Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yogi Anggraena
"ABSTRAK
Pendidikan dasar merupakan hak individu yang seharusnya dapat dipenuhi
dan terdistribusi secara adil dan seimbang, serta memiliki kualitas yang memadai.
Karena pentingnya pendidikan dasar, maka perlu dianalisis tingkat partisipasi
sekolah pada pendidikan dasar dalam rangka memberikan masukan kepada
pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan. Dalam tesis ini, tingkat
partisipasi sekolah pada pendidikan dasar akan dianalisis menggunakan KSIM
Cross Impact. Langkah awal penerapan KSIM cross impact dalam menganalisis
tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar adalah mengidentifikasi variabelvariabel
yang mempengaruhi tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar.
Kemudian dibangun prosedur penerapan KSIM cross impact dalam menganalisis
tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar dan disimulasikan dengan lima
tahap sebagai berikut yaitu (1) Menentukan nilai awal (initial value) untuk semua
variabel, (2) Membangun matriks cross impact, (3) Merepresentasikan impact, (4)
Mensimulasikan dan menganalisis sistem, (5) Mengidentifikasi variabel kebijakan
untuk mencapai sistem yang diinginkan. Hasil simulasi yang dilakukan
menunjukan bahwa infrastuktur dan kualitas guru mempunyai peranan yang paling
penting dalam meningkatkan partisipasi siswa. Dalam tesis ini juga dibahas
kestabilan titik kesetimbangan, untuk mengetahui di titik mana model KSIM Cross
Impact tidak mengalami perubahan dan syarat apa yang diperlukan agar pada saat
diberikan gangguan di titik kesetimbangan model tidak mengalami perubahan.

ABSTRACT
Primary education of satisfactory quality is the right of every individual that needs
to be distributed fairly and equally. Due to the importance of the primary Education,
it is necessary to analyze the level of primary education enrollment in order to
provide input for policy makers. In this thesis, the level of primary education
enrollment will be analyzed using KSIM Cross Impact. The first step in analyzing
the level of primary education enrollment is to identify the variables affecting it.
From there a procedure for the application of KSIM Cross Impact is created and
simulated using five steps: (1) Determine the initial value for all variables, (2)
Establish a cross-impact matrix, (3) Represent the impact, (4) Simulate and analyze
the system, (5) Identify the policy variables to achieve the desired system. The
simulation reveals that infrastructure and the quality of teachers play as the most
important role in increasing student participation. This thesis also discusses the
stability of the equilibrium point as well as determining the point in which the model
KSIM Cross Impact experiences no changes, and the terms required for the model
to remain in equilibrium in the presence of disturbances."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
T39304
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sukardi Weda
"Sehagai upaya menghindari terjadinya putus sekolah (drop out) sebagai fenomena sosial dan sulitnya memperoleh akses pendidikan bagi keluarga tidak mampu sebagai dampak Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS BBM), maka pemerintah menggulirkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa yang lain, agar mereka memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat dalam rangka penuntasan wajib belajar 9 tahun.
Program BOS telah memasuki tahun kedua, dan untuk melihat tingkat efisiensi dan efektifitas pelaksanaannya, maka diadakanlah penelitian. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah (i) bagaimana kondisi awal sebelum pelaksanaan program BOS?, (ii) bagaimana efisiensi program BOS dalam pendayagunaan sumber daya program?, (iii) bagaimana efektifitas program BOS terhadap keringanan dan pembebasan biaya operasional sekolah kepada siswa?, (iv) bagaimana dampak program BOS terhadap peningkatan mutu layanan pendidikan dasar 9 tahun, dan (v) bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program BOS?
Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui kondisi awal sebelum pelaksanaan program BOS, (ii) mengetahui efisiensi program BOS dalarn pendayagunaan sumber daya program, (iii) mengetahui efektifitas program BOS terhadap keringanan dan pembebasan biaya operasional sekolah kepada siswa, (iv) mengetahui dampak program BOS terhadap peningkatan mutu layanan pendidikan dasar 9 tahun, (v) mengetahui dampak program BOS untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan dasar 9 tahun, dan (vi) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program BOS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan didukung oleh pendekatan kuantitatif. Sedangkan tipe penelitian ini adalah penelitian evaluasi, dan jenis penelitian evaluasi yang digunakan adalah Analisis Kerangka Kerja Logis (Logical Framework AnalysisiLFA). lnforrnan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan respondennya adalah siswa mampu dan siswa tidak mampu, serta orang tua mampu dan orang tua tidak mampu. Pengambilan sampel dilakukan dengan cars teknik penarikan sampel pmbabilita yakni secara "teknik random atas dasar strata yang proporsional" (proportional stratified random sampling) dan sensus. Teknik sampling digunakan untuk menarik sampel dari populasi orang lua siswa dan siswa. sedangkan sensus dilakukan untuk kepala sekolah, guru, komile sekolah. orang tua dan siswa tidak mampu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan audiovisual.
Hasil penelitian menyinipulkan hahwa (i) sebelum ada program BOS, orang tua siswa cukup antusias untuk menyekolahkan anak-anak mereka, dan sebelum ada BOS, siswa tidak mampu tetap dapat memperolch akses pendidikan dasar melalui subsidi silang, orang tua mampu membantu siswa dari keluarga yang kurang mampu, (ii) profesionalitas dan kualitas para slaf yang terlibal dalam pelaksanaan program 130S cukup baik, struktur organisasi dan manajemen BOS cukup baik, dan mekanisme kerjanya berjalan sesuai prinsip administrasi dan manajemen organisasi yang baik, (iii) man faat yang diperoleh masyarakat melalui program BOS adalah adanya pembebasan biaya operasional sekolah kepada siswa tidak mampu, keringanan biaya operasional sekolah kepada siswa yang lain, dan tersedianya akses pendidikan dasar 9 tahun, (iv) dampak positif yang dirasakan oleh siswa adalah adanya peningkatan prestasi, motivasi, dan kepercayaan siswa, dan siswa dapat terhindar dari putus sekolah. Dampak negalif program adalah adanya ketergantungan sekolah terutama sekolah yang tergolong kaya dan percontohan, dana BOS yang jumlahnya relatif kecil dianggap tidak dapat mencukup pembiayaan kegiatan-kegiatan kesiswaan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan dan (v) Faktor-faktor pendukung program dari sisi intemalnya adalah: SDM yang mengelolah BOS sangat berkualitas dan profesional, dan berjalannya mekanisme organisasi sesuai prinsip-prinsip administrasi yang baik. Faktor pendukung dari luar program adalah: terjalinnya kerjasama, komunikasi dan kordinasi yang baik dan harmonis antara pihak sekolah dengan komite sekolah. Faktor penghambat program dari sisi intemalnya adalah minimnya pengetahuan orang tua tentang program BOS, dan faktor penghambat program dari sisi ekslernalnya adalah tidak adanya dukungan tim PKPS BBM dalam pelaksanaan program BOS di sekolah mulai dari perencanaan hingga monitoring dan evaluasi, alokasi dana BOS yang minim dan keterlambatan penyaluran dana BOS."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T21877
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Basset, G. W.
Melbourne: Australian Council for Education Research, 1965
370.994 BAS e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Basset, G. W.
Melbourne: Australian Council for Education Research, 1965
370.994 BAS e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Basset, G. W.
Melbourne: Australian Council for Education Research, 1965
370.994 BAS e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Darmaningtyas, 1962-
Malang : Intrans Publishing, 2015
370.959.8 DAR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bandung: Penerbit ITB ; Penerbit Universitas Udayana, 1992
R 613.071 WOR p
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Geneva: World Health Organization, 1988
613.07 WOR e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Adisarizka Virgina
"Pelaksanaan pendidikan inklusif merupakan sebuah tantangan bagi guru karena guru harus dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap terhadap pendidikan inklusif dan dukungan emosional guru, serta memeroleh gambaran dukungan emosional guru di SD Negeri inklusif Depok N = 40.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif menggunakan MATIES VI dan kuesioner dukungan emosional, sedangkan metode kualitatif dengan observasi melalui rekaman video.
Hasil penelitian menemukan adanya hubungan yang signifikan antara sikap guru terhadap pendidikan inklusif dan dukungan emosional guru. Diketahui pula bahwa perilaku dukungan emosional guru yang lebih sering muncul yaitu pada dimensi iklim positif.

The implementation of inclusive education creates challenges for teachers who have to be able to accommodate learning needs of students with and without special educational needs SEN . The aims of this study were to investigate the correlation between teachers rsquo attitudes towards inclusive education and their emotional supports and to obtain the overview of teachers rsquo emotional supports on public primary inclusive schools in Depok N 40.
This study were conducted by quantitative and qualitative methods. Quantitative method using the MATIES VI and the emotional supports scale, and qualitative method using observation with video recording.
This study revealed that teachers rsquo attitudes towards inclusive education were related to their emotional supports. It was also found that teachers more frequently provide emotional supports on positive climate dimension.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T47523
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>