Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Silalahi, Wanto Juli
"Praktik Spesialis Keperawatan merupakan sebuah proses penting dari pendidikan profesi dalam rangka mengaplikasikan peran perawat spesialis yang berdampak pada upaya peningkatan kualitas pelayanan keperawatan. Praktik ini dilakukan dan dikembangkan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui berbagai penelitian. Model Virginia Henderson dan Teori Sosial Kognitif Bandura di RS Fatmawati Jakarta. Tiga kompetensi yang harus dicapai dalam praktek residensi ini adalah memberikan asuhan keperawatan menggunakan pendekatan teori keperawatan, menerapkan implementasi keperawatan yang berbasis bukti ilmiah (Evidence Based Nursing practice), dan melakukan proyek inovasi keperawatan yang berguna bagi lahan yang menjadi tempat praktek residensi.
Sebagai pemberi asuhan keperawatan, mahasiswa residensi telah memberikan asuhan keperawatan menggunakan pendekatan teori Virginia henderson pada 1 kasus kelolaan utama dan 30 kasus resume klien HIV/AIDS dengan berbagai infeksi oportunitik. Sebagai peneliti, mahasiswa residensi telah mengaplikasi penerapan intervensi motivasi harian pada klien HIV/AIDS dan hasil dari Evidence Based Nursing ini menunjukkan bahwa intervensi sleep Hygiene dapat meningkatkan kualitas tidur klien HIV. Sedangkan sebagai inovator, telah dilakukan inovasi membuat Booklet Modul HIV Education and Emotional Support (HIVE) Dukungan Sebaya Dalam Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat Antiretroviral Therapy dan hasil penerapan proyek inovasi ini menunjukkan manfaat yang sangat signifikan bagi peningkatan kepatuhan minum obat bagi ODHIV.

Nursing Specialist Practice is an important process of professional education in order to apply the role of specialist nurses that have an impact on efforts to improve the quality of nursing services. This practice is carried out and developed based on science and technology through various studies. Virginia Henderson Model and Bandura's Social Cognitive Theory at Fatmawati Hospital, Jakarta. The three competencies that must be achieved in this residency practice are providing nursing care using a nursing theory approach, implementing nursing implementation based on scientific evidence (evidence based nursing practice), and conducting nursing innovation projects that are useful for the land that is the place of residency practice.
As nursing care providers, residency students have provided nursing care using the Virginia Henderson theory approach to 1 primary management case and 30 resume cases of HIV/AIDS patients with various opportunistic infections. As researchers, residency students have applied the application of daily motivational interventions to HIV/AIDS patients and the results of this Evidence Based Nursing show that sleep hygiene interventions can improve the sleep quality of HIV patients. Meanwhile, as an innovator, an innovation has been made in creating a Booklet Module for HIV Education and Emotional Support (HIVE) Peer Support in Increasing Compliance in Taking Antiretroviral Therapy Medication and the results of implementing this innovation project show very significant benefits for increasing compliance in taking medication for PLHIV.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nani Asna Dewi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran peran perawat sebagai advocator dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien HIV/AIDS di RSUD Bekasi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana dengan teknik non-random sampling memuat sampel 61 orang yang dilakukan pada perawat rawat inap di RSUD Bekasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa peran perawat sebagai advocator dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien HIV/AIDS di RSUD Bekasi tahun 2009 adalah tinggi sebesar 64%.
Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian selanjutnya dapat menyoroti peran perawat sebagai advocator dalam memberikan pelayanan keperawatan pada pasien HIV/AIDS di area lain seperti; area bedah, penyakit dalam ataupun kebidanan, sehingga meningkatkan profesionalisme perawat dalam memberikan asuhan keperawatan.

This study aims to identify the image of nurses as role advocator in providing nursing services to patients with HIV / AIDS in hospitals of Bekasi. Research design deskriftif use this simple technique with non-random sampling a sample of 61 people conducted in the Inpatient nurses in hospitalsof Bekasi.
The results of the analysis indicate that the role of nurses as advocator in providing nursing services to patients with HIV / AIDS hospitals in Bekasi in 2009 is high as 64%.
This study recommends that further research can highlight the role of nurses as advocator in providing nursing services in patients with HIV / AIDS in other areas such as areas of surgery, or disease in obstetrics, increasing the professionalism of nurses in providing nursing care.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5829
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"HIV/AIDS merupakan penyakit menular dengan angka kematian yang tinggi, dapat
menginfeksi seluruh lapisan masyarakat. Pada umumnya pasien HIV/AIDS akan dirawat
di rumah sakit type A dan B dengan peralatan dan tenaga ahli yang memadai seperti
RSAB Harapan Kita. Untuk itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai
gambaran tingkat pengetahuan dan sikap perawat terhadap penderita RSAB Harapan
Kita. Pengetahuan tentang perawatan HIV/AIDS dan sikap terhadap penderita dapat
mempengaruhi prognosis terhadap penderita HIV/AIDS. Desain penelitian yang
digunakan adalah deskriptif sederhana dengan responden berjumlah 142 orang dari total
sampel 249 responden. Alai pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan penilaian
skala linkert. Analisis data yang digunakan adalah presentase. Hasil akhir dari penelitian
ini didapatkan dari jumlah prosentase perawat yang memiliki pengatahuan baik 98,6 %
(140 orang) dan berpengetahuan buruk 1,4 % (2 orang) Serta presentase yang memiliki
sikap baik adalah 33,6 % (61 orang) dan sikap buruk 66,4% (81 orang)."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
TA5449
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik individu dengan koping perawat dalam memberikan askep pada klien anak dengan HIV/AIDS di RSUPN Cipto Mangunkusumo. Desain yang digunakan adalah deskriptif dengan metode pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 88 responden. Hasil penelitian pada analisa univariat didapatkan bahwa rata-rata umur perawat 30,92 tahun, lama kerja 2,20 tahun, mayoritas berjenis kelamin perempuan (94,3%), dengan tingkat pendidikan mayoritas D-3 (81,8%).Koping perawat dalam merawat anak dengan HIV/AIDS didapatkan paling banyak memiliki koping destruktif yaitu 49 perawat (55,7%) dan koping konstruktif 39 orang perawat (44,3%). Sedangkan pada analisa bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara koping dengan karakteristik individu yang meliputi umur, jenis kelamin, dan lama kerja. Akan tetapi pada karakteristik tingkat pendidikan didapatkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan akan semakin baik koping konstruktif yang dimiliki oleh perawat.

This descriptive cross-sectional study aimed to determine the association between individual characteristics with nurses' coping in providing nursing services to pediatric clients with HIV/AIDS at Cipto Mangunkusumo Hospital. There were 88 subjects. Mean nurses' age was 30.92 years and mean length of service 2.2 years. Most subjects were female (94.3%) and had a D3-degree (81.8%). Most nurses had a destructive coping mechanism in serving children with HIV/A1DS (49 nurses; 55.7%); the rest had a constructive coping mechanism. No significant association was found between coping and individual characteristics of age, sex, and length of service. Nurses' educational level was positively associated with a constructive coping mechanism."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
TA5905
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library