Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anggia Nirmala
"Tesis ini membahas hubungan faktor-faktor positioning surat kabar dengan
keputusan pembelian, studi pada surat kabar cetak dan online Kompas. Penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif, responden mahasiswa
pascasarjana komunikasi Universitas Indonesia, berjumlah 170 orang. Metode
analisa data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa Structural
Equation Modeling (SEM) untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan dimensi yang paling dominan dalam menjelaskan
faktor-faktor positioning surat kabar cetak dan online adalah dimensi citra produk,
dimensi yang paling dominan dalam membentuk keputusan pembelian pada surat
kabar cetak adalah dimensi kepastian membeli, sedangkan dimensi yang paling
dominan dalam membentuk keputusan pembelian pada surat kabar online adalah
dimensi keinginan membeli, serta terdapat hubungan yang signifikan yang positif
antara faktor-faktor positioning dengan keputusan pembelian, baik pada surat
kabar cetak maupun online = This thesis disscusses about relationship between positioning factors and purchase
intention. This research use quantitative explanatory design, the respondents are
communication college student of University Indonesia, total respondents 170.
Data analysis method are descriptive statistical analysis and Structural Equation
Modeling (SEM) to prove hypothesizing in this research. Results from this
research are: product image is dominant dimension that forms positioning factors
for both printed and online newspapers, definitely would is dominant dimension
that forms purchase intention of printed newspaper, meanwhile likely is dominant
dimension that forms purchase intention of online newspaper, and there is
relationship which significant positive between positioning factors and purchase
intention for both printed and online newspaper"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42119
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Nurhadiyanto
"Karakteristik portal berita online yang cepat dalam menyajikan informasi menjadi salah satu daya tarik para pembaca untuk mendapatkan informasi. Portal berita online pemerintah pun memanfaatkan peluang untuk menjadi alternatif berita bagi publik. Penelitian ini menguji bagaimana pola pemberitaan agenda pemerintah pada situs web di lingkungan kepresidenan, yakni setkab.go.id, setneg.go.id, dan presidenri.go.id. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan analisis isi dengan unit pencatatan berupa isu, topik, dan sumber pemberitaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesamaan isu, topik, dan sumber pemberitaan di antara ketiga portal berita selama penelitian berlangsung.

Characteristics of online news portals to provide information quickly become one of the attractions for readers to obtain information. Government online news portal also take opportunity to become an alternative news to public. This study examined how patterns of news on the government's agenda in presidential website, namely setkab.go.id, setneg.go.id, and presidenri.go.id. Furthermore, this study uses content analysis with a recording unit issues, topics, and news sources. The results showed that there is a similarity of issues, topics, and news sources in the news portal during the study."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41660
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Puteri Shafira
"ABSTRAK
Melesatnya peran teknologi informasi, terutama Internet sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat menyebabkan media cetak menghadapi tantangan berat, termasuk surat kabar. Salah satu indikasi tertekannya kehadiran media cetak di tengah gegap teknologi selama dua dekade terakhir adalah merosotnya penetrasi surat kabar. Sebaliknya, jumlah pengguna Internet yang mengakses laman berita terus melesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) angkatan 2014 sebagai pembaca media cetak, khususnya surat kabar, di era teknologi informasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan metode studi kasus. Hasil penelitian mendapati bahwa media yang paling banyak diakses responden adalah media online berupa mesin pencari, yang diikuti dengan kedua terbanyak yang masih merupakan media online juga, yaitu situs situs berita online. Hasil olah data penelitian juga mendapati mayoritas responden (45%) setuju untuk mengkonsumsi media online dan koran. Sebesar 35,2% responden mungkin ingin media online hanya sebagai tambahan dan mayoritas responden (34,3%) tidak setuju jika harus beralih sepenuhnya ke media online.

ABSTRACT
The fast growing role of information technology, especially the Internet as a means of fulfilling the people's needs of information, has made print media, including newspaper, undergo serious challenges. The pressure on print media amid this fast developing information technology is partly observed from the decreasing penetration of printed newspapers into its readership. On the contrary, the number of Internet users, who get accessed to online-media, tend to keep increasing significantly. This research project is aimed at examining the trend of newspaper readers among the University of Indonesia's 2014 Batch of students of the Social and Political Sciences Faculty (FISIP UI) in information technology era. It is a case study by applying a descriptive research with quantitative approach. The outcomes of this study reveal that search engines are the most widely accessed by respondents while news websites are the second Internet-based media that the respondents most freqently accessed. The results of this research project also show that majority of respondents (45%) agree to consume online-media and printed newspapers. A total of 35.2% of respondents tend to use online-media as their additional news sources, and 34.3% of respondents disagree to totally use online-media as their only news sources."
2016
S63545
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Dony Rahman
"ABSTRAK
Analisis Situasi Jurnalisme tidak lepas dari salah satu cakupannya yaitu Jurnalisme Olahraga, ketertarikan khalayak terhadap konten jurnalistik di bidang olahraga pun terbilang sesuatu yang signifikan karena berita ndash; berita olahraga bisa dibilang mengandung materi yang lsquo;ringan rsquo; namun banyak dicari oleh khalayak. Hal inilah yang mengakibatkan menjamurnya berbagai bentuk media bertemakan olahraga, khususnya di media online.Futsal sekarang menjadi salah satu olahraga yang paling digandrungi banyak remaja hingga dewasa dalam beberapa tahun terakhir. Terbukti dari banyaknya kompetisi ndash; kompetisi futsal tingkat SMA, Mahasiswa dan umum yang ada di indonesia. Tentu kalangan pecinta futsal pun membutuhkan informasi terkini mengenai serba serbi futsal yang ada di indonesia maupun di luar negeri. Namun, sedikitnya portal berita yang menyediakan berita khusus futsal sampai saat ini hanya bolalob.com menyebabkan belum adanya berita yang berkualitas serta mendalam untuk disebarkan ke khalayak umum, khususnya pecinta futsal di tanah air.BAGIAN 2Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe Manfaat Bagi Khalayak: Futsalisme menjadi media untuk para khalayaknya untuk menambah wawasannya terhadap isu dan kejadian yang sedang terjadi dalam dunia futsal. Menambah referensi dan pengetahuan baru untuk khalayak terapkan di kehidupan nyata, khususnya dalam bermain futsal. Memberikan kemudahan akses para khalayaknya untuk mengonsumsi informasi tentang futsal karena bisa diakses lewat berbagai perangkat berkoneksi internet. Menawarkan sebuah alternatif bagi khalayak untuk dapat mengonsumsi berita dalam kemasan yang sesuai dengan kaidah jurnalistik yang ada.Manfaat bagi pengelola: Meningkatkan kesadaran pengelola untuk mencari info yang penting untuk dimuat di Futsalisme. Menerapkan ilmu yang sudah pengelola dapatkan di bidang jurnalisme. Mendapat informasi yang lebih mendalam untuk pengelola sendiri, karena pengelola terjun langsung dalam mengolah berita. Mendapatkan keuntungan dari berbagai iklan yang masuk Menjadi sumber penghasilan bagi pengelola mediaTujuan: Menjadi pilihan utama khalayak untuk mendapat informasi secara mendalam tentang futsal baik dalam maupun luar negeri. Menambah wawasan tentang penerapan penulisan jurnalistik secara baik dan benar di bidang jurnalisme olahraga. Menawarkan inspirasi para pembaca dengan semua konten berita yang ada di dalam portal berita online Futsalisme. Dapat diakses berbagai kalangan baik yang baru mengikuti perkembangan dunia futsal ataupun yang sudah lama mengikuti berita berita futsal. Strengths: Portal berita didukung dengan rubrikasi yang beragam sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembacanya. Meski targetnya jelas, namun majalah ini juga memungkinkan diakses oleh khalayak diluar target utama khalayak.Weaknesses: pengelola media kurang berpengalaman, modal terbatasOpportunities: hadir dengan sesuatu yang baruThreats: kompetitor yang lebih kuat, isu royalti yang mengancam keberadaan situsBAGIAN 3Prototype yang Dikembangkan Prototype yang dikembangkan adalah portal berita olahraga bernama Futsal Is Me. Pemilihan portal berita ini berdasarkan hasil riset khalayak yang disebar ke 30 responden. Target primer media ini adalah remaja yang menyukai olahraga futsal. Target sekundernya adalah adalah khalayak yang senang mencari tahu sesuatu yang baru dan mempunyai akses internet, berumur 16 ndash; 35 tahun, SES B-C-D.BAGIAN 4Evaluasi Pre-test dilakukan dengan cara menyebar kuesioner online dan prototype Futsal Is Me kepada masing-masing 30 responden yang sebelumnya pernah mengisi kuesioner riset khalayak dan membuka website Futsal Is Me. Sebelum menjawab kuesioner pre-test, responden harus melihat prototype terlebih dahulu. Evaluasi akan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisikan pranala portal berita Futsalisme dan kuesioner berbentuk online ke e-mail para responden yang telah mengakses portal berita Futsal Is Me. Selain itu, pengelola menyediakan laman Kritik dan Saran untuk menampung segala masukan dari para pengakses situs.Input: mengukur keinginan dan kebutuhan khalayak dari kualitas konten yang dimuat di situs baik isi maupun cara penyampaian.Output: laman Kritik dan Saran yang disediakan di situsOutcome: menggunakan instrumen observasi langsung kepada para responden yang merupakan khalayak pengakses portal berita Futsalisme, evaluasi ini birsa berbentuk wawancara ataupun Focus Group Discussion FGD . BAGIAN 5Anggaran Anggaran pembuatan prototype : Rp 2.125.000Investasi Awal : Rp 96.750.000Total Pengeluaran Bulanan : Rp 87.900.000Total Pengeluaran Per Tahun : Rp 1.054.800.000Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama : Rp 913.275.000Perkiraan Pendapatan Tahun Kedua : Rp 2.694.600.000Perkiraan Rugi Tahun Pertama : -Rp 275.983.500 Perkiraan Laba Tahun Kedua : Rp 1.255.956.000BEP akan dicapai pada tahun kedua bulan kedua.

ABSTRACT
Situation Analysis Journalism can not be separated from sports journalism, the public interest against the content in the field of sports journalism was something significant because the news arguably contain material that 39 light 39 but much sought after by the audience. This has resulted in the proliferation of various forms of sports themed media, especially in online media. Futsal is now becoming one of the sport 39 s most loved by many teenagers and adults in recent years. Evident from the competition futsal competition high school level, students and the public in Indonesia. Of course, futsal enthusiasts also need the latest information about sundries futsal in Indonesia and abroad. However, at least the news portal that provides customized news futsal until now only bolalob.com led to the absence of quality news and in depth for distribution to the general public, especially futsal enthusiasts in the country.PART 2Benefits and Objectives Benefits for Audience Futsalisme become a medium for the audience to add his insights to the issues and events that are happening in the world of futsal. Adding a reference and apply new knowledge to audiences in real life, especially in playing futsal. Provide easy access to the audience to consume information about futsal because it can be accessed through a variety of internet connected devices. Offer an alternative for the audience to be able to consume news in packaging in accordance with existing rules of journalism.Benefits for administrator Raising awareness of managers to find the info that 39 s important to be loaded in Futsalisme. Applying the science that has been the manager get in journalism. Got more in depth information for its own managers, because managers directly involved in processing the news. Benefit from the various advertising sign in Become a source of income for media managersObjectives Become the ultimate choice of the public to obtain in depth information about futsal both inside and outside the country. Add knowledge about the application of journalistic writing is good and true in the field of sports journalism. Offering inspiring readers with all the news content in the online news portal Futsalisme. Accessible various groups following the development of the world 39 s new futsal or who have long followed news futsal news. Strengths powered with diverse rubric, so as to meet the needs of readers. Despite the obvious target, but also allows the magazine accessible to audiences outside of the main target audiences.Weaknesses less experienced media managers, limited capitalOpportunities comes with something newThreats competitors are more powerful, royalty issues that threaten the existence of the sitePART 3Prototype The prototype that are being developed is a type of news portal named Futsal Is Me. This news portal is chosen based on our research that has been spread to 30 respondents. The prime target of this media is the teenagers who love the sport of futsal, the secondary target is the people who pleased to find out something new and have internet access, aged 16 35 years, SES B C D. PART 4Evaluation The Pre test is done by spreading the online questioner and Futsal Is Me rsquo s prototype to each of the 30 respondents that has filled the research rsquo s questioner. Respondents are required to see the prototype before filling the pre test rsquo s questioner. Evaluation is done by sending link of the Futsal Is Me portal through the online questioner to the respondents rsquo s email. Other than that, evaluation was also done by comment box in every articles with the direct observation from the administrator and followed by in depth interviews to a number of respondents. Input to seek public 39 s wants and needs from the quality of the message, content, and medium.Output Futsal Is Me evaluation through comment box and Kritik dan Saran page.Outcome Changing attitudes and behavior of readers. The instruments will be using Focus Group Discussion FGD . PART 5Budgeting Production of Prototype rsquo s Budget Rp 2.125.000Initial Investment Rp 96.750.000Total of Monthly Expenses Rp 87.900.000Total of Annual Expenses Rp 1.054.800.000First Year rsquo s Predicted Income Rp 913.275.000Second Year rsquo s Predicted Income Rp 2.694.600.000First Year 39 s Predicted Loss Rp 275.983.500 Second Year 39 s Predicted Profit Rp 1.255.956.000 BEP will be reached in the second year on the second month. "
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizqi Ghiffari
"Dalam tulisan ini, Penulis membahas mengenai secondary victimization yang disebabkan oleh narasi judul dalam situs berita daring yang memberitakan tindak kejahatan. penulis melakukan analisis terhadap pemberitaan media Tribunnews yang dalam narasi judulnya berpotensi menyebabkan Secondary victimization. Salah satu bentuk Secondary victimization yang ditemukan sebagai akibat dari narasi judul yang kurang tepat adalah victim blaming. Fenomena victim blaming yang terjadi menjadikan korban disalahkan atas peristiwa yang menimpanya. Pandangan bahwa korban ikut serta menjadi penyebab peristiwa yang menimpanya dapat berdampak negatif dan memperburuk keadaan psikologis korban. Kondisi ini diperparah dengan adanya clickbait dalam narasi judul berita tersebut. Adanya Clickbait dalam judul berita tersebut dapat menyebabkan amplifikasi sehingga memperburuk dampak dari secondary victimization yang terjadi. Perilaku masyarakat Indonesia juga menjadi permasalahan karena masyarakat Indonesia cenderung hanya membaca judul berita dari sebuah pemberitaan tindak kejahatan. Akibatnya, terjadi pemaknaan yang kurang tepat terhadap informasi dalam berita secara keseluruhan.

In this paper, the author discusses secondary victimization caused by narrative headline of online sites that write crime news. The author conducted an analysis towards Tribunnews' news which has the potential to cause secondary victimization by their narrative headline. One form of secondary victimization that was found as a result of the inaccurate narrative was victim blaming. The phenomenon of victim blaming has caused victims to be blamed for the incident that happened to them. The view that the victims participate as the cause of the incident that happened to them also have a negative impact and worsen the psychological state of the victim. This condition is exacerbated by the existence of clickbait in narrative headline news. The existence of clickbait in the headline can cause amplification, which exacerbates the impact of secondary victimization. The behavior of the Indonesian people is also a problem because Indonesians tend to only read headlines from a crime news. As a result, there is less precise meaning of a whole information in the news content.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library