Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alma Rizki Shadrina
"Bagian 1
Analisis Situasi
Hewan menjadi salah satu makhluk hidup yang banyak disukai oleh orang-orang, salah satunya kucing. Mereka disukai karena perawakannya yang lucu dan menggemaskan. Meski disukai banyak orang, masih ada oknum yang tidak memperlakukan mereka dengan baik. Maka, masyarakat masih membutuhkan edukasi mengenai hal ini.
Bagian 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Media ini ditujukan sebagai sumber informasi bagi pecinta kucing dan cat owner dalam hal perawatan, kesehatan, dan informasi yang berkaitan dengan kucing lainnya. Selain itu, Ngobrol Kucing bertujuan untuk menyajikan informasi yang menarik, lengkap, dan sesuai dengan prinsip jurnalisme.
Bagian 3
Prototipe yang akan Dikembangkan
Ngobrol Kucing merupakan majalah elektronik dengan target khalayak Pria dan Wanita berusia 18-24 tahun. Dalam majalah ini akan tersedia enam rubrik. Tulisan dalam majalah ini akan disajikan dalam bentuk soft news dan feature yang dilengkapi elemen multimedia sebagai pelengkap.
Bagian 4
Evaluasi
Pre-Test akan dilaksanakan dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada responden dari hasil riset khalayak sebelumnya. Kemudian, proses evaluasi akan dilakukan dengan dua cara, yaitu menyebarkan kuesioner secara online yang ditempatkan pada beranda situs web dan disebarkan melalui media sosial Ngobrol Kucing. Teknik kedua menggunakan teknik wawancara kepada responden yang terpilih di minggu berikutnya.
Bagian 5
Anggaran
Anggaran Pembuatan Prototipe: Rp 741.305
Investasi Awal: Rp 84.079.660
Total Biaya Pengeluaran Per Bulan: Rp 73.950.000
Total Biaya Pengeluaran Per Tahun: Rp 955.400.000
Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama: Rp 1.155.000.000
Perkiraan Pendapatan Tahun Kedua: Rp 2.617.500.000

Part 1
Situation Analysis
Animals become one of the living things that are liked by many people, one of them is a cat. They are liked because of their cute and adorable stature. Although many people like it, there are still people who don`t treat them well. So, people still need education about this.
Part 2
Benefits and Goals of Developing Prototype
This media is intended as a source of information for cat lovers and cat owners in terms of care, health, and information related to other cats. In addition, Ngobrol Kucing aims to present information that is interesting, complete, and in accordance with existing guidelines.
Part 3
Developing Prototype
Ngobrol Kucing is an e-magazine that targets male and female
audiences aged 18-24 years. On this site, there will be six sections. Articles on this site will be presented in the form of soft news and features that are equipped with multimedia elements as a complement.
Part 4
Evaluation
Pre-Test will be carried out by distributing online questionnaires to respondents from the results of previous market research. Then, the evaluation process will be carried out in two ways, namely distributing questionnaires online which are placed on the homepage of the website and distributed via social media. The second technique uses interview techniques to selected respondents the following week.
Part 5
Budgeting
Prototype Development Budget: Rp 741.305
Initial Investment: Rp 84.079.660
Total Monthly Expenses: Rp 73.950.000
Total Annual Expenses: Rp 955.400.000
First Year Income Prediction: Rp 1.155.000.000
Second Year Income Prediction: Rp 2.617.500.000
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yoga Aditya Prathama
"Skripsi terapan ini akan mengukur efektivitas konten MVP Weekly terhadap penyajian berita esports pada audiens Instagram MVP Magazine. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen kuasi dengan desain one-group pretest-posttest, penelitian ini mengukur perubahanpada indikator Reach, Followers dan Engagement Rate sebelum dan sesudah MVP Weekly diterbitkan. Data dikumpulkan melalui Instagram Insights dan Meta Business Suite yang akan dianalisis dengan uji statistik deskriptif serta paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konten MVP Weekly berdampak signifikan terhadap efektivitas penyajian berita esports. Pengolahan data statistik menggunakan uji paired sample t-test, dimana tiga indikator utama yakni Reach, Followers, dan Engagement Rate menunjukkan peningkatan dengan nilai signifikansi < 0,05. Perancangan visual hingga publikasi konten MVP Weekly disusun berdasarkan prinsip Media Richness Theory, daya tarik visual, serta teknik copywriting dimana semua teori terbukti relevan untuk memperkuat efektivitas penyampaian informasi serta respons audiens secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, MVP Weekly terbukti berhasil menjadi konten yang mendorong penyajian berita dan penyebaran informasi yang efektif kepada audiens Instagram MVP Magazine. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembang konten digital di media sosial, khususnya dalam ranah industri esports yang terus berkembang.

This applied thesis aims to measure the effectiveness of MVP Weekly content in presenting esports news to the audience of MVP Magazine's Instagram. This research uses a quantitative quasi-experimental method with a one-group pretest-posttest design, assessing changes in the indicators of Reach, Followers, and Engagement Rate before and after the publication of MVP Weekly. Data were collected through Instagram Insights and Meta Business Suite, and analyzed using descriptive statistical tests and paired sample t-tests. The results show that the implementation of MVP Weekly content has a significant impact on the effectiveness of esports news presentation. Statistical data processing using paired sample t-tests indicates that the three key indicators—Reach, Followers, and Engagement Rate—showed increases with significance values of p < 0.05. The visual design and publication of MVP Weekly content were developed based on the principles of Media Richness Theory, visual appeal, and copywriting techniques—all of which were proven relevant in enhancing the effectiveness of information delivery and audience response quantitatively. Based on the findings, MVP Weekly has proven to be an effective content strategy for presenting news and disseminating information to the audience of MVP Magazine's Instagram. This study is expected to serve as a reference for digital content developers on social media, particularly within the rapidly growing esports industry."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library