Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferdinandus V.
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fitur-fitur Facebook Fanpage apa saja yang paling berpengaruh dalam kesuksesan suatu Online Community dilihat dari fungsi sociability, serta mengetahui intensitas penggunaan fitur-fitur tersebut. Pengambilan data dilakukan kepada para anggota Online Brand Community di Facebook Fanpage sebagai responden dan dilakukan dengan dua cara yaitu kuesioner dan studi kasus eye tracking. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu Confirmatory Factor Analysis (CFA) pada Structural Equation Modeling (SEM), Apriori Data Mining, serta Area of Interest (AOI) pada eye tracking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur Facebook Fanpage yang paling berpengaruh dalam kesuksesan suatu Online Community dilihat dari fungsi sociability adalah Wall Tab, About Fanpage, dan Page Owner. Sedangkan intensitas penggunaan masing-masing fitur tersebut adalah 68,5 %, 1,03 %, dan 1,01 %.

The purpose of this research is to find the features that influence the sociability of brand online community, and also to find the utilization of those features. The data was collected from members of certain online communities in Facebook Fanpage, conducted by spreading the questionaires and eye tracking observation. The data was processed by three kinds of method, which are Confirmatory Factor Analysis (CFA) in Structural Equation Modeling (SEM), Apriori Data Mining, and Area of Interest (AOI) in eye tracking. The result showed the features that mostly influence the sociability of brand online community are Wall Tab, About Fanpage, and Page Owner. Meanwhile, the utilizations of those founded features are 68,5 %, 1,03 %, and 1,01 %."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1006
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dibyareswari Utami Putri
"Skripsi ini membahas tentang kekuatan media baru yaitu social media seperti Twitter yang mampu membentuk gerakan sosial dimana dapat bertahan hingga sekarang karena adanya kekompakkan dan loyalitas dari para anggotanya. Latar belakang dari penelitian ini adalah reaksi dari pemboman hotel J.W Marriot dan Ritz Carlton Jakarta yang menimbulkan rasa nasionalis dengan terbentuknya IndonesiaUnite. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan paradigma post-positivist.
Tujuan penelitian ini ingin melihat sejauh mana Twitter sebagai social media memiliki kekuatan dalam membangun kebrsamaan untuk tindakan kepedulian sosial dalam membentuk IndonesiaUnite. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa IndonesiaUnite menumbuhkan rasa kebersamaan dalam kelompok sehingga melekatkan groupthink syndrome yang positif. Hal ini mengindikasikan Twitter memiliki kekuatan besar dalam membentuk gerakan sosial.

The focus of this study is the new emerging media force such as Twitter, creating social movement in which the member keep holding up, cohesively and loyally, until nowadays. the background of this research is the reaction of people toward the terrorist bombing J.W Marriot and Ritz Carlton hotel in Jakarta, agitating nationalism inside the individuals and then later establishing IndonesiaUnite movement. Research method is using qualitative with post-positivist paradigm.
The purpose of this study is to elaborate how significant is Twitter, as a social media, able to build association and together acting under social responsibility established on IndonesiaUnite movement. The research result can be concluded in a way that IndonesiaUnite indeed augment association and togetherness among the members of the movement thus binding them in a positive groupthink syndrome, indicating that Twitter has major force creating social movement.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nuruli Khotimah
"Saat ini dengan adanya perkembangan teknologi Internet memudahkan sosial media untuk mengekspresikan diri dalam urusan jual beli online-khususnya Forum Jual Beli Kaskus. Kurangnya kepercayaan serta maraknya kasus cybercrime memang menjadi penghambat terbesar dalam transaksi online Maka penting dibutuhkan performative competence penjual dalam melakukan komunikasi dengan pembeli agar dapat membangun trust pengguna Kaskus. Dengan membangun trust maka dapat mengantisipasi adanya cybercrime. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan performative competence yang dimiliki penjual pada Forum Jual Beli kaskkus dalam membangun trust pengguna Kaskus. Penelitian ini menggunakan Paradigma Konstruktivis, Pendekatan Kualitatif, Sifat Deskriptif, Strategi Etnografi Virtual, Wawancara Mendalam dan Pengamatan. Hasil penelitian menemukan bahwa setiap penjual memiliki performative competence yang berbeda-beda dalam upaya membangun kepercayaan pengguna Kaskus seperti membangun relationship, bersikap jujur, dan mendengarkan serta menjawab apa yang menjadi kebutuhan calon pembeli.

Nowadays, the advance of Internet's technology makes the social media easier expressing buying and selling via online-specifically, Forum Jual beli Kaskus. However, the lack of trust and cybercrimes are the main obstacles in online transaction. So, it is very important for the buyers to gain the perfomative competences in communication in order to build Kaskus users trusts that can anticipate it from cybercrime. The purpose of this research is to describe the buyers performative competences in Forum Jual Beli Kaskus to get the Kaskus users trusts. The methodology in this research uses constructivist paradigm, qualitative approach, the descriptive type of research, virtual ethnography strategic, in depth interview also observing technique. The finding of the research is that every buyer has different performative competence to build the trust of Kaskus users by maintaining the relationship, being honest also listening and answering what the prospective buyers need."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Widiarini
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang bagaimana pemaknaan kelompok dewasa muda
tentang konsep trust dalam konteks hubungan percintaan yang menggunakan
Facebook. Saat ini Facebook merupakan situs jejaring sosial yang banyak
digunakan kelompok dewasa muda untuk membina hubungan interpersonal,
termasuk hubungan percintaan. Kondisi ini menjadi unik karena identitas
pasangan hanya terbatas pada informasi di facebook. Penelitian ini menggunakan
paradigma konstruktivis dengan strategi penelitian fenomenologi. Sedangkan
metode penelitian adalah wawancara mendalam dan observasi kemudian
dianalisis dengan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dewasa muda memaknai trust dalam konteks diatas secara negotiated dan
oppositional.

Abstract
This research focus on reception toward trust concept among young adult who
conduct love relationship by using Facebook. Nowadays, Facebook is one the
most popular social networking site which is used by young adult to build
interpersonal relationship, particularly love relationship. This case is unique
because partner?s identity is very limited (merely rely on profile on Facebook).
The research paradigm is constructivist and research strategy in phenomenology.
Meanwhile the research methods use are observation and in-depth interview and
use thematic analysis. The researcher found that young adult perceive trust in
negotiated and oppositional ways."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pekik Indra Lesmana
"Media sosial kini tak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, tapi telah marak dipakai untuk kepentingan bisnis. Analisis sentimen merupakan penelitian komputasional dari ekspresi sentimen secara tekstual. Twitter adalah salah satu media sosial populer, keterbatasan karakter memberikan kesulitan tersendiri dalam menganalisis sentimen dibanding media sosial lainnya. Semua data yang dipakai dalam penelitian ini merupakan tweet yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia. Hasil analisis sentimen di twitter memakai aplikasi yang ada menunjukkan tingkat akurasi yang kecil. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode pengklasifikasian sentimen yang lebih akurat antara 2 metode klasifikasi populer. Akurasi yang dihasilkan oleh Metoda SVM lebih bagus daripada Metode NBC.

Social media is now not used for personal purposes only, but also adopted for business purposes. Sentiment analysis is a computational research of sentiments expressed textually. Twitter is a popular social media in Indonesia, its character limitations make it more challenging to be analyzed than the other social media. All data used in this research is tweets delivered in Bahasa Indonesia. The results of sentiment analysis in twitter using existing applications show low accuracy. This research aims to compare the sentiment classification method that more accurately between two popular classification methods. Accuracy produced by the SVM is better than NBC."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Howard, Tharon W.
Burlington, MA : Morgan Kaufmann Publishers, 2010
006.7 HOW d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Covers cutting edge research topics of utmost real-world importance in the specific domain of social networks. Addresses what leads to participation and effective collaboration in online communities. Presents studies from leading researchers and practitioners in the field."
New York: Springer, 2012
e20397572
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"Facebook, merupakan laman sosial yang paling popular dalam kalangan masyarakat dunia hari ini yang mencetus satu fenomena baharu terhadap hubungan kemanusiaan. Secara umumnya, penggunaan facebook bertujuan menjejaki rakan-rakan lama, membina jaringan sosial yang lebih melalui perkongsian gambar, bermain permainan, dan pelbagai lagi aplikasi yang menarik semua peringkat usia seawall kanak-kanak sehinggalah golongan dewasa. Perkembangannya begitu pantas sekali sehingga member kesan kepada banyak aspek kehidupan sama ada dari segi positif mahupun negative. Justeru itu, fenomena yang mencetus satu budaya baharu dalam kalangan masyarakat hari ini telah menarik minat ramai pengkaji untuk melihat fenomena ini dari pelbagai sudut. Kertas konsep ini akan membincangkan faktor kepada pencetus fenomena ini, pola penggunaannya dalam kalangan masyarakat dunia, kesan dan implikasi facebook terhadap masyarakat khususnya kanak-kanak dan remaja."
JBSD 1:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Aini Bestari
"Studi ini mencoba menjelaskan bagaimana hegemoni budaya dominan dalam bentuk praktik gaya hidup urban dilanggengkan melalui penggunaan jejaring sosial oleh remaja. Menggunakan paradigma kritis, studi ini akan berfokus untuk melihat bagaiamana gaya hidup urban menjadi budaya dominan dan menciptakan hegemoni melalui penanda kelas dan berbagai bentuk kapital dalam jejaring sosial. Untuk menjawabnya, studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengambilan data melalui wawancara mendalam dengan lima informan remaja. Studi ini menemukan bahwa gaya hidup urban memiliki arti penting bagi remaja di Kota Bekasi terkait identitas dan penerimaan sosial. Studi ini juga menemukan bahwa terdapat upaya mobilitas sosial ke atas di antara remaja kelas menengah Kota Bekasi dengan menjadikan kaum muda Jakarta dalam Ask.fm sebagai panduan nilai dan gagasan.

This study will try to describe how cultural hegemony in the form of lifestyle practices are maintained through the use of social networking sites among teenagers. Using the critical paradigm, this study will focus to see how urban lifestyle becomes dominant culture and create hegemony through class symbols and various forms of capital in social networking sites. To answer them, this study used a qualitative approach and data collection techniques through indepth interviews with five informants. The study found that the urban lifestyle has significance for teenagers in Bekasi related to identity and social acceptance. The study also found an effort for upward social mobility among middle class teenagers in Bekasi by following lifestyle related values and ideas of Jakarta youth in Ask.fm.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S58738
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arief Rahadian
"ABSTRAK
Dalam beberapa tahun terakhir, dunia dikejutkan dengan perkembangan
pesat industri Massive Multiplayer Online Game (MMOG). MMOG, atau yang
biasa disebut dengan ?game online? merupakan jenis video game yang
memungkinkan terjadinya interaksi antar pemain terlepas dari batasan geografis.
Salah satu ciri khas dari MMOG adalah fenomena Real Money Trade (RMT), atau
penjualan barang-barang virtual dengan tujuan mendapatkan mata uang asli.
Penelitian kualitatif ini berusaha mengeksplorasi nilai barang virtual dari pihak
pembeli dan penjual yang terlibat dalam RMT. Penelitian ini juga berusaha untuk
menemukan faktor-faktor yang terlibat dalam penilaian barang virtual oleh kedua
pihak tersebut.
Dengan menggunakan padangan Simmel mengenai filosofi uang, penelitian
ini menghasilkan beberapa temuan. Pertama, jarak individu terhadap barang
menentukan apakah sebuah barang virtual bernilai, atau tidak. Jarak individu
terhadap barang sendiri bersifat dinamis dan turut dipengaruhi oleh lingkungan
sosial individu. Kedua, terdapat dualitas posisi antara penjual dan pembeli yang
disebabkan oleh cairnya jarak antara individu dan barang. Sebuah barang yang
sudah dibeli bisa dianggap tidak bernilai di kemudian hari, berujung pada penjualan
barang tersebut. Ketiga, pembelian dan penjualan dapat dilihat sebagai permainan
jarak, dimana penjual mengorbankan jarak antara dirinya dengan barang yang
dijualnya untuk melampaui jarak antara dirinya dan barang lain yang
diinginkannya.

ABSTRACT
In the past few years, the world witness the rapid growth of gaming industry,
especially Massive Multiplayer Online Game (MMOG) industry. MMOG, or online
game is a type of video game which allows the user interact with the other users,
despite the sheer geographical and social boundaries. One of the most remarkable
thing happening in MMOG is the phenomena of Real Money Trade (RMT). RMT
is defined as selling virtual objects in order to get real currency. This qualitative
study embark on a mission to discover, and to some extend, explore the underlying
factors behind the values of virtual objects in the eyes of both the buyers and the
sellers.
This paper is using Simmel?s thought on the value of object from his work
?The Philosophy of Money? as a theoritical base. There are some interesting
findings found from the data in this paper. First, The distance between the
individual and the object matters. The distance itself is constantly changing and
being affected by the indvidual?s social environment. Second, there is some kind of
duality in the position of buyers and sellers. The value of an object, that is constantly
changing can make the holder seek for the other object that they desire, selling the
first object in the process, turning them from buyers into sellers. Third, the act of
buying and selling can be seen as a distance-play, where the buyer sacrifice his
distance with the object that he doesn?t value in order to get the object that he wants."
2015
S60954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>