Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dimas Dewantoro
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menjelaskan tentang pengukuran dan pemetaan kinerja manajemen rantai pasok menggunakan model Supply Chain Operation Reference (SCOR) pada perusahaan studi kasus yaitu gudang distribusi Third-Party Logistics (3PL) di Jakarta. Model SCOR mengkobinasikan beberapa elemen yakni Business Process, benchmarking dan aplikasi-aplikasi yang mengarah kepada suatu kerangka. Secara hierarki, model SCOR supply chain management terdiri dari proses-proses rantai pasok detail yang saling terintegrasi dari supplier sampai customer dimana semua proses tersebut searah dengan strategi operasional, kerja dan aliran informasi perusahaan. Proses pengukuran kinerja didalamnya terdiri dari perhitungan ukuran dan evaluasi kinerja yang dihitung dalam metrik level 1. Ukuran-ukuran dapat dihitung berdasarkan definisi–definisi proses dan data sebenarnya yang diambil dari supply chain pada perusahaan studi kasus. Pemetaan kinerja sendiri terdiri dari desain dari proses kinerja, metode pengumpulan data, dan pemetaan hubungan antara ukuran-ukuran kinerja yang merupakan dasar dari analisis selanjutnya sesuai dengan pemetaan level 1 sampai level 3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan struktur dan acuan aturan yang terdefinisi dengan baik untuk mengukur kinerja dari desain serta pendekatan benchmark untuk gap analysis dan pendekatan best practice untuk pengembangan terhadap manajemen rantai pasok pada perusahaan jasa 3PL dengan pendekatan model yang berfokus pada aktivitas internal dan eksternal yaitu model SCOR versi 9.0.
ABSTRACT
In this research, it is explained more about the measurement and mapping of performance supply chain management using the Supply Chain Operations Reference (SCOR) model in warehouses distribution of Third-Party Logistics (3PL). SCOR model combining a few elements of the Business Process, benchmarking and applications that lead to a framework. Hierarchically, the SCOR model consists of the supply chain management processes are integrated with each other details of the supplier to the customer where all the processes in line with operational strategy, work and information flow of the company. Performance measurement process involves a series of calculations of the size and performance evaluation metrics were calculated in level 1. Measures can be calculated by the definitions and actual data taken from the company's supply chain case study. Mapping the performance itself consists of the design of process performance, data collection methods, and mapping the relationship between performance measures that are the basis of the subsequent analysis according to the mapping level 1 to level 3. The purpose of this reasearch to obtain a reference structure and well-defined rules for measuring the performance of the design as well as approaches for gap analysis benchmarks and best practice approach to the development of supply chain management in the 3PL company's with a model approach is SCOR model version 9.0. that focuses on internal and external activity
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34937
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sania Angelita
Abstrak :
Pandemi Covid-19 berdampak tidak hanya pada aspek kesehatan tetapi juga pada ekonomi Indonesia, baik dari permintaan maupun penawaran. Masalah dalam pemerintahan Indonesia, seperti kurangnya peralatan medis dan fasilitas pendukung dalam menangani pandemi Covid-19, telah memicu kebutuhan akan tiba-tiba (mendesak / darurat). Di sisi lain, masih ada banyak perusahaan distributor yang tidak memiliki pengalaman dalam menangani keadaan darurat. Salah satu dampaknya adalah pengiriman barang yang tidak tepat waktu / terlambat. Untuk menyelesaikan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bisnis proses di perusahaan distributor dengan proses yang lebih efektif dan efisien dengan melibatkan antar perusahaan untuk meningkatkan ketepatan waktu pengiriman kepada pelanggan. Kami mengusulkan menggunakan BPR (Rekayasa Proses Bisnis) dan simulasi untuk memodelkan dan menganalisis proses saat ini dan mendesain ulang proses perbaikan. Hasilnya diperoleh, dengan pengadaan barang rata -rata menurun sebesar 46%. ......Pandemic Covid-19 has had an impact not only on health aspects but also on the economy of Indonesia, both from demand and supply. Problems in Indonesia’s government, such as the lack of medical equipment and supporting facilities in handling Covid-19 pandemics, have triggered the need for a sudden (urgent / emergency). On the other hand, there are still many distributor companies that have no experience in handling emergencies. One of the impacts is the delivery of goods that are not on time / late. To solve the problem, this study aims to get a process business in a distributor company with more effective and efficient processes by involving intercompany to increase the timeliness of delivery to customers. We propose using BPR (Business Process Reengineering) and simulation to model and analyze the current process and redesign the repair process. The results were obtained, with the average procurement of goods decreased by 46%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Wisnu Krisnantio
Abstrak :
The Pickup & Delivery Problem With Time Windows (PDPTW) merupakan permasalahan umum yang sering terjadi dalam industri jasa logistik untuk pengambilan dan pengantaran barang. PDPTW bersifat Non Polynominal-hard (NP-hard) yang berarti kompleksitas dalam penyelesaian permasalahan meningkat secara eksponensial apabila semakin banyak data dan parameter yang diukur, sehingga menjadi sulit untuk dipecahkan dengan menggunakan metode eksak. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan penelitian dalam memecahkan masalah PDPTW dengan mempertimbangkan ketepatan hasil solusi dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dengan keterbatasan sumber daya yang ada. Kendala umum yang terjadi dalam industri jasa logistik berupa keterbatasan jumlah kurir, kapasitas kendaraaan serta jumlah permintaan pelanggan yang dinanis. Model permasalahan PDPTW yang diangkat dalam penelitian ini merupakan kondisi nyata yang terjadi pada PT X sebagai perusahaan penyedia jasa logistik. Dari hasil perhitungan dan pengolahan data diperoleh bahwa algoritma Tabu Search cukup efektif untuk memecahkan masalah PDPTW. Hasil penelitian menunjukkan rute yang optimal sehingga diperoleh penurunan jarak tempuh dari seluruh kendaraan sebesar 147.01 km (25.23%) dan penurunan total waktu dari seluruh armada kendaraan sebesar 215.53 menit (12.89%). Penggunaan solusi awal juga berpengaruh pada kecepatan Tabu Search untuk memperoleh hasil akhir. Selain itu Tabu Search juga dapat digunakan untuk menentukan jumlah kurir yang optimal dalam melayani permintaan pelanggan yang bersifat dinamis. ......The Pickup & Delivery Problem With Time Windows (PDPTW) is common problem that often faced by logistics service provider for pick-up and delivery goods. The PDPTW is a Non Polynominal-hard (NP-hard) problem, which means the complexity will increase as the size of the problem grows, and also it will be difficult to solve the problem with exact method. Therefore it is important to do research studying to solve PDPTW with a good accuracy, limited time and resources. General constrains on logistic service provider are limitation of courier number, limited vehicle capacity, and dynamic number of customer demands. The PDPTW models that used in this study is a real condition which is occur on PT X as logistic service provider. The result of this study show that Tabu Search Algorithm is effective for solving PDPTW. Final calculation show an optimal routes with total distance reduction about 147.01 km (25.23%) and also decrease the total time cost for 215.53 minutes (12.89%). Another result of this study show that the use of initial solution take effect on calculating time for Tabu Search algorithm. Beside that, the Tabu Search algorithm can be used to determine the optimal number of couriers to serve dynamic customer demands.
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deny Nugroho Rasuanto
Abstrak :
SBU Total Logistik merupakan unit usaha di PT. Pos Indonesia yang bergerak di bidang jasa logistik. Mengingat usianya yang baru berusia 2 tahun maka munculah tuntutan untuk melakukan kajian atau evaluasi atas kinerja (performance) aktifitas Supply Chain Management yang dilakukannya. Pengukuran dan evaluasi ini selain melihat rangkaian aktivitas yang dilakukan dalam Supply Chain Management itu sendiri juga sebaiknya melibatkan tolak ukur lain seperti kepuasan pelanggan yang menikmati jasa layanan SBU Total Logistik PT. Pos Indonesia. Di sisi lain terdapat kondisi di mana dalam masa operasi selama 2 tahun ditemukan adanya indikasi penurunan jumlah pelanggan tetap SBU Total Logistik. Hal ini diduga berkaitan dengan performa Supply Chain Management yang diterapkan oleh unit tersebut. Sementara itu pihak manajemen mengungkapkan bahwa mereka tidak pemah menurunkan standar operasional di lapangan dan seluruh sistem pelayanan telah berjalan sebagaimana seharusnya. Atas dasar tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji hubungan antara Supply Chain Management Performance saluran distribusi SBU Total Logistik PT. Pos Indonesia dengan kepuasan (satisfaction) pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey deskriptif yaitu melalui penyebaran kuesioner dengan target responden adalah para pelanggan perusahaan (corporate customer) tetap dari SBU Total Logistik PT. Pos Indonesia. Adapun penelitian ini dimulai dengan menganalisis secara terpisah antara Supply Chain Management Performance dan Customer Satisfaction untuk melihat kondisi independen masing-masing dan selanjutnya mencari hubungan antara keduanya. Hasil penelitian atas Supply Chain Management Performance saluran distribusi SBU Total Logistik PT. Pos Indonesia yang diukur dengan menggunakan enam aspek yang meliputi cooperation, commitment, trust, conflict, conflict resolution dan compliance menunjukan bahwa aspek conflict resolution merupakan aspek yang telah dijalankan paling baik dan aspek compliance merupakan aspek yang dijalankan belum sepenuhnya baik. Sementara itu tingkat kepuasan responden dalam melakukan kerjasama supply chain dengan PT. Pos Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi dimana hal ini dilihat dari tingginya nilai respon atas keuntungan dan kepuasan bertransaksi bisnis dengan SBU Total Logistik PT. Pos Indonesia. Selanjutnya hasil analisis regresi yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Supply Chain Management Performance terhadap Customer Satisfaction, di mana aspek Cooperation dalam variabel Supply Chain Performance merupakan satu-satunya aspek yang memiliki hubungan dan pengaruh yang paling signifikan dibandingkan aspek-aspek yang lainnya. Adapun saran yang diberikan untuk menindaklanjuti hasil penelitian tersebut adalah agar SBU Total Logistik lebih mengupayakan peningkatan konsep kerja sama (Cooperation) yang memiliki kaitan tujuan bisnis jangka panjang dimana hal ini penting bila SBU Total Logistik berkeinginan untuk lebih meningkatkan kepuasan pelanggannya. Sementara itu keberadaan kelima unsur lain dari Supply Chain Management Performance yaitu commitment, trust, conflict, conflict resolution dan compliance sebaiknya tetap menjadi perhatian untuk tidak diabaikan karena apabila seluruh keenam unsur ini mampu berperan dengan baik maka kinerja Supply Chain SBU Total Logistik akan jauh lebih baik pula dan otomatis akan turut juga mempengaruhi kepuasan pelanggan.
SBU Total Logistik is a business unit of PT. Pos Indonesia in logistic service. As it was 2 years old, the unit has a need for study and evaluation of Supply Chain Management performance. In addition to measurement and evaluation of Supply Chain Management activities, it is necessary to involve other measurements such as customer satisfaction that have benefit from SBU Total Logistik service of PT. Pos Indonesia. On the other side, there is indication of decrease in the number of regular SBU Total Logistik customers for 2 years in operation. It is supposedly relating to Supply Chain Management performance by the unit. While management expressed that they never do reduction of operational standard in the field operation and the entire service system were well work. Based on the matters, the research is designed to examine the relationship between Supply Chain Management Performance of SBU Total Logistik PT. Pos Indonesia distribution channel and customer satisfaction. The research is conducted by using a descriptive survey method with the distribution of questionnaires to the regular corporate customers of the SBU Total Logistik of PT. Pos Indonesia as the target respondents. The research is beginning by separately analyses of Supply Chain Management Performance and Customer Satisfaction to observe independent conditions of each Supply Chain Performance and Customer Satisfaction, and then to seek for relationship of both sides. The results of the research in Supply Chain Performance, the SBU Total Logistik distribution channel of PT. Pos Indonesia, measured by using six aspects including cooperation, commitment, trust, conflict, conflict resolution, and compliance, shown that the conflict resolution is the aspect put in best work and compliance is put in still not yet completely work. At the same time, the respondent satisfaction in cooperation of supply chain and PT. Pos Indonesia suggest high satisfaction. It is true of high response to profit and satisfaction in business deal with SBU Total Logistik of PT. Pos Indonesia. Furthermore, the results of the regression analysis shown that there is relationship between Supply Chain Performance and Satisfaction, where aspect of Cooperation in the Supply Chain Performance variable is the only aspect with most significant effect and correlation than other aspects. To follow up the results of the research, the SBU Total Logistik is proposed to seek for conceptual improvement of Cooperation in relation to long-term business goals, for purposes to increase its customer satisfaction. In meanwhile, the existence of other five elements of Supply Chain Performance - commitment, trust, conflict, conflict resolution, compliance - should be paid attention. As all of five elements take significant roles, the Supply Chain performance of SBU Total Logistik may be much more significant value and therefore influence customer satisfaction.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18326
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renan Lintang Prakoso
Abstrak :
Saat ini perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja SCM (Supply Chain Management)-nya, karena SC (Supply Chain) adalah salah satu kunci penting dalam memenangkan kompetisi dengan pesaingnya. SC memainkan peranan penting dalam sebuah industry berat, khususnya industry baja, karena perusahaan harus mengelola material, proses produksi dan bahan jadi yang bentuk dan ukurannya berbeda-beda dan dengan jumlah jutaan ton per tahunnya. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Krakatau Steel Tbk, yang lokasinya di Cilegon, Banten, Indonesia yang akan membandingkan hasil prioritas strategi dari 2 metode yaitu metode Fuzzy QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan Fuzzy QFD (Quality Function Deployment). Pengolahan data menggunakan Fuzzy QSPM mempunyai kekuatan bahwa strategi yang dihasilkan adalah pendapat dari para ahli atau experts yang mengarahkan prioritas strategi SC yang tepat buat perusahaan. Sedangkan pengolahan data menggunakan Fuzzy QFD mempunyai kekuatan bahwa strategi yang dihasilkan adalah berdasarkan apa yang diinginkan pelanggan (Voice of Customer), selain itu pada metode QFD prioritas strategi yang dihasilkan harus memenuhi komposisi dari tingkat prioritas dan biaya implementasi. Metode QFD juga memperhitungkan keterkaitan antar strategi, yang berarti bahwa strategi yang mempunyai keterkaitan dengan strategi lainnya mempunyai skor yang lebih tinggi daripada strategi yang tidak terkait dengan strategi lainnya/independent. Setelah mempertimbangkan proses pengolahan data yang telah dilakukan dan kebutuhan perusahaan saat ini, maka para ahli memutuskan bahwa perusahaan akan memilih prioritas strategi yang dihasilkan oleh metode QFD, berikut hasil prioritas strategi nya :
Rank  Strategies                                    Crisp Values
1     Inventory Level Control                       51.22
2     Increase On Time Delivery Percentage          48.65
3     Increase Production Volume                    41.65
4     Arrangement Delivery Transportation & Mode    38.97
5     Human Resource Development                    38.56
6     Increase Sales Volume                         38.22
7     Arrangement Operation Mode (Energy Eficiency) 27.86
8     Raw Material Fulfillment                      25.08
9     Product Diversification                       24.95
10    Decrease The Production Cost                  24.62
11    Increase Production Quality                   12.76
Selain hal tersebut diatas, pada proses perhitungan jarak antara persepsi pelanggan dan persepsi perusahaan terkait kinerja SC, terdapat 2 (dua) kriteria penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan, karena perusahaan mengganggap kriteria tersebut sudah dicapai dengan baik, tetapi pelanggan menganggap kriteria tersebut belum memuaskan pelanggan, dua hal tersebut antara lain Complaint Response Management (selisih persepsi 2,00 angka) dan Reject Rate (selisih persepsi 1,42 angka). ......Currently companies are trying hard to improve their SCM (Supply Chain Management) performance, because SC (Supply Chain) is one of the important keys in winning the competition with its competitors. SC plays important role in a heavy industry, especially for the steel industry, companies have to manage materials, production processes and finish goods that has various shape and size with the number of millions tons per year. This research was conducted at PT. Krakatau Steel Tbk, which is located in Cilegon, Banten, Indonesia. This research will compare the results of two methods of strategic priorities, namely Fuzzy QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) and Fuzzy QFD (Quality Function Deployment). Data Processing using Fuzzy QSPM has the advantage that the output strategy is the opinion of the experts who directs the SC strategy priorities for the company. While data processing using a Fuzzy QFD has the advantages that the output strategy is based on what customers need (Voice of Customer), in addition to the QFD has output that the strategic priorities has composition of high the priority levels and implementation cost. QFD method also calculating correlation among the strategies, which means that the strategy is linked with other strategies, they have higher scores than other strategies that are not correlated with other strategies / independent strategy. After considering the data processing and the company requirements, the experts decided that the company choose the priority strategies generated by the QFD method, and that strategies priorities results, as follows :
Rank  Strategies                                    Crisp Values
1     Inventory Level Control                       51.22
2     Increase On Time Delivery Percentage          48.65
3     Increase Production Volume                    41.65
4     Arrangement Delivery Transportation & Mode    38.97
5     Human Resource Development                    38.56
6     Increase Sales Volume                         38.22
7     Arrangement Operation Mode (Energy Eficiency) 27.86
8     Raw Material Fulfillment                      25.08
9     Product Diversification                       24.95
10    Decrease The Production Cost                  24.62
11    Increase Production Quality                   12.76
In addition, the process of calculating the distance/GAP between customer’s perceptions and company’s perceptions related company SC performance, there are two (2) important criteria that must be considered by the company, because the company judge these criteria have been good achievement, but the customer judge these criteria have not been satisfying, these two things, as follows Complaint Response Management (perceptual difference is 2.00 points) and the Reject Rate (perceptual difference is 1.42 point).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T39384
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lopulalan, Ignatius Daniel
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di PT PPN yang merupakan kontraktor pertambangan batubara dengan studi kasus dilakukan pada lokasi pertambangan Barut yang terletak di daerah Kalimantan Tengah. Di lokasi ini, rantai pasok bahan bakar, yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan operasi pertambangan sering mengalami kendala karena permasalahan kondisi air sungai yang surut pada musim kemarau. Tujuan penulisan ini adalah melakukan identifikasi dan analis terhadap pemborosan yang terjadi untuk mendapatkan peluang efisiensi atas rantai pasok bahan bakar yang saat ini dilakukan. Metodologi penelitian menggunakan data primer dan sekunder dengan pendekatan Value Stream Mappinguntuk melihat pemborosan yang terjadi dan melalui pola perhitungan fixed quantity model dilakukan perhitungan optimalisasi penyimpanan dan transportasi baik secara waktu maupun biaya. Pada saat musim hujan, rantai pasok melalui sungai merupakan pilihan yang terbaik dari sisi waktu maupun biaya. Pada saat musim kemarau, alternatif melalui darat dengan total biaya terendah dan waktu tercepat akan menjadi pilihan untuk pengiriman bahan bakar ke Barut
ABSTRACT
This research was conducted at PT PPN, a coal mining contractor. The case study was carried out at the mine site Barut in Central Kalimantan. At this location, the fuel supply chain, which is necessary to run mining operations, frequently experienced problem due to receding river water in the dry season. The purpose of this thesis is to identify and analyze wastes that occur to gain efficiency improvement over a fuel supply chain which is currently done. The research methodology uses primary and secondary data with Value Stream Mapping approach to see the waste that occurs in and through the pattern of fixed quantity calculation models to optimize storage and transportation of both time and cost. During the rainy season, supply chain through the river is the best option in terms of time and cost. In the dry season, alternate overland with the lowest total cost and fastest time will be the choice for the delivery of fuel to Barut.
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Muchlis
Abstrak :
Industri minyak dan gas semakin lama berkembang dengan sangat baik dan untuk dapat mengoptimalkan kinerja perusahaan, para kontraktor minyak dan gas harus mampu lebih efisien dan efektif dalam Supply Chain Management (SCM). Salah satu metode pengukuran kinerja SCM yang berkembang sangat pesat dan paling mewakili pengukuran dari segi financial maupun non-financial adalah Balanced Scorecard yang diperkenalkan oleh Kaplan dan Norton tahun 1992. Dalam penelitian ini digunakan metode Balanced Scorecard untuk merumuskan serangkaian indikator pengukuran kinerja bagian SCM pada KKKS (Kontraktor Kontrak Kerjasama). Setelah melakukan perumusan indikator pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, dilakukan pemetaan hubungan (cause-effect relationship) terhadap perspektif dan indikator yang berada pada perspektif yang sama dengan menggunakan analisis DEMATEL (Decision Making Trial and Evaluation Laboratory). Pemetaan dilakukan untuk melihat hubungan pengaruh antar perspektif maupun indikator, sehingga dapat digambarkan peta strategi yang dapat diaplikasikan oleh KKKS untuk meningkatkan kinerja bagian SCM. ......Oil and gas industry growing very well and to be able to optimize performance of company, oil and gas contractor should be able to be more efficient and effective in the Supply Chain Management (SCM). One of the methods of performance measurement that is growing very rapidly and most representative measurements in terms of financial and non-financial is Balanced Scorecard that introduced by Kaplan and Norton in 1992. This study used Balanced Scorecard method to formulate a set of indicators for measuring performance of SCM on PSC (Production Sharing Contract). After making formulation of indicators measuring performance using Balanced Scorecard method, researchers mapped the relationships (cause-effect relationship) to perspectives and indicators that are located on the same perspective by using DEMATEL (Decision Making Trial and Evaluation Laboratory). Mapping conducted to see cause and effect relationship between perspectives and indicators, so it can be drawn strategic map that can be applied by PSC in order to improve performance of SCM.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44148
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Lestari
Abstrak :
Salah satu metode perumusan strategi yang paling efektif ialah SWOT dan untuk memilih strategi alternatif adalah QSPM. Skripsi ini menggunakan SWOT dan QSPM untuk menentukan strategi bertemakan supply chain management. Penelitian mengambil tempat beberapa perusahaan kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Permasalahan yang terjadi akibat sistem informasi yang belum terintegrasi dengan baik dan sistem pengukuran kinerja yang belum baik. Jadi, digunakanlah SWOT dan QSPM untuk merumuskan dan memilih strategi dalam peningkatan kinerja pada supply chain management. Dalam skripsi ini akan dibahas kinerja supply chain management yang berada di industri minyak dan gas di bawah depatemen supply chain management. Dengan mengikuti beberapa tahapan dalam penerapan SWOT dan QSPM yaitu menganalisis hasil kuesioner-kusioner yang didapat. Singkat kata, strategi peningkatan kinerja supply chain management pada KKKS yaitu Sinergi diantara KKKS untuk mencapai kinerja SCM yang maksimal. Artinya, strategi ini digunakan untuk peningkatan kinerja supply chain management pada KKKS. Semua hasil dari penerapan SWOT dan QSPM akan tertuang dalam skripsi ini. ......One of the most effective strategy formulation is SWOT and to choose alternative strategies are QSPM. This paper uses SWOT and QSPM to determine theme of supply chain management strategies. The study took place several contracting companies cooperation contract located in Jakarta, Indonesia. Problems arising from information systems that have not been well integrated and the performance measurement system that has not been good. So, SWOT and QSPM is used to formulate and choose the strategy in improving the performance of the supply chain management. In this paper will discuss the performance of supply chain management in the oil and gas industry under the supply chain management depatemen. By following a few steps in the application of the SWOT and analyzing the results of questionnaires QSPM-kusioner obtained. It means, the strategy for improving the performance of supply chain management at the synergy between contracting companies cooperation contract to achieve maximum performance of the SCM. That is, this strategy is used to improve the performance of supply chain management at the contracting companies cooperation contract. All satisfactory results of the application of SWOT and QSPM be stated in this paper.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44659
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christopher, Martin
Harlow: Prentice-Hall, 2005
658.5 CHR l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Chopra, Sunil, 1960-
Boston: Pearson, 2013
658.7 CHO s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>