Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Yusuf Khadafi
Abstrak :
Perusahaan startup adalah perusahaan rintisan yang belum lama berdiri dan masih berada dalam fase pengembangan, saat ini pertumbuhan perusahaan startup sangatlah pesat. di Amerika Serikat setiap tahunnya berdiri 600.000 perusahaan startup, akan tetapi dari jumlah tersebut, perusahaan startup yang mampu bertahan hingga 5 tahun tidak lebih dari 50%. Masalah utama dari ketidakmampuan perusahaan startup untuk terus berdiri dan berkembang adalah minimnya pengalaman, tetapi sebenarnya dengan pemanfaatan best practice yang ada di industri hal ini dapat diatasi, karena best practice pada dasarnya merupakan hasil formulasi dari pengalaman-pengalaman terbaik yang dilakukan dan akhirnya menjadi sebuah standard. Clover Digital Media adalah salah satu perusahaan startup yang baru berdiri pada 10 Juni 2013, salah satu bisnis utama dari Clover Digital Media adalah pada bidang web development, akan tetapi hingga saat ini proses web development pada Clover Digital Media masih terkendala beberapa masalah, masalah tersebut antara lain yaitu keterlambatan penyelesaian proyek dan rendahnya kualitas web yang dihasilkan. Penelitian ini akan berfokus terhadap perancangan kerangka kerja yang ditujukan untuk meningkatkan ketepatan waktu penyelesaian proyek dan meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan pada Clover Digital Media. Kerangka kerja yang dirancang akan menggunakan salah satu best practice pada dunia software engineering yaitu CMMI-Dev. Pemilihan representasi CMMI dan process area yang akan digunakan akan mengacu terhadap kebutuhan dan permasalahan organisasi. Metode penilaian CMMI yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SCAMPI, dan juga digunakan metode AHP dan Pareto untuk menyusun prioritas terhadap implementasi dari rancangan CMMI yang telah dibuat. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah rancangan implementasi kerangka kerja CMMI-Dev berupa rekomendasi perbaikan yang disertai susunan prioritas penerapan yang telah dilakukan validasi kepada pihak Clover Digital Media. ......Startup company is a pioneering company that recently established and is still in the development phase, the current is very rapid growth startup companies. in the United States each year stands 600,000 startup company, but of these, a startup company that can last up to 5 years not more than 50%. Main problem of the inability of a startup company to continue to stand and grow is the lack of experience, but in fact the use of best practices in the industry this can be overcome, because the best practice is basically the result of the formulation of the best experiences that done and eventually become a standard. Clover Digital Media is one of a new startup company that was established on June 10, 2013, one of the main business of Clover Digital Media is in the field of web development, but until now the process of web development on Clover Digital Media still constrained some problems, the problems is delays in project completion and low quality product. This research will focus on designing a framework aimed to improve the timeliness of completion of the project and improve the quality of products at Clover Digital Media. The framework is designed to be using one of the world's best practice in software development is a CMMI-DEV. Selection the process areas of CMMI representation that will be used will be based on the needs and problems of the organization. CMMI appraisal method used in this study using the SCAMPI, and also used AHP to prioritize the implementation of the draft CMMI process areas that have been made. This study will produce a design of implementation CMMI-DEV framework in the form of recommendations for improvements that accompanied the application priority that has been validated from Clover Digital Media.
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zonda Rugmiaga
Abstrak :
PT XYZ adalah perusahaan yang bergerak di manufaktur otomotif. Saat ini web berperan sangat penting terhadap operasional di PT XYZ karena web tersebut mempermudah pertukaran data secara real time dan akurat antar organisasi dan pemangku kepentingan. Web yang dipublikasikan di internet juga akan rentan diserang, dilumpuhkan dan diambil datanya oleh peretas, terutama jika web tersebut masih terdapat vulnerability. Permasalahannya adalah aplikasi web PT XYZ yang dipublikasikan di internet memiliki vulnerability. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria keamanan yang harus dipenuhi di aplikasi web yang dikembangkan di PT XYZ dan membuat prosedur pengembangan aplikasi web yang dipublikasikan di internet yang memenuhi standar keamanan. Perancangan dilakukan menggunakan wawancara ahli keamanan informasi untuk memverifikasi draf prosedur pengembangan aplikasi web. Hasilnya dari penelitian ini adalah rekomendasi prosedur pengembangan aplikasi web yang sesuai dengan standar keamanan menggunakan OWASP secure software development lifecycle (S-SDLC) yang persyaratannya mengacu kepada OWASP top 10 risk 2017 dan pengujiannya mengacu kepada OWASP ASVS 3.0.1 dan OWASP testing guidance versi 4.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Edwita
Abstrak :
Perkembangan sistem informasi di era teknologi ini sangat cepat. Kebutuhan akan sistem informasi semakin meningkat terutama sistem informasi berbasis web, sehingga banyak kesempatan untuk organisasi mengembangkan sistem informasi berbasis web. Terdapat banyak metodologi yang tidak terstruktur untuk pengembangan sistem informasi berbasis web. Oleh karena itu terdapat metodologi Web Development Life Cycle WDLC untuk memecahkan masalah tersebut. Metodologi Web Development Life Cycle WDLC bertujuan untuk membangun proses pengembangan sistem informasi berbasis web yang terstruktur. Namun, terdapat banyak sistem informasi yang gagal untuk digunakan oleh pengguna dikarenakan pengguna akan menghabiskan waktu untuk belajar menggunakan sistem informasi tersebut, sehingga diperlukan sebuah metodologi untuk menjaga keterlibatan pengguna dalam pengembangan sistem informasi, yaitu metodologi User-Centered Design UCD. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa aplikasi web travelyang dibangun menggunakan metodologi Web Development Life Cycle WDLC dan User-Centered Design UCD memiliki nilai usabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi web travelyang dibangun menggunakan metodologi Web Development Life Cycle WDLC yang diukur menggunakan kuisioner System Usability Scale SUS. ......Information system development has grown rapidly. The need of information system is getting higher especially in web based information system, thus there are more opportunities for organizations to develop information system. There are many unstructured methodologies in web based information system development. Therefore, there is Web Development Life Cycle WDLC methodology to solve this problem. Web Development Life Cycle WDLC methodology has purpose to build a structured web based information system development. But, there are many failed information systems to be used by users because users would spend more time to learn to use the information system, therefore a methodology is needed to keep users rsquo involvement in developing information system which is User Centered Design UCD methodology. The result of this research proves that web travel application which is built using Web Development Life Cycle WDLC and User Centered Design UCD methodology has higher usability score than web travel application which is built using Web Development Life Cycle WDLC that are measured using System Usability Scale SUS questionnaire.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
T51000
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dennis Pratama Kamah
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan ini membahas seputar kegiatan kerja praktik yang telah dilakukan oleh peserta kerja praktik atas nama Dennis Pratama Kamah di perusahaan Joint Operating Body Pertamina Talisman Jambi Merang JOB PTJM pada Departemen Supply Chain Management dimulai pada 13 Juni 2016 dan diselesaikan pada 26 Agustus 2016. Peserta KP berperan sebagai web developer untuk mengembangkan implementasi proyek aplikasi GO-Hemat dan SCM Dashboard berbasis web. Laporan berisikan pendahuluan mengenai tempat kerja praktik, penjelasan dari serangkaian kegiatan kerja praktik yang dilakukan, serta kesimpulan dan saran dari kerja praktik yang telah dilakukan. Proses model yang digunakan adalah prototyping model dimana implementasinya tidak menggunakan web-framework tertentu dan hanya memanfaatkan library pendukung. Kesulitan selama implementasi adalah pada penetapan requirement yang belum begitu jelas di awal dan membutuhkan pembaruan di setiap iterasi. Kedua aplikasi telah berhasil diimplementasikan dan memenuhi fitur dan requirement dasar maupun tambahan yang dibutuhkan.
ABSTRACT
This report discusses the practical work activities undertaken by the practitioners on behalf of Dennis Pratama Kamah at Joint Operating Body Pertamina Talisman Jambi Merang JOB PTJM at the Supply Chain Management Department which started on June 13, 2016, and completed on August 26, 2016. The author acts as a web developer to develop implementation of GO Hemat and SCM Dashboard which are based on web applications. The report contains an introduction of the practical workplace, an explanation of a series of practical work activities undertaken, conclusions, and suggestions from that practical work. The model process used is prototyping model which implementation does not use a specific web framework and only use the supporting libraries. The difficulty faced during the implementation is the decision of the requirements which are not very clear at the beginning and still needs updates in each iteration. Both applications had been successfully implemented and meet the basic additional features or requirements needed.
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Irsyaad Nursya'ban
Abstrak :
Penolakan kandidat ketika mendaftar pekerjaan merupakan hal yang lumrah terjadi. Penolakan yang seringkali tidak disertai dengan alasan, menyebabkan pelamar tidak mengetahui letak kesalahan pada CV mereka. Aplikasi Reviewin dibangun dengan fitur utama yaitu memberikan jasa reviu CV dari alumni dan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang berpengalaman untuk alumni dan mahasiswa UI yang membutuhkan. Tugas akhir ini disusun berdasarkan aktivitas requirement gathering, pengembangan aplikasi web, dan evaluasi terhadap aplikasi Reviewin. Fitur-fitur utama seperti mereviu CV, mengirim permintaan reviu CV, mencari reviewer, dan mengedit profil, sudah tersedia di reviewin.me. Berdasarkan hasil evaluasi, fitur-fitur yang diuji sudah memenuhi ekspektasi pemilik produk, mendapat 93% tingkat ketergunaan, dan dapat melayani setidaknya 1000 pengunjung dalam waktu yang bersamaan. ......Rejection of candidates when applying for jobs is a common thing. Rejection, which often is not accompanied by reasons from the company, does not allow candidates to spot mistakes on their CV. Reviewin is built with the main feature of providing CV review services from experienced alumni and students of the University of Indonesia (UI) for alumni and students of UI who need it. This final project consists of several key activities which are requirements gathering, web application development, and evaluation. Core features such as reviewing CV, sending CV review requests, finding reviewers, and editing profiles, are successfully deployed on reviewin.me. Based on the evaluation results, the tested features have met the product owner's expectations, obtained 93% usability rate, and can handle at least 1000 visitors simultaneously.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fandhi Nur Hidayat
Abstrak :

Penelitian ini menguji pengaruh e-service quality terhadap customer e-satisfaction dan pengaruhnya pada e-loyalty konsumen toko online Tokopedia. Dimensi e-service quality yang digunakan adalah efficiency, fulfillment, privacy and trust, responsiveness, web design, dan contact. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana data dan informasi yang dikumpulkan melalui survei dengan membagikan kuisioner pada responden. Sampel dari penelitian ini adalah 100 responden konsumen Tokopedia yang berdomisili di wilayah Jakarta, dan pernah minimal 2 kali melakukan pembelian di Tokopedia dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Analisis menggunakan SPSS 23 dengan metode yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-service quality memiliki pengaruh yang signifikan dan kuat terhadap e-satisfaction dan juga e-satisfaction memiliki pengaruh yang signifikan dan kuat terhadap e-loyalty. Dari keenam dimensi e-service quality yang paling mempengaruhi e-satisfaction adalah efficiency, fulfillment, dan web design.

 

 

 

 

 


This study examines the effect of e-service quality on customer e-satisfaction and its effect on e-loyalty of Tokopedia online store consumers. The dimensions of e-service quality that are used are efficiency, fulfillment, privacy and trust, responsiveness, web design, and contact. This research uses a quantitative approach, where data and information are collected through surveys by distributing questionnaires to respondents. The sample of this study is 100 Tokopedia consumer respondents who live in the Jakarta area, and have made at least 2 purchases in Tokopedia in the past 6 months. Analysis using SPSS 23 with the method used is simple regression and multiple regression. The results showed that E-service quality has a significant and strong influence on e-satisfaction and e-satisfaction has a significant and strong effect on e-loyalty. Of the six dimensions of e-service quality that most influence e-satisfaction are efficiency, fulfillment, and web design.

 

Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library