Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Ferdian Nur Rachman
"Penelitian ini membahas analisa saya tentang fungsi gimmick dalam iklan provider Kartu As, IM3, dan AXIS melalui analisis struktur iklan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan unsur-unsur dalam iklan sehingga dapat menemukan fungsi gimmick yang digunakan. Dalam meneliti unsur-unsur iklan saya menggunakan tiga struktur pendukung pembentuk wacana dari Van Dijk yaitu dengan superstruktur, struktur mikro, dan struktur makro dari iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari penelitian terhadap ketiga struktur yaitu superstruktur, struktur mikro, dan struktur makro, ditemukan bahwa setiap iklan mempunyai unsur-unsur yang menunjukan jati diri dari produk yang dijual seperti warna dan slogan yang khas, yang membuat produk itu menjadi terlihat lebih baik dari produk yang lain. Pada analisis gimmick ditemukan bahwa gimmick yang digunakan dapat mempunyai fungsi-fungsi yang berbeda berdasarkan tujuan dan latar belakang dari iklan tersebut seperti konsumen yang ingin dituju dan promosi yang ingin disebarkan. Selain gimmick para copywriter ternyata juga memakai strategi claim yang menarik konsumer.
This study discusses my analysis of the gimmick function in the advertisement of Kartu As, IM3, dan AXIS through advertisiement structure analysis. This study aims to describe the elements in the ad to find the function of gimmicks that are used. In examining the elements of advertisement I use the three supporting structures in forming the discourse by Van Dijk, which are the superstructure, microstructure, and the macro-structure of the ad. The method used was a qualitative method. The results of the study showed that from the three supporting structures, that form the discourse, found that every ad has elements that indicate the identity of products such as distinctive colors and slogans, which makes the product become look better than other products. In the analysis of gimmick, found that gimmick have different functions based on the purpose and background of these ads, just like the target consumers and the promotion tha will be spread. In addition, besides gimmick, the copywriters also use the interesting claim strategy that can increase the attention from the consumers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Rian Ernest
"Fokus dari penelitian ini adalah tentang permasalahan iklan tarif seluler yang menyesatkan ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.. Penelitian ini hendak mengupas permasalahan eksistensi iklan yang menyesatkan mengenai tarif jasa seluler pra-bayar, pertanggungjawaban hukum dari pelaku usaha, serta upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen yang dirugikan. Penelitian ini mencakup studi kasus terhadap isi dari iklan tarif seluler yang beredar dan akan membuktikan apakah informasi dalam iklan, sesuai dengan faktanya. Kesimpulannya, iklan tarif seluler dalam bentuk media billboard dan televisi cenderung menyesatkan., dan pelaku usaha pemesan iklan dan pelaku usaha pembuat iklan wajib bertanggungjawab mengganti kerugian yang diderita konsumen.
This research is focusing on the the legal issue of misleading phone rate advertisement from the Law No. 8 Year 1999 concerning Consumer Protection perspective. This research elaborates the existence of misleading advertisement on the pre-paid cellular phone advertisement, the liability of the producer, and legal action that can be done by the consumer. This research’s scope are the case studies on the phone rate advertisement substantion and argumentation whether the information on that advertisement consistent with the fact. As conclusion, billboard and television advertisement are misleading, and that advertising client and advertising agency are liable to compensate the loss suffered by consumers."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2009
S24917
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Junita Nurwati
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2010
S24826
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library