Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Madina Muhammad
Abstrak :
Skripsi ini membahas pelaksanaan tahapan Gather Information dalam Metode Individual Education Plan (IEP) yang dilakukan oleh Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI) pada kegiatan Hospital Schooling di Bangsal Kanker Anak Dharmais. Penelitian ini adalah penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan tahapan Gather Information dilakukan oleh Tenaga Pengajar. Tahapan ini bertujuan untuk melihat kebutuhan pendidikan klien kanker anak agar Rencana Belajar (Lesson Plan) sesuai kebutuhan anak dan tidak mengahambat perawatan kanker mereka. Untuk memperbaiki pelaksanaanya, YPKAI harus membuat tim pelaksana Gather Information dengan adanya pekerja sosial didalamnya.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Uji Arum Ismartini
Abstrak :
Homeschooling merupakan metode pengajaran yang baru di Indonesia. Dalam homeschooling, anak disekolahkan di rumah dengan orang tua atau dengan mendatangkan tutor ke rumah. Lembaga Pendidikan L (LPL) merupakan lembaga yang menerapkan metode homeschooling di Indonesia dengan mendatangkan tutor ke rumah. Dengan metode ini, LPL telah membantu sebagian orang tua mengenai pendidikan anaknya. Salah satu program yang ditawarkan LPL adalah Program Pengenalan Islam (PPI). PPI menawarkan pengajaran agama Islam dengan metode yang berbeda dari metode yang diterapkan di sekolah. Pendekatannya yang individual membuat anak mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman batiniah yang seharusnya mereka peroleh saat mempelajari agama Islam. Namun, PPI sebagai program yang baru tidaklah lepas dari kekurangan, dan oleh karenanya dilakukan evaluasi ini. Evaluasi ini dilakukan dengan meninjau sasaran pembelajaran PPI dari tiga teori pendidikan, yaitu teori perkembangan kognitif Piaget, teori perkembangan moral Kohlberg, dan taksonomi afektif Krathwohl. Sebagai tambahan, peneliti juga berusaha memperbaiki format modul PPI sehingga sesuai dengan format modul standar. Adapun tujuan dilakukannya evaluasi ini adalah untuk memberi masukan pada PPI LPL yang sudah ada sehingga terdapat kesesuaian antara kondisi belajar yang diciptakan dengan kondisi yang diharapkan. Setelah melalui analisis mendalam terhadap PPI, terdapat beberapa usulan perbaikan dari aspek format modul, dan sasaran pembelajaran dari setiap pertemuan. Umumnya, sasaran pembelajaran tersebut kurang sesuai dengan teori perkembangan kognitif Piaget, perkembangan moral Kohlberg, dan taksonomi Krathwohl. Saran-saran yang diberikan terhadap sasaran pembelajaran merupakan penyelarasan sasaran pembelajaran terhadap tahap perkembangan anak usia 3-6 tahun.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
TEKNODIK 15:1 (2011)(1-2)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Ramadhani
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh aset produktif dan aset nonproduktif rumahtangga terhadap keputusan anak sekolah dan bekerja di Indonesia dengan mengunakan teknik estimasi ordered probit. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah IFLS 2007. Terdapat empat keputusan anak sekolah dan bekerja yang diurutkan dari kondisi terburuk hinga terbaik yaitu anak tidak sekolah dan tidak bekerja, anak bekerja, anak sekolah dan bekerja, dan anak sekolah. Indeks aset nonproduktif dihitung dengan mengikuti metode Principal Component Analysis PCA . Penelitian ini menemukan bahwa aset produktif dan aset nonproduktif rumahtangga memberikan kesempatan anak untuk sekolah dan menurunkan kemungkinan anak untuk bekerja.
This study examines the effect of household rsquo s productive and nonproductive assets in the decision of school and working children in Indonesia by using an ordered probit model. The data used in this study is IFLS 2007. There are four decisions of children which sorted from worst to best condition. Namely not school and not work, work only, school and work, and school only. The Nonproductive asset index is calculated by following method of Principal Component Analysis PCA . This study found that household productive and nonproductive assets increase opportunities for children to school and decrease the likelihood of children to work.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
T48278
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Justine Yohana Mardhianti
Abstrak :
ABSTRAK
Sistem pendidikan di Indonesia belum banyak membuka peluang bagi anak-anak difabel untuk memiliki kesempatan yang sama seperti anak-anak nondifabel mendapatkan pengalaman belajar di situasi kelas biasa. Keberadaan sekolah inklusi membuka peluang bagi anak-anak difabel mendapatkan kesempatan ini. Untuk mendapatkan kondisi inklusif yang kondusif dibutuhkan sistem sosial yang baik di dalam sekolah, agar anak-anak difabel mendapatkan kondisi yang penuh toleransi dan nyaman untuk belajar. Teknik pengamatan dan wawancara digunakan untuk mendapatkan hasil yang deskriptif untuk menjelaskan keadaan sistem sosial dan relasi yang berjalan antar subsistem di sekolah. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teori-teori dan konsep yang relevan untuk mendapatkan pemahaman mengenai interaksi antar subsistem, relasi yang berjalan, dan sistem sosial yang terbentuk dari relasirelasi tersebut sehingga tercipta suatu kondisi yang kondusif bagi seluruh anak untuk belajar di sekolah. jalinan relasi antar subsistem sekolah, seperti pemilik sekolah, kepala sekolah, guru, murid, dan orang tua membentuk suatu sistem sosial yang tidak selalu berjalan mulus tetapi mampu membuat kondisi inklusif yang menunjang suasanya kondusif saat belajar.
ABSTRACT
Education system in Indonesia still in limited condition for different ability children to have a chance for studying in regular class situation. School with inclusion system opens these chances. To get inclusive condition, we need a good social system in that school, so that children with different ability can get a condition which full of toleration and comfort for them to study. Observation and in-depth interviews are used to get much more descriptive results for explaining the condition about social system and relation between subsystems in school. The data is then analyzed with relevant theory and concept, to get an understanding about interaction between subsystem, work of relations, and social system which constructed from those relations, so that the condusive condition could be constructed. Relationship which exists between subsystems in school, such as, the owner of the school, headmaster, teachers, students and parents form a social system. This system not always runs smoothly, but still can maintain inclusive condition which support condusive atmosphere while learning.
2016
S64354
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 2013
306.859 73 TAK
Buku Teks  Universitas Indonesia Library