Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Yasir
"Penelitian ini mengkaji efektivitas penerapan prinsip parent-child interaction therapy untuk mengatasi masalah separation anxiety disorder (SAD) pada anak. Partisipan adalah seorang anak laki-laki berusia 6 tahun 11 bulan. Saat pre-treatment assessment, subjek menunjukkan perilaku memukul, merengek, menangis, dan berteriak saat ibu pergi. Pengukuran dengan CBCL menunjukkan bahwa kelompok masalah externalizing dan internalizing partisipan berada dalam rentang klinis, skor intensitas dan masalah ECBI melebihi skor cut off klinis. Pengukuran dengan Screen For Child Anxiety Related Disorders (SCARED) menunjukkan anak mengalami masalah SAD. Hasil penelitian menunjukkan penerapan prinsip parent-child interaction therapy efektif dalam mengurangi gejala SAD pada anak. Partisipan mampu berpisah dengan ibu tanpa menunjukkan gejala SAD, masalah externalizing dan internalizing menjadi non klinis, skor intensitas ECBI juga mengalami penurunan pada tingkat dibawah skor cut off klinis, namun pengukuran dengan menggunakan SCARED menunjukkan bahwa partisipan masih menunjukkan gejala separation anxiey disorder, hasil ini berlawanan dengan seluruh hasil pengukuran Post-treatment assessment lainnya.
This study examines the effectiveness of parent-child interaction therapy (PCIT) to reduce symptoms of separation anxiety disorder (SAD) in children. The participant is a 6 years and 11 months old boy from middle social-economic background. At the beginning of treatment process, the participant showed several symptoms of SAD in maternal separation situation. Further, the result of CBCL profile indicated that the participant's internalizing and externalizing problems are at the clinical range, ECBI scores is also higher than the clinical cut off score. In addition SCARED measurement score showed that the participant was having SAD problem. After the treatment , participant is able to separate from his mother without showing any symptoms of SAD. This indicated that PCIT is efffective in reducing SAD in this participant. There is no clinical problem in participant's CBCL profile, ECBI intensity score is also decrease at a rate below clinical cut off score, however post-treatment."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42352
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rayi Tanjung Sari
"Kemampuan regulasi diri merupakan aspek penting dari perkembangan anak. Regulasi diri yang berkembang dengan baik dapat mendukung perkembangan anak secara optimal dan adaptif. Anak belajar meregulasi dirinya melalui interaksi orangtua-anak sejak usia dini. Akan tetapi, tidak semua anak memiliki kemampuan regulasi yang baik. Anak yang tidak memiliki kemampuan regulasi diri seringkali menunjukkan masalah perilaku, seperti temper tantrum, menggunakan kekerasan fisik, tidak patuh, dan sebagainya. Pendekatan Parent- Child Interaction Therapy (PCIT) merupakan salah satu intervensi yang digunakan untuk meningkatkan perilaku yang adaptif melalui interaksi antara anak dan orangtua.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektivitas penerapan prinsip PCIT untuk meningkatkan interaksi anak dan orangtua sebagai upaya untuk mengatasi temper tantrum pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian single-subject design. Partisipan penelitian ini melibatkan anak perempuan berusia 7 tahun 5 bulan yang telah didiagnosis intellectual disability dan memiliki kesulitan dalam meregulasi diri serta ibu dari sosial ekonomi menengah bawah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip PCIT dapat meningkatkan kualitas interaksi orangtua-anak yang terukur pada Dyadic Parent-Child Interaction Coding System?III (DPICS-III) dan menurunnya temper tantrum anak yang terukur pada skala Child Behavior Checklist, Eyberg Child Behavior Inventory (ECBI), serta Fast Track Project Child Behavior Questionnaire (FTP-CBQ).
Self regulations is an important aspect of a child development that can optimize his/her development. Parenting plays a major role in the development of child self regulation. Early parent-child interaction served as a medium for developing and nurturing early self regulation in children. Children with self regulation problem often time may display behavior such as temper tantrum or verbal dan physical violence. One of the interventions that have been widely used to decrease this negative behavior is Parent-Child Interaction Therapy (PCIT) through improving interaction between parent-child. This study evaluates the effectiveness of PCIT to handle temper tantrum through improvement of parent-child interaction. The participant of this study is a 7 and a half years old girl from middle-low socioeconomic diagnosed with intellectual disability and difficulty in self regulation. The results of the study shows that the PCIT is effective in improving the quality of interaction between parent and and also decrease the tantrum behavior where measured on Dyadic Parent-Child Interaction Coding System-III (DPICS-III), and the decrease of temper tantrum is measured on the scale of Child Behavior Checklist, Eyberg Child Behavior Inventory (ECBI), and Fast Track Project Child Behavior Questionnaire (FTP-CBQ."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42350
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library