termasuk data dan analisa konsumen primer, dan lembaga pemerintahan, dan majalah-majaiah, dari jurnal pemasaran, dan juga beberapa situs internet. Terakhir adalah tahap penyusunan karya akhir, mengacu pada judul dengan metodologi deduktif - menarik kesimpulan.

Beberapa hal penting yang patut digarisbawahi dari hasil penelitian ini adalah bisnis PC di Indonesia sedang mengalami saat-saat yang baik. Hal ini terjadi karena arah liberalisasi membuat harga-harga produk ini menjadi turun sehingga menjadi Iebih kompetitif dan terjangkau oieh masyarakat. Di Indonesia pasar PC tumbuh berkembang karena didukung dengan jumlah penduduk dan keluarga yang makin membutuhkan PC. Jumlah perkapita PC yang masih cukup rendah dan peningkatan situasi ekonomi membuat pasar Indonesia menjadi atraktif.

Pada industri PC terlihat adanya dua jenis konsumen. Pertama adalah pembeli dari kalangan rumah (keluarga) dan kedua dari kalangan bisnis. Masing-masing dari jenis konsumen ¡ni mempunyai karaktenistik yang unik. Mayonitas pembeli PC rumah mengganti komputernya setiap satu sampal tiga tahun sekali. PC ini sering digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan hiburan / games. Motivasi kalangan ini untuk membeli PC adalah karena kehandalannya, dalam jangkauan anggaran, dan garansi servis pengganti. lnformasi mengenai produk PC kebanyakan mereka dapatkan dari media. Pertumbuhan di sektor ini harus cukup diperhatikan karena pangsa pasarnya cukup cepat berkembang (sekitar 25% per tahun sampai tahun 2001). Hal ini didukung karena makin berkembangnya industri aplikasi multimedia dan internet. Jalur distribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalah dengan membuka situs pemasaran PC di internet.

Prediksi pangsa pasar PC bisnis masih yang terbesar sampal tahun 2001. Kebanyakan dari pemakainya menggunakan untuk aplikasi pengolahan kata. Pembeli kalangan bisnis sangat mementingkan jaminan puura jual dan kinerja PC yang baik. Mereka mempunyai perencanaan pembelian komputer satu tahun sebelumnya. Jenis komputer yang ingin mereka beli mayoritas menginginkan dan yang pernah dipakai sebelumnya. Informasi tentang produk kebanyakan didapat dari pameran komputer. Jalur distribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalah dengan penyaluran melalui distributor khusus ke industri. Hal ini terjadi karena PC yang dijual perlu dikonfigurasi untuk berkinerja maksimai sesuai dengan kebutuhan pembeli kalangan bisnis. Fleksibilitas dan kebutuhan untuk memenuhi konfigurasi PC yang bervariasi akan dapat ditangani Iebih cepat dan lebih efislen oleh dstributor ini. ;ABSTRAK
Secara urnum pertumbuhan pasar PC yang tinggi di lndonesia disebabkan oleh dua hal, pertama adalah semakin tingginya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai teknologi komputer terutama dengan berkembangnya industri multimedia dan internet. Kedua, semakin rendahnya harga komputer yang dipicu oleh liberalisasi perdagangan antar negara dan kemajuan teknologi.

Faktor keberhasilan utama agar unggul di persaingan menuntut perusahaan PC di Indonesia untuk mampu menyediakan sistem penjualan yang tersebar dan mudah ditemukan oleh konsumen. Untuk menyalurkan produk PC kepada konsumen diperlukan jaringan distribusi yang baik dan meliputi semua segmen pembeli yang ada. Jalur distribusi menjadi bagian yang kritis dalam operasi pemasaran PC. Strategi pemilihan, pengelolaan, dan evaluasi jalur distribusi yang tepat perlu diformulasikan dan diimplementasikan dengan baik.

Karya akhir ini bertujuan untuk melakukan penelitian kepada perusahaan penanaman modal asing PT XYZ dalam memasarkan produk PC bermerek ABC di Indonesia. Secara spesifik, hal-hal yang diteliti adalah identifikasi kekuatan dan kelemahan XYZ dalam bidang pemasaran, analisa strategi bersaing xyz saat ini, analisa lingkungan usaha PC dan analisa konsumen analisa pemilihan strategi jalur distribusi, dan strategi implementasi yang perlu dilakukan.

Metodologi yang digunakan dalam penulisan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama adalah penelitian internal XYZ, yaitu pengumpulan data internal perusahaan dan wawancara dengan profesional XYZ dalam ¡ndustri PC. Kedua adalah dengan melakukan penelitian kepustakaan dan berbagai sumber termasuk data dan analisa konsumen primer, dan lembaga pemerintahan, dan majalah-majaiah, dari jurnal pemasaran, dan juga beberapa situs internet. Terakhir adalah tahap penyusunan karya akhir, mengacu pada judul dengan metodologi deduktif - menarik kesimpulan.

Beberapa hal penting yang patut digarisbawahi dari hasil penelitian ini adalah bisnis PC di Indonesia sedang mengalami saat-saat yang baik. Hal ini terjadi karena arah liberalisasi membuat harga-harga produk ini menjadi turun sehingga menjadi Iebih kompetitif dan terjangkau oieh masyarakat. Di Indonesia pasar PC tumbuh berkembang karena didukung dengan jumlah penduduk dan keluarga yang makin membutuhkan PC. Jumlah perkapita PC yang masih cukup rendah dan peningkatan situasi ekonomi membuat pasar Indonesia menjadi atraktif.

Pada industri PC terlihat adanya dua jenis konsumen. Pertama adalah pembeli dari kalangan rumah (keluarga) dan kedua dari kalangan bisnis. Masing-masing dari jenis konsumen ¡ni mempunyai karaktenistik yang unik. Mayonitas pembeli PC rumah mengganti komputernya setiap satu sampal tiga tahun sekali. PC ini sering digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan hiburan / games. Motivasi kalangan ini untuk membeli PC adalah karena kehandalannya, dalam jangkauan anggaran, dan garansi servis pengganti. lnformasi mengenai produk PC kebanyakan mereka dapatkan dari media. Pertumbuhan di sektor ini harus cukup diperhatikan karena pangsa pasarnya cukup cepat berkembang (sekitar 25% per tahun sampai tahun 2001). Hal ini didukung karena makin berkembangnya industri aplikasi multimedia dan internet. Jalur distribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalah dengan membuka situs pemasaran PC di internet.

Prediksi pangsa pasar PC bisnis masih yang terbesar sampal tahun 2001. Kebanyakan dari pemakainya menggunakan untuk aplikasi pengolahan kata. Pembeli kalangan bisnis sangat mementingkan jaminan puura jual dan kinerja PC yang baik. Mereka mempunyai perencanaan pembelian komputer satu tahun sebelumnya. Jenis komputer yang ingin mereka beli mayoritas menginginkan dan yang pernah dipakai sebelumnya. Informasi tentang produk kebanyakan didapat dari pameran komputer. Jalur distribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalah dengan penyaluran melalui distributor khusus ke industri. Hal ini terjadi karena PC yang dijual perlu dikonfigurasi untuk berkinerja maksimai sesuai dengan kebutuhan pembeli kalangan bisnis. Fleksibilitas dan kebutuhan untuk memenuhi konfigurasi PC yang bervariasi akan dapat ditangani Iebih cepat dan lebih efislen oleh dstributor ini.
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Ekawati
Abstrak :
Dengan semakìn berkembangnya teknologi di bidang komputer khususnya di Indonesia , maka PT Mitra Bersaudara Abadi sebagai satu ? satunya agen tunggal dari perusahaan komputer AI ? Alamiah di Kairo (Mesir), melihat persaingan bisnis ¡ni dan aspek pengembangan pasar produk baru, sebagal usaha untuk mengantisipasi semakin ketatnya persaingan di pasaran akhir ? akhir ini. Pengembangan pasar atas produk baru dengan merek Sakhr ¡ni . dilaksanakan dengan mengkoordinasíkan perencanaan atas strateji manajemen dan implementasinya di pasaran , dengan bertitik tolak pada hasil ? hasil analisis berbagai aspek , antara lain: - situasi pasar persaingan dihubungkan dengan posisi perusahaan khususnya dalam pasar produk baru ini. - faktor - faktor kekuatan dan kelemahan internal perusahaan terhadap posisi pasar dan perusahaan ? perusahaan dengan bisnis sejenis. - serta pengaruh ? pengaruh yang berasal dan lingkungan makro , antara lain : ¡kIim perekonomian , perkembangan teknologi , sosial dan budaya. Strateji manajemen yang diterapkan oleh PT Mitra Bersaudara Abadi dalam memasarkan produk ? produk bermerek Sakhr ¡nilah yang akan dibahas di dalam karya akhir ini. Tujuan danipada pembahasan ini adalah untuk mengetahui apakah strateji manajemen telah berjalan secara efektif sehingga pada akhinya dapat mencapal profitabilitas yang diharapkan. Beberapa strateji yang disarankan antara lain, meningkatkan mutu pelayanan terutama bagi tenaga penjual (di lapangan) dan meningkatkan efisiansi dari segi otoritas serta administratifnya, sehingga hal ini tidak terlepas dari kebutuhan dan tersedianya sistem informasi yang canggih dan up to date khususnya dl bldang pemasaran.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erie Riza Nugraha
Abstrak :
Perubahan besar yang terjadi di dunia teknologi informasi yang dialami di seluruh belahan bumi bukanlah hal yang baru bagi para pelaku maupun para pengguna perangkat dan jasa teknologi informasi. Setiap delapan betas bulan kemampuan mikro processor meningkat menjadi dua kali lipat atau jika dilihat dari segi harga mengalami penurunan harga setengahnya sehingga perubahan yang sedemikian cepat akibat inovasi teknologi haruslah diantisipasi oleh pelaku bisnis teknologi komputer dengan tepat dan jelas. Pengeluaran biaya investasi untuk teknologi informasi yang menunjang kebutuhan informasi manajemen sangatlah besar. Hal ini menyebabkan keengganan para pengambil keputusan untuk dapat memberikan prioritas yang tinggi atas mvestasi teknologi infonnasi. Disamping itu kebutuhan infomiasi yang menunjang proses pengambilan keputusan yang cepat dan tepat belum menjadi prioritas utama bagi pengambil keputusan ditingkat pemerintahan.maupun swasta pada umumnya. ini mengakibatkan jumlah investasi teknologi informasi di Indonesia masih sangat kecil jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik lainnya. Dengan meithat kondisi tersebut diatas, PT USI Jaya sebagai salah satu perusahaan yang memasarkan teknologi informasi di Indonesia tidak pula dapat menghindarkan diri dari semua permasalahan yang ada. Sebagai perusahaan komputer tertua di Indonesia yang sebagian besar para pelanggannya adalah lembaga/departemen Pemerintahan, tantangan yang dihadapi sangat berat. Alokasi biaya investasi teknologi komputer sangat dipengaruhi oleh kebijaksanaan moneter dan anggaran belanja Pemerintah. Disisi lain adanya penurunan harga yang cepat dan perangkat keras, kecenderungan pasar untuk melakukan optimalisasi penggunaan komputer yang ada tanpa penambahan investasi dan kecenderungan meningkatnya penggunaan perangkat lunak menyebabkan manajemen strategik yang ada mengalami perubahan. Analisis SWOT dan patok duga kompetitif memberikan alternatif analisis atas manajemen strategik yang ada dan mencari terobosan baru yang harus dilakukan perusahaan. Dengan mengandalkan model analisis komprehensif yang menggabungkan: 1. Anaiisis SWOT untuk mengetahui peluang serta hanibatan yang diliaiapi perusahaan dan mempertemukannya dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan dan 2. Analisis patok duga kompetitif yang merupakan kiat untuk mengetahui bagaimana dan mengapa suatu perusahaan sebagai pimpinan dalam industri dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara lebih balk dibandingkan dengan perusahaan lainnya, rnaka PT USI Jaya dapat menentukan orientasi perusahaan dan pengembangan manajemen strategik dengan Iebih baik. Dengan piranti analisis tersebut diatas, beberapa hal yang harus dilakukan oleh manajemen PT USI Jaya adalah sebagai berikut: 1. Memfokuskan perhatiannya pada manajemen sumber daya manusia yang merupakan salah satu harta perusahaan yang sangat berperan dalam kesuksesan usaha PT USI Jaya, menyiapkan strategi kompetitif yang diperlukan untuk menghadapi peluang komputerisasi ?open system?, serta meningkatkan loyalitas pelanggan melalui penyediaan jasa pelayanan serta solusi aplikasi yang dapat meluaskan beragam kebutuhan pelanggan yang berbeda. 2. Tujuan jangka panjang perusahaan haruslah ditetapkan dengan lebih jelas dan gamblang, yang menyangkut tingkat profitabilitas, penguasaan pangsa pasar, kepemimpinan teknologi, produktvitas, atau pengembangan sumber daya manusia. 3. Formulasi manajemen strategik haruslah dilakukan dengan tingkat ketelitian yang Iebih tiggi dan keterlibatan seluruh jajaran manajemen amatlah diperlukan. 4. Implementasi manajemen strategik haruslah di lakukan secara konsisten dan terpadu. Manajemen stratetegik tidak cukup hanya berupa slogan tanpa arah dan penerapan yang jelas. 5. Harus ada suatu mekanisme pengendalian / kontrol atas penerapan manajemen strategik yang akan memberikan umpan balik bagi seluruh jajaran manajemen. Model manajemen strategik pada saat ini dapat diteruskan pemanfaatannya secara konsisten dengan perubahan atas mekanisme proses pelaksanaarmya. Proses perencanaan strategik haruslah menjadi komitmen manajemen dengan menggunakan metode analisis komprehensif yang merupakan gabungan dañ anaIisìs SWOT dan patok duga kompetitif. Kepemirnpman teknologi yang tercerrnin pada keunggu.lan produk agar tenis dipertahankan untuk masa niendatang. Kepuasan pelanggan hanislah terukur dan memberikan kriteria jelas atas kinerja perusahaan dan strategi raya yang terpilth, yaitu market development dan joint venture, haruslah memberikan hasil optimal bagi perusahaan. Ditinjau clan segi struktur organisasi, haruslah merupakan struktur yang ramping dengan peinanfaatan sumber daya manusia secara lebih efektif.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fransman, Martin
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1991
338.470 04 FRA m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Feigenbaum, Edward A.
Reading, Mass.: Addison-Wesley, 1983
338.470 FEI f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Feigenbaum, Edward A.
London: Michael Joseph, 1984
338.476 FEI f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Okajaya
Abstrak :
Skripsi ini membahas persaingan antara dua perusahaan di dalam sebuah pasar duopoli, di mana pasar itu memiliki karakteristik berupa perubahan lingkungan yang cepat dan drastis, serta tingginya saling ketergantungan antar pemain, baik di dalam pasar yang bersangkutan, maupun dengan industri-industri lain yang terkait. Interaksi antara kedua perusahaan ini mengandung unsur-unsur kerja sama (kooperasi) sekaligus bersaing (kompetisi), sehingga pembahasannya menggunakan pendekatan teori permainan yang berdasarkan paradigma ko-opetisi. Melalui skripsi ini, kita dapat melihat bagaimana perusahaan memandang interaksi dengan lingkungan sekitarnya dalam kerangka pola pikir teori permainan, dan menerapkan teori permainan itu untuk mengidentifikasi potensi peluang dan ancaman yang ada, sehingga dapat merumuskan strategi yang lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuannya.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
S19450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David Gunawan
Abstrak :
Persaingan yang keras ditambah lagi perkembangan ekonomi dunia dan Indonesia yang kurang menggembirakan, mengakibatkan porsi bisnis yang tersedia tidak bertambah banyak, sedangkan jumlah pemasok komputer bertambah banyak, membuat usaha menjual komputer tìdaklah mudah. Sebelum banyak pemasok komputer memasuki pasar, umumnya mereka hanya mengandalkan penjualan dan perangkat keras saja. Dan perangkat lunak masih dianggap sebagai tambahan, bukan sumber penghasilan. Demikian juga halnya dengan jasa seperti konsultasi. Tetapi dengan perubahan-perubahan belakangan ini terutama pada teknologi, membuat kecanggihan antara perangkat keras tidak banyak berbeda sehingga keuntungan yang dapat diperoleh dari perangkat keras tidak sebanyak dahulu. Maka perusahaan komputer mulai mencari peluang pendapatan dari bidang lain, sehingga berkembanglah konsep total solusi, dimana perusahaan berharap dapat mendapatkan pendapatan (revenue) dari perangkat lunak dan jasa. Kemajuan teknologi informasi membuat tempat-tempat di dunia ini terbuka dan dekat, arus informasi demikian cepat mengalir yang mengakibatkan pengaruh perubahan lingkungan eksternal menjadi sangat cepat dan kerap kali sulit diprediksi. Dengan adanya pengaruh Iingkungan eksternal yang turbulen, pemasaran komputer tidak dapat dilakukan, dengan cara reaktif. Pada masa kini diperlukan rencana pemasaran agar dapat membantu perusahaan proaktif atas perubahan lingkungan. Untuk membuat strategi pemasaran, diperlukan perencanaan Pemasaran yang merupakan suatu rangkaian pemikiran logis dan aktivitas yang mengarah, kepada pembentukan tujuan pemasaran dan merumuskan suatu ?policy? untuk dapat mencapai tujuan pemasaran tersebut. Agar suatu rencana pemasaran dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk dapat melakukan tindakan proaktif terhadap perubahan Iingkungan, rencana pemasaran tersebut harus berisi tujuan strategik yang tepat dan taktis yang efektif. Jadi perencanaan pemasaran efektif dapat didefinisikan sebagai proses kerja yang mempunyal tujuan strategik yang tepat dan taktis yang efektif. Suatu perencanaan pemasaran efektif terdiri dari proses pokok yang penting antara lain: melakukan analisis pengaruh lingkungan, menentukan tujuan pemasaran, membuat strategi pemasaran, menyusun rencana kerja strategik dan melakukan pengendalian dan evaluasi. Dalam karya akhir ini dibahas perencanaan pemasaran efektif dalam rangka menghadapi Iingkungan eksternal yang turbulen ini. Pada Pembahasannya difokuskan pada PT XYZ, dimana dipaparkan suatu analisa tentang perencanaan pemasaran yang efektif untuk dapat membantu perusahaan mencapai target pemaSaran yang optimal.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azmie Kasmy
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam persaingan merek, merupakan tantangan bagi pemasar untuk meningkatkan ekuitas mereknya karena ekuitas merek yang tinggi bisa menciptakan keuntungan yang tinggi pula bagi manufaktur komputer Ekuitas merek yang tinggi akan menciptakan loyalitas dan memberikan peluang bagi perusahaan untuk menawarkan produk dengan harga yang sesuai dengan perceived quality dari konsumen.

Pada beberapa jurnal pemasaran khususnya mengenai co-branding ditemukan hahwa Co-branding memberikan kesan tertentu terhadap kualitas suatu produk yang dipasarkan sebagai contoh: Ssangyong dengan Mercedes-Benz, CitiBank dengan Visa atau Master Card, diet Coke dengan Nutrasweet. Patria dengan Komatsu. Kesan tersebut tercakup didalamnya kualitas dan harga produk yang dipasarkan. Sehingga tiga tujuan utama di dalam penelitian ini yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh co-branding terhadap kesan kualitas produk komputer dan sejauh mana kesan kualitas itu berubah setelah dilakukan co-branding dengan suatu processor, mengetahui perubahan harga dan sebelum dilakukan co-branding dan setelah dilakukan co-branding untuk kategori produk komputer, mengetahui pengaruh Co- branding komputer dengan prosessor terhadap dasar pertimbangan konsumen didalam pembelian.

Bentuk penelitian yang dilakukan adalah dengan descriptive analysis. Survei dilakukan di wilayah DKI Jakarta dengan jumlah responden 200 orang. Data primer diperoleh melalui metode sample survey dengan instrumen utama kuesioner. Variabel utama yang diukur didalam penelitian ini terdiri dari perceived quality, perceived price, serta variabel pendukung Iainnya (product attribute, brand awareness, advertising awareness, buying behaviour, product usage). Responden dalam penelitian ini mengisi sendiri kuesioner (self-administered survey) yang diberikan kepadanya dengan cara drop-off Khusus untuk variabel brand awareness dan brand association dilakukan dengan teknik in-depth interview.

Kuesioner yang digunakan berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai persepsi terhadap kualitas dan harga produk komputer dan prosessor. Ada tiga merek yang di analisis untuk kedua produk, masing-masing mewakili brand power: strong, moderate, dan weak. Untuk produk prosessor digunakan merek Intel Pentium, AMD Athion. dan VIA Cyrix. Sedangkan untuk produk komputer digunakan merek Compaq, Zyrex, dan Extron. Untuk mengukur perceived qualiiv digunakan 6 points liken scale, dimana 1 berarti kualitas sangat rendah dan 6 berarti kualitas sangat tinggì. Untuk variabel perceived price ditanyakan kepada responden persepsinya terhadap harga apakah lebib tinggi, Iebih rendah, atau sama saja (kira-kira berapa persen), apabila diberikan sebuah zero origin dengan patokan 100%. Sedangkan dalam meneliti variabel product attribut digunakan 6 points liken scale untuk tingkat kepentingan atribut dan ordinal scale untuk prioritas kepentingan atribut.

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka pada para responden ditanyakan persepsinya terhadap kualitas dan harga sebelum dan sesudah co-branding. Hasil yang diperoleh untuk kondisi perceived quality dan price adalah: pertama, bagi host brand terlihat bahwa secara keseluruhan persepsi kualitas akan meningkat apabila beraliansi dengan ingredient brand yang Iebih kuat danpada dengan ingredient brand yang lebih lemah. Kedua, secara keseluruhan persepsi terhadap harga akan cenderung meningkat apabila beraliansi dengan ingredient brand yang Iebih kuat daripada ingredient brand yang lebih lemah.

Untuk mengukur tingkat signifikansi perubahan pada perceived quality dan price dilakukan uji paired sample t-test. Dan uji yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: pertama, persepsi kualitas konsumen terhadap merek komputer secara signifikan dipengaruhi oleh semua merck co-brand prosessor kecuali co-branding antara merek Intel Pentium dengan Compaq dimana kedua merek merupakan brand yang sama-sama kuat. Kedua, untuk host brand Compaq, Zyrex, dan Cyrix, perceived price akan menìngkat secara signifikan apabila melakukan co-branding dengan ingredient brand yang kuat seperti Intel Pentium. Sebaiknya, perceived price akan menurun secara signifikan apabila dilakukan co-branding dengan ingredient brand yang lemah seperti VIA Cyrix. Sedangkan apabila host brand melakukan co- branding dengan ingredient brand yang kuat secara moderat, maka terdapat kecenderungan bahwa perceived price akan meningkat atau menurun secara tidak signifikan.

Dari analisis terhadap atribut fisik maupun non fisik, diperoleh kesimpulan bahwa prosessor merupakan atribut penting dan diprioritaskan di dalam proses pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian komputer. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa co-branding manufaktur komputer dengan processor sebagai secondary association merupakan Iangkah yang tepat. Uji anova yang dilakukan terhadap tingkat kepentingan dan prioritas atribut, membuktikan bahwa kecepatan dan merek prosessor tidak secara signifikan dipersepsikan berbeda dalam proses pembelian PC baik bagi owner maupun non owner.

Dari hasil penelitian yang didapat, maka beberapa hal yang dapat disarankan. Pertama, bagi manufaktur komputer secara umum, co-branding meniiliki pengaruh yang signifikan untuk mempengaruhi perceived quality dan price terhadap produk komputer sehngga merupakan langkah yang potensial untuk melakukan aliansi dengan prosessor untuk menerapkan pemasaran bersama dengan co-branding atau lebih spesifik dengan ingredient branding. Namun perlu diingat, persepsi kualitas dan harga akan cenderung meningkat secara signifikan apabila metakukan co-branding dengan merek prosessor yang lebih kuat daripada. host brand.

Kedua, bagi merek-merek komputer yang diteliti, untuk merek Zyrex dan Extron co- branding seharusnya dilakukan dengan merek prosessor yang kuat seperti Intel Pentium agar peningkatan terhadap perceived quality dan price dapat Iebih signifikan. Bagi Compaq yang cenderung memiliki brand power yang sama dengan merek kuat seperti Pentium, ada baiknya untuk mempertimbangkan untuk melakukan alternatif co-branding dengan merek produk komplementer seperti Windows atau melalui peningkatan terhadap value to the customers dengan mengeksploitasi atribut-atribut produk lainnya yang penting bagi konsumen seperti garansi dan afler sales service. Hal ini disebabkan karena peningkatan terhadap perceived quality cenderung tidak bertambah secara signifikan apabila Compaq melakukan co-branding dengan intel Pentium.

Ketiga, bagi para akedemisi, hasil yang diperoleh dari penelitian ini menguatkan kesimpulan bahwa co-branding dapat secara signifikan meningkatkan perceived quality dan price bagi host brand apabila dilakukan dengan ingredient brand dengan kekuatan merck ( brand power) tertentu.
2002
T3574
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
O`Regan, Gerard
Abstrak :
Topics and features, offering many pedagogical features such as chapter-opening key topics, chapter introductions and summaries, exercises, and a glossary. Presents detailed information on major figures in computing, such as Boole, Babbage, Shannon, Turing, Zuse and Von Neumann. Reviews the history of software engineering and of programming languages, including syntax and semantics. Discusses the progress of artificial intelligence, with extension to such key disciplines as philosophy, psychology, linguistics, neural networks and cybernetics. Examines the impact on society of the introduction of the personal computer, the World Wide Web, and the development of mobile phone technology. Follows the evolution of a number of major technology companies, including IBM, Microsoft and Apple.
London: Springer, 2012
e20406296
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>