Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
I Gusti Lanang Suartana Putra
Abstrak :
ABSTRAK
Rumah sakit merupakan organisasi pelayanan jasa yang mempunyai kespesifikan dalam hal sumber daya manusia. Salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui mekanisme penilaian kinerja. Di RSUP Sanglah Denpasar belum pernah dilakukan analisis mengenai sistem penilaian kinerja staf medik sehingga belum diketahui bagaimana penilaian kinerja staf medik yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem penilaian kinerja staf medik di RSUP Sanglah Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara dan penelusuran dokumen. Analisa data dengan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kinerja staf medik berdasarkan enam kriteria penilaian belum berjalan dengan baik. Pedoman, instrument, indikator, serta kebijakan penilaian perlu direvisi dan disempurnakan. Perlu dibentuk tim khusus untuk melakukan penilaian kinerja staf medik di rumah sakit.
ABSTRACT
Hospital services is an organization that has specificity in terms of human resources. One strategy to improve human resources quality is through performance appraisal mechanisms. In Sanglah Hospital had not done an analysis of the performance appraisal system of the medical staff. It is not known how the medical staff performance assessment system are effective. The aim of this study was to describe the performance appraisal system of the medical staff at Sanglah Hospital in Denpasar. This research was a qualitative descriptive study, by conducting interviews and document review. Data analysis with content analysis. The results showed that the medical staff performance appraisal system based on six criterias have not been going well. Guidelines, instruments, indicators, and assessment policy needs to be revised and refined. Need to set up a special team to conduct performance appraiser in the hospital medical staff.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41948
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anton Junior, aurthor
Abstrak :
Pihak manajemen seringkali kurang memperdulikan aspek persepsi dalam penilaian kinerja. Padahal, persepsi dapat menyebabkan reaksi negatif yang berpotensi menggagalkan tujuan penilaian kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak diskonfirmasi ekpektasi terhadap keadilan prosedural, kepuasan terhadap nilai EDOM, sebagai nilai kinerja, dan kepuasan terhadap mahasiswa yang memberikan nilai EDOM, sebagai penilai kinerja. Metode eksperimen digunakan dalam studi ini dengan melibatkan 37 dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Kampus Baru Depok sebagai responden. Penelitian ini menemukan bahwa diskonfirmasi negatif memberikan dampak negatif terhadap keadilan prosedural, kepuasan terhadap nilai EDOM, dan kepuasan terhadap penilai EDOM. Juga sebaliknya ketika diskonfirmasi bersifat positif, keadilan prosedural, kepuasan terhadap nilai EDOM, dan kepuasan terhadap penilai EDOM juga mendapat dampak positif. Penelitian ini juga menemukan bahwa keadilan prosedural, kepuasan terhadap nilai EDOM, dan kepuasan terhadap penilai EDOM memiliki korelasi yang positif.
It is not rare for management to dismiss the issue of employee’s perception on the performance appraisal, though negative perception can potentially thwart the purpose of performance appraisal. This study aims to explore the disconfirmation effect on perception of procedural justice, satisfaction toward rating, and satisfaction toward rater. Experiment method is chosen for this study and 37 lecturers of FEUI Depok are involved. This study found that disconfirmation affects perception of procedural justice, satisfaction toward rating, and satisfaction toward rater positively. Thus, when the disconfirmation is positive, the three variables are also positively affected, while when the disconfirmation is negative, the three variables are also negatively affected. This study also found that perception of procedural justice, satisfaction toward rating, and satisfaction toward rater are positively related.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57137
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library