Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dumatubun, John B.
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa keterampilan menelusur informasi itu penting bagi mahasiswa dalam meningkatkan mutu belajar dan penelitiannya; Strategi penelusuran informasi adalah salah satu mata ajaran yang diajarkan dalam Pendidikan Pemakai yang diselenggarakan di perpustakaan Universitas Cenderawasih, dimaksudkan agar pengikut kursus menjadi lebih terampil dalam mendayagunakan perpustakaan secara lebih baik, dan secara bersamaan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Universitas Cenderawasih. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mempelajari hubungan antara Pendidikan pemakai dengan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menelusuri informasi; (2) mempelajari kemampuan peserta pendidikan pemakai dibandingkan dengan yang bukan peserta dalam menelusuri informasi dengan menggunakan alat bantu telusur; dan (3) mempelajari perbedaan peningkatan pengetahuan perpustakaan dan keterampilan menelusur informasi enters kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan sampel yang berjumlah 84 responden, yang diambil secara acak dari keempat fakultas yang ada, kedua kelompok yakni kelompok eksperimen den kelompok kontrol, diminta untuk mengikuti uji awal. Hasil uji awal menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kedua kelompok tersebut ternyata hampir sama (signifikan). Disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengetahuan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p = 0,05) Sesudah itu kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pemberian kursus pemakai. Sesudah itu kedua kelompok itu diundang kembali untuk diuji. Dengan menggunakan uji tpada taraf signifikansi 0,05 dengan dk=82 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan dan keterampilan menelusuri informasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang berarti bahwa hipotesis yang dibuat, diterima. Dengan membandingkan hasil yang dibuat oleh kedua kelompok itu pada setiap tingkatan dapat dibuktikan bahwa ada pengaruh yang sangat besar dari kursus pemakai ini dalam mengubah pengetahuan dan keterampilan menelusur informasi di perpustakaan. Dengan didasarkan pada hasil penelitian itu diusulkan kepada Rektor untuk kemungkinan kursus ini diajarkan kepada seluruh mahasiswa baru selama masa perkenalan kampus dan agar dipertimbangkan juga agar kursus pemakai ini dapat menjadi salah satu mata kuliah dalam kurikulum muatan lokal untuk diajarkan pada setiap jenjang pada pendidikan Strata I di lingkungan Universitas Cenderawasih.
ABSTRACT The aims of the research is to study the effect of the knowledge and skills on literature retrieval of the students attended user education conducted by librarians of the university. The objectives of the research are to study (1). the relationship between user education and skills of information retrieval; (2) the difference of ability of information retrieval skill in library shown by participants of the user education. (3)the increase of knowledge and skill in information retrieval shown by students attended user education as compared to non participants of user education. The method used in this research was experimental method. The respondents were the Cenderawasih University students of the first semester of four faculties, in the academic year of 1995/1996. The result of the pretest shown that, the score of both groups were similar which means that knowledge of the participants were not significantly difference (p=0,05). Both groups were invited to join the course, but they were treated differently. The experiment group got three times meeting, while the other group got only once. Each meeting consisted of 120 minutes. Then, both groups were invited again to join the posttest. Using the t test at 0.05 significance level, the results of this study statistically showed that: they were totally difference between experimental group and the control one. Thus, it proved that the course had a great influence in developing the skills of information retrieval in the library. Based on the result of the research it is suggested to the Rector of Cenderawasih University to consider the possibility for all new students to undertake that Library users education during the orientation period before starting classes and to consider course be accepted as one of the local curriculum of university lecture at undergraduate program (S1) curriculum at Cenderawasih University.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lily Irawati Roesma
Abstrak :
User education's primary purpose is to encourage the user of the library as part of the educational process. This dissertation discusses the user education programs in Indonesian universities and also explaining the background of the Indonesian university library and its educational system. Two case studies of user education carried out at the Bogor Agricultural University, serve as a base for designing user education programs in Indonesian universities. The programs also draw from Western countries' experiences and these are adapted to the Indonesian context. Some proposals are put forward in terms of user education programs for Indonesian universities including three levels of programs and their specifications. Ways of evaluation according to Indonesian needs and conditions are also offered.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1988
T6065
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Rondang Rouli
Abstrak :
Penelitian mengenai pendidikan pemakai ini dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Indonesia pada bulan September sampai dengan Nopember 2002 terhadap mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan pemakai yaitu angkatan 2001.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat pendidikan pemakai bagi pemakai perpustakaan dan mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan oleh pemakai sehubungan dengan pencarian informasi dalam pemanfaatan layanan perpustakaan.Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan metode survei.Populasi dan sampel adalah mahasiswa angkatan 2001 sebanyak 190 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, Pengolahan dan analisis data menggunakan rumus P = f / n X 100%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dapat memahami semua materi yang diberikan, kartu katalog mulai digunakan, penyampaian materi yang disukai adalah praktek langsung ke perpustakaan, pendidikan pemakai menurut responden bermanfaat karena dapat membantu mereka dalam memahami perpustakaan. Faktor yang menghambat dalam pendidikan pemakai adalah waktu yang hanya 2 jam untuk setiap fakultas.Untuk peningkatan pendidikan pemakai perlu dipikirkan kembali penggunaan waktu yang lebih diperpanjang agar penyampaian semua materi dapat dipahami oleh mahasiswa.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Rahayu K
Abstrak :
Masalah Pendidikan pemakai : studi kasus di Perpustakaan SMP/SMU Islam Al-lzhar, dianalisis dengan mengingat bahwa pendidikan pemakai merupakan dasar dalam membangun kemampuan siswa melakukan penelurusan informasi yang efektif dan efisien. Oleh karena itu pelaksanaan pendidikan pemakai harus dirancang secara tepat dengan memperhatikan metode, media dan materi yang akan diberikan.Tujuan penulisan skripsi ini adalah menggambarkan pentingnya pendidikan pemakai bagi siswa untuk menunjang kemampuan mereka dalam penelusuran informasi yang efektif dan efisien serta mengkaji pelaksanaan pendidikan pemakai yang dilaksanakan Perpustakaan SMP/SMU Islam Al-lzhar.Ruang lingkup penelitian ditetapkan mulai bulan Januari hingga Februari 2002 dengan mempertimbangkan pelaksanaan pendidikan pemakai selalui dilakukan pada awal tahun ajaran baru.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus . Metode ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya faktor-faktor tertentu yang memberikan ciri khas pada tingkah laku sosial yang kompleks dari unit, memahami relasi dari unit tersebut dan pengaruh dari faktor-faktor sosial. Sebagai pelengkap dalam pengumpulan data dilakukan studi kepustakaan, observasi dan wawancara dari narasumber yang ada di Perpustakaan SMP/SMU Islam Al-Izhar.Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah berupa kesimpulan perlunya kesadaran dari pihak Perguruan tentang pentingnya pendidikan pemakai bagi para siswa dan dukungan dari unit-unit sekolah dalam menunjang peningkatan kualitas dari pendidikan pemakai. Perpustakaan juga harus meningkatkan metode, media, dan materi yang diberikan dalam pendidikan pemakai agar dalam pelaksanaan di kemudian hari menjadi lebih berkualitas.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15360
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Susilowati
Abstrak :
Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa program pendidikan pemakai itu penting bagi pemakai perpustakaan untuk menambah pengetahuan khususnya dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan penggunaan sarana dan sumber-sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas IImu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (I) Mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (2) Mengetahui pengetahuan peserta sesudah mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan tentang perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (3) Mengetahui pengaruh program pendidikan pemakai di Perpustakaan FIB UI terhadap tingkat pengetahuan peserta program mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (4) Mengetahui gambaran tentang pendapat peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI mengenai pelaksanaan program pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI (kelebihan dan kekurangannya). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uji awal dan tes uji akhir, dengan sampel yang berjumlah 150 responden, yang diambil dari 212 orang yang menjadi peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan rata-rata responden sebelum mengikuti pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan masih cukup rendah, hal ini dilihat dari perolehan nilai responden pada tes uji awal, dan dengan waktu yang relatif singkat yaitu satu bulan sejak responden mengikuti pendidikan pemakai sampai dengan responden mengisi tes uji akhir, tingkat pengetahaun responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan uji tanda pada taraf signifikansi 0,05 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan diantara responden sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan pemakai. Dengan membandingkan hasil yang diperoleh responden pada tes uji awal dan tes uji akhir dapat dibuktikan bahwa pelaksanaan program pendidikan pemakai perpustakaan berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan..
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan sebuah sarana penunjang yang didirikan untuk mendukung kegiatan Civitas Akademik, di mana Perguruan Tinggi itu berada. Dalam buku pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi disebutkan bahwa, Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan unsur penunjang Perguruan Tinggi dalam kegiatan pendidikan , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu Perpustakaan perlu mengadakan, menghimpun, mengolah, menyimpan dan melayankan koleksinya yang berisi informasi yang dibutuhkan oleh Penggunanya. Mengingat begitu berarti dan pentingnya perpustakaan bagi Penggunanya, maka perlu diadakan suatu kegiatan yang memperlihatkan dan menjelaskan manfaat pentingnya Perpustakaan bagi seluruh sivitas akademikanya. Hal yang sering terjadi adalah bahwa kemampuan pemakai dalam memanfaatkan Perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Selain itu Perpustakaan diharapkan mampu untuk mendidik pemakai untuk tertib dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan semua koleksinya secara maksimal. Dengan demikian Perpustakaan akan berfungsi secara optimal apabila penggunanya dapat mengetahui dengan baik dan cepat di mana dan bagaimana cara menemukan sumber informasi yang mereka butuhkan.
JUPITER 14:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Farid
Abstrak :
CD-ROM sebagai media simpan informasi yang mampu menampung banyak data, membutuhkan ketrampilan khusus dalam menemukan kembali informasi yang terekam didalamnya. Dengan ciri seperti itu, maka pelatihan pemakaian CD-ROM di suatu perpustakaan tertentu menjadi penting untuk diadakan. Suatu perpustaaan yang kondisi pemakainya mempunyai pengetahuan berbeda terhadap layanan CD-ROM perlu diatasi dengan mengadakan pendidikan pemakai tambahan bagi pemakainya yang belum mendapatkan pelatihan. Penelitian ini ingin melihat mengapa pemakai perlu mendapatkan program pengenalan layanan CD-ROM, yang terintegrasi dalam program Intorduction Course di Perpustakaan Pusat Universitas Trisakti. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini didapat dari daftar pemakaian koleksi CD-ROM selama semester ganjil tahun 1997/1998. Tujuan penelitian ini ingin memberikan alasan-alasan mengapa program pengenalan layanan CD-ROM perlu bagi pemakai Perpustakaan Pusat Trisakti. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode dokumenter, yaitu data yang dikumpulkan dari lembar pemakaian layanan CD-ROM. Sebagai data penunjang didapat dari hasil wawancara dengan Sekretaris Perpustakaan dan Kepala Sub.Unit Pelayanan Referensi. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan rumus prosentase. 81,5% pemakai layanan CD-ROM adalah pemakai yang berstatus belum mendapatkan program pengenalan layanan CD-ROM dan 72,3% dari populasi adalah mahasiswa tingkat 3 sampai akhir, padahal pada saat-saat itu mereka butuh sumber informasi yang banyak untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah mereka. 70,9% dari populasi adalah mahasiswa Universitas Trisakti yang memakai layanan ini hanya 1 kali dalam waktu semester ganjil tahun 1997/1998. Kondisi ini mungkin disebabkan mereka putus asa dalam mencari melalui CD-ROM dan beralih ke media bentuk lain atau ke sumber informasi lain, misalnya perpustakaan lain atau melalui internet. Melihat sebagian besar pemakai layanan ini adalah mahasiswa, 90.8% dan populasi, maka pihak Perpustakaan Pusat Trisakti harus memikirkan untuk diadakannya program pengenalan layanan CD-ROM tambahan bagi pemakai yang belum mendapatkannya. Perpustakaan Pusat Trisakti sangat perlu mengadakan program pelatihan tambahan. Baik itu untuk para mahasiswanya dan juga segala unsur sivitas akademika Universitas Trisakti. Pihak perpustakaan disarankan untuk mengadakan promosi tentang layanan CD-ROM agar keberadaan layanan ini diketahui oleh seluruh warga sivitas akademika Universitas Trisakti.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15138
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Udjie Sastrawiyata
Abstrak :
Penelitian Studi pemanfaatan koleksi buku di perpustakaan Seskoal berlangsung pada bulan September sampai bulan Oktober 1986. Tujuan penelitian untuk mendapatkan evaluasi tentang pemanfaatan koleksi buku serta untuk mendapatkan gambaran pemakai atau peminjam buku yang potensial di perpustakaan itu. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan perpustakaan itu diharapkan dapatkan membantu pustakawan setempat untuk menentukan kebijaksanaan dalam pembinaan koleksi perpustakaan itu di masa yang akan datang. Hasil secara relatif menunjukkan bahwa 80 % koleksi perpustakaan itu telah dimanfaatkan oleh para pemakainya selama kurun waktu 15 tahun terakhir. Buku yang banyak dipinjam adalah buku-buku ilmu sosial (kelas 300). Rata-rata peminjaman serara relatif adalah 1,34. Pemakai yang potensial adalah Perwira Siswa. Buku-buku yang tidak aktif dapat disisihkan dari rak dan pemakai tidak akan terganggu karenanya. Analisis ini dibuat berdasarkan atas penelitian riwayat peminjaman buku dari 222 sampel yang terpilih untuk penelitian. Untuk lebih meningkatkan peminjaman buku diperpustakaan Seskoal disarankan sebagai berikut: Perlu adanya partisipasi aktif dari para pemakai perpustakaan dalam penambahan koleksi buku agar dapat dicapai titik pertemuan kebutuhan antara per_pustakaan dan pemakai; Pembuatan bibliografi subyek sesuai dengan pembagian kelompok kurikulum yang ada.; Penerjemahan buku-buku tua dan langka tetapi menjadi pustaka wajib ke dalam bahasa Indonesia.; Buku tua dan langka yang di sisihkan disusun menurut subyek untuk mengetahui perkembangan ilmu pengeta_huan dari masing-masing subyek.; Usaha pendidikan pemakai untuk memberikan penerangan yang lebih jelas untuk pemanfaatan perpustakaan.; Usaha menambah buku baru untuk lebih meningkatkan gairah pemakai dalam memanfaatkan jasa perpustakaan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1987
S15654
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Munawaroh
Jakarta: Sagung Seto, 2017
025.52 MUN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Aini Nur Komarawati
Abstrak :
Penelitian mengenai perbandingan tingkat peminjaman koleksi buku berdasarkan tahun angkatan mahasiswa telah dilakukan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPsi-UI), pada bulan April dan Juni 1992. Tujuannya ialah : (1) Untuk membantu perpustakaan setempat dalam mengenali kelebihan dan kekurangannya sehubungan dengan kegiatan peminjaman koleksi buku ; (2) Untuk membantu perpustakaan FPsi-UI menentukan kebijaksanaan dalam pembinaan dan pengembangan koleksi perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui jajaran peminjaman ko_leksi untuk mahasiswa. Jajaran peminjaman ini merupakan data-data yang berisi catatan peminjaman koleksi buku oleh anggota perpustakaan. Kegiatan penelitian ini mempunyai sasaran yaitu:(1) Gambaran perbandingan tingkat peminjaman koleksi buku FPSI-UI oleh mahasiswanya berdasarkan tahun angkatan; (2) Tingkat kebu_tuhan tertinggi dan terendah peminjaman koleksi buku untuk pembi_naan pengembangan koleksi. Teknik analisa datanya menggunakan perhitungan prosentasi. Teknik penyajian datanya menggunakan tabulasi. Hasilnya menunjukkan semakin lama masa studi, semakin ba_nyak jumlah buku yang dipinjam oleh mahasiswa, karena semakin lama (semakin ke atas tingkatnya), semakin banyak dituntut oleh tugas mandiri yang membutuhkan sarana perpustakaan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S14909
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>