Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ismiralda, Cera
"Jumlah dan jenis media massa pada saat ini semakin banyak dan beragam, namun perkembangan ini tidak disertai dengan kenaikan budget iklan yang ada. Akibatnya persaingan antar media massa termasuk media radio menjadi semakin ketat. Dalam kondisi persaingan seperti ini muncul sebuah stasiun radio baru yang membidik segmen wanita di Jakarta.
Gebrakan awal yang dilakukan untuk meningkatkan brand awarness adalah menggandeng brand Cosmopolitan yang telah lebih dulu dikenal sebagai majalah yang sarat akan info mengenai seks dan relationship. Dengan hadirnya radio ini yang merupakan radio pertama didunia yang menggunakan brand Cosmopolitan, maka peneliti ingin mengetahui pertama konsep awal pernbentukkan radio Cosmopolitan, kedua bagaimana bentuk penjabaran konsep tersebut ke dalam salah satu program unggulan yaitu acara pagi dan ketiga bagaimana gambaran respon pendengar mengenai program acara tersebut dilihat dari kesukaan sampai ketidaksukaan terhadap topik acara, narasumber, variasi program, humor, karakteristik, musik dan sound effect yang digunakan.
Kerangka konsep penelitian ini adalah karakteristik media radio, fungsi media, brand, segmentasi. targeting dan positioning, audiens dan program radio. Konsep tersebut akan memberikan teori dan definisi yang dapat dijadikan acuan pada penelitian ini. Metodologi penelitian yang dilakukan pada penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif yang selanjutnya dapat dijadikan acuan bagi manajemen radio untuk menetapkan langkah selanjutnya.
Dari hasil in depth interview yang dilakukan terlihat bahwa radio Cosmopolitan dibuat dengan konsep awal sebagai on air magazine. Namun karena perbedaan karakter kedua media tersebut, maka terdapat peruedhan usia antara pendengar Radio dan pembaca majalah Cosmopolitan. Info yang diberikan juga mengalami perubahan namun perubahan-perubahan ini harus tetap berada pada satu rujukan yang sama yaitu Fun Fearless Female.
Salah satu turunan dari konsep radio yang dibuat tercemiin dari konsep program acara pagi yang ada setiap hari Senin sampai Jum'at dari jam 06.00 - 10.00 WIB tang disebut dengan acara Breakfast Club. Acara ini dibuat dengan konsep ringan santai, lucu dan tidak serius yang berfungsi sebagai teman perjalanan dari rumah ke tempat aktifitas dan bias membuat orang semangat menghadapi hari ini.
Topik yang dipilih setiap harinya dibagi beberapa kategori yaitu karir, keluarga, current issues, seks dan relationship. Penyiar yang bertugas harus seorang publik figure, memiliki karakter yang kuat dan good story teller. Dari hasil survey yang dilakukan sebagian responden menyukai topik karir dan seks. Sedangkan humor yang spontan dan istilah baru merupakan humor yang disukai oleh responden.
Penggunaan public figure dapat membuat responden memiliki ikatan emosional dengan penyiarnya, namun konsekuensi yang harus diterima adalah pendengar menjadi lebih loyal ke penyiamya dibandingkan dengan stasiun radio tersebut, akibatnya bargaining power pihak manajemen dapat melemah. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya publik figur tersebut harus dapat mempromosikan program acara dan penyiar lainnya sehingga akan terjadi keseimbangan antar program acara lainnya."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12216
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tengku Saffita Amelia S.
"Meningkatnya jumlah radio siaran swasta niaga di jalur FM ditambah dengan munculnya televisi swasta menjadikan persaingan antar radio siaran swasta semakin ketat dalam memperebutkan angsa iklan. Masing-masing radio perusaha untuk menarik khalayak pendengar yang menjadi sasarannya melalui program-program yang menarik. Melalui program-program yang menarik tersebut diharapkan akan terjadi peningkatan jumlah pendengar sehingga pada gilirannya akan menarik minat sponsor untuk menyiarkan iklannya di radio tersebut.
Salah satu acara yang diandalka untu menarik minat pendengar adalah acara kuis berhadiah. Dengan mengasumsikan bahwa tawaran hadiah akan menjadi faktor penarik minat pendengar maka acara kuis berhadiah ini seringkali menjadi acara andalan bagi radio siaran swasta
maga.
Studi ini ingin melihat sikap khalayak pendengar Radio DMC, sebagai salah satu radio siaran swasta niaga dijalur FM, terhadap lima acara kuis berhadiah yang menjadi acara andalan, yaitu kuis Rock & Roll, Chez Gado-Gado, Kupel 3 in 1, Tek Tok dan Jakasia. Dengan mengetahui sikap khalayak pendengar terhadap acara kuis berhadiah tersebut sekaligus dapat diperoleh garnbaran evaluatif sejauh mana acara kuis berhadiah tersebut telah berhasil mencapai sasarannya sebagai media promosi. Studi ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan teknik semantik diferensial sebagai alat untuk mengukur sikap. Sikap responden terhadap acara kuis berhadiah diukur melalui lima atributnya, yaitu: gaya penyiar, suasana yang diciptakan, materi kuis, hadiah yang disediakan serta hiburan. Untuk: tiap atribut ditetapkan empat ajektif berupa pemyataan bipolar (dua kutub) dengan skala 7, yang oapat menggambarkan apakah responden memiliki tanggapan
yang positif (favorable) atau ah negati (Unfavorable) terhada atribut yang bersangkutan. Untuk me dukun serta mernpertajam data kuantitatif digunakan diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion!FGD) terhadap beberapa sampel terpilih. Hasil penelitian terhadap sejumlah 52 responden yang dijadikan sarnpel dari studi ini
memperlihatkan adanya sil(ap yang pos.tif dari responden terhadap acara kuis berhadiah di radio DMC (skor: 4.21). Dari lima kuis yang ditel:iti ku·s Kupel 3 in 1 memperoleh sko yang tertinggi
(5.16) sedangkan yang memperoleh skor terendah adala kuis Rock & Roll ( 4.61 ).
Atribut yang paling mendapat tanggapan positif dari responden adalah atribut suasana yang diciptakan oleh penyiar (skor: 5.35), artinya, secara umum responden menyukai kesan akrab, santai, komunikatif dan menyenangkan yang terasa pad a acara kuis berhadiah.
Hal lain yang menarik sebagai temuan studi ini adalah bahwa gaya penyiar yang dipilih oleh responden sebagai prioritas utama dalam rnendengarkan suatu acara temyata menjadi atribut yang mernperoleh skor yang paling rendah dalam pengukuran sikap responden. Dari sini dapat dikatakan bahwa atribut yang dianggap paling penting belum tentu, dalam kenyataannya, akan
menjadi atribut yang paling mendapat tanggapan positif dari responden.
Dari gambaran sikap responden yang cenderung positif terhadap acara kuis berhadiah dapat dikatakan bahwa acara kuis berhadiah yang disiarkan oleh radio DMC sebagai salah satu kegiatan promosi dapat dikatakan cukup berhasil"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1994
S4094
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Issha Harruma
"BAGIAN 1
Analisis Situasi
Sejarah yang sudah terlanjur dianggap membosankan serta gempuran kebudayaan asing yang masuk, membuat banyak remaja Indonesia tidak tertarik untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan negaranya sendiri. Media massa yang punya peran besar dalam mengedukasi masyarakat pun hanya sedikit yang mengangkat kedua tema tersebut menjadi program rutin. Padahal sejarah dan kebudayaan adalah hal penting yang harus diketahui oleh anak bangsa. Oleh karena itu, mereka membutuhkan informasi yang mampu memberi pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia. Program “IndoTraxia” diharapkan bisa menjadi program yang mampu memenuhi kebutuhan bagi remaja tersebut.
BAGIAN 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat Bagi Khalayak: Memberikan informasi dan pengetahuan mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia kepada para remaja. Manfaat Bagi Stasiun Radio: Menunjukkan bahwa Trax FM Jakarta peduli dengan kondisi sosial saat ini, yaitu banyak remaja yang mulai tidak tertarik dengan sejarah dan kebudayaan Indonesia.
Tujuan Sosial: Menjadi sarana informasi serta memenuhi kebutuhan pendengar akan informasi mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia yang masih minim diangkat media massa.
Tujuan Ekonomi: Menarik para sponsor dengan menawarkan konten yang tidak biasa, jarang, mengedukasi, dan juga peduli terhadap keadaan sosial para remaja saat ini yang kurang tertarik dengan sejarah dan kebudayaan bangsanya sendiri.
BAGIAN 3
Prototipe yang dikembangkan
Program ini bernama “IndoTraxia” dan berformat feature. Program ini mengangkat berbagai tema sejarah dan kebudayaan Indonesia, serta direncanakan untuk disiarkan di Trax FM Jakarta pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.30-09.35, 18.30-18.35, 15.30-15.35, 21.30-21.35 dan 23.30-23.35. Target pendengar utama program ini adalah remaja dengan usia 15-21 tahun yang berada di Jabodetabek, dengan SES A, B, dan C+. Sedangkan target sekundernya adalah anak muda dengan usia 22-25 tahun.
BAGIAN 4
Evaluasi
Pre test dilakukan dengan metode Focus Groud Discussion (FGD). Peserta berjumlah 12 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Pre test akan dilakukan dua minggu sebelum program "IndoTraxia" disiarkan dengan daftar pertanyaan FGD sebagai instrumen. Sedangkan, evaluasi akan dilakukan setelah empat episode pertama ditayangkan. Evaluasi dilakukan dengan FGD dan melihat berbagai respon yang masuk melalui berbagai channel.
BAGIAN 5
Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan Program: Rp 385.000,-
Jumlah Biaya Produksi 35 episode: Rp 13.475.000,-
Prakiraan Pendapatan 35 Episode: Rp 214.025.000,-
Jumlah Anggaran Pre Test: Rp 691.400,-
Jumlah Anggaran Evaluasi: Rp 813.500,-

PART 1
Situation Analysis
History, which has been considered as boring stuff, and the large influence of foreign culture are the reasons why a lot of teenagers in Indonesia are not interested in studying their own history and culture. Even mass media which has an important part in educating people rarely raised both themes into a regular topic. Though history and culture are important things that should be known by the young generation. Therefore, they need more information which can provide knowledge about history and culture of Indonesia. "IndoTraxia" program is expected to be able to provide that information for teenagers.
PART 2
Benefits and Objectives of the Developing Prototype
Public Benefit: To provide information and knowledge about history and culture of Indonesia to the teenagers.
Benefit for Radio Station: To indicate that Trax FM Jakarta concerns about current social condition that is Indonesian teenagers are starting to be less-interested in their own nation’s history or culture.
Social Objective: To be the main source of information, as well as to provide information about history and culture for listeners.
Economic Objective: To attract sponsorships by offering unusual and educative content that also concerns to social circumstances of the teenagers today who are less-interested in studying their own history and culture.
PART 3
The Developing Prototype
The program is called "IndoTraxia" by using feature format. It picks up various themes of history and culture of Indonesia. "IndoTraxia" is planned to be broadcasted at Trax FM Jakarta on Monday to Friday, at 09.30-09.35, 18.30-18.35, 15.30-15.35, 21.30-21.35 and 23.30-23.35 WIB. The primary target is teenager whose age 15-21, and are located in Jabodetabek, with SES A, B, C+; while the secondary target is young people age 22-25.
PART 4
The Evaluation
Pre test will be conducted using Focus Groud Discussion (FGD) method two weeks before the launch of the program. Total participants are 12 which are divided into two groups. Meanwhile, the evaluation will be conducted after the first four episodes being aired. It will be done by FGD as an instrument and by seeing responses coming in through various channels.
PART 5
The Budget
Total Budget of Prototype Production : 385.000 IDR
Total Budget of Production (13 episodes): 13.475.000 IDR
Estimation of income (13 Episodes): 214.025.000 IDR
The Budget of Pre Test: 691.400 IDR
The Budget for Evaluation: 813.500 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58597
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Melati Pertiwi Putri
"[ABSTRAK
Bagian 1: Analisis Situasi
Minat membaca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah karena minimnya sarana, informasi, serta koleksi buku. Di sisi lain, upaya mengapresiasi karya sastra Indonesia mulai berkembang baik. Namun, kebanyakan orang cenderung menganggap sastra itu berat. Padahal sastra banyak memberikan manfaat. Diperlukan adanya program khusus soal karya sastra Indonesia untuk segmen dewasa muda. Media yang digunakan adalah radio karena meski jangkauannya luas tetapi bisa membangun hubungan personal.
Hasil riset khalayak terhadap 55 pendengar radio menunjukkan mayoritas dari mereka merasa butuh dan tertarik dengan ide program bertema sastra. Hampir semua responden setuju jika program karya sastra Indonesia ini direalisasikan.
Bagian 2: Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat bagi khalayak: Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengenal karya sastra Indonesia.
Manfaat bagi pengelola: Meningkatkan citra positif karena menghadirkan program yang mendidik masyarakat tentang sastra Indonesia.
Manfaat ekonomi: Pengelola mendapatkan pemasukan tambahan.
Tujuan sosial: Mengenalkan karya-karya sastrawan Indonesia.
Tujuan ekonomi: Menambah keuntungan lewat iklan dan sponsor.
Bagian 3: Prototipe yang Dikembangkan
Program bertema sastra ini mengusung format talkshow, dengan nama ?AKSARA? (Apresiasi Karya Sastra Indonesia). Program akan mengudara di KBR, setiap Sabtu, selama 1 jam, pukul 19.00-20.00 WIB. Program ini menghadirkan sastrawan, penyair, budayawan, atau kritikus sastra sebagai narasumber.
Bagian 4: Evaluasi
Media pre-test dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) sebanyak 2 kali. Peserta FGD adalah 10 orang berusia 20-30 tahun. Pre-test dilakukan sebulan sebelum hari siaran program dan setelah prototipe program diproduksi.
Evaluasi akan dilaksanakan secara aktif dan pasif, setelah program disiarkan. Metodenya adalah kuesioner digital dan memantau respon pendengar via SMS, email, dan Twitter.
Bagian 5: Anggaran
Anggaran pembuatan prototipe: Rp 143.000,-
Anggaran pembuatan program per edisi: Rp 1.265.000,-
Total biaya produksi program selama tiga bulan (13 edisi):
Rp 16.445.000,-
Anggaran pre-test: Rp 1.925.000 dan Evaluasi per bulan: Rp 1.800.000;

ABSTRACT
Part 1: Situation Analysis
Indonesian literacy awareness is still low due to the lack of facilities, information, and book collections. On the one hand, the effort to appreciate Indonesian literature is growing immensely. On the other hand, many people tend to assume that literature is way too heavy, when actually it may give a very rewarding results to the ones study it. There is a growing need for a special program that discusses Indonesian literature targeting young adults segment. Radio became the media that the writer choose because it has the ability to reach a wide-scope of listeners, while still maintaining intimate-personal relationship with its designated listeners.
The result of audience?s research to the 55 radio listeners show that the majority of them need and excited to the idea of literature-themed programme. Most of them agree, incase this program of Indonesian literature to be created.
Part 2: The Advantages and the Purposes of Prototype Development
Benefits for the audience: Raising the public awareness on the importance of knowing Indonesian literature. Benefits for managers:Managing a positive image for the radio itself because it uses Indonesian literature as a tool to educate people. Economic benefits: Getting additional income. Social objectives: Introducing the works of Indonesian author. Economic objectives: Getting profits from advertisement and sponsorship.
Part 3: The Developed Prototype
This programme carries a talk show format, called "AKSARA" (Appreciation for Indonesian Literature). The program will air at KBR, every Saturday, for 1 hour, from 19:00 to 20:00 pm. This program presents a writer, a poet, a cultural observer, or literature critics as source persons.
Part 4: The Evaluation
A media pre-test will be conducted using Focus Group Discussion (FGD) method twice. The participants consist of 10 people aged 20-30 years. This pre-test will be done a month before the day of the broadcast program and after the program prototype is produced.
The evaluation will be carried out in both active and passive ways, right after the program is broadcast. A digital questionnaire will be used while monitoring the response of listeners via SMS, email, and Twitter simultaneously.
Part 5: Budget
Budget for prototype making : Rp 143.000 ,-
Budget for making programme per edition : Rp 1.265.000 ,- The total cost production for three months (13 editions): Rp 16.445.000 , -
Budget pre -test : Rp 1.925.000 and Evaluation each month: Rp1.800.000;Part 1: Situation Analysis
Indonesian literacy awareness is still low due to the lack of facilities, information, and book collections. On the one hand, the effort to appreciate Indonesian literature is growing immensely. On the other hand, many people tend to assume that literature is way too heavy, when actually it may give a very rewarding results to the ones study it. There is a growing need for a special program that discusses Indonesian literature targeting young adults segment. Radio became the media that the writer choose because it has the ability to reach a wide-scope of listeners, while still maintaining intimate-personal relationship with its designated listeners.
The result of audience?s research to the 55 radio listeners show that the majority of them need and excited to the idea of literature-themed programme. Most of them agree, incase this program of Indonesian literature to be created.
Part 2: The Advantages and the Purposes of Prototype Development
Benefits for the audience: Raising the public awareness on the importance of knowing Indonesian literature. Benefits for managers:Managing a positive image for the radio itself because it uses Indonesian literature as a tool to educate people. Economic benefits: Getting additional income. Social objectives: Introducing the works of Indonesian author. Economic objectives: Getting profits from advertisement and sponsorship.
Part 3: The Developed Prototype
This programme carries a talk show format, called "AKSARA" (Appreciation for Indonesian Literature). The program will air at KBR, every Saturday, for 1 hour, from 19:00 to 20:00 pm. This program presents a writer, a poet, a cultural observer, or literature critics as source persons.
Part 4: The Evaluation
A media pre-test will be conducted using Focus Group Discussion (FGD) method twice. The participants consist of 10 people aged 20-30 years. This pre-test will be done a month before the day of the broadcast program and after the program prototype is produced.
The evaluation will be carried out in both active and passive ways, right after the program is broadcast. A digital questionnaire will be used while monitoring the response of listeners via SMS, email, and Twitter simultaneously.
Part 5: Budget
Budget for prototype making : Rp 143.000 ,-
Budget for making programme per edition : Rp 1.265.000 ,- The total cost production for three months (13 editions): Rp 16.445.000 , -
Budget pre -test : Rp 1.925.000 and Evaluation each month: Rp1.800.000;Part 1: Situation Analysis
Indonesian literacy awareness is still low due to the lack of facilities, information, and book collections. On the one hand, the effort to appreciate Indonesian literature is growing immensely. On the other hand, many people tend to assume that literature is way too heavy, when actually it may give a very rewarding results to the ones study it. There is a growing need for a special program that discusses Indonesian literature targeting young adults segment. Radio became the media that the writer choose because it has the ability to reach a wide-scope of listeners, while still maintaining intimate-personal relationship with its designated listeners.
The result of audience?s research to the 55 radio listeners show that the majority of them need and excited to the idea of literature-themed programme. Most of them agree, incase this program of Indonesian literature to be created.
Part 2: The Advantages and the Purposes of Prototype Development
Benefits for the audience: Raising the public awareness on the importance of knowing Indonesian literature. Benefits for managers:Managing a positive image for the radio itself because it uses Indonesian literature as a tool to educate people. Economic benefits: Getting additional income. Social objectives: Introducing the works of Indonesian author. Economic objectives: Getting profits from advertisement and sponsorship.
Part 3: The Developed Prototype
This programme carries a talk show format, called "AKSARA" (Appreciation for Indonesian Literature). The program will air at KBR, every Saturday, for 1 hour, from 19:00 to 20:00 pm. This program presents a writer, a poet, a cultural observer, or literature critics as source persons.
Part 4: The Evaluation
A media pre-test will be conducted using Focus Group Discussion (FGD) method twice. The participants consist of 10 people aged 20-30 years. This pre-test will be done a month before the day of the broadcast program and after the program prototype is produced.
The evaluation will be carried out in both active and passive ways, right after the program is broadcast. A digital questionnaire will be used while monitoring the response of listeners via SMS, email, and Twitter simultaneously.
Part 5: Budget
Budget for prototype making : Rp 143.000 ,-
Budget for making programme per edition : Rp 1.265.000 ,- The total cost production for three months (13 editions): Rp 16.445.000 , -
Budget pre -test : Rp 1.925.000 and Evaluation each month: Rp1.800.000, Part 1: Situation Analysis
Indonesian literacy awareness is still low due to the lack of facilities, information, and book collections. On the one hand, the effort to appreciate Indonesian literature is growing immensely. On the other hand, many people tend to assume that literature is way too heavy, when actually it may give a very rewarding results to the ones study it. There is a growing need for a special program that discusses Indonesian literature targeting young adults segment. Radio became the media that the writer choose because it has the ability to reach a wide-scope of listeners, while still maintaining intimate-personal relationship with its designated listeners.
The result of audience’s research to the 55 radio listeners show that the majority of them need and excited to the idea of literature-themed programme. Most of them agree, incase this program of Indonesian literature to be created.
Part 2: The Advantages and the Purposes of Prototype Development
Benefits for the audience: Raising the public awareness on the importance of knowing Indonesian literature. Benefits for managers:Managing a positive image for the radio itself because it uses Indonesian literature as a tool to educate people. Economic benefits: Getting additional income. Social objectives: Introducing the works of Indonesian author. Economic objectives: Getting profits from advertisement and sponsorship.
Part 3: The Developed Prototype
This programme carries a talk show format, called "AKSARA" (Appreciation for Indonesian Literature). The program will air at KBR, every Saturday, for 1 hour, from 19:00 to 20:00 pm. This program presents a writer, a poet, a cultural observer, or literature critics as source persons.
Part 4: The Evaluation
A media pre-test will be conducted using Focus Group Discussion (FGD) method twice. The participants consist of 10 people aged 20-30 years. This pre-test will be done a month before the day of the broadcast program and after the program prototype is produced.
The evaluation will be carried out in both active and passive ways, right after the program is broadcast. A digital questionnaire will be used while monitoring the response of listeners via SMS, email, and Twitter simultaneously.
Part 5: Budget
Budget for prototype making : Rp 143.000 ,-
Budget for making programme per edition : Rp 1.265.000 ,- The total cost production for three months (13 editions): Rp 16.445.000 , -
Budget pre -test : Rp 1.925.000 and Evaluation each month: Rp1.800.000]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Chintia Maligia
"Radio sebagai salah satu jenis medium komunikasi massa telah sejak lama ambil bagian dalam kehidupan masyarakat luas. Eksistensi dan besarnya industri radio ini juga terjadi di Indonesia. Keadaan ini membuat industri radio melakukan kegiatan promosi agar selalu bisa menjadi yang terdepan. Kegiatan promosi ini diklasifikasi oleh Hendriks & Mims (2014) menjadi on-air promotion dan off-air promotion. Dalam makalah ini penulis akan menganalisa bagaimana penerapan kedua jenis promosi radio ini diterapkan di Indonesia. Analisa dilakukan pada OZ Radio Jakarta sebagai radio yang terbilang baru di Jakarta, melalui jenis-jenis promosi yang dijalankannya. Dalam makalah ini, penulis mendapatkan data mengenai kegiatan OZ Radio Jakarta melalui salah satu stafnya dengan melakukan wawancara mendalam.

Radio as a medium of mass communication has been a part of society for a long time. The radio industry has also developed in Indonesia and many company are competing to be the frontrunner in radio industry by doing promotional activity. Promotion activity is classified by Hendriks and Mims (2014) into on-air promotion and off-air promotion. In this paper, writer will analyze how is the promotional activity being implemented in Indonesia. OZ Radio Jakarta will be the subject of analysis as the writer look through their promotional activity. In the end, writer discovers about the matter by doing in depth interview with one of its staff."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Beaver, C. Masten
New York : Exposition Press , 1955
917.98 BEA f (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Vane, Edwin T.
Boston: Focall Press, 1994
791.45 VAN p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Beville, Hugh Malcolm
Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, 1985
384.54 BEV a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Eastman, Susan Tyler
Belmont, California: Wadsworth, 1985
791.440 973 EAS b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Eastman, Susan Tyler
Australia: Wadsworth and Cengage Learning, 2013
791.45 EAS m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>