Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Priscilla Sandra Salsabila
"Peran kehumasan menjadi salah satu hal yang kompleks dalam praktiknya, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan humas untuk lebih siap menghadapi tantangan yang ada. Salah satunya adalah menurunnya hubungan antara karyawan dengan perusahaan akibat dari terhambatnya komunikasi selama masa pandemi Covid-19. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam hal ini menjadi salah satu perusahaan yang terdampak oleh situasi yang ada. Memanfaatkan dan mengelola media online internal, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berusaha untuk memenuhi kebutuhan informasi dan hubungan dengan karyawan. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan e-mail dan majalan online perusahaan dalam memenuhi kebutuhan informasi karyawan dan employee relations yang dimiliki di masa pandemi Covid-19. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melalui penggunaan dan pengelolaan e-mail dan majalah online mampu memenuhi kebutuhan informasi karyawan dan menjaga employee relations dengan baik.

The role of public relations is one of the most complex things in practice, especially during the Covid-19 pandemic which requires public relations to be better prepared to face the challenges. One of them is the declining relationship between employees and the company as a result of communication delays during the Covid-19 pandemic. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk in this case is one of the companies affected by the existing situation. Utilizing and managing internal online media, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk strives to meet the information needs and relationships with employees. This paper aims to identify and analyze the management of the company's e-mails and online magazines in meeting the information needs of employees and employee relations during the Covid-19 pandemic. The results of the analysis show that PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk through the use and management of e-mail and online magazines is able to meet the information needs of employees and maintain employee relations well."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Danita Siti Ismirani
"ABSTRAK
Di tengah persaingan yang semakin ketat, hotel dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan mereka agar mampu menarik dan mempertahankan para customer. Salah satu faktor penting dalam mewujudkannya adalah dengan menjalin hubungan yang baik dan menciptakan iklim komunikasi yang baik dengan para karyawan, karena kinerja karyawanlah yang akan menentukan kualitas dari hotel tersebut. Begitu pula yang dirasakan oleh hotel Inna Garuda Yogyakarta. Sebagai salah satu hotel tertua di Yogyakarta, Inna Garuda telah menyadari pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan karyawan dengan menerapkan berbagai kegiatan employee relations. Meskipun terdapat berbagai hambatan, Inna Garuda mampu mengatasi berbagai hambatan tersebut dan mempertahankan predikat sebagai hotel terbaik melalui rangkaian prestasi yang diraihnya. Inna Garuda terbukti mampu mempertahankan eksistensinya. Di dalam makalah ini akan digambarkan berbagai strategi employee relations yang dilakukan oleh humas Inna Garuda dalam menciptakan iklim komunikasi organisasi yang baik serta iklim komunikasi pada hotel Inna Garuda Yogyakarta.

ABSTRACT
In the midst of increasingly intense competition, the hotel is required to be able to improve the quality of their services to attract and retain customers. One important factor in realizing it is to establish a good relationship and creating a good communication climate with the employees, because their performance will determine the quality of the hotel. Similarly, it is perceived by Inna Garuda Yogyakarta. As one of the oldest hotel in Yogyakarta, Inna Garuda has realized the importance of establishing a good relationship with employees by implementing various activities employee relations. However, despite many obstacles, Inna Garuda is able to overcome these barriers and to retain the title as the best hotel through a series of accomplishments that they achieved. Inna Garuda has proven to maintain its existence. This paper will describe various employee relations strategies undertaken by PR Inna Garuda in creating a good communication climate and describe organizational communication climate in Inna Garuda Yogyakarta."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bagus Syahrian
"ABSTRAK
Industri asuransi adalah salah satu bidang industri jasa yang ada di Indonesia. Dalam
memasarkan produk asuransinya ke konsumen, perusahaan asuransi menggunakan agen
sebagai perpanjangan tangan dari mereka. Untuk mencapai tujunnya, maka kinerja dari agen
yang baik adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Faktor yang menentukan dalam hal
ini adalah faktor kepuasan kerja agen yang mereka peroleh. Tulisan ini selanjutnya ingin
membahas bagaimana faktor kepuasan kerja ini dapat dipenuhi oleh perusahaan asuransi
kepada agennya, yang sebenarnya pemangku kepentingan eksternal, melalui penerapan
employee relations yang sesuai, yang diimplementasikan ke dalam bentuk program dan
kegiatan melalui pendekatan hubungan manusia dan hirarki kebutuhan. Penggunaan kedua
pendekatan ini akan dapat memenuhi kebutuhan para agen akan kepuasan kerja yang mereka
harapkan dan selanjutnya akan berdampak pada peningkatan kinerja dan produktivitas
mereka.

ABSTRACT
The insurance industry is one of the fields of industrial services in Indonesia. When
marketing the insutance company product to the consumer, insurance companies use agents
as an extension of their hands. To reach their goals, then the good performance of agents is
one of the things the company have to look for. The decisive factor in this regard is agents
job satisfaction factors they earn. This paper further to discuss how this job satisfaction
factors can be met by an insurance company to agents, as external stakeholder, through
implementation of employee relations, implemented into programs and activities through the
approach of human relationships and the hierarchy of needs. By using two of this approach
then the company will be able to meet the needs of agents about the job satisfaction they
expect that will have an impact on their productivity and performance improvements."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Widya Sari
"Tesis ini berupaya untuk mengisi kesenjangan literatur dengan mereplikasi penelitian terdahulu terkait perilaku komunikasi pegawai (Employee Communication Behavior) berupa megaphoning yakni pembagian informasi secara sukarela pegawai tentang pencapaian organisasi (megaphoning positif) dan kelemahan organisasi (megaphoning negatif) pada instansi pemerintah, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada situasi krisis. Penelitian ini berdasarkan komunikasi organisasi dalam membangun dan memelihara hubungan yang dapat memengaruhi perilaku publik yakni perilaku pegawai sebagai publik internal. Karena komunikasi saja tidak dapat menjamin hubungan yang baik dalam jangka panjang, diperlukan strategi yang dapat membangun hubungan secara menyeluruh. Strategi manajemen hubungan dalam penelitian ini berupa keaslian organisasi (organizational authenticity), pemberdayaan pegawai (employee empowerment), kualitas hubungan pegawai organisasi (employee-organization relationship) untuk membangun hubungan antara organisasi dan pegawai. Penelitian ini dilakukan karena belum ada yang menguji tentang Employee Communication Behavior pada lembaga pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui survei kepada pegawai di Sekretariat DJP, sebanyak 202 data terkumpul untuk diolah menggunakan metode SEM-PLS. Hasilnya, variabel yang memiliki keterkaitan signifikan dengan megaphoning positif maupun negatif secara langsung ialah organizational authenticity dan employee-organization relationship. Sedangkan employee empowerment tidak signifikan secara langsung berkaitan dengan megaphoning positif maupun negatif. Employee-organization relationship terbukti signifikan memediasi hubungan organizational authenticity dan employee empowerment dengan megaphoning positif maupun negatif.

This thesis attempts to fill the gap in the literature by replicating previous research to employee communication behavior, megaphoning, the voluntary sharing of information by employees about organizational achievements (positive megaphoning) and organizational weaknesses (negative megaphoning) in government, the Directorate General of Taxes (DJP) in crisis situations. This research is based on organizational communication in building and maintaining relationships that can influence employee behavior as internal public. Communication cannot guarantee a good relationship in long term, a strategy is needed that can build relationships as a whole. The relationship management strategy in organizational authenticity, employee empowerment, and the quality of employee-organization relationships to build relationships between the organization and employees. This research was conducted because no one had tested employee communication behavior in government institutions. This research using a quantitative approach through a survey of employees at the DJP, 202 data were collected to be processed using the SEM-PLS method. Variables that have a significant relationship with positive or negative megaphoning directly are organizational authenticity and employee-organization relationship. Meanwhile, employee empowerment is not directly related to megaphoning positive or negative. Employee-organization relationship is proven to significantly mediate the relationship between organizational authenticity and employee empowerment with megaphoning positive and negative."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library