Ditemukan 49 dokumen yang sesuai dengan query
Salah Wahab
Jakarta : Pradnya Paramita, 1992
338.406 8 SAL m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
London: Routledge, 2010
910.6 ADV
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Salah Wahab
Jakarta: Pradnya Paramita, 1997
338.479 1 SAL p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Salah Wahab
Jakarta: Pradnya Paramita, 1989
338.479 1 SAL p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Arina Pramudita
"Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam pertumbuhan ekonomi di Jepang. Berdasarkan target yang diinginkan pemerintah untuk mendatangkan wisatawan asing 25 juta di tahun 2020, industri pariwisata Jepang mulai memberikan perhatian terhadap wisatawan muslim. Penelitian ini membahas mengenai industri pariwisata Jepang yang meningkatkan upaya menarik wisatawan muslim. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan tinjauan pustaka sebagai sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa industri pariwisata Jepang mampu menyesuaikan antara penawaran dan permintaan wisatawan muslim sebagai upaya menarik wisatawan asing ke Jepang sebagai pasar potensial. Menyesuaikan penawaran dan permintaan tersebut dengan cara meningkatnya fasilitas dan kesadaran Jepang untuk menyesuaikan dengan peraturan Islam untuk kenyamanan wisatawan muslim selama berada di Jepang. Dengan terpenuhinya kenyamanan untuk wisatawan muslim, maka dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk mencapai target di tahun 2020.
Tourism has been importance as one of sectors enhacing economic growth in Japan. According to the government’s goal of attracting 25 million tourist by 2020, Japanese tourism industry is beginning to pay attention to muslim tourists. This article is about Japanese tourism industry boosting efforts to attracts muslim tourists. This article using descriptive-analytical method and literature review as a sources. The result shows that Japanese tourism industry was able to adjusts between supply and demand from muslim tourists as an efforts to attract muslim tourist to Japan as a big potential target. The balance between supply and demand accompanying with increasing facility and mindful that related Islam law to make muslim tourists more comfortable. And have a big chace to reach the target in 2020."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Muthia Khanza
"Aktivitas pemasaran diperlukan dalam industri pariwisata. Salah satu pemasaran yang dilakukan adalah melalui aktvitas E-Wom. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara E-Wom, Destination Image, Attitude Toward Destination, dan Travel Intention. Penelitian ini melibatkan 140 responden yang peneliti dapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online dan langsung di Singapura melalui teknik convenience sampling dan snowball sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa attitude toward destination wisatawan berpengaruh secara signifikan terhadap travel intention wisatawan dan destination image berpengaruh secara signifikan terhadap attitude toward destination wisatawan pada studi kasus Provinsi DKI Jakarta.
Marketing activities are needed in tourism industry. One of which is through the use of E-Wom. The purpose of this quantitative study is to analyze the effect among E-Wom, Destination Image, Attitude Toward Destination, dan Travel Intention. The study consists of 140 respondents administered through the distribution of online and direct questionaires in Singapore with the use of convenience sampling and snowball sampling methods. The empirical results from the structural model suggest that tourist's attitude toward destination significantly effects tourist's travel intention and destination image significantly effects tourist's attitude toward destination, especially in the case of DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62672
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Adika Putera Setyahadi
"
ABSTRAKsiIndustri perfilman sudah menjadi bagian yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Terus munculnya film box office menjadikan peneliti tertarik untuk mengambil film sebagai tema penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari film terhadap pembentukan imej tempat yang menjadi latar tempat filmnya serta kemudian menimbulkan intensi untuk mengunjungi lokasi tersebut. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 347 responden berusia minimal 16 tahun yang pernah menonton sepuluh judul film horror ataupun romantis yang ditentukan oleh peneliti dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imej yang terbentuk pada film horror tidak berpengaruh positif terhadap sikap untuk mengunjungi tempat yang menjadi latar di film tersebut sedangkan pada film romantic imej yang terbentuk berpengaruh positif terhadap sikap untuk mengunjungi tempat yang menjadi latar di film tersebut.
ABSTRACTAbstractFilm industry has now become familiar and prominent in the ears of modern people. Continous premieres of box office films peaked interest to make film as the main theme of this research. The purpose of the research is to see how far films can influence the image of a place used in the backgrounds and if those locations be picked later on as a destination to go. Data are collected through spreading questionnaires to 347 respondents whose age range starts from 16 years old, having watched ten selected tittles of both romantic and horror films in the span of last six months. Data analysis is conducted using descriptive analysis and partial least squares with Smart PLS 3.0. The result shows that image shaped by horror films are not positive towards intention to visit the place chosen as the background, wheras romantic films provide positive image and results to attitude towards visiting the place shown in the film. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Catherine Nadia Alexandra
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor nilai yang terdapat pada konten destinasi yang diunggah oleh akun TikTok @backpackertampan terhadap eWOM melalui consumer engagement dan consumer involvement. Terdapat 8 hipotesis diuji dan teknik pengambilan sampel secara judgemental digunakan berdasarkan pertimbangan peneliti. Sebanyak 285 responden berhasil dikumpulkan secara online melalui kuesioner kemudian data tersebut diolah secara PLS-SEM dengan menggunakan SmartPLS 4. Hasil dari penelitian menemukan bahwa informativeness, irritation, credibility, personalization, dan incentives mempengaruhi penilaian konsumen saat melihat konten destinasi di TikTok secara signifikan dan consumer engagement dan involvement memediasi hubungan tersebut secara signifikan. Akan tetapi, entertainment tidak dibuktikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penilaian konsumen saat melihat konten destinasi di TikTok. Penelitian ini akan berkontribusi terhadap pengembangan topik pemasaran pariwisata melalui TikTok mulai dari keefektifan konten destinasi, pengertian dan implementasi model Ducoffe dan teori elaboration likelihood model, dan eWOM.
This study aims to determine the effect of the value factors contained in destination content uploaded by the TikTok account @backpackertampan on eWOM through consumer engagement and consumer involvement. There are 8 hypotheses tested and a judgmental sampling technique is used based on the considerations of the researcher. As many as 285 respondents were collected online via a questionnaire and then the data was processed by PLS-SEM using SmartPLS 4. The results of the study found that informativeness, irritation, credibility, personalization, and incentives significantly influence consumer judgment when viewing destination content on TikTok and consumers engagement and involvement mediate the relationship significantly. However, entertainment has not been proven to have a significant influence on consumer ratings when viewing destination content on TikTok. This research will contribute to the development of tourism marketing topics with TikTok usage starting from the effectiveness of destination content, the understanding and implementation of the Ducoffe model and the elaboration likelihood model theory, and eWOM."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fredy Yohanes Noriaga
"Fenomena belum optimalnya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta merupakan latar belakang penelitian ini. Tujuan riset ini untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi promosi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian pada Disparekraf DKI Jakarta. Waktu penelitian adalah satu waktu, yakni tahun 2025. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan pisau analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta, meskipun sempat mengalami penurunan pada masa pandemi COVID-19, namun setelah masa pemulihan terus terjadi pertumbuhan positif. Disparekraf DKI Jakarta terbukti telah bekerja dengan baik, khusunya dalam menerapkan strategi promosinya. Adapun strategi promosi di masa depan diusulkan untuk menerapkan keempat rancangan strategi promosi berikut ini (Strategi ST) Menggunakan teknologi dan insftruktur digital untuk mencegah isu-isu negatif mengenai Jakarta, baik isu instabilitas politik, ekonomi, keamanan, kesehatan, dan bencana alam. (Strategi SO) memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan keragaman, budaya dan prestasi Kota Jakarta pada pasar domestik dan internasional. (Strategi WO) memaksimalkan integrasi promosi antarpihak dalam penguatan ekonomi kreatif berbasis budaya lokal. (Strategi WT) meningkatkan potensi wisata alam agar signifikan sehingga destinasi wisata Jakarta dapat bersaing dengan destinasi lain.
The phenomenon of non-optimal development of tourism and creative economy in DKI Jakarta is the background of this research. The purpose of this research is to find out how the implementation of tourism and creative economy promotion strategies implemented by the DKI Jakarta Provincial Tourism and Creative Economy Office (Disparekraf) in increasing tourism and the creative economy. Qualitative research method. Descriptive research approach. The research location is at the DKI Jakarta Disparekraf. The research time is one time, namely 2025. Data collection techniques through interviews and literature studies. The data analysis technique uses a SWOT analysis. The results showed that the performance of tourism and the creative economy in DKI Jakarta, although it had experienced a decline during the COVID-19 pandemic, continued to experience positive growth after the recovery period. DKI Jakarta Disparekraf has proven to have worked well, especially in implementing its promotion strategy. The future promotion strategy is proposed to implement the following four promotional strategy designs (ST Strategy) Using technology and digital infrastructure to prevent negative issues about Jakarta, including issues of political instability, economy, security, health, and natural disasters. (SO Strategy) Utilize digital technology to promote Jakarta's diversity, culture and achievements to domestic and international markets. (WO Strategy) maximize the integration of promotions between parties in the promotion of Jakarta. (WT Strategy) increase the potential of natural tourism to be significant so that Jakarta's tourist destinations can compete with other destinations."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Middleton, Victor T.C.
Oxford : Butterworth-Heinemann, 2000
338.479 1 MID m
Buku Teks Universitas Indonesia Library