Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Nur Jannah
"ABSTRAK
Gaya hidup adalah perpaduan antara kebutuhan ekspresi diri dan harapan kelompok terhadap seseorang dalam bertindak berdasarkan pada norma yang berlaku. Gaya hidup di sini merupakan perilaku individu-individu dalam mengkonsumsi barang atau waktu luang. Perilaku dan gaya hidup yang sama menjadikan individu tersebut tergabung dalam sebuah komunitas dan melakukan ekspresi dan interaksi dengan komunitasnya. Ruang publik jalan menjadi salah satu tempat kegiatan komunitas berlangsung. Dengan latar belakang gaya hidup tertentu, komunitas memiliki ekspresi dalam menggunakan ruang atau ekspresi spasial yang berbeda satu sama lain. Ekspresi tersebut dilakukan di ruang jalan karena ruang publik lainnya
disinyalir tidak dapat menampung kebutuhan komunitas tersebut. Maka bentuk ekspresi penggunaan ruang atau ekspresi spasial dari sebuah kelompok hidup menjadi kualitas ruang jalan yang memenuhi kebutuhan komunitas untuk berekspresi dan berinteraksi.

ABSTRACT
Lifestyle is a blend of self-expression needs and expectations of the group against a person in the act based on the prevailing norms. Lifestyle here is the behavior of individuals in consuming goods and leisure. Same behaviors and lifestyles make a person involved in a community and do the expression and interaction with the community.
Street public space becomes one of community activities take place.
Against the backdrop of a certain lifestyle, the community has an expression in use of space or spatial expression which differ from each other. Expression was performed in street space because other public spaces was allegedly unable to accommodate the needs of the community. Then the form of expression the use of space or spatial expression of a group of life become quality street spaces that
meets the needs of the community to express and interact."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1772
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Casey, Edward S., 1939-
Berkeley : University of California Press, 1997
114 CAS f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Wulandari
"ABSTRAK
Tempat sering dipandang sebagai sesuatu yang sangat personal. Terlepas dari kenyataan bahwa banyak bangunan dapat didefinisikan sebagai tempat, biasanya kata 39;tempat 39; itu sendiri berkaitan erat dengan tempat yang kita tinggali, yakni rumah. Dengan memeriksa novel Emma Donoghue, Room 2010 , artikel ini berusaha membahas hubungan antara kedua karakter di dalam cerita, Ma dan Jack, dan ikatan yang tumbuh dengan ruangan yang mereka tinggali selama bertahun-tahun. Dengan menggunakan teori place attachment dan kerangka kerja tripartit yang ditawarkan oleh Scannell dan Grifford 2011 , artikel ini menemukan bahwa keterikatan yang dirasakan oleh karakter terhadap ruang dan tempat itu berubah. Karena itu, place attachment bukanlah sesuatu yang mutlak dan permanen; Sebaliknya, itu berubah sepanjang waktu.

ABSTRACT
Place is often seen as something very personal. Despite the fact that many buildings can be defined as places, usually the word rsquo place rsquo itself is closely linked to where we dwell our house. By examining Emma Donoghue rsquo s 2010 novel, Room, this article seeks to discuss the relationship between the two characters, Ma and Jack, and the bond that grows with the room that they inhabit for years. By using the place attachment theory and the tripartite framework offered by Scannell and Grifford 2011 , this article discovers that the attachment which the characters feel toward the room changes. Therefore, place attachment is not fixed and permanent rather, it changes throughout the time."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Lestari
"Kebutuhan untuk menyampaikan dan mendengar sebuah cerita adalah sebuah kebutuhan alamiah dan memiliki nilai yang penting dalam kehidupan manusia. Sebuah cerita diyakini mampu menambah suatu nilai kepada sebuah objek dan membuat orang lain tertarik. Pembahasan dalam skripsi ini bermula dari pencarian terhadap sebuah upaya untuk mencapai arsitektur yang bermakna. Arsitektur yang bermakna disini dapat dicapai melalui apresiasi manusia sebagai pengguna dari arsitektur tersebut.
Saat berusaha untuk mencapai apresiasi inilah dimana sebuah cerita kemudian memegang peran, sehingga munculah ruang yang bercerita. Pembahasan terhadap ruang bercerita ini akan menggunakan pendekatan ruang puitis seperti yang diungkapkan oleh Gaston Bachelard, dan pendekatan cerita sebagai panduan melalui keberadaan maps dan tours yang dijelaskan oleh Michel de Certeau. Kedua pendekatan ini menegaskan faktor manusia sebagai pengguna ruang yang menjadi aktor dalam cerita. Sebuah peranan yang turut menentukan apakah ruang tersebut mampu dinikmati layaknya manusia menikmati sebuah cerita.
Dalam proses analisis terhadap ruang yang kemudian dilakukan, ditemukan bahwa kedua aspek pendekatan tersebut hadir di dalam ruang dan menjadikannya memiliki identitas serta lebih dimengerti oleh penggunanya. Saat pengguna memahami sesuatu yang hadir melebihi sebuah bentuk fisik atau yang terlihat di permukaan, maka saat itulah tercapai arsitektur yang lebih bermakna.

The necessity to tell and hear stories is a natural need and essential to human life. A story was believed could add a value to a certain object and made it more appealing. This writing was inspired by the search for a means toward meaningful architecture. A state of architecture that can be achieved with the appreciation from human as the user of the product of architecture.
This is when a story has an advantage to create storytelling space, the kind of space that we require when there is a need for human appreciation. The course to discuss about this storytelling space, will divide into two approaches. The first is Gaston Bachelard?s poetic space and the second will be using maps and tours as explains by Michel De Certeau. These two approaches signify the importance of human as a user of the space which also made us an actor of the story. A role that plays part whether that space can be enjoyed as humankind enjoys a story or not.
Within the analyzing process afterwards, i discover that the two approaches happen inside the space. Moreover they identify it and made it more understandable for its user. When the user understands what is present beyond physical aspect or what appear on the surface, is when architecture develops into something more meaningful.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S48437
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bennet, Bruce
South Fremantle, W.A: Fremantle Arts Centre Press, 1991
820.994 BEN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Alexandra Herninda Permadi
"Tulisan ini memahami bagaimana komponen-komponen heterogen pada suatu ruang membentuk assemblage yang berkontribusi dalam proses teritorialisasi, deteritorialisasi, dan reteritorialisasi identitas teritori melalui repetisi, pergerakan, dan habit. Tulisan ini bertujuan mengetahui bagaimana identitas dalam suatu ruang terbentuk secara dinamis dan terus dinegosiasikan oleh aspek dalam ruang spasial yang terus berubah. Di dalam proses ini, pembentukan identitas hadir melalui repetisi pergerakan yang menstabilkan peran komponen di dalam ruang melalui proses teritorialisasi. Akan tetapi, ketika kestabilan terganggu, proses deteritorialisasi dapat terjadi yang kemudian dapat distabilkan kembali melalui proses reteritorialisasi. Repetisi pergerakan dapat terinternalisasi dalam diri individu menghadirkan habit sebagai proyeksi pengalaman yang membawa proses teritorialisasi ke ruang dengan konteks serupa. Penulisan ini menganalisis permainan Valorant sebagai kasus. Analisis dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu (1) pergerakan sebagai pembentuk identitas melalui repetisi dan (2) identifikasi komponen dalam transformasi identitas ruang. Pendekatan pertama menganalisis bagaimana rangkaian repetisi pergerakan dalam ruang dapat membentuk identitas melalui pola dan ritme yang menghadirkan proses teritorialisasi. Pendekatan kedua mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam transformasi identitas melalui proses deteritorialisasi dan reteritorialisasi. Hasil dari studi menunjukkan bahwa proses pembentukan identitas ruang terjadi secara dinamis melalui repetisi pergerakan yang menuntun variasi relasi antar komponen heterogen yang perannya dapat terus dinegosiasikan di dalam ruang.

This paper explores how heterogeneous components within space form an assemblage that contributes to the processes of territorialization, deterritorialization, and reterritorialization of territorial identity through repetition, movement, and habit. This paper aims to understand how spatial identity is dynamically formed and negotiated through the changing aspects of the spatial environment. Identity formation emerges through repetitive movement that stabilizes the roles of components within space through territorialization. However, when this stability is disrupted, deterritorialization may occur and can be restabilized through reterritorialization. Repetitive movement can be internalized and manifested as habit within individuals, projecting the territorialization process into similar spatial contexts. This paper analyzes Valorant as a case. The analysis is conducted through two approaches: (1) movement as a spatial process that forms identity through repetition and (2) identification of components in the transformation of spatial identity. The first approach explores how movement repetition within space forms identity through patterns and rhythms that present the territorialization process. The second approach identifies components involved in the identity transformation through deterritorialization and reterritorialization processes. This study indicates that the spatial identity formation process occurs dynamically through repetitive movements, guiding variations in relation between heterogeneous components whose roles can continuously be negotiated within space."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhira Dwiathayya
"Skripsi ini bertujuan untuk menelusuri pembentukan tempat oleh penulis cerita untuk hadir sebagai karakter melalui signifikansinya terhadap plot. Suatu tempat di narasi pada dasarnya dibentuk oleh penulis cerita, tetapi kehadirannya cenderung diposisikan sebagai pelengkap. Dengan melepas tempat dari definisinya sebagai latar, terdapat potensi untuk mereposisinya dari sekadar latar menjadi karakter melalui pemaknaannya terhadap cerita yang ada. Skripsi ini akan mengkaji tempat pada cerita fiksi untuk melihat bagaimana penulis cerita membentuknya sebagai karakter melalui basis teori narrative, place, character, serta pemaknaan tempat melalui critical worldbuilding. Melalui studi kasus, ditemukan bahwa interelasi antara tempat dengan elemen lain pada cerita akan membentuk suatu tempat yang terikat secara kausal, menjadikannya khas terhadap cerita serta turut berkembang seiring jalannya cerita. Keterikatannya dengan elemen lain pada cerita membuat kehadiran tempat menjadi signifikan terhadap plot yang ada, untuk kemudian mereposisinya sebagai karakter pada cerita tersebut.

This thesis aims to explore the construction of place by a story author to be positioned as a character through its significance to the plot. A place in a narrative is shaped by the author, but the presence of a place tends to be positioned as a complement. By detaching place from its definition of setting, there is a potential to reposition it from a mere setting element to a character through its meaning to the story. This thesis will examine a place in a fictional story to see how the story author shape it as a character through the basis of narrative theory, place, character, as well as the construction of meaning in fictional places through critical worldbuilding. The study reveals that the interrelation between place and other elements in the story will form a place that is causally tied, making it particular to the story and dynamic as the story progresses. The interrelatedness with other elements of the story makes the place significant to the plot, therefore repositions it as a character of the story."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gutsche, Robert E., Jr., 1980-
"Geographies of Journalism connects theoretical and practical discussions of the role of geotechnologies, social media, and boots-on-the-ground journalism in a digital age to underline the complications and challenges that place-making in the press brings to institutions and ideologies. By introducing and applying approaches to geography, cultural resistance, and power as it relates to discussions of space and place, this book takes a critical look at how online news media shapes perceptions of locales. Through verisimilitude, storytelling methods, and journalistic evidence shaped by sources and news processes, the press play a critical role in how audiences shape interpretations of social conditions "here" and "there", and place responsibility for socio-political issues that appear in everyday life. Issues of proximity, place, territory, news myth, placemaking, and power align in this book of innovative and new assessments of journalism in the digital age. This is a valuable resource for scholars across the fields of human geography, journalism, and mass media."
London: Routledge, 2019
070.433 GUT g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library