Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ressang, A. A.
Jakarta: UI-Press, 1988
636.089 RES p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmaniwati Sulaiman
Jakarta: Yayasan Penerbitan Ikatan Dokter Indonesia, 1995
576.6 HAL v
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Febby Fadia Clarizsa
"Beberapa tahun belakangan muncul istilah viral advertising. Kata tersebut menjadi kata kunci bagi para brand/merek untuk berusaha menerapkannya. Saat ini, mulai banyak brand/merek yang menggunakan konsep tersebut, dan beberapa berhasil mendapatkan dampak positif dari viral advertising yang dilakukan. Salah satu iklan di Indonesia yang pernah viral yaitu iklan serial milik Tropicana Slim yang berjudul “Sore: Istri dari Masa Depan”. Penelitian terdahulu telah meneliti efektivitas dan pengaruh dari iklan tersebut terhadap brand Tropicana Slim, yang menunjukan hasil yang positif. Namun, iklan ini belum ada yang meneliti dari sudut pandang viral advertising, seperti karakteristik di dalamnya. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi karakteristik viral advertising pada iklan “Sore: Istri dari Masa Depan”, serta menemukan elemen-elemen lain yang ada di dalam iklan tersebut, berdasarkan pendekatan dan kreativitasnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan studi literatur dan metode pengumpulan data observasi. Ditemukan bahwa iklan tersebut memiliki karakteristik dari viral advertising. Iklan tersebut juga memiliki pendekatan iklan secara emosional dan memiliki pengemasan cerita menarik yang baru dan fresh. Iklan “Sore: Istri dari Masa Depan” mampu menciptakan viral advertising yang disukai dan dibagikan oleh audiens. Walaupun masih ada hal yang perlu diperhatikan, yang ditunjang dari studi literatur penelitian lain.

In recent years, the term of viral advertising has emerged. These words become keywords for brands to try to implement them. Currently, many brands are starting to use this concept, and some have succeeded in getting a positive impact from the viral advertising that has been carried out. One of the advertisements in Indonesia that has gone viral is a serial ad belonging to Tropicana Slim, with entitled "Sore: Istri dari Masa Depan". Previous studies have examined the effectiveness and influence of these advertisements on the Tropicana Slim brand, which showed positive results. However, no one has researched this ad from the point of view of viral advertising, such as the characteristics in it. So the purpose of this study is to explore the characteristics of viral advertising in the "Sore: Istri dari Masa Depan" advertisement, as well as to find other elements in the advertisement, based on their approach and creativity. The method in this study uses a qualitative approach by conducting a literature study and observation data collection methods. It was found that the ad has the characteristics of viral advertising. The ad also has an emotional advertising approach and has a new and fresh interesting story. The ads “Sore: Istri dari Masa Depan” is capable to create viral advertising that is liked and shared by the audience. Although there are still things that need attention, which is supported by other research literature studies."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Yuliani
"ABSTRAK
Penyakit hawur daun bakteri (HDB) merupakan salah satu kendala dalam peningkatan produksi padi. Penggunaan varietas tanah merupakan carapengendalian yang efektif dan mudah diterapkan petani. Tulisan ini membahas heritabilitas dan sumber gen ketahanan varietas padi terhadap penyakit HDB dan strategi mempertahankan durabilitas varietas tahan sebagai salah satu upaya pengendalian melalui pemulihan tanaman mendukung upaya peningkatan produksi padi. periaktan dan pengembangan varietas tahan berperan penting mengendalikan penyakit DB, karena memilki mekanisme ketahanan genetik yang dapat diwariskan kepada keturunannya. Varietas dengan ketahanan vartikel mudah dipatahkan oleh patogen, sehingga perlu upaya perakitan varietas dengan ketahanan horizontal. Untuk memperoleh keturunan tanaman padi yang tahan terhadap penyakit HDB dalam perakitan varietas, posisi tetua tahan sebaiknya diperankan sebagai tetua betina yang memilki daya gabung khusus yang tinggi. sifat ketahanan HDB dari populasi tetua yang mengandung gen dari hasil silang ganda memilki heritabilitas lebih tinggi. Populasi turunan dari silang ganda memilki ketahanan multigenik dan berpeluang menghasilkan individu rekombian tahan untuk periode yang lama (durable). Ketersediaan varietas tahan yang durable menjadi syarat utama dalam pengendalian penyakit HDB secara berkelanjutan. Hal ini dapat dilakukan dengan perbaikan ketahanan varietas melalui perakitan varietas dengan berbagai sumber ketahanan, di antaranya padi liar, padi lokal, dan padi intoduksi."
Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2017
630 JPPP 30:1 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Anjarini
"ABSTRAK
Pengembangan diagnosis DBD dengan pendekatan deteksi antigen saat ini
adalah deteksi IgM/IgG antibodi dan circulating dengue virus non-structural
protein 1 yang bersirkulasi dalam serum atau plasma penderita. Nonstructaral
protein I (NS1) merupakan glikoprotein yang diperlukan dalam proses replikasi
virus. Pada infeksi akut NSI disekresikan dari sel yang terinfeksi dan akan
bersirkulasi dalam darah penderita DBD baik pada infeksi primer maupun
infeksi sekunder. NSI dapat dideteksi pada penderita terinfeksi virus dengue
serotipe 1, 2, 3 maupun 4. NSI disekresi pada hari 1 sampai hari 9 saat onset
demarn, sehingga dengan deteksi NSI diharapkan diagnosis DBD dapat
ditegakkan lebih dini, atau secepatnya pada hari 1 onset demam. Saat ini sudah
tersedia secara komersial Diagnostik Kit SD Dengue Duo (Dengue NS1 Ag+Ab
Combo). Penelitian ini bertuiuan untuk mendapatkan alternatif diagnosis infeksi
virus dengue dengan melakukan uii validasi produk tersebut terhadap IgM, IgG
dan NS1 pada tersangka penderita DBD di Rumah sakit Imanuel Bandar
Lampung. Uji validasi meliputi sensitivitas, spesifisitas, nilai duga positif, nilai
duga negatif, rasio kecenderungan positif, rasio kecenderungan negatif dan
akurasi. Hasil uji dibandingkan dengan RT-'PCR sebagai baku emas (gold
standard). Hasilnya menunjukkan Dengue NSI Ag menunjukkan sensitivitas
(sebesar 100%), spesifisitas sebesar 92%, nilai duga positif (NDP) sebesar 58%,
nilai duga negatif (NDN) sebesar 100% dan akurasi sebesar 92,5%, nilai ROC
sebesar 95.8% menunjukkan bahwa NS-1 dapat mendiagnosis Dengue dengan baik
sekali.
Disimpulkan bahwa Diagnostik Kit SD Dengue Duo (Dengue NS1 Ag+Ab Combo )
layak dan memadai sebagai perangkat diagnosis DBD.
ABSTRACT
New approach of dengue diagnosis is detecting of circulating dengue
nonstructural protein 1 (NS1) IgM/IgG antibodies, antigen in patient sera or
plasma. NSI is a glycoprotein essential use for virus replication process. It is
secreted from infected cells and detectable in blood from the lst day afterthe
onset of fever up to day 9. This protein could be detected in dengue virus
infection either serotype 1,2,3 and 4 by NS1 detection and IgM/IgG. Prompt
diagnosis could be made as soon as on day 1 onset of fever. The NS I antigen assay
has been developed for commercial use Diagnostik Kit SD Dengue Duo (Dengue
NS1 Ag+Ab Combo). To find out an alternative dengue diagnostic tool Dengue
NS1. Ag was validated for early diagnosis of febrile stage in patients with
suspect dengue infection as a gold standard of the test was rely on RT-PCR.
The diagnostik Kit SD Dengue Duo (Dengue NS1 Ag+Ab Combo) shows
sensitivity 100%, spesificity 92%, positive predictive value (PPV) 58%, negatif
predictive value (NPV) 100% and accuracy 94,5% respectively, ROC 95.8%
the agreement between both tests were good. It was concluded that Diagnostik
Kit SD Dengue Duo (Dengue NS1 Ag+Ab Combo) and NSI Ag good and could be
used for early diagnosis of dengue virus infection."
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia , 2013
T36054
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asri Sulfianti
"Hemagglutinin 1 (HA1) adalah glikoprotein permukaan virus influenza yang banyak dikembangkan sebagai vaksin subunit rekombinan. Hal tersebut dikarenakan HA1 mampu menginduksi antibodi penetralisasi. Sejauh ini, vaksin influenza yang diproduksi di embrio telur ayam tidak efektif, khususnya dalam mengatasi masalah pandemik. Protein rekombinan yang diekspresikan di E. coli juga tidak efektif, sedangkan sel mamalia dan insekta membutuhkan keahlian khusus dan biaya yang mahal. Pada penelitian ini, dilakukan ekspresi protein HA1 pada ragi P. pastoris yang sudah diketahui memiliki banyak keuntungan dalam ekspresi protein rekombinan. Fragmen HA1 diperoleh dari galur Indonesia DKI271/2011 yang diamplifikasi dengan teknik PCR. Fragmen gen HA1 kemudian diinsersikan dalam vektor pPICZα-A dan ditransformasikan ke dalam P. pastoris. Protein HA1 diekspresikan dengan menginduksi sel ragi tersebut dengan metanol. Hasil menunjukkan bahwa P. pastoris yang berhasil ditransformasi dengan plasmid rekombinan mengandung sisipan gen HA1 dengan arah orientasi dan kerangka baca yang benar. Mutasi juga tidak ditemukan pada sekuens asam amino yang menjadi epitope pengenalan oleh sel T dan B. Konfirmasi ekspresi pada kultur P. pastoris melalui western bloth menunjukkan bahwa pita protein sesuai dengan besar HA1. Protein tersebut selanjutnya dapat digunakan dalam pengembangan vaksin influenza subunit rekombinan.

Hemagglutinin 1 (HA1) of influenza virus is a surface glycoprotein that has been developed as a recombinant subunit vaccine. It is because HA1 subunit was able to induce neutralizing antibodies. So far, influenza vaccines that are produced in chicken eggs embryos is not effective especially in addressing pandemic influenza. Recombinant proteins expressed in E. coli was also not effective, while mammalian and insect cells requires special skills and high cost. In this study, HA1 expressed in the yeast P. pastoris were already known to have many advantages in the expression of recombinant proteins. HA1 gen fragment was obtained from Indonesian strain DKI271/2011 throughout PCR technique. This fragment then inserted in the vector pPICZα-A and transformed to P. pastoris. HA1 recombinant proteins was expressed by induced yeast with methanol. The results indicate P. pastoris which is successfully transformed by recombinant plasmid containing the HA1 gene insertion with good orientation and correct reading frame. It is also found no mutations in the amino acids sequence into cell epitope recognition by T and B. Confirmation HA1 recombinant protein in P. pastoris culture throughout western bloth showed protein bands as expected. HA1 recombinant proteins that have been successfully expressed in P. pastoris can be used in the development of subunit influenza vaccines."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natanael Elang Yudha Mahendra
"Pada awal tahun 2023 terdapat penurunan dalam tingkat penjualan bagi e-commerce yang ada di Indonesia. Salah satu perusahaan yang mengalami hal tersebut adalah Shopee. Sebagai salah satu market leader di industri e-commerce Indonesia kinerja Shopee yang kurang baik menjadi sebuah pertanyaan apakah penurunan penjualan yang dialami Shopee adalah imbas dari penurunan kinerja strategi pemasaran yang mereka gunakan, khususnya promo tanggal kembar yang menjadi strategi pemasaran utama bagi Shopee dengan memanfaatkan konten viral dalam penyampaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis viral marketing terhadap impulse purchasing behavior pada kinerja promo tanggal kembar Shopee selama tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Target populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee yang berdomisili di Jabodetabek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan secara daring. Ukuran sampel yang ditentukan untuk penelitian ini adalah 135 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor viral marketing terhadap impulse purchasing behavior pada promo tanggal kembar Shopee selama tahun 2023. Persepsi konsumen tentang kesesuaian antara emosi dan psikologis berdampak positif pada ketertarikan, yang mengarah pada perilaku pembelian impulsif.

At the beginning of 2023 there was a decrease in the level of sales for e-commerce in Indonesia. One of the companies experiencing this is Shopee. As one of the market leaders in the Indonesian e-commerce industry, Shopee's poor performance raises the question of whether the decline in sales experienced by Shopee is the result of a decrease in the performance of the marketing strategy they use, especially the twin date promo which is the main marketing strategy for Shopee by utilizing viral content. inside it. The purpose of this study is to analyze viral marketing on impulsive buying behavior on the performance of Shopee twin date promos during 2023. This study uses a quantitative approach. The target population in this study are Shopee consumers who are domiciled in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi (Jabodetabek). Data collection was carried out using a questionnaire instrument that was distributed boldly. The sample size determined for this study was 135 samples. The data analysis technique used in this study is multiple regression analysis with SPSS software. The results of this study indicate that there is an effect of viral marketing factors on impulsive buying behavior at Shopee twin date promos during 2023. Consumer perceptions of emotional and psychological satisfaction have a positive impact on attraction, which leads to impulsive buying behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faiz Zuhdi
"Makalah ini membahas tentang bentuk-bentuk engagement behavior konsumen dalam menggunakan media sosial, serta berbagai anteseden yang mempengaruhinya seperti pemanfaatan appeal, maksimalisasi penggunaan saluran media sosial, dan pemanfaatan electronic-worm of mouth. Lalu bagaimana hal-hal tersebut dapat dikapitalisasi oleh pengiklan dan pemasar dalam merancang strategi viral marketing. Makalah ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui studi literatur untuk memberikan penjabaran deskriptif dan ikatan korelasional antara engagement behavior dengan perancangan strategi viral marketing. Hasil studi menyarankan bahwa perancangan strategi viral marketing perlu lebih memaksimalkan penggunaan berbagai salura media sosial, termasuk juga fitur-fitur interaktif yang ada di dalamnya, untuk menghasilkan tingkat engagement behavior yang lebih tinggi pada konsumen serta electronic-word of mouth, yang dapat dimanfaatkan untuk program viral marketing.

This paper discusses the forms of consumer engagement behavior in using social media, as well as various antecedents that influence them, such as the use of appeals, maximizing the use of social media channels, and the use of electronic-worm of mouth. Then how can advertisers and marketers capitalize on these things in planning viral marketing strategies. This paper uses qualitative research methods through literature studies to provide a descriptive description and correlational relationship between engagement behavior and viral marketing strategy design. The results suggest that planning viral marketing strategies needs to maximize the use of various social media channels, including interactive features provided by each, to generate higher levels of consumer engagement behavior and electronic word of mouth, which can be capitalized for viral marketing programs."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Gunther Witzany, editor
"A renaissance of virus research is taking centre stage in biology. Empirical data from the last decade indicate the important roles of viruses, both in the evolution of all life and as symbionts of host organisms. There is increasing evidence that all cellular life is colonized by exogenous and/or endogenous viruses in a non-lytic but persistent lifestyle. Viruses and viral parts form the most numerous genetic matter on this planet."
Dordrecht: [, Springer], 2012
e20417305
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Rampengan, Novie Homenta
"[Latar belakang. Infeksi virus hepatitis B (VHB) di Indonesia masih tinggi dengan rerata prevalensi 9,4%. Tingginya prevalensi HB ini terkait dengan terjadinya infeksi VHB pada masa dini kehidupan, terutama melalui transmisi vertikal. Di Indonesia proporsi transmisi vertikal 45,9% dan 5,2% ibu hamil HBsAgnya positif. Cara paling efektif mengontrol infeksi VHB adalah dengan imunisasi, namun terdapat perbedaan seroproteksi titer anti-HBs pada usia lebih dari 10 tahun di berbagai tempat. Selain itu terdapat faktor-faktor yang dapat memengaruhi titer anti-HBs, namun penelitian ini masih jarang dan belum pernah dilakukan di Manado.
Tujuan. Mengetahui seroproteksi titer anti-HBs dan faktor-faktor yang dapat memengaruhi titer anti- HBs tersebut.
Metode. Penelitian analitik observational dengan desain potong lintang. Penelitian dilakukan dengan stratified random sampling pada usia 10-15 tahun di Kecamatan Tuminting, Kota Manado sejak Oktober sampai November 2014. Data dianalisis dengan SPSS 22.
Hasil. Dari 48 sekolah terpilih 10 sekolah dengan 105 anak sebagai subyek penelitian, namun hanya 23 anak yang mempunyai seroprotektif (21,9%). Sebanyak 76 (72,4%) subyek adalah perempuan, 78 (74,3%) subyek berstatus gizi baik dan 98 (93,3%) subyek memiliki berat badan lahir ≥ 2.500 gram. Dari buku imunisasi didapatkan 26 (24,8%) subyek dengan vaksinasi HB-1 ≤ 7 hari dan 45 (42,9%) subyek dengan jarak HB-2 dan HB-3 ≥ 2 bulan. Didapatkan 86 (81,9%) ibu subyek berusia 20-35 tahun, 64 (60,9%) ibu subyek berpendidikan SMA dan 79 (75,2%) orangtua subyek berpenghasilan ≥ 2 juta per bulan. Analisis multivariat didapatkan faktor pemberian HB-1 < 7 hari atau ≥ 7 hari (p=0,02) dan jarak pemberian HB-2 dengan HB-3< 2 bulan atau ≥ 2 bulan (p<0,001) berperan terhadap seroproteksi HB pada anak.
Simpulan. Penelitian ini mendapatkan angka seroproteksi HB yang rendah (21,9%) serta faktor pemberian HB-1 ≤ 7 hari atau > 7 hari dan jarak pemberian HB-2 dengan HB-3 < 2 bulan atau ≥ 2 bulan berperan terhadap seroproteksi HB pada anak usia 10-15 tahun.;Background. Hepatitis B viral (HBV) infection in Indonesia is still high with average prevalence of 9.4%. The high prevalence of hepatitis B (HB) is related to the occurence of HBV infection during the early life, especially through vertical transmission. In Indonesia proportion of vertical transmission 45.9% and 5.2% pregnant women have HBsAg positive. The most effective way to control HBV infection is with immunization HB, but there is differential in anti-HBs seroprotection titer at the age more than ten years in many locations. In addition there are factors that can affect anti-HBs titer, but these studies are rare and have ever been done in Manado.
Objective. Knowing anti-HBs seroprotection titer and factors that can affect the anti-HBs titer.
Method. Analitic observational study with cross sectional design. Research was done with stratified random sampling in children age 10-15 years old at Tuminting district, Manado city since October until November 2014. Analise data with SPSS 22.
Results. From 48 schools, selected 10 schools with 105 children as subject of research, but only 23 (21.9%) children who were having seroprotective (21,9%). A total of 76 (72.4%) subjects were female, 78 (74.3%) subjects with good nutrition status and 98 (93.3%) subjects had ≥2,500 grams birth weight. From the immunization record book 26 (24.8%) subjects were obtained with HB-1 vaccination done at ≤7 days of age and 45 (42.9%) subjects with the distance between HB-2 and HB-3 were ≥2 months. Mother’s age was found 86 (81.9%) were 20-35 years old, 64 (60.9%) mothers’s education were high school graduated and 79 (75.2%) parents subjects had income ≥2 million per month. From multivariate analysis obtained that administration of HB-1 ≤7 days or >7 days (p=0.02) and distance between administration of HB-2 and HB-3 <2 months or ≥2 months (p<0.001) had important role in HB seroprotection in children.
Conclusion. This study obtained a number of low HB seroptotection (21.9%) as well as administration of HB-1 ≤7 days or >7 days and distance between administration of HB-2 and HB-3 <2 months or ≥2 months had important role in HB seroprotection in children age 10-15 years old., Background. Hepatitis B viral (HBV) infection in Indonesia is still high with average prevalence of 9.4%. The high prevalence of hepatitis B (HB) is related to the occurence of HBV infection during the early life, especially through vertical transmission. In Indonesia proportion of vertical transmission 45.9% and 5.2% pregnant women have HBsAg positive. The most effective way to control HBV infection is with immunization HB, but there is differential in anti-HBs seroprotection titer at the age more than ten years in many locations. In addition there are factors that can affect anti-HBs titer, but these studies are rare and have ever been done in Manado.
Objective. Knowing anti-HBs seroprotection titer and factors that can affect the anti-HBs titer.
Method. Analitic observational study with cross sectional design. Research was done with stratified random sampling in children age 10-15 years old at Tuminting district, Manado city since October until November 2014. Analise data with SPSS 22.
Results. From 48 schools, selected 10 schools with 105 children as subject of research, but only 23 (21.9%) children who were having seroprotective (21,9%). A total of 76 (72.4%) subjects were female, 78 (74.3%) subjects with good nutrition status and 98 (93.3%) subjects had ≥2,500 grams birth weight. From the immunization record book 26 (24.8%) subjects were obtained with HB-1 vaccination done at ≤7 days of age and 45 (42.9%) subjects with the distance between HB-2 and HB-3 were ≥2 months. Mother’s age was found 86 (81.9%) were 20-35 years old, 64 (60.9%) mothers’s education were high school graduated and 79 (75.2%) parents subjects had income ≥2 million per month. From multivariate analysis obtained that administration of HB-1 ≤7 days or >7 days (p=0.02) and distance between administration of HB-2 and HB-3 <2 months or ≥2 months (p<0.001) had important role in HB seroprotection in children.
Conclusion. This study obtained a number of low HB seroptotection (21.9%) as well as administration of HB-1 ≤7 days or >7 days and distance between administration of HB-2 and HB-3 <2 months or ≥2 months had important role in HB seroprotection in children age 10-15 years old.]"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2015
T58655
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>