Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 72 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Darsimah Mandah
Depok: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, 1993
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Desak Putu Kristian Purnamiasih
Abstrak :
Pemasangan infus merupakan salah satu tindakan invasif yang dapat menyebabkan kecemasan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bermain terapeutik terhadap perubahan kecemasan anak usia sekolah (7 - 12 tahun) yang akan dipasang infus. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan pre and post test control group design, jumlah sampel 34, dan analisis data menggunakan paired t - test. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa bermain terapeutik efektif menurunkan kecemasan pada anak usia sekolah yang akan dipasang infus (pValue = 0,011). Bermain terapeutik dapat diterapkan sebagai intervensi keperawatan untuk menurunkan kecemasan pada anak yang akan dipasang infus. ......Peripheral venous (Infusion) cannulation is one of invasive procedure which may cause anxiety among children. This study aimed to investigate the effectiveness of therapeutic play to anxiety changes of school aged children (7-12 years old) who will undergo peripheral venous (infusion) cannulation procedure. This study used quasi experimental design with pre and post control group and total sample of 34 school aged children and paired t test data analysis was employed. The result of statistical test showed that therapeutic play was effective to reduce anxiety among school aged children who would have peripheral venous (infusion) cannulation (p value = 0,011). It is recommended to apply therapeutic play as a nursing intervention to reduce anxiety in school aged children who will have peripheral venous (infusion) cannulation.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T35025
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stevanus Tata Holokoten
Abstrak :
ABSTRAK
Setiap anak diharapkan mampu melewati tahapan-tahapan perkembangan. Pada usia sekolah mereka diharapkan mampu memahami konsep-konsep dasar tentang berpikir atau secara langsung berhubungan dengan kemampuan kognitif mereka (Papalia, Olds, Feldman.2001). Masalah yang sering terjadi adalah kesiapan kognitif anak dalam memasuki usia sekolah berbeda satu sama lainnya (Hoeman & Ross, 1982; Piaget & Inhelder, 1975). Kemampuan tersebut di antaranya adalah kemampuan untuk menentukan harapan mereka. Harapan dibutuhkan dalam setiap aktivitas sehari-hari dan merupakan hal utama untuk perkembangan pemahaman tentang probabilitas. Namun penelitian tentang harapan anak terhadap sesuatu sangat jarang dilakukan. Penelitian tentang harapan bisa dilakukan dengan memberikan tugas berupa permainan yang sederhana dan sangat menarik bagi anak yang berhubungan dengan menang atau, kalah (Schlottmann and Anderson, 1994). Perbedaan harapan anak juga mempengaruhi perbedaan prestasi akademis setiap individu (Berns, 1997). Peneliti tertarik untuk melihat perbedaan level of expectancy anak usia sekolah. Peneliti ingin melihat apakah ada perbedaan yang signifikan pada level of expectancy anak usia sekolah dari dua kelompok yang dibedakan menjadi kelompok yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba (kelompok eksperimen) dan kelompok yang langsung mencoba permainan tersebut (kelompok kontrol). Untuk tujuan itu dipilihlah 60 subyek penelitian yang dibagi menjadi 2 kelompok. Subyek dipilih dengan teknik accidental sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan Kecerdasan Otak yang menggambarkan harapan atau expectancy anak dalam bermain. Dalam permainan ditentukan bahwa harapan yang baik adalah dapat menyelesaikan permainan dengan menyisakan 1 kelereng. Hasil penelitian dengan menggunakan metode t-test for independent samples menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam level of expectancy anak usia sekolah. Penelitian menunjukkan pentingnya pengalaman dalam mencoba sesuatu. Penerapan konkrit dari hasil penelitian untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menentukan harapan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah adalah memberikan kesempatan yang cukup pada anak (termasuk melakukan simulasi).
2002
S3124
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joshua Santoso
Abstrak :
ABSTRACT
Main merupakan suatu kegiatan yang sudah dilakukan manusia sejak zaman purba sebelum peradaban. Main merupakan kegiatan spasial yang pengalmannya diwadahi sebuah ruang. Skripsi ini bertujuan menelusuri sifat-sifat yang menjadikan pengalaman keruangan bermain berbeda dengan ruang lingkungan kita. Keruangan bermain menarik sebab cara kita menginterpretasi ruang ini berbeda dengan cara kita menginterpretasi ruang dalam lingkungan kita. Cara interpretasi tersebut merupakan sifat main yang di luar dunia nyata yang disebut juga sebagai magic circle. Keruangan dan bagaimana kelangsungan permainan berinteraksi dengan ruang tersebut merupakan tujuan pembahasan skripsi ini.
ABSTRACT
Playing is an activity that we have been doing since the ancient times and before the beginning of civilization. Playing is a spatial activity and is practiced in our environment as a daily activity. This thesis aims to study the aspects of playspace and the space we normally experience in our environment. Playspace is interesting in how it manages to interpret spaces specifically for the requisites that define the play in question. The interpretation of spaces is different from how we normally look at spaces in our environment. This is a characteristic of play that is ldquo outside of real life rdquo and what is called the Magic Circle.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cattanach, Ann
London: Jessica Kingsley, 1992
618.928 91 CAT p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Carmichael, Karla D.
New Jersey: Pearson - Prentice Hall, 2006
618.92 CAR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cohen, David
Abstrak :
The Development of Play explores the central role of play in childhood development. David Cohen examines how children play with objects, with language, and most importantly with each other and their parents. He explains how play enables children to learn how to move, think, speak and imagine, as well as to develop emotionally and socially. Incorporating much of the recent research in this area, including that of John Flavell, Henry Wellman and others, The Development of Play shows how play encourages children to grasp the difference between appearance and reality
New York: Routledge, 2006
155.418 COH d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
O`Connor, Kevin John
New York: John Wiley & Sons, 1991
615.851 53 OCO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: John Wiley & Sons, 1982
R 618.928 916 HAN
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Secara umum masyarakat Jawa Barat pada masa kini menyebut sinden untuk menunjuk kepada pelaku sekar,vokal atau penyanyi dalam pertunjukan kliningan atau wayang golek yang secara historis berasal dari kata ronggeng ,yaitu penari perempuan pada pertunjukan tayuban,ketk tilu,doger,telebung ngapung,belentuk ngapung,ronggeng gunung, ronggeng ketuk dan tari-tarian hiburan rakyat sejenisnya......
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>