Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dondati Melinda
"Pertumbuhan yang sangat pesat dari rumah sakit swasta di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, baik rumah sakit PMDN, PMA, maupun kerjasama antara keduanya semakin memperketat persaingan pada industri rumah sakit kita. Persaingan ini semakin dipertajam dengan munculnya sarana-sarana kesehatan baru, seperti Medical Centers, Trauma Centers, Fitness Centers, Diagnostic Centers, Therapy Centers, praktek bersama spesialis, dll. Bahkan seringkali, karena sifat kegiatan pelayanan mereka yang spesialistik, terfokus lebih efisien dan efektif, sarana-sarana kesehatan tersebut memberikan jasa-jasa yang lebih bermutu dan lebih memuaskan konsumen.
Kenyataan di atas membuat para pimpinan dan pemilik rumah sakit mencoba untuk mencari strategi bersaing dan terobosan baru yang jitu untuk memenangkan persaingan.
Rumah Sakit Pertamina Jaya (selanjutnya disebut RSPJ) merupakan salah satu rumah sakit yang berbentuk captive market milik PT. Pertamina. Seiring perjalanannya, RSPJ tidak hanya melayani para pelanggan yang berasal dari perusahaan induknya, tapi juga melayani pelanggan di luar induk perusahaannya, yaitu pelanggan pihak ketiga. Pelanggan inilah yang sedang diusahakan untuk ditingkatkan jumlahnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan RSPJ kepada induk perusahaannya dan berusaha untuk lebih mandiri.
RSPJ merupakan rumah sakit yang memiliki sumber daya besar dan berpotensi untuk tumbuh. Segala sumber daya yang ada digunakan sepenuhnya untuk melayani para pelanggan captive marketnya. Dengan sumber daya yang dimiliki, RSPJ berusaha untuk dapat terus meningkatkan jumlah pelanggan pihak ketiganya.
Melalui penulisan karya akhir ini, penulis mencoba untuk mengidentifikasi bagaimana komposisi pelanggan RSPJ, agar dapat mengetahui pangsa pasar yang dimiliki. Langkah selanjutnya adalah mencoba untuk mengetahui kebutuhan, harapan dan keinginan para pelanggan RSPJ tersebut dan mengidentifikasi sudah sejauh mana kepuasan mereka terhadap jasa pelayanan kesehatan yang diberikan RSPJ melalui survei kepuasan pelanggan. Kemudian dilakukan invetarisasi sumber daya yang dimiliki dan berusaha untuk menemukan unique resources menggunakan metode Resources Based.
Berdasarkan hasil analisa terdapat lima unique resources yang dimiliki RSPJ, tetapi bukan berasal dari sumber daya mediknya, melainkan berasal dari sumber daya non medik. Kelima unique resources tersebut adalah SDM, Reputasi (nama besar dan image yang baik), Market, Relationship dan Kapabilitas Pemasaran. Pada Bab V Darya Akhir ini, penulis mencoba untuk memberikan saran dan masukan bagi RSPJ berupa strategi pengembangan usaha berdasarkan unique resources menggunakan metode Resources Based."
Lengkap +
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T19967
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Ichsandi Haris
"ABSTRAK
Makalah non skripsi ini akan menjelaskan cara memahami konsep perilaku turis untuk membuat sebuah konsep tempat penginapan resort. Konsep tersebut akan menjelaskan empat topic utama yaitu market segmen, turis motif, posisi tempat resort serta Layout dan Tujuan. Pada akhirnya makalah non skripsi ini akan menjelaskan cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta cara menigkatkan kualitas dari pelayanan terhadap pelanggan yang dimana dengan menjalankan konsep baru yang ada di dalam makalah non skripsi ini akan menghasilkan sebuah tempat yang dapat menjadi contoh sebagai resort yang ramah lingkungan dan selalu memberikan kepuasan terhadap pelanggannya

ABSTRACT
In this assignment I would applied the concept of Tourist and Visitor Behavior to create a resort concept. This facility design proposal will identify four main points such as the three different market segments including groups, family and friends, and honeymooners; visitors’ motives, positioning and image of Bali Eco Resort, and also the Bali Eco Resort’s layout and orientation. At the end of the facility design, the management of visitors’ experience and satisfaction will also be explained to improve guests’ satisfaction and reinforce the service quality of the resort. Additionally, we strongly believe that with the new and fresh concept, Bali Eco Resort would be the leading environmentally friendly resort in Indonesia that could create a memorable and pleasant holiday experiences for the customers, which can stimulate customers’ desire to revisit back to Bali Eco Resort."
Lengkap +
Depok: [Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, ], 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library