Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
The package of fast food model orchestrated into a computer-program package which have function to help the investor and the government (Bappeda) in chosing the policy for the noodle agroindustry investation with cassava fluor; in order to make a proportional advantage either to the farmers or the noodle industries....
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Rahman
Abstrak :
Indofood sebagai perusahaan dominan dalam industri mie instant menerapkan berbagai strategi agar tetap memiliki pangsa pasar yang paling besar. Berbagai strategi yang diterapkan berupa strategi pemasaran yang gencar melalui periklanan dan promosi serta melakukan berbagai starategi untuk membendung serangan kompetitor potensial dengan Cara melakukan integrasi vertikal. Cara ini tentu saja akan menguasai seluruh sektor dari hulu (produksi) ke hilir (pemasaran) dalam industri mie instan. Perilaku PT. Indofood Sukses Makmur sebagai perusahaan dominan yang menerapkan berbagai strategi untuk mempertahankan dan memperbesar pangsa pasar serta upaya memenangkan persaingan. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan pokok yang dianalisis dalam tulisan ini adalah mengenai struktur pasar dan kebijakankebijakan yang menghambat atau mendorong persaingan usaha. Perumusan masalah dalam tesis ini adalah sebagai berikut : 1. Menganallsis struktur pasar pada industri mie instant di Indonesia. 2. Apakah konsentrasi pasar dalam industri mie instant mengalami perubahan pada periode tahun 1991 - 2005 seirina dengan bertambahnya jumlah produsen mie instant Menganalisis perilaku perusahaan dominan dalam industri mie instant dengan memodelkan kebijakan yang diterapkannya pada kurun waktu 1991 - 2005. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji : 1. Struktur pasar pada industri mie instant di Indonesia. 2. Dinamika struktur industri mie instant di Indonesia. 3. Mengkaji pengaruh harga terhadap permintaan produk mie instant ukuran 70 gram dan sejauh mana perusahaan di industri mie instant dapat menentukan harga jualnya. 4. Mengkaji seberapa jauh kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan dominan dalam penguasaan pangsa pasar dan usaha untuk memaksimalkan keuntungan.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T20323
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dika Rina Rahayu
Abstrak :
Tingkat konsumsi mi instan meningkat setiap tahunnya. Anak usia sekolah memiliki keterbatasan dalam pengetahuan mengenai mi instan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan perilaku konsumsi mi instan pada anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan uji Chi square dengan desain cross-sectional pada 187 siswa kelas 4 dan 5 di SD X Jakarta secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioneryang mengukur pengetahuan dan perilaku konsumsi mi instan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan mengenai mi instan dengan perilaku konsumsi mi instan (p=0,03, α=0,05). Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan edukasi mengenai dampak dari mengonsumsi mi instan sejak dini. ...... Level of instant noodles consumption is increase every year. School-age children have limited knowledge of instant noodles. This study conducted to determine the relationship between knowledge of school-age children and behavior of instant noodles consumption. This study used chi-square analysis with cross-sectional design of the 187 students in grades 4 and 5 in Primary School X Jakarta by purposive sampling. The instrument was a questionnairethat measured knowledge and consumption behaviors. The results showed that there was a significant relationship between the knowledge of instant noodles and instant noodles consumption ( p = 0.03 , α = 0.05 ). Therefore, it was essential to provide education on the effects of eating instant noodles.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
S60806
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karundeng, Andrea Maria
Abstrak :
Informasi Nilai Gizi (ING) merupakan sumber informasi kandungan gizi yang terdapat pada pangan olahan. ING jika digunakan dengan baik maka dapat mengarahkan konsumen ke pola konsumsi yang sehat. Remaja usia 15-19 tahun menjadi kelompok usia yang paling sering mengonsumsi mi instan, hingga mencapai lebih dari satu kali per hari yang artinya asupan natriumnya melebihi anjuran asupan harian. Jika kebiasaan diteruskan, maka akan timbul risiko hipertensi pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan ING pada mi instan oleh remaja di SMA Pangudi Luhur II Servasius. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2022 menggunakan desain cross sectional yang diikuti 181 responden melalui purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner online yang kemudian dianalisis univariat dengan distribusi frekuensi dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan bahwa proporsi remaja di SMA Pangudi Luhur II Servasius yang menggunakan ING adalah sebanyak 54,7%. Tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara variabel status gizi, status diet, uang saku, pengetahuan gizi & ING, kemampuan membaca ING, sikap terhadap kesehatan dan ING, serta persepsi terhadap harga dan rasa produk mi instan dengan penggunaan ING. Keterpaparan informasi tentang ING dan persepsi terhadap kandungan gizi produk mi instan memiliki hubungan yang signifikan dengan penggunaan ING. ......Nutrition Facts (NF) is source of information regarding on the nutritional content contained in processed food. If used properly, NF can lead consumers to healthier lifestyle. Teenagers aged 15-19 years consume instant noodles most often, reaching more than 1 time per day, which means that their sodium intake exceeds the recommended daily intake. If the habit is continued, risk of hypertension in adolescents will be higher. This study aims to analyze factors associated with the use of instant noodles NF by adolescents at SMA Pangudi Luhur II Servasius This research was conducted in August 2022 using a cross-sectional design, with 181 respondents using purposive sampling. Data were obtained through an online questionnaire which was analyzed using SPSS. The results: proportion of adolescents in SMA Pangudi Luhur II Servasius who used NF was 54.7%. There was no significant relationship between the variables of gender, nutritional status, diet status, allowance, nutrition & NF knowledge, ability to read NF, attitudes towards health and NF, as well as perceptions of the price and taste of instant noodle products with the use of NF. Exposure to information about NF and perceptions of instant noodle’s nutritional value have a significant relationship with the usage of NF.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leny Nurahmi
2011
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hafizh Zauhari
Abstrak :
Indonesia merupakan salah satu negara dengan konsumsi mie instan terbanyak di dunia, terutama pada anak-anak. Konsumsi mie instan mengandung zat dan nutrisi yang dianggap kurang baik bagi tubuh. Banyak komplikasi kesehatan yang dianggap dapat berdampak terhadap kesehatan, salah satunya terkait daya tahan kardiorespirasi. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain potong lintang dengan data sekunder yang diperoleh oleh South-East Asian Nutrition Survey 2.0 (SEANUTS 2.0). Pada penelitian ini, terdapat 89 subjek dengan komposisi laki-laki dan perempuan masing-masing sebesar 33 dan 56, konsumsi 2—3 kali per minggu menjadi konsumsi mie instan terbanyak populasi dengan persentase 33,7%, dan prediksi daya tahan kardiorespiasi dengan median 42,79. Analisis dilakukan dari analisis univariat, bivariat, dan multivariat dengan hasil akhir terlihat hubungan variabel pada penelitian ini dengan prediksi daya tahan kardiorespirasi, yaitu usia (p<0,001), indeks massa tubuh (p=0,008), dan aktivitas fisik (p=0,003). Sebagai simpulan, kebiasaan konsumsi mie instan tidak berhubungan dengan prediksi daya tahan kardiorespirasi namun terdapat faktor lain yang terkait dengan prediksi daya tahan kardiorespirasi pada anak usia sekolah di Provinsi DKI Jakarta yaitu usia, indeks massa tubuh, dan aktivitas fisik. ......Indonesia is one of the countries with the highest consumption of instant noodles in the world, especially among children. Consuming instant noodles contains substances and nutrients that are considered not good for the body. Many health complications are considered to have an impact on health, one of which is cardiorespiratory endurance. The research design used in this study was a cross-sectional design with secondary data obtained by the South-East Asian Nutrition Survey 2.0 (SEANUTS 2.0). In this study, there were 89 subjects with a composition of 33 and 56 boys and girls respectively, consuming 2—3 times per week is the highest consumption of instant noodles in the population with a percentage of 33,7%, and the predictive cardiorespiratory endurance is with a median of 42,79. The analysis was carried out using univariate, bivariate and multivariate analysis with the final results showing the relationship between the variables in this study and cardiorespiratory endurance, namely age (p<0,001), body mass index (p=0.008), and, physical activity (p=0.003). In conclusion, the frequency of instant noodle consumption does not affect the cardiorespiratory endurance value, but there are other factors that significantly influence the cardiorespiratory endurance value in school-age children in DKI Jakarta Province which are age, body mass index, and physical activity.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Graphic elements in packaging design for local and export market are suspected to have different kind of purposes. This is why I am interested to analyze the graphic elements in instant noodle packaging produced by Indofood. The analyzes are including what elements are different and why the designer made them difference. There are a lot of factors that customer choose an instant noodle, like cultural factors, buying and consuming habits. Hopefully, through this research the consumer could understand the importance of graphic element in packaging design.
NIJUDKV
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Prima Arumsari
Abstrak :
Tesis ini membahas analisis perilaku pedagang dan produsen dalam penggunaan formalin dalam mie basah dan tahu Propinsi DKI Jakarta Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, desain studi deskriptif, pengumpulan data melalui studi literatur, pengujian Rapid Test Kit, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan, sikap, persepsi tentang formalin; sarana prasarana, metode produksi, ketersediaan pengawet; sanksi, penyuluhan, dukungan sosial, faktor pendapatan, dan strategi komunikasi merupakan faktor yang berperan pada perilaku penggunaan formalin dalam tahu dan mie basah. Penyuluhan dan pembinaan masyarakat, pedagang, produsen masih terbatas. Pengawasan sarana distribusi formalin belum optimal. Peneliti menyarankan pada sejumlah pihak untuk melakukan riset bahan pengawet yang aman, intensifikasi pembinaan pedagang dan produsen serta pemberdayaan konsumen. ......This thesis discusses the analysis of the behavior of traders and producers of tofu and wet noodle in the use of formalin in its products in DKI Jakarta in 2015. This study uses qualitative, descriptive study design, with data collection through literature study, Rapid Test Kit, interview and observation. The results show that knowledge, attitudes, perceptions of formalin; facilities and infrastructure, methods of production and availability of preservative; punishments, counseling, social support, income factor, and communication strategy are the factors that play the of the behavior of the use of formalin in tofu and wet noodle production. Communication and supervisory for public, traders, manufacturers are still limited. Facilities of formalin distributions which is conducted by the government has not run optimally yet. Researcher suggests the number of parties to research safe preservatives, intensification of coaching traders and producers as well as consumer empowerment. Counseling and development to the community, traders and manufacturers are still limited. Supervision of distribution of formalin has not been optimal yet. As recomendation to the number of parties to do research on safe preservatives, intensification of coaching traders and manufacturers as well as consumer empowerment should be done.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Telah berhasil diukur kalor bakar dari beragam merek mie instan (MI) menggunakan kalorimeter bom shimadzu jenis CA-4P. MI diambil secara acak dari pasar, meliputi merek: supermi, indomie, sarimi, salam mie, Mi ABC, dan mi president baik jenis goreng ataupun rebus, pada sejumlah rasa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya permintaan pasar terhadap produk mi, dan diperlukannya informasi yang lebih lengkap dan presisi tentang produk itu. Informasi itu meliputi: komposisi bahan, batas kadaluarso, kekhalalan, dan kandungan (kalori bakar) per bungkus pada mi. penelitian dilakukan dengan menempatkan 2 gram komponen mi pada sebuah panci. Panci dimasukkan ke dalam bom yang berisi oksigen kadar 80% pada tekanan 20-25 atm. Kemudian, sampel dibakar sempurna (tanpa sisa). Nilai kalor bakar dari sampel yang terukur dikalibrasi dengan pengukuran kalor bakar asam bensoat yang telah diketahui nilai kalor bakar per gramnya. Akhirnya, nilai ukur kalor bakar per bungkus sejumlah merek dan jenis mi dapat ditentukan. Nilai terbesarnya adalah ''MI ABC' jenis mie goreng yaitu (480+_5) kkal, dan terkecil 'supermi' rasa ayam (364+_4)kkal.
JURFIN 11:26 (2005)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library