Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vania Ardhiani Samodro
"ABSTRAK
Kehidupan masyarakat Jepang tidak terlepas dari kehadiran media sosial. Melalui Twitter, sebuah media sosial dengan angka pengguna tinggi di Jepang, pengguna saling berinteraksi. Di sisi lain, Jepang memiliki uchi/soto yang menjadi landasan dalam menentukan posisi diri sendiri terhadap lawan bicara. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus dilakukan terhadap 19 kicauan berbahasa Jepang dari 10 pengguna mengenai kontroversi Logan Paul di Jepang. Ditemukan bahwa pengguna Twitter yang diteliti menentukan uchi/soto mereka terhadap pengguna lain melalui hubungan follow yang tercipta melalui Twitter serta melalui persamaan identitas Jepang yang tercipta di luar Twitter. Temuan tersebut sejalan dengan teori uchi/soto yand dikemukakan oleh Takahashi 2010, Bachnik 1994, dan Lebra 1976, serta teori mengenai komunikasi termediasi yang disampaikan oleh Miller, et al. 2016.

ABSTRACT
Social media has become a part of Japaneses lifestyle. Through Twitter, a social media with a high number of users in Japan, users interact with each other. Meanwhile, Japanese has uchi soto as a way to determine their position to others. Using case study method, this research analyzes 19 tweets in Japanese from 10 users on the subject of Logan Pauls controversy in Japan. It is found that Twitter users in this research determine their uchi soto relation to another user through their following on Twitter and through the shared identity of being a part of Japan constructed outside of Twitter. Those findings correspond to uchi soto theories from Takahashi 2010, Bachnik 1994, and Lebra 1976, and also to mediated communication theory from Miller, et al. 2016."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putra Tresna Linge
"Selama beberapa tahun terakhir, jumlah penyebaran informasi semakin meningkat terutama semenjak adanya media sosial. Diantara informasi yang beredar terdapat informasi yang termasuk konten negatif atau hoax yang memiliki dampak yang buruk seperti timbulnya perpecahan akibat informasi yang tidak benar. Berdasarkan laporan kinerja kominfo tahun 2018, media sosial twitter merupakan penyumbang terbanyak penyebaran hoax. Untuk mengurangi dampak dari penyebaran hoax, diperlukan suatu metode untuk mendeteksi hoax pada twitter sehingga dapat dilakukan pencegahan seperti melakukan “take down” pada tweet yang termasuk hoax. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sebuah model yang mampu mendeteksi konten negatif (hoax) secara otomatis dan juga melihat korelasi antara konten yang berupa hoax dengan orientasi sentimennya. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa model yang berbasis pembelajaran mesin dengan menggunakan algoritma decision tree dengan akurasi 97,2% dengan nilai precision 85,4, recall 81,4 dan f1-score 93 dan model. Selain itu hasil analisis menunjukkan bahwa tweet yang merupakan hoax hasil identifikasi model didominasi oleh orientasi sentimen positif yaitu 52,64% dari total keseluruhan data yang diidentifikasi sebagai hoax. Implikasi praktikal dari penelitian ini berupa model deteksi hoax yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses penurunan penyebaran hoax. Sedangkan implikasi teoritis dari penelitian ini berupa data set, alur pembuatan model serta model yang dapat digunakan untuk penelitian berikutnya khususnya dalam bidan analitika media sosial dan digital.

Over the past few years, the amount of information dissemination has increased, especially since the advent of social media. Among the information circulating, there is information that includes negative content or hoax that have a bad impact such as the emergence of divisions due to incorrect information. Based on the 2018 Kominfo performance report, Twitter social media is the largest contributor to the spread of hoax. To reduce the impact of the spread of hoax, a method is needed to detect hoaxes on Twitter so that prevention can be done such as taking down tweets that are hoax. The purpose of this research is to develop a model that can detect negative content (hoax) automatically and also see the correlation between hoax content and sentiment orientation. The results of this study are a machine learning-based model using a decision tree algorithm with an accuracy of 97.2% with a precision value of 85.4, recall of 81.4, and f1-score 93 and the model. In addition, the results of the analysis show that tweets that are hoax as a result of model identification are dominated by positive sentiment orientation, which is 52.64% of the total data identified as hoax. The practical implication of this research is in the form of a hoax detection model that can be used as a tool in the process of reducing the spread of hoaxes. Meanwhile, the theoretical implications of this research are in the form of data sets, modeling flow and models that can be used for further research, especially in social and digital media analytics."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Usman Noor
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi melalui twitter dengan partisipasi pengguna Perpustakaan (Universitas Indonesia)UI di twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskripsi analitik dan analisis bivariat. Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas yaitu desain layanan informasi dan jenis informasi serta 1 variabel terikat yaitu partisipasi pengguna.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengikut akun twitter perpustakaan UI merasa desain layanan informasi dan jenis informasi yang disajikan sudah cukup sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengikut. Selain itu, diketahui pula bahwa desain layanan informasi dan jenis informasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap partisipasi pengguna. Penelitian juga dapat menunjukkan pola partisipasi pengguna di twitter antara perpustakaan dan pengguna. Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data.

The purpose of this research is to understand implication of information services trough twitter platform with UI library user participation in twitter. This research used quantitative approach with the analytic descriptive and bivariat analytic methods. The variable consists of 2 independent variables (information services design and type of information) and 1 dependent variable (user participation).
The results of this research shows follower of UI Library twitter @UI_Library perceive design and type of the information that given was appropriate with user needs. Therefore, information service design and type of information have a positive implication to user participation. This research shows user participation pattern in twitter platform between library and user. Process and data analysis used multiple linear regression analysis methods using data processing software.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T43291
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ditty Heppyanti Lulu
"Tesis ini membahas tentang media sosial microblogging yang digunakan oleh radio Lembaga Penyiaran Publik (LPP) maupun dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS). Penggunaan media sosial microblogging pada radio LPP maupun LPS, dilakukan dengan menentukan alasan-alasan yang menjadi dasar penggunaan media sosial microblogging; fungsi dan posisi media sosial microblogging bagi radio; serta pengelolaan media sosial microblogging radio. Penelitian terkait dengan media sosial microblogging ini menggunakan metodologi kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif eksploratif (exploratory descriptive research). Peneliti dapat memperoleh data primer melalui hasil wawancara secara mendalam (indepth interviews) yang dilakukan kepada pihak RRI Pro 2 FM Surabaya, Hardrock FM Surabaya, dan Gen FM Surabaya.
Kemudian, data sekunder penelitian ini diambil dari pengumpulan arsip, dokumentasi, konten media sosial microblogging yang telah terpublikasikan, dan literatur-literatur pendukung. Hasil dari penelitian ini termasuk dalam tiga hal: Pertama, alasan radio menggunakan media sosial microblogging adalah sebagai bentuk adaptasi radio; Kedua, media sosial microblogging memiliki fungsi dan posisi peripheral, dimana media sosial microblogging digunakan sebagai pendukung kegiatan radio dan dapat tergantikan oleh media yang lain; dan ketiga, terkait dengan pengelolaan media sosial microblogging radio yang berdasarkan pemahaman, persiapan & pemantauan (monitoring), dan respon yang dilakukan oleh pihak radio melalui media sosial microblogging.

This thesis discusses the microblogging social media used by Public Broadcasting Radio (LPP) and Private Broadcasting Radio (LPS). The use of social media microblogging on radio, carried out by determining the reasons on which the use of social media microblogging; function and position of social media microblogging for radio; also, the management of social media microblogging radio. This study is expected to provide comprehensive information about the strategies use microblogging and social media utilization for mass media industry such as radio. The research related to the microblogging social media using qualitative methodology using exploratory descriptive type. Researchers can obtain the results of primary data through in-depth interviews conducted to three radio: RRI Pro 2 FM Surabaya, Hardrock FM Surabaya, and Gen FM Surabaya.
Then, the secondary data was taken from the archive collection, documentation, microblogging social media content that has been publicized, and literature support. The results of this study are included in three things: First, the reason for using social media microblogging is a radio adaptation; Second, microblogging social media of radio have a peripheral function and position, which the microblogging social media used to support the radio activity and can be replaced by the other media; and third, related to the management of microblogging social media by the radio, based on the understanding; the preparation and monitoring; and the response made by the radio via social media microblogging.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T41156
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
DeJong, Sandra M.
"Blogs and tweets, texting and friending : social media and online professionalism in health care summarizes the most common mistakes, and their legal and ethical ramifications, made in social media by busy health care professionals. It gives best practices for using social media while maintaining online professionalism. The book goes on to identify categories of caution, from confidentiality of patient information and maintaining the professional's privacy to general netiquette in tweeting, texting, blogging, and friending. And it guides you in setting up a faculty page (or choosing not to) and managing your online footprint.
The connected generation regularly uses social media, including health care professionals, but what happens when a patient wants to friend you? Or when you've already posted a rant on a patient that gets viewed by others? What information may already be floating on the Internet that a patient may find about you in a Google search and that might impact your therapeutic relationship?
"
San Diego: Academic Press, 2014
e20426827
eBooks  Universitas Indonesia Library