Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
Ari Wibowo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi karier protean terhadap intensi untuk meninggalkan organisasi yang dimediasi oleh komitmen organisasi dan kepuasan kerja pada pegawai bertalenta di Badan XYZ. Orientasi protean diharapkan dimiliki oleh individu-individu bertalenta yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) yang diolah menggunakan software SmartPLS 3.2. Sebanyak 134 responden yang lolos screening pada Badan XYZ telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi karier protean memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi untuk meninggalkan organisasi. Selain itu, komitmen organisasi dan kepuasan kerja memediasi secara sifnifikan pengaruh antara orientasi karier protean terhadap intensi untuk meninggalkan organisasi.
The purpose of this research is to find out the effect of protean career orientation on intention to quit mediated by organizational commitment and job satisfaction on talented employees at XYZ Agency. Protean orientation is expected to be possessed by talented individuals who can provide a competitive advantage to the organization. This research is a quantitative study using the Structural Equation Model (SEM) method which is processed using SmartPLS 3.2 software. A total of 134 respondents who passed the screening at XYZ Agency participated in this research. The results showed that protean career orientation had a significant effect on intention to quit. In addition, organizational commitment and job satisfaction mediate a significant effect between protean career orientation on the intention to quit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yaumil Fadhilah
"Penelitian ini mengkaji efektivitas dari program intervensi berupa workshop “Menjadi Guru Kreatif” yang disusun untuk meningkatkan pemahaman guru tentang sikap mengembangkan kreativitas siswa Taman Kanak-Kanak. Sikap guru tersebut merupakan suatu kompetensi yang perlu dikuasai oleh guru guna mencapai efektivitas dalam pengajaran yang menekankan pada perkembangan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan analisis statistik Repeated Measures ANOVA. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design untuk melakukan pengukuran sebelum dan setelah diberikan intervensi. Pemilihan subjek partisipan dilakukan melalui teknik accidental sampling menggunakan media platform daring. Kegiatan workshop “Menjadi Guru Kreatif” melibatkan 60 guru Taman Kanak- Kanak yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia sebagai partisipan, namun hanya terdapat 36 data partisipan yang dianggap memenuhi syarat untuk dilakukan analisis statistic. Pemahaman tentang sikap mengembangkan kreativitas siswa Taman Kanak- Kanak diukur melalui instrumen Teachers’ Creative Nurturing Behavior Scale (Sharma & Sharma, 2018).
This study aims to examine the effectiveness of intervention program in the form of workshop entitled “Menjadi Guru Kreatif”. The program is designed to enhance the awareness of the teachers’ behavior which can nurture the kindergarten students’ creativity. The behavior is a significant competency that should be mastered by kindergarten teachers in order to achieve effectiveness in teaching that emphasizes the development of students’ creativity. This study is quantitative research by performing a statistical analysis of Repeated Measures ANOVA. The design of this study used a one group pre-test post-test design to measure before and after the intervention. The selection of participant subjects was done through accidental sampling technique using an online media platform. The workshop activity "Menjadi Guru Kreatif" involved 60 Kindergarten teachers from various regions in Indonesia as participants, but there were only 36 participant data that were deemed eligible for statistical analysis. The understanding of the teachers’ behavior of nurturing kindergarten students’ creativity was measured using Teachers’ Creative Nurturing Behavior Scale (Sharma & Sharma, 2018)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ghiffari Zahran Raihan
"
Overeducation and undereducation are two forms of educational mismatch that influence wage dynamics in the labor market. This study examines how these mismatches shape wage trajectories across generational cohorts in Indonesia. An empirical investigation was conducted using Ordinary Least Squares (OLS) regression models on nationally representative labor force data (2013–2023) segmented by birth cohort. This study reveals that overeducation leads to persistent wage penalties that intensify with age, indicating a “scarring effect” where the misalignment between formal education and occupational requirements suppresses long-term earnings. In contrast, undereducation is associated with an increasing wage premium over time, suggesting that accumulated work experience and job-specific skills can compensate for a lack of formal credentials. This study also finds that the impact of educational mismatch varies significantly across generations, with younger generations experiencing less immediate wage consequences, while older generations face more persistent and accumulated effects over time. The findings highlight the importance of labor policies that move beyond formal educational attainment and emphasize lifelong learning, recognition of prior learning, and competency-based recruitment to improve labor market efficiency and equity.
Overeducation dan undereducation merupakan dua bentuk mismatch pendidikan yang memengaruhi dinamika upah di pasar tenaga kerja. Penelitian ini mengkaji bagaimana kedua bentuk mismatch tersebut membentuk trajektori upah lintas generasi di Indonesia. Investigasi empiris dilakukan menggunakan model regresi Ordinary Least Squares (OLS) terhadap data tenaga kerja nasional yang representatif (2013–2023) dan disegmentasi berdasarkan kohort kelahiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa overeducation menyebabkan penalti upah yang persisten dan semakin memburuk seiring bertambahnya usia, mencerminkan efek "scarring" di mana ketidaksesuaian antara pendidikan formal dan tuntutan pekerjaan menekan penghasilan jangka panjang. Sebaliknya, undereducation berkaitan dengan premi upah yang meningkat dari waktu ke waktu, menunjukkan bahwa akumulasi pengalaman kerja dan keterampilan spesifik pekerjaan mampu menggantikan kekurangan kredensial pendidikan formal. Studi ini juga menemukan bahwa dampak mismatch pendidikan sangat bervariasi antar generasi; generasi muda cenderung mengalami konsekuensi upah yang lebih ringan di awal karier, sementara generasi yang lebih tua menghadapi efek penalti yang lebih persisten dan terakumulasi. Temuan ini menegaskan pentingnya kebijakan ketenagakerjaan yang melampaui pencapaian pendidikan formal dan lebih menekankan pada pembelajaran sepanjang hayat, pengakuan pembelajaran non-formal, serta sistem rekrutmen berbasis kompetensi untuk meningkatkan efisiensi dan keadilan di pasar tenaga kerja."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Azizah Nada Fitrilia
"Mahasiswa, khususnya yang sedang berada di tingkat akhir, sedang bersiap untuk memasuki dunia kerja dan meniti karier. Pemilihan karier yang mereka lakukan dipengaruhi berbagai hal, salah satunya efikasi diri dalam keputusan karier career decision self-efficacy; CDSE . Berbagai penelitian menunjukkan terdapat pengaruh aspek orangtua seperti kelekatan atau dukungan terhadap CDSE. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara persepsi keterlibatan orangtua dan CDSE. Penelitian korelasional ini dilakukan pada 487 mahasiswa yang berada di tahun atau tingkat terakhir perkuliahan. Pengukuran keterlibatan orangtua dibagi menjadi tiga dimensi yaitu ekspresif, instrumental, dan mentoring/advising menggunakan Father Involvement Scale-Reported FIS-R; Finley Schwartz, 2004 dan Mother Involvement Scale-Reported MIS-R; Finley, Mira, Schwartz, 2008 . CDSE diukur dengan Career Decision Self-Efficacy?Short Form CDSE-SF oleh Betz, Klein, dan Taylor 1996 . Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara ketiga dimensi persepsi keterlibatan ayah dengan CDSE ekspresif: r=.206, p= le;.01; instrumental: r=.170, p= le;.01; mentoring/advising: r=.185, p= le;.01 dan hubungan positif antara ketiga dimensi persepsi keterlibatan ibu dengan CDSE ekspresif: r=.257, p= le;.01; instrumental: r=.273, p= le;.01; mentoring/advising: r=.266, p= le;.01 . Implikasi dari hasil penelitian ini serta saran untuk penelitian lanjutan didiskusikan.
Final year undergraduates are preparing to enter the workforce and to build their careers. Choosing a career is influenced by numerous factors, one of which is career decision self efficacy CDSE . A number of studies have shown positive relationships between some parental aspects, such as attachment or support, and CDSE. The purpose of this study is to see the relationship between perceived parental involvement and CDSE. This correlational study was conducted on 487 final year undergraduates. The measurement of perceived parental involvement was separated into three dimensions, namely expressive, instrumental, and mentoring advising using Father Involvement Scale Reported FIS R Finley Schwartz, 2004 and Mother Involvement Scale Reported MIS R Finley, Mira, Schwartz, 2008 . CDSE was measured using Career Decision Self Efficacy Short Form CDSE SF by Betz, Klein, and Taylor 1996 . Results showed positive relationships between the three dimensions of perceived father involvement and CDSE expressive r .206, p le .01 instrumental r .170, p le .01 mentoring advising r .185, p le .01 and also positive relationships between the three dimensions of mother involvement and CDSE expressive r .257, p le .01 instrumental r .273, p le .01 mentoring advising r .266, p le .01 . The implications of the results and suggestions for future studies are discussed."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Mirza Iskandar
"Dunia kerja merupakan tempat orang bersaing untuk mencari pekerjaan. Lulusan baru yang kerap disebut fresh graduates akan ikut bersaing dan diwajibkan untuk siap dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Semua kompetensi dari akademis sampai non akademis harus dimiliki untuk dapat bersaing. Hal lain yang perlu dimiliki oleh setiap fresh graduates adalah memiliki kepercayaan diri yang kuat. Variabel faktor demografi dan non demografi. Faktor non demografi diantaranya harga diri, konsep diri, interaksi sosial, pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan kemampuan akademis. Faktor demografi diantaranya jenis kelamin, tempat tinggal, usia, departemen, IPK, minat wirausaha, minat S2 dan pendidikan orang tua. Penelitian ini bertujuan menganalisis variabel-variabel yang menjelaskan kepercayaan diri pada fresh graduates, serta menganalisis profil fresh graduates yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil menggunakan teknik Stratified sampling proportional dengan 292 fresh graduate sebagai sampel dan besar populasi yaitu 534. Metode pengolahan data pada penelitian ini adalah metode Regresi Linear Berganda untuk menganalisis hubungan antara variabel penjelas terhadap kepercayaan diri. Metode kedua pada penelitian ini adalah Classification Regression Tree digunakan untuk menganalisis profil fresh graduates yang memiliki kepercayaan diri tinggi berdasarkan variabel yang menjelaskan kepercayaan diri. Hasil menunjukkan variabel yang signifikan menjelaskan kepercayaan diri dalam dunia kerja adalah harga diri, konsep diri, pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan jenis kelamin. Penelitian ini juga menunjukkan hasil bahwa profil fresh graduate yang memiliki kepercayaan diri tinggi memiliki pengalaman kerja yang tinggi dan harga diri tinggi serta fresh graduate yang memiliki pengalaman kerja tinggi, harga diri rendah pada semua jenis kelamin.
The world of work is a place where people compete to find work. New graduates are often mentioned fresh graduates will compete and are required to be ready to face the competition in the world of work. All competencies from academic to non-academic must be owned to be able to compete. Another thing that everyone needs to have fresh graduates is to have qualified self-confidence, therefore self-confidence needs to be developed. Variables are demographic and non-demographic factors. Non-demographic factors include self-esteem, self-concept, social interaction, work experience, organizational experience and academic ability. Demographic factors include gender, place of residence, age, department, GPA, interest in entrepreneurship, interest in master's degree and parents' education. This study aims to analyze the variables that explain self-confidence in fresh graduates, as well as analyze the profile fresh graduates who have high self-confidence. This study uses primary data, namely 292 fresh graduate which is taken usingStratified Sampling. The data processing method in this study is the Multiple Linear Regression method to analyze the relationship between explanatory variables on self-confidence. The second method in this study is Classification Regression Tree used to analyse profile fresh graduates who have high self-confidence based on variables that explain self-confidence. The results showed that significant variables explaining self-confidence in the world of work were self-esteem, self-concept, work experience, organizational experience and gender. This study also shows a profile fresh graduate Those who have high self-confidence are known to have high work experience and high self-esteem. Second profile is fresh graduate who have high work experience, low self-esteem in all genders."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
[Career Development Center Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia], 2012
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
[FKM UI, Universitas Indonesia],
PS-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
[, Universitas Indonesia],
PS-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Tokyo: Japan Asian Productivity Organization (APO) , 1990
331.137 EDU
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Firda Eka Lestari
"Kecemasan selama kehamilan dapat dipengaruhi oleh kondisi fisik dan psikososial ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perceived social support dan self-efficacy dengan kecemasan pada ibu hamil yang mengalami mual muntah. Desain yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 108 ibu hamil di Kecamatan Cimanggis Kota Depok yang dipilih dengan teknik consecutive sampling. Instrument yang digunakan adalah Interpersonal Support Evaluation List ISEL, General Self Efficacy Scale GSES, State-Trait Anxiety Inventory STAI.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara perceived social support dengan kecemasan p < 0.001, juga terdapat hubungan bermakna antara self-efficacy dengan kecemasan p < 0.001. Direkomendasikan untuk membuat program kegiatan untuk menurunkan kecemasan ibu hamil serta meneliti lebih lanjut cara yang efektif untuk meningkatkan dukungan social dan self efficacy ibu selama kehamilan. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library